Descriptive Text: Karakteristik, Struktur, dan Contohnya

Saat sedang mempelajari bahasa Inggris, kamu tentu akan memn=baca beragam teks, salah satunya descriptive text. Nah, kali ini kamu bisa belajar lebih dalam mengenai materi descriptive text. Mulai dari pengertiannya, karakteristiknya, strukturnya, hingga contoh teksnya. 

Dalam pelajaran bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris, salah satu materi yang banyak dibahas adalah genre of text atau jenis-jenis teks. Nah, dari sekian macam teks yang ada, satu jenis teks yang akan banyak kamu pelajari adalah descriptive text

Yuk cari tahu ciri dan struktur descriptive text bahasa Inggris! 

Mengenal Descriptive Text dalam Bahasa Inggris

Mengenal Descriptive Text dalam Bahasa Inggris

What is descriptive text (Apa itu descriptive text)? 

Teks deskripsi atau descriptive text adalah sebuah teks yang sifatnya adalah mendeskripsikan atau menjelaskan suatu objek. Adapun objek yang bisa kamu pilih adalah manusia, hewan, benda, atau tempat.

Pada tulisan descriptive text ini, objek yang terpilih sebagai topik pembahasan harus kamu deskripsikan secara detail dan terperinci. Kamu harus bisa menggambarkan objek dengan jelas, termasuk memberikan keterangan seperti apa ukuran, warna, bentuk, bahkan sifatnya.

Dengan deskripsi yang mendetail dan lengkap, pembaca bisa seolah-olah bisa melihat dengan mata kepalanya sendiri objek yang kamu ceritakan.

Sebagai contohnya, saat menulis sebuah teks deskripsi dengan objek pembahasannya adalah seseorang, maka buatlah teks yang  menjelaskan tentang orang tersebut. Kamu bisa menguraikan secara jelas dalam teks ciri-ciri fisik yang orang tersebut memiliki juga sifat serta kebiasaannya.

Sebagai tambahan, tujuan utama dari penulisan teks deskripsi ini adalah menjelaskan objek secara sejelas-jelasnya. Selalu ingat bahwa goal dari teks ini adalah orang yang membaca teks tersebut memiliki gambaran jelas terhadap benda, orang, hewan, atau tempat yang dimaksudkan di dalam teks tersebut. 

(Struktur Teks Deskripsi)

Struktur Teks Deskripsi

Setiap jenis teks memiliki struktur yang berbeda-beda. Nah, generic structure of descriptive text alias struktur teks deksriptif sendiri memiliki dua bagian, yakni identifikasi dan deskripsi. Untuk lebih jelasnya, simak eksplanasi lengkapnya berikut:

1. Identification (Identifikasi)

Identification

 

Bagian pertama atau paragraf awal dari teks deskripsi adalah identification atau identifikasi. Apa yang harus kamu tulisan dalam bagian ini? Nah, dalam bagian identifikasi, kamu bisa menuliskan informasi atau fakta umum tentang objek yang akan kamu bahas.

Sebagai contohnya, kamu menulis teks deskripsi tentang suatu tempat wisata. Untuk mengisi bagian identifikasi, kamu bisa menuliskan informasi umum seperti letak tempat wisata itu berada, mulai dari nama daerahnya hingga asal negaranya.

Contoh lainnya adalah ketika kamu membuat teks deskripsi tentang seseorang. Untuk mengisi bagian identifikasi, kamu bisa menambahkan informasi terkait nama panjangnya, profesinya, dan dari mana asalnya.

2. Description (Deskripsi)

Description

Bagian selanjutnya dari descriptive text structure (struktur teks deskripsi) adalah bagian deskripsi. Berbeda dengan bagian identifikasi yang berisi informasi umum, pada bagian ini kamu harus menulis informasi detail terkait objek yang akan kamu pilih.

Sebagai contohnya, kamu bisa membahas informasi detail tentang tinggi badan, warna rambut, dan juga kebiasaannya sehari-hari ketika kamu menulis teks deskripsi tentang seseorang. Selain itu, kamu juga bisa membahas perjalanan karier dan juga penghargaan jika orang yang kamu bahas adalah orang terkenal.

Contoh lainnya adalah ketika kamu menulis teks deskripsi tentang tempat wisata. Untuk mengisi bagian deskripsi, kamu bisa menuliskan informasi terkait pemandangan di tempat wisata tersebut, bagaimana keadaan udaranya, serta aktivitas menarik apa saja yang bisa orang lakukan di sana.

Karakteristik Descriptive Text 

Karakteristik Descriptive Text 

Nah, untuk dapat menulis teks deskripsi yang baik dan benar, kamu tidak hanya perlu mengetahui struktur teks seperti di atas saja. lho. Lebih jauh, kamu juga perlu memahami karakteristik penulisan teks deskripsi ini.

Dalam penulisan teks deskripsi, ada beberapa language feature yang secara khusus digunakan dalam teks ini. Nah, setidaknya, kamu harus memahami betul macam-macam karakter kebahasaan ini agar teks yang kamu tulis lebih mantap lagi. Berikut adalah uraiannya:

1. Menggunakan Simple Present Tense

Subject Verb 1 or Verb 1-s/es
I, You, We, They, Plural Subject Verb 1
She, He, It, Singular Subject Verb 1-s/es   

Dalam teks deskripsi, jenis kalimat yang bisa kamu gunakan adalah simple present tense. Mengapa pola kalimat ini? Hal ini tentu saja  karena pola kalimat  ini memang memiliki fungsi untuk menjelaskan kenyataan umum dan kebiasaan, sesuai dengan ciri dari teks deskripsi yang menjelaskan fakta objeknya.

Simple present tense sendiri adalah pola kalimat dalam bahasa Inggris yang menggunakan verb 1 atau kata kerja bentuk satu. Secara singkat, rumus simple present tense ini adalah Subject + Verb 1 + Complement. Untuk penggunaannya, kamu bisa melihat contoh berikut ini:

  • “David is my best friend. He likes to play piano and guitar. He has brown hair and fair skin.”

(David adalah sahabatku. Dia suka bermain piano dan gitar. Dia memiliki rambut coklat dan kulit putih.)

2. Menggunakan Adjective (Kata Sifat)

Adjective
Beautiful = Cantik Grumpy = Pemarah
Big = Besar Kind = Baik Hati
Clever = Cerdas Shy = Pemalu
Famous = Terkenal Strong = Kuat
Gentle = Lemah lembut Wise = Bijaksana   

Sebagai tambahan, kamu juga akan banyak menggunakan kata sifat dalam menulis teks deskriptif. Secara singkat, beberapa contoh kata sifat dalam bahasa Inggris adalah smart (pintar), beautiful (cantik), funny (lucu), dan cheerful (ceria). Untuk penggunaannya dalam teks deskripsi, kamu bisa melihat contoh berikut:

  • “Yogi is a smart student. He likes to study every day with his father.”

(Yogi adalah murid yang cerdas. Dia suka belajar setiap hari bersama dengan ayahnya.)

3. Menggunakan Adverb of Frequency (Kata Keterangan Frekuensi)

Adverb of Frequency
Always = Selalu Seldom = Jarang
Usually = Biasanya Rarely = Jarang
Often = Sering Hardly Ever = Hampir Tidak Pernah
Sometimes = Kadang-kadang Never = Tidak Pernah
Occasionally = Kadang=kadang Repeatedly = Berulang-ulang   

Selain ciri bahasa di atas, teks deskripsi juga menggunakan kata keterangan frekuensi atau adverb of frequency. Kata keterangan frekuensi ini memiliki fungsi menjelaskan intensitas kegiatan atau seberapa sering seseorang melakukan suatu kebiasaan.

Nah, bagaimanapun juga, teks deskripsi biasanya juga menjelaskan tentang kebiasaan dari objek yang dibahas. Nah, kata keterangan frekuensi ini dapat membantu menjelaskan lebih gamblang lagi tentang intensitas dari kebiasaan yang sering objek tersebut lakukan.

Secara singkat, beberapa contoh kata yang masuk ke dalam kategori adverb of frequency adalah every day (setiap hari), always (selalu), regularly (secara teratur), dan rarely (jarang). Agar lebih mudah kamu pahami, perhatikan contoh berikut ini:

  • “Diana is a kind friend. She always helps me with my homework.”

(Diana adalah teman yang baik. Dia selalu membantu saya dengan pekerjaan rumah saya.)

Contoh Descriptive Text

Contoh Descriptive Text

Sebagai gambaran yang lebih jelas, berikut adalah contoh descriptive text beserta artinya:

Identification 

Gembira Loka is a zoo located in the city of Yogyakarta. This zoo has various types of animals in it.

Description 

Gembira Loka Zoo has an area of 22 hectares. Fifty percent of the site is a green forest. This zoo is home to more than one hundred amazing animals. You can see lions, ostriches, elephants, and other incredible animals here. You can also see a variety of beautiful reptiles and birds. Not only that, you can also play in the animal museum apart from seeing animals. You can see various animal statues in this animal museum. This zoo is open every day from Monday to Sunday.

Terjemahan:

Identifikasi

Gembira Loka adalah kebun binatang yang terletak di kota Yogyakarta. Kebun binatang ini memiliki berbagai jenis binatang di dalamnya.

Deskripsi

Kebun Binatang Gembira Loka memiliki luas 22 hektar. Lima puluh persen dari situs tersebut adalah hutan hijau. Kebun binatang ini adalah rumah bagi lebih dari seratus hewan menakjubkan. Anda bisa melihat singa, burung unta, gajah, dan hewan luar biasa lainnya di sini. Anda juga dapat melihat berbagai reptil dan burung yang cantik. Bukan hanya itu, Anda juga bisa bermain di museum satwa selain melihat hewan. Anda bisa melihat berbagai patung satwa  di museum hewan ini. Kebun binatang ini buka setiap hari dari Senin hingga Minggu.

Nah, itu dia pembahasan seputar descriptive text, mulai dari pengertian, karakteristik, hingga contoh descriptive text singkat. Semoga bermanfaat dan membantu!

Tinggalkan komentar