Report Text: Pengertian, Struktur, Ciri-Ciri, dan Contohnya

Report text adalah salah satu teks yang akan kamu jumpai dan pelajari dalam mata pelajaran bahasa Inggris. Apa sih, report text itu? Yuk, simak pembahasan lengkap mengenai pengertian, ciri-ciri, struktur, serta contoh report text singkat

Pengertian Report Text

Report Text

Sebelum melangkah lebih jauh, hal pertama yang tentu saja harus kamu ketahui adalah apa yang dimaksud report text itu sendiri. So, what is report text?

Report text adalah tulisan yang memaparkan tentang suatu objek secara detail. Tulisan dalam teks jenis ini harus sesuai dengan fakta atau kenyataan yang ada. Pada dasarnya, teks yang dihasilkan adalah kreasi dari inspeksi, peninjauan, atau observasi penulis.

Lebih lanjut, tujuan dari report text ini adalah menyajikan uraian yang faktual atau apa adanya kepada pembaca. Oleh karena itu, dalam penulisannya tidak boleh ada informasi yang dilebih-lebihkan atau penilaian pribadi dari penulis.

Ciri-Ciri Report Text

Report text memiliki beberapa ciri khas yang membedakannya dari jenis tulisan lainnya. Apa saja ciri-ciri report text itu? Secara singkat ini adalah karakteristik dari report text:

1. Berisi Fakta atau Kenyataan

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, penulisan report text harus mengikuti kebenaran atau kenyataan yang ada. Oleh sebab itu, isi dari teks ini adalah fakta saintifik atau faktual. Beberapa contoh teks laporan bahkan menambahkan bagan data untuk mendukung isi tulisan.

2. Judul yang Mudah Dipahami

Ciri khas lain dari teks ini adalah penggunaan judul yang cukup umum atau familier. Dengan demikian, semua orang yang membacanya dapat dengan mudah mengira-ngira atau memahami isi dari teks tersebut. 

3. Menggunakan Simple Present Text

Pada umumnya, penulisan report text cenderung menggunakan tense simple present text. Alasannya karena pola kalimat ini adalah pola kalimat yang memang berfungsi untuk menyatakan kebenaran umum.

4. Menggunakan Istilah-Istilah Teknis

Ciri lain dari teks ini adalah penggunaan technical terms atau kosakata ilmiah. Sebagai contohnya jika report text membahas tentang suatu tanaman, maka kamu akan menjumpai beberapa istilah teknis yang berkaitan dengan tanaman tersebut, seperti nama ilmiah dari tumbuhan itu atau bagian-bagian tumbuhan.

Report Text Structure

Report Text

Report text berisi apa saja? Dalam penulisannya, report text bahasa Inggris terbagi menjadi dua jenis yakni general classification dan description. Masing-masing memiliki struktur yang berbeda. Berikut adalah penjelasannya:

1. General Classification

Terletak pada awal tulisan, bagian ini berisi tentang informasi umum dari topik pembahasan yang kamu pilih. Sebagai contohnya, jika ingin menulis teks tentang kelinci, maka kamu bisa membahas tentang klasifikasi kelinci secara garis besar dalam kerajaan hewan. Kamu juga bisa membahas tentang nama saintifiknya.

2. Description

Jika sebelumnya di bagian general classification membahas informasi umum, maka pada bagian ini kamu bisa menuliskan informasi yang lebih terperinci. Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan informasi mendetail seperti rata ukuran tubuh kelinci, kawasan hidup kelinci, dan juga kebiasaan hidupnya.

Contoh Report Text dan Terjemahannya

Report Text

Nah, agar lebih mudah untuk memahami materi report text ini berikut adalah beberapa contoh text report  yang bisa kamu jadikan sebagai referensi. Yuk, simak!

Contoh Report Text 1

Mini Lop Rabbit

General Classification:

Based on the breed’s structure, Mini Lop rabbits or Oryctolagus Cuniculus result from a German Lop mating with an American Chinchilla Rabbit. Just like other mammals, these rabbits reproduce by giving birth or are viviparous.

Description:

When a new mini lop rabbit is born, it will open its eyes on the seventh to fourteenth day. These rabbits can survive for seven to ten years.

In terms of shape, this rabbit has small dangling ears. Not only that, but this rabbit’s neck is also short. This rabbit’s weight and body size are relatively small compared to rabbits in general, around two to three kilograms. But even though it’s small, this rabbit has a large muscle mass.

In addition, this rabbit has longer fur than other types of rabbits. In general, this rabbit fur is whitish brown or dark brown mixed with white.

Terjemahan:

Klasifikasi Umum:

Berdasarkan struktur keturunannya, kelinci Mini Lop atau Oryctolagus Cuniculus merupakan hasil perkawinan German Lop dengan American Chinchilla Rabbit. Sama seperti mamalia lainnya, kelinci ini berkembang biak dengan melahirkan atau secara vivipar.

Deskripsi:

Saat kelinci Mini Lop baru lahir, ia akan membuka matanya pada hari ketujuh hingga keempat belas. Kelinci ini bisa bertahan hidup selama tujuh hingga sepuluh tahun.

Dari segi bentuk, kelinci ini memiliki telinga kecil yang menjuntai. Tak hanya itu, leher kelinci ini juga pendek. Bobot dan ukuran tubuh kelinci ini tergolong kecil dibandingkan kelinci pada umumnya, sekitar dua hingga tiga kilogram. Namun meski kecil, kelinci ini memiliki massa otot yang besar.

Selain itu, kelinci ini memiliki bulu yang lebih panjang dibandingkan jenis kelinci lainnya. Pada umumnya bulu kelinci ini berwarna coklat keputihan atau coklat tua bercampur putih.

Contoh Report Text 2

Fern

General Classification:

Ferns or Pterophyta are non-flowering vascular plants. According to data, there are around 10,000 fern plants that people have found all over the world. Ferns have three main parts, namely roots, stems, and leaves. The primary reproductive organs of plants, ferns, are spores.

Description:

Fern is a resilient plant. Besides growing in the forest, this plant can grow everywhere if the environment is suitable. This plant likes to live in a humid climate. Some specific places where this plant grows are damp gardens, ditches, or ditches. The right habitat is 350 meters above sea level.

In terms of appearance, this plant has a leaf structure shaped like a wing or fishbone. This plant is smaller than other plants, which is one and a half meters.

The life cycle of this plant is unique. When the spores under the fern leaves are blown by the wind and fall to the ground, they grow into prothallium. After a few weeks, the prothallium will develop into a zygote and develop into a young fern.

Terjemahan:

Klasifikasi Umum:

Pakis atau Pteridophyta adalah tanaman vaskular yang tidak berbunga. Menurut data, ada sekitar 10.000 tanaman pakis yang ditemukan orang di seluruh dunia. Tumbuhan paku memiliki tiga bagian utama yaitu akar, batang, dan daun. Organ reproduksi utama tanaman ini adalah spora.

Deskripsi:

Tanaman ini adalah tanaman yang juga tahan banting. Selain tumbuh di hutan, tanaman ini juga hidup lingkungan sekitar yang lembab. Beberapa tempat spesifik yang menjadi tempat tumbuh tanaman ini adalah kebun yang lembab, selokan, atau parit. Habitat yang cocok adalah 350 meter di atas permukaan laut.

Dari segi penampilan, tumbuhan ini memiliki struktur daun yang berbentuk seperti sayap atau juga tulang ikan. Tanaman ini berukuran lebih kecil dari tanaman lainnya, yaitu satu setengah meter.

Siklus hidup tanaman ini memang agak unik. Saat spora yang ada di bawah daun paku tertiup angin dan jatuh ke tanah kemudian tumbuh menjadi protalium. Setelah beberapa minggu, protalium akan berkembang menjadi zigot dan biasanya berkembang menjadi tanaman paku muda.

Contoh Report Text 3

Honey Bee

General Classification:

There are about 2,000 types of bees in this world, but only about 16 can produce honey, one of which is the Honey Bee. Honey Bees or Apis, are bees that specifically produce honey. It lives in colonies, which a single colony usually contains from 10,000 to 60,000 bees. 

Description:

In contrast to other bees, honey bees have unique characteristics to distinguish them from other types of bees. Honey bees have hair around their eyes, and their scutellum or chest is more rounded than other bees. Not only that, there are four black lines on the back of the body.

In the wild, honey bees usually live in the hollows of tropical forest trees. But on farms, they live in a stup, an artificial place for the bees to live.

To be able to produce honey, honey bees will usually fly as far as two to six kilometers in search of food. In the wild, some foods that honey bees consume are flower nectar and pollen. While on the farm, breeders will provide powdered sugar as a substitute for nectar and pollen.

Terjemahan:

Klasifikasi Umum:

Ada sekitar 2.000 jenis lebah di dunia ini, namun hanya sekitar 16 yang dapat menghasilkan madu, salah satunya adalah Lebah Madu. Lebah madu atau Apis adalah lebah yang secara khusus menghasilkan madu. Ia hidup dalam koloni, yang satu koloni biasanya berisi 10.000 hingga 60.000 lebah. 

Deskripsi:

Berbeda dengan lebah lainnya, lebah madu memiliki ciri khas yang unik untuk membedakannya dengan jenis lebah lainnya. Lebah madu memiliki rambut di sekitar matanya, dan scutellum atau dadanya lebih bulat daripada lebah lainnya. Tak hanya itu, terdapat empat garis hitam juga di bagian belakang bodi.

Di alam liar, lebah madu biasanya hidup di rongga-rongga pohon yang ada di hutan tropis. Tapi di peternakan, mereka tinggal di stup, tempat buatan untuk lebah hidup.

Untuk bisa menghasilkan madu, lebah madu biasanya akan terbang sejauh dua hingga enam kilometer untuk mencari makan. Di alam liar, beberapa makanan yang dikonsumsi lebah madu adalah nektar bunga dan serbuk sari. Selama di peternakan, peternak akan memberikan gula halus sebagai pengganti nektar dan polen.

Penutup

Demikianlah pembahasan terkait salah satu jenis teks yang ada dalam pelajaran bahasa Inggris kelas 9, report text. Mulai dari  pengertian, struktur, ciri-ciri, hingga beragam contoh report text di atas, bisa kamu pelajari dan jadikan referensi.

Semoga penjelasan lengkap di atas dapat bermanfaat dan juga berguna untuk memenuhi pengetahuan kamu tentang jenis-jenis teks dalam bahasa Inggris. Terlebih lagi untuk pemahaman terkait jenis report text ini. Selamat belajar!

Tinggalkan komentar