Report Text dalam Bahasa Inggris, Ini Pengertian dan Contohnya!

Belajar Bahasa Inggris memang menjadi satu hal yang menarik. Dalam belajar atau mengikuti kursus Bahasa Inggris ini ada beberapa hal yang perlu Anda pelajari. Termasuk jenis-jenis teks dalam Bahasa Inggris. Jenis teks dalam Bahasa Inggris memang banyak sekali yang perlu kita pelajari, salah satunya yaitu report text dalam Bahasa Inggris.

Perlu Anda ketahui, jika report text juga memiliki sebutan lain, yaitu informational report. Jika secara bahasa, report text ini bisa berarti sebagai suatu teks yang fungsi atau tujuannya untuk memberikan informasi mengenai situasi tertentu atau suatu peristiwa.

Informasi ini mereka dapatkan setelah sebelumnya telah melakukan berbagai pertimbangan atau investigasi.

Report Text Dalam Bahasa Inggris
unsplash.com

Pengertian Report Text dalam Bahasa Inggris

Teks report merupakan suatu jenis teks yang isi tulisannya yaitu berupa gambaran atau deskripsi dari suatu bentuk, ciri atau sifat umum (general) dari suatu benda, manusia, hewan, tumbuh-tumbuhan, atau suatu peristiwa.

Bentuk teks report atau report text ini memang mirip dengan jenis teks lainnya yaitu descriptive text. Banyak orang yang merasa kesulitan dalam membedakan 2 jenis teks tersebut. Meskipun sama-sama mendeskripsikan, namun jenis teks ini berbeda.

Report text juga bisa diartikan sebagai suatu laporan berupa teks yang memberikan suatu informasi apa adanya tentang hasil penelitian setelah melakukan analisis atau penelitian. Jenis teks report ini juga termasuk salah satu jenis teks yang wajib Anda tahu saat belajar Bahasa Inggris.

Perbedaan Report Text dengan Descriptive Text

Banyak orang yang masih kebingungan dalam membedakan antara report text dan descriptive text. Nah, untuk report text ini tujuannya yaitu untuk memberikan informasi kepada pembaca tentang objek dari teks tersebut.

Teks yang ada juga lebih mengarah pada teks yang faktual ilmiah dan juga lebih umum daripada dengan descriptive text. Sebab, descriptive text merupakan teks atau ulasan yang lebih berdasarkan pada opini sang penulis.

Report text juga lebih mengulas tentang hal umum. Antara lain seperti sejarah, benda, tempat, dan topik yang lainnya.

Kemudian, dalam report text menggunakan tata bahasa Simple Present Tense. Terkadang, penulis juga dapat menambahkan Simple Passive Voice, agar bentuk kalimatnya menjadi semakin bervariasi.

Tujuan Report Text

Sesudah kita bahas mengenai apa itu pengertian report text dalam Bahasa Inggris, kini saatnya kita mengetahui apa saja tujuan dari jenis teks report ini.

Sebenarnya, tujuan dari teks report ini yaitu untuk menyampaikan informasi dari hasil suatu penelitian atau pengamatan dan analisa yang sifatnya sistematis.

Selain itu, tujuan report text juga bisa menjadi suatu informasi yang menjelaskan dalam report text yang bersifat umum. Entah itu yang sifatnya alamiah ataupun juga yang secara buatan.

Sebagai contoh yaitu berbagai binatang mamalia, tumbuhan, planet, transportasi, bebatuan, negara bagian, dan budaya atau yang lain sebagainya.

Ciri-Ciri Report Text

Report text termasuk salah satu dari 13 jenis teks yang menghadirkan suatu informasi dalam Bahasa Inggris. Nah, untuk language feature atau ciri kebahasaan dalam report text ini menggunakan present tense.

Dengan demikian, jenis teks report ini menjelaskan tentang seperti apa keadaan barang tersebut, dan bagaimana keadaan barang yang Anda deskripsikan itu.

Agar tidak keliru dalam memahami teks ini, maka penting sekali Anda mengetahui bagaimana ciri-ciri dari teks report ini.

Untuk ciri report text yang pertama, pada umumnya ulasan dalam teks ini akan menggunakan bahasa ilmiah. Selain itu, report text sebagian besar juga didominasi oleh simple present tense. Kemudian, dalam judulnya pun juga terlihat lebih umum.

Ciri-ciri yang selanjutnya yaitu, pada umumnya terdapat suatu gambar maupun data statistik. Dalam data statistik tersebut biasanya terdapat diagram ataupun peta yang menunjukkan hasil hasil dari suatu penelitian yang telah dilakukannya secara ilmiah.

Dengan adanya data statistik dari hasil penelitian secara ilmiah tersebut, pembaca juga bisa menjadi lebih yakin dengan ulasan yang telah Anda berikan.

Struktur Report Text Dalam Bahasa Inggris

Tidak berbeda dengan jenis teks Bahasa Inggris yang lainnya, report text dalam Bahasa Inggris ini memiliki struktur atau generic structure yang wajib Anda tahu. Berikut ini merupakan struktur dari report text yang wajib Anda ketahui.

1. General Classification

Struktur report text yang pertama yaitu termasuk bagian pertama yang isinya tentang ulasan beragam informasi secara umum sesuai dengan hasil pengamatan yang sudah dilakukan oleh penulis.

Untuk melakukan pengamatan, objek yang Anda gunakan bisa berupa hewan, tumbuhan, fenomena alam, dan topik lainnya secara lebih detail.

2. Description

Selanjutnya, untuk struktur kedua dari report text yaitu berada di paragraf dua. Pada struktur ini, fungsinya sama halnya dengan descriptive text.

Sebab, dalam paragraf tersebut berisi ulasan yang mendeskripsikan lebih dalam dan juga lebih detail dari hasil penelitian yang penulis lakukan.

Language Feature atau Unsur Kebahasaan Report Text

Tak hanya generic structure, report text dalam bahasa Inggris juga memiliki unsur kebahasaan atau language feature yang wajib Anda ketahui juga. Berikut ini merupakan beberapa language features yang harus Anda ketahui dalam belajar report text.

1. General Nouns

Unsur kebahasaan yang pertama yaitu general nouns. Jadi jenis teks ini akan menggunakan kata yang merujuk pada suatu hal yang lebih umum.

Misalnya saja cat, dog, lion, atau penyebutan jenis hewan lain secara umum tidak spesifik. Contohnya seperti my dog, my cat, dan lain sebagainya.

2. Relating Verbs

Unsur kebahasaan yang digunakan selanjutnya yaitu relating verbs atau linking verbs. Contoh relating verb yang digunakan bisa berupa is, am, seem, are, look, taste dan masih banyak lagi yang lainnya.

3. Timeless Present Tense

Timeless present tense ini akan memakai penanda waktu simple present tense. Misalnya seperti; usually, always, often, dan masih banyak lagi yang lainnya.

4. Technical Terms

Technical terms, unsur kebahasaan ini juga menggunakan istilah yang ada kaitannya dengan topik atau pembahasan dari report text.

Misalnya saja jika Anda membuat report text tentang suatu hewan, maka pada report text tersebut sebaiknya ada suatu istilah atau penyebutan tentang hewan tersebut.

5. Introducing Group

Unsur kebahasaan selanjutnya yaitu introducing group or general aspect. Jadi, dalam kalimat ini harus  menggunakan bahasa yang memperkenalkan suatu pembahasan atau objek hasil penelitian secara umum.

Jenis Report Text

Sesudah Anda mengetahui tentang pengertian, tujuan, struktur, ciri-ciri, dan tata bahsa dari report text, kini saatnya Anda mengetahui berbagai macam jenis report teks (Types of Information Report). Dengan mengetahui hal ini, kemampuan Bahasa Inggris Anda bisa menjadi lebih meningkat. Sedangkan, untuk berbagai macam jenis report teks adalah sebagai berikut ini:

  • Reference articles
  • Lectures
  • Scientific articles
  • Textbooks

Contohnya saja, seorang guru memberikan tugas kepada muridnya untuk membuat teks report mengenai bank. Untuk mendapatkan ulasan tentang bank tersebut, maka siswa tersebut membutuhkan pengamatan.

Tak hanya itu saja, siswa juga perlu melakukan perbandingan dengan cara membandingkan bank satu dengan bank lainnya yang memiliki  keunggulan yang sama. Dengan demikian bisa dikatakan jika, siswa tidak hanya menjelaskan satu bank saja. Akan tetapi juga menjelaskan beberapa bank lainnya.

Cara Menulis Report Text dalam Bahasa Inggris

Untuk menulis report teks, ada beberapa cara yang perlu Anda ketahui. Untuk langkah-langkah berikut ini bisa memudahkan kita dalam menulis report text yang baik dan benar.

1. Analisis Tema

Pertama, Anda bisa memulainya dengan membuat judul teks. Judul teks tersebut bisa menggambarkan tentang orang, benda, hewan, maupun suatu tempat. Anda bisa menuliskan tentang jenis hewan yang dilindungi seperti gajah, harimau, komodo, dan lain sebagainya.

2. Mengumpulkan Gagasan

Setelah itu, Anda perlu melakukan mind map atau pemetaan gagasan, tabel, dan juga poin- poin penting. Anda bisa menuliskan poin-poin pentingnya saja. Jangan lupa memakai tanda koma, strip, atau garis miring.

Jika Anda menuliskan teks tentang hewan, maka poin yang harus ada dalam ulasan atau teks tersebut antara lain:

  • Habitat
  • Daerah Persebarannya
  • Ciri fisik
  • Makanan
  • Kebiasaan
  • Perkembangbiakan

3. Pisahkan Gagasan Dalam Setiap Paragraf

Sebaiknya gagasan Anda pisahkan dalam paragraf untuk tulisan. Sebagai contoh jika Anda menulis mengenai hewan, maka paragraf pertama bisa berisi habitat dan daerah persebaran.

Kemudian, untuk paragraf kedua bisa mengulas tentang ciri fisiknya. Paragraf ketiga bisa berisi tentang kebiasaan hidup atau makanannya. Begitu sampai pada paragraf selanjutnya.

4. Kembangkan Tulisan Sesuai Poin-poin Dalam Paragraf

Sesudah setiap poin Anda buat dalam bentuk paragraf, maka tugas selanjutnya yaitu mengembangkan poin dari setiap paragraf yang ada. Lengkapi paragraf tersebut dengan kalimat-kalimat teks yang berkualitas agar tulisan bisa menjadi lebih sempurna.

Dengan mempelajari hal tersebut, maka Anda bisa menulis report text dalam Bahasa Inggris dengan lebih profesional.

Contoh Report Text dan Pengertiannya

Berikut ini adalah contoh dari report teks yang membahas tentang pantai;

Beach

The beach is an area that is located along the body of sea water. Usually, the beach is made up of a wide variety of loose particles. Among others such as sand, gravel, gravel, shingles, and also shipwreck stone.

The particles on the beach are mostly also derived from living things, for example mollusk shells or coralline algae, and so on.

Today, many beaches have been equipped with man-made infrastructure. Examples such as postal buildings for the coast guard, places of worship, food stalls, clothing stores, and bathrooms.

Not only that, now the beach already has very complete facilities. Including the presence of layovers or lodging places such as resorts, hotels, and other lodgings) nearby.

Some beaches have also not received development. So, the beach is still very natural. The beauty of this natural beach is very awake and still natural place.

Berikut ini terjemahan contoh report text jika dalam Bahasa Indonesia:

Pantai

Pantai merupakan suatu area yang berada di sepanjang badan air laut. Biasanya, pantai terdiri dari berbagai macam partikel lepas. Antara lain seperti pasir, batu kerikil, gravel, sirap, dan juga batu karamg.

Partikel-partikel yang ada di pantai sebagian besar juga berasal dari makhluk hidup, contohnya cangkang moluska atau Coralline algae, dan lain sebagainya.

Sekarang ini, sudah banyak pantai telah dilengkapi dengan infrastruktur buatan manusia. Contohnya seperti bangunan pos untuk penjaga pantai, tempat ibadah, warung makan, toko baju, dan kamar mandi.

tak hanya itu saja, saat ini pantai sudah memiliki fasilitas yang sangat lengkap. Termasuk adanya tempat singgah atau tempat penginapan seperti resort, hotel, dan penginapan lainnya) di dekatnya.

Sebagian pantai juga ada yang belum mendapatkan pengembangan. Jadi, pantainya masih sangat alami. Keindahan pantai yang alami ini sangat terjaga dan masih alami tempatnya.

Contoh Report Text Tentang Erupsi Gunung Berapi

Volcanic Eruptions

The eruption of a volcano is the process of magma coming out of the magma chamber of the volcano. Magma collected in the stomach of the volcano is very much. Merapi mountain can erupt because there is magma activity accompanied by tectonic plate movement.

Volcanic eruptions are also one of the most dangerous natural disasters because they carry volcanic ash, hot clouds, magma, hot and cold lava, and other materials.

The existence of this volcanic eruption caused the land around the volcano to be damaged. That way, the farming activities of the surrounding residents can become disrupted.

Communities around the volcano will also lose their livestock, homes, and other valuables. Not only that, but the volcano that erupted also resulted in many deaths.

In addition to danger, the existence of volcanic eruptions also has benefits in the short and long term for the surrounding community. Because volcanic ash that comes out can make land or agricultural land more fertile.

In addition, many use materials from volcanic eruption events in the form of sand and stone for development. After the eruption, sand mining activities became open. So, residents can use this sand mining to be an activity to make money.

Terjemahan Dalam Bahasa Indonesia

Erupsi Gunung Berapi

Peristiwa meletusnya gunung berapi merupakan proses magma yang keluar dari dalam ruang magma gunung berapi. Magma yang terkumpul daram perut gunung berapi sangatlah banyak. gunung merapi bisa meletus karena terdapat aktivitas magma disertai dengan gerakan lempeng tektonik.

Letusan gunung berapi juga termasuk salah satu bencana alam yang sangat membahayakan karena membawa abu vulkanik, awa panas, magma, lahar panas dan dingin, dan material yang lainnya.

Adanya letusan gunung berapi ini mengakibatkan lahan yang ada di sekitar gunung berapi menjadi rusak. Dengan begitu, kegiatan bercocok tanam warga sekitar bisa menjadi terganggu.

Masyarakat sekitar gunung berapi juga akan kehilangan ternak mereka, rumah, dan barang berharga lainnya. Tak hanya itu, gunung berapi yang meletus juga mengakibatkan banyak orang meninggal dunia.

Selain bahaya, adanya erupsi gunung berapi juga memiliki keuntungan dalam jangka pendek dan panjang untuk masyarakat sekitar. Sebab, abu vulkanik yang keluar bisa menjadikan lahan atau tanah pertanian menjadi semakin subur.

Selain itu, banyak yang menggunakan material dari keluar dari kejadian erupsi gunung berapi berupa pasir dan batu untuk pembangunan. Sesudah erupsi, kegiatan penambangan pasir menjadi terbuka. Jadi, warga bisa menggunakan penambangan pasir ini menjadi kegiatan untuk menghasilkan uang.

Report text dalam Bahasa Inggris menjadi jenis teks dalam Bahasa Inggris yang sangat penting untuk kita pelajari. Sebab, dengan belajar berbagai jenis teks seperti report text ini kemampuan Bahasa Inggris kita bisa menjadi lebih baik lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *