Pengertian Biography Text dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya

Pengertian Biography Text dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya

Pengertian biography text dalam bahasa Inggris memiliki makna yang menggambarkan riwayat hidup seseorang secara real atau fakta. Umumnya di tulis dalam sudut pandang orang lain. Apabila Anda ingin membuat biography text tentu perlu menguasai cara membuat biography secara tepat.

Untuk itu Anda perlu mempelajari secara jauh tentang apa itu biography atau teks biography hingga contohnya. Simak penjelasan berikut.

Pengertian Biography Text Dalam Bahasa Inggris
Pengertian Biography Text Dalam Bahasa Inggris: pinterest.com

Ketahui Pengertian Biography Text dalam Bahasa Inggris Hingga Contohnya

Pengertian biografi merupakan suatu kisah hidup seseorang yang lebih kompleks. Bukan sekedar data-data pekerjaan dan riwayat hidup saja namun lebih pada tentang perasaan yang di hadapi seseorang dalam menghadapi kejadian.

Secara rinci, biografi ini berhubungan dengan pekerjaan, pendidikan, hubungan dengan orang lain, kepribadian, kejadian yang di alami dan kematian.

Biography terdiri dari dua kata yakni Bios yang berarti hidup juga Graphia atau tulisan. Sementara dalam bahasa Inggris Biography Text is a detailed description or story about a person’s life about life, personality, events experienced and written by other people, it is a non-fiction text.

(Teks biografi adalah deskripsi atau kisah secara rinci tentang kehidupan seseorang tentang hidup, kepribadian, kejadian yang di alami dan di tulis oleh orang lain, itu adalah teks nonfiksi).

Tujuan dari Biography Text sendiri adalah untuk menceritakan dan menginformasikan kejadian serta prestasi masa lalu kehidupan seseorang baik pahlawan, maupun orang yang populer.

Karakteristik dan Ciri-Ciri Biography Text

Pada dasarnya pengertian biography text dalam bahasa Inggris ini berfungsi mengetahui kisah seseorang di luar pencapaian apapun yang mungkin di ketahui orang ini. Sehingga memberikan banyak informasi dengan mudah serta memberikan pelajaran pada pembaca.

  • Biografi ini tidak dibuat oleh orang yang sedang diriwayatkan hidupnya namun dari orang lain dengan sudut pandang orang ketiga.
  • Menggambarkan lingkungan orang tersebut yakni kapan, dimana dan bagaimana orang tersebut tinggal.
  • Teks berdasarkan fakta pengalaman hidup tokoh terkait dengan kisah maupun cerita tokoh dalam menjalani kehidupan baik kelebihan, kekurangan maupun masalah.
  • Bahasa yang digunakan benar-benar diaplikasikan dalam teks biografi agar menghindari kesalahan dalam menyajikan informasi.
  • Teks menggunakan nama spesifik orang yang terlibat.
  • Menggunakan kata yang berhubungan dengan waktu.
  • Tertulis dalam bentuk lampau
  • Menggambarkan kejadian sehingga menggunakan banyak action verb.

Susunan Umum Biography Text

Perlu Anda ketahui dalam membuat biography, Anda membutuhkan tiga bagian yakni :

Orientasi

Pengertian biography text dalam bahasa Inggris pertama yang harus Anda perhatikan adalah orientasi. Orientasi membantu para pembaca mengerti tentang latar belakang penulisan biografi. Sehingga pada pada paragraf pembukanya harus menjawab semua pertanyaan baik siapa, apa, dimana bagaimana caranya dan kapan. Selain itu berisi biodata yang melalui narasi terkait nama lengkap, tempat, maupun tanggal lahir.

Kejadian/Series

Pada tahap ini merupakan tahap peristiwa maupun kejadian yang dialami tokoh. Umumnya berisikan penjelasan cerita baik pemecahan masalah, proses, hingga berbagai peristiwa yang dialami oleh tokoh yang mengantarkannya pada kesuksesan. Sehingga diceritakan secara kronologis yang telah merujuk pada waktu.

Penutupan

Bagian ini berisi pandangan penulis terkait tokoh yang sudah ia kisahkan. Sekaligus menjadi reorientasi dari kesimpulan dengan komentar yakni kontribusi yang diringkas menjadi suatu kesimpulan maupun jalan cerita yang menarik.

Grammar and Language Features

Beberapa ciri kebahasaan yang terdapat pada Biography Text adalah sebagai berikut.

Simple Past Tense

Pada dasarnya pengertian biography text dalam bahasa Inggris membuat teks biografi membutuhkan menu utama yaitu simple past tense. Yakni membuat biografi dengan bentuk kata kerja kedua. Sebagai contoh :

– Many if this ancestors were farm laborers in Norwegia. (Banyak nenek moyangnya adalah buruh tani di Norwegia)

– She attended Holmes Chapel Comprehensive School (Dia bersekolah di Holmes Chapel Comprehensive School).

– She is the son of Anne and Jeremy Des Styles, who worked in finance (Dia adalah putra Anne dan Jeremy “Des” Styles, yang bekerja di bidang keuangan).

– Demian was raised in Holmes Chapel, Cheshire after his parents moved there along with older sister, hana when he was a child (Demian tumbuh besar di Holmes Chapel, Cheshire selepas orang tuanya pindah ke sana bersama kakak perempuannya, Hana, ketika dia masih kecil).

– Brian Edward was born in Redditch, Worcestershire on 2 March 1994 (Brian Edward lahir di Redditch, Worcestershire pada 2 Maret 1994).

Urutan Temporal dan Konjungsi

Pada pengertian biography text dalam bahasa Inggris menjelaskan penghubung antara satu kalimat dengan yang lain dalam urutan waktu. Yaitu temporal Sequence atau urutan waktu dan temporal conjunction/ konjungsi temporal. Sebagai contoh adalah berikut ini.

-Demian parents divorced when he was seven and his mother later was married to Robin Twist, he died in 2019. Orang tua Demian bercerai ketika dia berusia tujuh tahun dan ibunya kemudian menikah lagi dengan Robin Twist, dia meninggal pada tahun 2019).

Fokus pada Peserta atau Penggunaan Kata Kerja Tindakan

Untuk menegaskan secara aktif yang ditekuni tokoh menggunakan beberapa kata kerja dalam bentuk V2 maupun past form. Misalkan :

– Demian launched his own record label, Erskine Records in June and he signed a recording contract with Colombia Records as a solo artist the same label behind one Direction in July. (Demian meluncurkan label rekamannya sendiri, Erskine Records, pada bulan Juni dan dia menandatangani kontrak rekaman dengan Columbia Records sebagai artis solo, label yang sama di belakang One Direction, pada bulan Juli)

– Brian wrote the song Someday in collaboration with Meghan Trainor for Michael Buble’s album Nobody but Me, released in December. (Brian menulis lagu “Someday” bekerja sama dengan Meghan Trainor untuk album Michael Bublé Nobody but Me, yang di rilis pada bulan Desember).

Selain mengetahui pengertian biography text dalam bahasa Inggris, Anda perlu menggunakan Adverbs dan Adverbial Phrase demi mengungkapkan waktu, tempat, dan cara. Sebagai contoh at my house, yesterday, slowly, dan lainnya.

Sementara yang lainnya juga menggunakan Action Verb seperti went, run, slept, brought dan lainnya.

Contoh Biography Text Singkat

Salah satu contoh teks biografi singkat adalah biografi dalam bahasa Inggris.

Soekarno was the first president of Indonesia to make history and was born in Surabaya, June 6, 1901 to Raden Soekemi Sosrodihardjo and Ida Ayu Nyoman Rai.

(Soekarno adalah presiden pertama Indonesia yang mengukir sejarah dan lahir di Kota Surabaya, taggal 6 Juni 1901 dari pasangan Raden Soekemi Sosrodihardjo dan Ida Ayu Nyoman Rai).

He studied at the Eerste Inlandse School while in Mojokerto, and was transferred to the Europeesche Lagere School by his father. Then proceed to HBS Surabaya.

Memahami pengertian biography text dalam bahasa Inggris diatas, ini artinya. (Ia pernah belajar di Eerste Inlandse School selama di Mojokerto, dan pindah ke Europeesche Lagere School oleh ayahnya. Kemudian berlanjut ke HBS Surabaya)

He was very persistent in eradicating colonialism, until on August 18, 1945 he was appointed by PPKI as the first president of Indonesia. While Moh Hatta as vice president.

(Ia sangat gigih memberantas penjajahan, hingga pada 18 Agustus 1945 ia diangkat oleh PPKI sebagai presiden pertama Indonesia. Sedangkan Moh Hatta sebagai wakil presiden)

In 1967, President Soekarno gave up his power at the Merdeka Palace.

(Pada tahun 1967, Presiden Soekarno menyerahkan kekuasaannya di Istana Merdeka)

Soekarno was married 9 times in his life. One of the wives who accompanied Sukarno to fight against the invaders was Fatmawati.

(Soekarno pernah menikah 9 kali dalam hidupnya. Salah satu istri yang menemani Soekarno berperang melawan penjajah adalah Fatmawati)

Soekarno died on June 21, 1970 at the Gatot Subroto Army Hospital and was buried in the Blitar cemetery, East Java.

(Soekarno meninggal dunia pada 21 Juni 1970 di RSPAD Gatot Subroto dan dimakamkan di pemakaman Blitar, Jawa Timur)

Contoh Biography Text Panjang

Pengertian biography text dalam bahasa Inggris telah Anda kuasai. Untuk lebih memahami, berikut contoh teks biografinya.

Harry Edward Styles was born in Redditch, Worcestershire to be exact on February 1, 1994. He is the son of Anne Cox and Desmond “Des” Styles, who work in finance companies. Some of his ancestors were farm laborers in Norfolk. Styles grew up in Holmes Chapel, Cheshire after his parents moved to the country with his older sister, Gemma, when he was young.

He completed his education at Holmes Chapel Comprehensive School. Styles’ parents separated when he was seven years old. While her mother remarried to a man named Robin Twist; he died in 2017. He has a half-sister named Mike and a half-sister named Amy, the daughter of Twist. At the age of sixteen, he struggled to work part-time at the W. Mandeville Bakery in Holmes Chapel.

As a persistent child, Styles loved to sing, covering several songs by Elvis Presley. While at Holmes Chapel Comprehensive, Styles was the lead singer of the band White Eskimo. He had even won the local Battle of the Bands competition.

Styles regards country singer Shania Twain as her “major influence” in both music and fashion. He also cites Pink Floyd, The Beatles, The Rolling Stones, Fleetwood Mac, Harry Nilsson, Freddie Mercury, and Elvis Presley as his biggest influences. The music he chooses contains elements of soft rock, pop, folk, rock, and Britpop.

Following his mother’s advice, on 11 April 2010, Styles auditioned as a solo candidate for the seventh series of British television singing competition The X Factor, singing Stevie Wonder’s “Isn’t She Lovely”. But he failed to advance to the “Male” category in the “jury house”.

Teks Biografi Selanjutnya

Setelah memahami pengertian biography text dalam bahasa Inggris, berikut contoh teks lanjutannya.

Four other people in the age group also failed, but at the suggestion of Nicole Scherzinger, who is a guest judge, they were put together as an ensemble at Wembley Arena in August 2010, during the “training camp” stage of the competition, qualifying for the “Group” category.

The group, which consists of Styles, Niall Horan, Liam Payne, Louis Tomlinson, and Zayn Malik, gathered for two weeks to get to know each other and train to strengthen the team. In 2017, Styles explained that he had suggested the name One Direction to his bandmates and they had agreed to keep the band to this day.

As for their qualifier on “step home”, and their first song as a group, One Direction sang an acoustic version of “Torn”. Simon Cowell eventually commented that the show convinced him that the group was “confident, fun, like a group of friends, and also fearless.” In the first four weeks of live performances, they had Cowell’s last appearance in competition. This group quickly and steadily skyrocketed to gain popularity in the UK.

In 2016 until now, he has been busy with his solo album and best acting debut. In February 2016, Styles decided to leave the group’s management company, Modest Management and join Jeffrey Azoff’s Full Quit Management.

Styles then launched his own record label, Erskine Records, in early May and he signed his first record deal with Columbia Records as a solo artist, the same label behind One Direction, in July. Styles wrote the song “Someday” and worked with Meghan Trainor on Michael Bublé’s album Nobody but Me, which officially releases in October.

Terjemahan

Setelah mengetahui pengertian biography text dalam bahasa Inggris berikut terjemahan dari contoh di atas.

Harry Edward Styles lahir di Redditch, tepatnya Worcestershire pada 1 Februari 1994. Dia merupakan seorang putra dari Anne Cox (née Selley) dan Desmond “Des” Styles, yang bekerja di perusahaan bidang keuangan. Beberapa nenek moyangnya adalah seorang buruh tani di Norfolk.

Styles besar di Holmes Chapel, Cheshire selepas orang tuanya pindah ke negara ini dengan kakak perempuannya, Gemma, saat dia masih berusia muda. Dia menempa pendidikan di Holmes Chapel Comprehensive School. Orang tua Styles kemudian bercerai saat dia masih tujuh tahun.

Sedangkan ibunya menikah lagi dengan pria bernama Robin Twist; dia meninggal pada tahun 2017. Dia memiliki kakak tiri bernama Mike dan saudara tiri bernama Amy, anak dari Twist. Saat usia enam belas tahun, dia berjuang keras bekerja paruh waktu di W. Mandeville Bakery di Holmes Chapel.

Sebagai seorang anak yang gigih, Styles hobi menyanyi, mengcover beberapa lagu dari Elvis Presley. Saat berada di Holmes Chapel Comprehensive, Styles menjadi seorang penyanyi utama band White Eskimo. Bahkan dia telah memenangkan kompetisi Battle of the Bands lokal.

Styles menganggap penyanyi country Shania Twain sebagai “pengaruh utamanya” baik dalam musik atau mode. Dia juga menyatakan Pink Floyd, The Beatles, The Rolling Stones, Fleetwood Mac, Harry Nilsson, Freddie Mercury, dan Elvis Presley sebagai pengaruh terbesarnya. Musiknya yang ia pilih mengandung unsur soft rock, pop, folk, rock, dan Britpop.

Mengikuti saran dari orangtuanya, pada 11 Maret 2010, Styles memutuskan untuk ikut salah satu audisi sebagai kandidat solo untuk seri ketujuh kompetisi menyanyi televisi Inggris The X Factor, dengan menyanyikan lagu Stevie Wonder “Isn’t She Lovely”. Namun dia gagal maju ke kategori “Laki-laki” di “rumah juri” tersebut.

Terjemahan Lanjutan

Pengertian biography text dalam bahasa Inggris telah di ketahui. Ini contoh kelanjutan dari biografi.

Empat orang lainnya dalam kelompok usia juga mengalami kegagalan, tetapi atas saran Nicole Scherzinger, yaitu seorang juri tamu, mereka bersatu sebagai sebuah ansambel di Wembley Arena pada Agustus 2010, selama tahap “kamp pelatihan” kompetisi, menjadikannya lolos ke kategori “Grup”. Grup yang beranggotakan Styles, Niall Horan, Liam Payne, Louis Tomlinson, dan Zayn Malik ini berkumpul selama dua minggu untuk saling mengenal dan berlatih menguatkan tim.

Pada tahun 2017, Styles menjelaskan bahwa dia telah menyarankan nama One Direction kepada teman satu bandnya dan mereka setuju untuk mempertahankan band tersebut hingga kini.

Sedangkan lagu kualifikasi mereka di “jurus rumah”, dan lagu pertama mereka sebagai grup, One Direction menyanyikan versi akustik dari “Torn”. Simon Cowell akhirnya merespon bilamana pertunjukan yang terselenggara itu membuatnya yakin bahwa kelompok itu “percaya diri, mengayikkan, layaknya sekelompok teman, dan juga tidak takut.

Dalam empat minggu pertama pertunjukan langsung, mereka memiliki penampilan terakhir Cowell dalam kompetisi. Grup ini dengan cepat dan terus melejit sehingga mendapatkan popularitas di Inggris.

Pada tahun 2016 hingga kini, ia sibuk dengan album solo dan debut akting terbaiknya. Pada Februari 2016, Styles memutuskan meninggalkan perusahaan manajemen grup, Modest Management dan bergabung dengan Manajemen Berhenti Penuh Jeffrey Azoff.

Styles kemudian meluncurkan label rekamannya sendiri, Erskine Records, pada awal bulan Mei dan dia menandatangani kontrak rekaman perdananya dengan Columbia Records sebagai artis solo, yaitu label yang sama di belakang One Direction, pada bulan Juli.

Sementara itu Styles menulis lagu “Someday” dan bekerja sama dengan Meghan Trainor untuk album Michael Bublé, Nobody but Me, yang resmi rilis pada bulan Oktober. Pengertian biography text dalam bahasa Inggris dapat Anda mengerti secara mendalam hingga contohnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.