Daftar Isi: [Sembunyikan] [Tampilkan]

Sebelum menuju ke contoh news item text ada baiknya jika kamu memahami apa itu news item text terlebih dahulu dan apa tujuannya. Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan teks satu ini, karena teks ini biasanya sering kamu temui dalam koran yang memuat berbagai berita tentang suatu peristiwa.

Pengertian news item text sendiri adalah sebuah teks yang memberikan informasi mengenai kejadian atau suatu peristiwa harian. Kejadian yang akan tertulis dan sampaikan kepada pembaca tersebut juga bukan kejadian sembarangan, melainkan kejadian yang penting dan patut untuk menjadi sebuah berita.

Contohnya yaitu tentang berbagai kejadian bencana alam, kejadian fenomena alam, kabar kecelakaan, dan lain sebagainya. Teks ini sendiri bertujuan untuk memberitakan atau memberitahu pembaca, penonton, atau pendengar mengenai suatu peristiwa atau kejadian yang dipandang penting atau layak untuk diberitakan.

Contoh News Item Text

Struktur, Ciri-Ciri Kebahasaan, dan Contoh News Item Text

Seperti jenis teks pada umumnya seperti teks deskripsi, teks eksplanasi, teks prosedur, dan teks lainnya. Pada news item text juga memiliki strukturnya yang akan kita bahas sebelum contoh news item text.

Struktur tersebut menjadi pedoman untuk menuliskan berita. Bagiannya terdiri atas 3 bagian, yaitu:

Main Event

Maint event atau yang juga bisa kamu sebut sebagai newsworthy event merupakan bagian yang menceritakan berita mengenai suatu peristiwa atau kejadian yang biasanya tertulis dalam bentuk ringkasan atau summary.

Background Event

Bagian yang juga memiliki nama lain Elaboration ini merupakan bagian yang menceritakan tentang latar belakang peristiwa atau kejadian. Hal ini meliputi seperti siapa yang terlibat dan lokasi kejadiannya.

Source

Source adalah bagian yang terakhir yang merupakan bagian tentang komentar, pendapat para ahli, saksi kejadian, dan lain sebagainya yang mengenai peristiwa atau kejadian yang tertulis.

Selain memiliki struktur, teks ini juga memiliki ciri-ciri kebahasan yang dapat menjadi pembeda dengan jenis teks lainnya.

baca juga: Mengenal Announcement Text, Ciri, Fungsi, dan Contohnya

Berikut ini adalah ciri-ciri contoh news item text:

  1. Informasi yang tertulis singkat dalam headline.
  2. Hanya fokus pada satu peristiwa atau kejadian, jadi tidak membahas apapun kecuali yang berkaitan dengan peristiwa tersebut.
  3. Sering menggunakan saying verbs, yaitu kata-kata seperti diberitakan, mengatakan, memberitakan dan lain sebagainya.
  4. Biasanya menggunakan action verb, yaitu kata kerja yang menunjukan aktivitas. Contoh dari action verb yaitu bertanya, memanggang, membawa, membangun, membeli, memanjat, menutup, menangis, dan lain sebagainya.
  5. Sering menggunakan kata kerja bantu yang penggunaannya untuk menunjukan waktu dan tempat.
  6. Menggunakan material process yaitu salah satu jenis process yang penggunaannya untuk menyatakan sebuah kata kerja yang merujuk pada kegiatan fisik yang pelakunya lakukan.

Dalam menulis sebuah contoh news item text tentunya kamu harus selalu membuatnya berdasarkan struktur dan ciri-ciri kebahasaan atau unsur kebahasaan yang telah tertera. Peristiwa yang akan kamu tuliskan juga harus secara runtut, lengkap dan menarik sehingga dapat dengan lebih mudah untuk dipahami oleh pembacanya.

Contoh 1

Berikut ini adalah contoh news item text pertama mengenai bencana gempa bumi.

Title

The Earthquake in Japan Cause of Tsunami

Artinya:

Gempa di Jepang Penyebab Tsunami

Main event

March 11 2011

The People of Japan need our prayers and thoughts. At 2.46 pm local time, the northeast coast of Japan was struck by an 8.9 magnitude earthquake, about 90 miles offshore. A tsunami with waves of more than 12 feet struck land due to the earthquake.

Artinya:

11 Maret 2011

Rakyat Jepang pasti membutuhkan pemikiran dan doa kita. Pukul 14:46 waktu setempat, pantai utara Jepang terguncang gempa berkekuatan 8,9 SR, sekitar 90 mil lepas pantai. Tsunami dengan gelombang lebih dari 12 kaki menyerang daratan karena gempa bumi tersebut.

Background Event

A second major earthquake of 7.4 magnitudes was reported as aftershocks shook the region and several buildings in Japan are reported to be on fire and all transportation systems, including airports have been closed in Tokyo.

Artinya:

Gempa besar kedua berkekuatan 7,4 SR dilaporkan saat gempa susulan mengguncang wilayah tersebut dan beberapa bangunan di Jepang dilaporkan terbakar dan semua sistem transportasi, termasuk bandara telah ditutup di Tokyo.

Source

Singer or songwriter Marie Digby is currently in Japan and has been tweeting about the devastating disaster. Around 8pm, she tweeted “oh! woooow!! Big earthquake in Tokyo!!!” Then at 11.30 pm she tweeted “unbelievable! We are still shaking and we’ve been advised to remain in our building however. We are praying for everyone.

Artinya:

Penyanyi atau penulis lagu Marie Digby sedang berada di Jepang dan telah men-tweet tentang bencana yang menghancurkan. Sekitar jam 8 malam, dia mentweet “oh! woooow!! Gempa besar di Tokyo!!!” Kemudian sekitar jam 11.30 malam dia mentweet lagi “ini luar biasa! Kami masih gemetar dan kami telah disarankan untuk tetap tinggal di gedung kami. Kami berdoa untuk semua orang”

Contoh 2

Berikut ini adalah contoh news item text tentang sebuah kecelakaan yang menewaskan beberapa korban di Jalan Sultan.

Title

Seven Killed in Accident on Jalan Sultan

Artinya:

Tujuh Tewas dalam Kecelakaan di Jalan Sultan

Main event

Seven people were killed in a collision between a bus, a truck and a car at 10.35 pm on Jalan Sultan last night.

Artinya:

Tujuh orang tewas dalam tabrakan antara bus, truk, dan mobil pada pukul 10.35 di Jalan Sultan tadi malam.

Background Event

The dead were all passengers in the car. Police believe that the car may have been trying to overtake the bus when it was struck coming from the opposite direction. The driver of the car may not have been using his car light, as the truck driver said he did not see the car approaching.

Artinya:

Korban tewas adalah semua penumpang di dalam mobil. Polisi yakin bahwa mobil mencoba menyalip bus ketika ditabrak dari arah yang berlawanan. Pengemudi mobil mungkin juga tidak menyalakan lampunya, karena pengendara truk mengatakan dia tidak melihat mobil mendekat.

Source

The police said the car should not have been trying to pass the bus because overtaking is not allowed and in addition the police reported that the car-a small Japanese car should not have been carrying more than five passengers. The names of 7 victims are not yet known.

Artinya:

Polisi menyatakan mobil tidak sewajarnya berusaha melewati bus karena menyalip tidak diperbolehkan dan selain itu polisi melaporkan bahwa mobil-mobil kecil Jepang tidak boleh mengangkut lebih dari lima penumpang. Nama-nama dari 7 korban juga belum diketahui.

Contoh 3

Berikut ini adalah contoh news item text yang ketiga mengenai adanya bencana alam tornado yang terjadi di Moskow, Rusia.

Title

Tornado’s Wrath Ruined the City

Artinya:

Kemarahan Tornado Menghancurkan Kota

Main Event

Tornado that occurred in Moscow, Russia Moscow yesterday has devastated the whole town in a matter of hours. The storm that occurred during the 39 minutes it has wept at least 49 buildings, four important buildings and swallows dozens of casualties.

Artinya:

Tornado yang terjadi di Moskow Rusia kemarin telah meluluhlantakkan seluruh kota dalam hitungan jam. Badai yang terjadi selama 39 menit itu telah meluluhlantakkan sedikitnya 49 bangunan, empat gedung penting dan menelan puluhan korban jiwa.

Baca juga : Caption Text Bahasa Inggris: Pengertian, Jenis, Struktur, Contoh

Background Event

Since 1973 the storm that occurred this time worse than the worst storm ever recorded has occurred in moscow.  For 100 years it can be said that this storm is the worst storm that ever occurred in moscow.

Artinya:

Sedari tahun 1973 badai yang terjadi kali ini lebih buruk dari fenomena badai paling buruk yang pernah terdaftar terjadi di Moskow. Selama 100 tahun bisa dibilang bilamana badai ini adalah badai paling buruk yang pernah dialami Moskow.

Source

To respond to this disaster,the local response agencies have been exerting all their strength to help evacuate victims of the storm. Although the weather has not improved, it has been channeled to the victims. In the form of material aid has been granted by various countries as an expression of their concern not only from the Russian government.

Artinya:

Untuk menanggapi bencana ini, badan-badan tanggap lokal telah mengerahkan seluruh kekuatannya untuk membantu mengevakuasi korban badai. Meski cuaca belum membaik namun sudah disalurkan kepada para korban. Bantuan berupa materil telah diberikan oleh berbagai negara sebagai wujud kepedulian mereka tidak hanya dari pemerintah Rusia.

Contoh 4

Contoh yang keempat ini merupakan contoh news item text tentang sebuah sinetron yang memberikan dampak buruk untuk anak-anak.

Title

Tujuh Manusia Harimau Already Got Victims

Main event

The Sinetron of Tujuh Manusia Harimau which has been showed by one of private television already got victim. This sinetron often shows silat scenes that can be watched or even imitated by minors.

Background event

Hasandra, kid Grade 1 Elementary school of Yayasan IslamZaidar Yahya, victims of beatings by his friend in school, eventually breathed his last on Tuesday (28/04/2015) at 22.00 pm. Head of Islam Zaidar Yahya Foundation, Pasirpengairan, Rokan Hulu, Riau, Hamsanah said, “At that time,based on recognition of Randra’s friend,he (the victim) was playing and practicing tiger movement with silat scene like in the television. Later, one of Randra’s friends was trying to climb his back” After that Randra suffered paralysis which made his movement be limited. He could only lie down. Hasrul (victim’s father) said, “All the treatments have been attempted to cure his son, but his condition did not improve”.

Source

Head of Islam Zaidar Yahya Foundation, Hamsanah said,the school parties involve condolences over the death of Randra. Besides, the legal process is running.The schools will submit these cases to the police of Rokan Hulu.

Artinya:

Title

Tujuh Manusia Harimau Sudah Membuat Korban

Main event

Sinetron Tujuh Manusia Harimau yang tayang di salah satu televisi swasta sudah mendapatkan korban. Sinetron ini sering menampilkan adegan silat yang bisa ditonton atau bahkan ditiru oleh anak di bawah umur.

Background event

Hasandra, anak kelas 1 SD Yayasan Islam Zaidar Yahya, korban pemukulan oleh temannya di sekolah, akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya pada Selasa (28/04/2015) pukul 22.00 malam. Ketua Yayasan Islam Zaidar Yahya, Pasir Pengaraian, Rokan Hulu, Riau, Hamsanah mengatakan, “Saat itu, berdasarkan pengakuan teman Randra, dia (korban) sedang bermain dan berlatih gerakan harimau dengan silat seperti di televisi. Belakangan, salah satu teman Randra berusaha untuk memanjat punggungnya” Setelah itu Randra mengalami kelumpuhan yang membuat pergerakannya menjadi terbatas. Dia hanya bisa berbaring. Hasrul (ayah korban) mengatakan, “Semua pengobatan telah dilakukan untuk menyembuhkan putranya, tetapi kondisinya tidak membaik”.

Source

Ketua Yayasan Islam Zaidar Yahya, Hamsanah mengatakan, pihak sekolah turut berbela sungkawa atas meninggalnya Randra. Apalagi proses hukum sedang berjalan. Pihak sekolah akan menyerahkan kasus ini ke Polres Rokan Hulu.

Contoh 5

Berikut ini adalah contoh news item text yang kelima, contoh teks yang terakhir ini membahas tentang astronot yang berhasil melakukan budidaya tanaman selada di luar angkasa.

Title

NASA Cultivated Lettuce in Space

Main event

For the first time in the history of mankind, astronauts in international Space could taste the first bite of lettuce cultivated in orbit, “one small bite for a man, one giant leaf for a man” as NASA calls it.

Background event

Lettuce is grown in “Veg One” which is a special box for growing crops. This Veg One system was designed by a tech company named Orbital Technologies Corp. The company’s Business Development Manager, Paul Zamprelli, said that he had been working on this Veg One for about twelve years.

Source

Mr. Zamprelli claimed that with their system, plants could grow 24 or 25 times faster than the best garden in the US. According to him, this is what we should do if we are really going to migrate to other planets. He also said that as the world began with plants, then that’s how mankind should start if moving into Mars or another area.

Artinya:

Title

NASA Budidaya Selada di Luar Angkasa

Main event

Untuk pertama kalinya dalam sejarah umat manusia, para astronot di Antariksa internasional dapat mencicipi gigitan pertama selada yang mereka budidayakan di orbit, “one small bite for a man, one giant leaf for a man” seperti itulah NASA menyebutnya.

Background event

Selada dibudidayakan dalam “Veg One” yaitu kotak khusus untuk menanam tanaman. Sistem Veg One ini dirancang oleh perusahaan teknologi bernama Orbital Technologies Corp. Manajer Pengembangan Bisnis perusahaan tersebut, Paul Zamparelli, mengatakan bahwa dia telah mengerjakan Veg One ini selama sekitar dua belas tahun.

Source

Mr Zamparelli mengklaim bahwa dengan sistem mereka, tanaman bisa tumbuh 24 atau 25 kali lebih cepat dari taman terbaik di AS. Menurutnya, inilah yang harus kita lakukan jika kita benar-benar akan bermigrasi ke planet lain. Dia juga mengatakan bahwa ketika dunia mulai dengan tumbuhan, maka begitulah seharusnya umat manusia mulai jika pindah ke Mars atau daerah lain.

Itulah beberapa contoh news item text beserta dengan contohnya yang dapat kamu coba pahami. Agar dapat lebih memahami soal news item text dari VisitPare.com lebih jauh, kamu dapat mencoba membuat teks ini sendiri. kamu bisa melihat beberapa kejadian di sekitarmu dan menuliskannya dengan tetap memperhatikan struktur dan ciri-ciri kebahasaannya.

Bagikan: