Mengenal News Item Text: Pengertian, Ciri, Struktur & Contoh

Saat belajar bahasa Inggris, kamu akan berkenalan dengan macam-macam teks, termasuk news item text. Yuk, cari tahu pengertian, karakteristik, fungsi, dan contoh news item text singkat selengkapnya di artikel ini.

Pengertian Teks Berita

News Item Text

Apa itu news item text dalam bahasa Inggris? News item text adalah jenis teks yang isinya merupakan warta penting atau patut untuk diberitakan. Secara singkat dapat dikatakan bahwa teks ini adalah teks yang memuat kejadian atau peristiwa penting untuk disebarluaskan kepada masyarakat.

Pada dasarnya, teks-teks pada portal berita atau koran merupakan news items text. Jika kamu termasuk orang yang sering membaca berita atau artikel kabar, maka tanpa kamu sadari, kamu sudah sering membaca teks item berita ini.

Tujuan News Item Text

Setelah memahami pengertiannya, kamu juga harus tahu apa sebetulnya tujuan dari teks ini. Secara garis besar, tujuan dari teks ini adalah untuk menyebarluaskan warta sesuai fakta yang berfungsi menginformasikan, mendidik, atau membimbing masyarakat.

Atas dasar itulah pemilihan bahan pemberitaan untuk teks ini haruslah informasi yang penting atau krusial. Pemilihan topik berita yang memang masyarakat luas harus ketahui. Misalnya saja berita kenaikan BBM, berita-berita bencana juga kecelakaan.

Ciri Khas  News Item Text

News Item Text

Apakah teks news item memiliki karakteristik yang membedakannya dengan jenis teks lain? Jawabanya adalah iya. Ada beberapa komponen dari teks item berita yang menjadi kekhasan dari teks ini. 

Mengetahui beberapa ciri khas teks ini dapat membantu kamu, terutama jika kamu masih bingung membedakan teks ini dengan report text atau descriptive text. Secara  khusus, ini adalah beberapa ciri khas teks item berita:

1. Membahas Informasi Penting atau Esensial

Seperti yang sebelumnya sudah dibahas, bahwasanya  teks item berita memiliki fungsi untuk memberikan informasi, mengedukasi, dan membimbing. Oleh karena itu, isi dari teks ini haruslah informasi yang penting atau memang perlu sekali media beritakan.

2. Penulisan yang Lugas dan Padat

Poin penting lainnya adalah penulisan teks item berita tidak boleh bertele-tele. Sebaliknya, penulisan teks jenis ini harus singkat, lugas, dan jelas.

3. Penggunaan Headline yang Menjelaskan Isi Teks

Ciri khas yang paling mudah kamu kenali dari teks jenis ini adalah penggunaan judul yang mencerminkan isi dari berita tersebut. Sebagai contohnya adalah artikel yang membahas kunjungan PM Malaysia ke istana negara memiliki judul “Kunjungan Perdana Menteri Anwar Ibrahim ke Istana Negara”.

4. Menggunakan Simple Past Tense atau Simple Present Tense

Seperti yang kamu ketahui, pada umumnya berita memberikan informasi atas kejadian yang sudah terjadi atau lampau. Oleh karena itu, pola kalimat yang media gunakan umumnya adalah simple past tense

Selain simple past tense, kamu juga bisa menggunakan simple present tense. Simple present tense dapat kamu gunakan untuk menulis berita yang utamanya sampai dengan saat ini atau masa kini masih berlangsung. 

5. Menggunakan Saying Verb dan Dynamic Verb

Ciri khas selanjutnya dari teks ini adalah penggunaan saying verb. Kata kerja ini umumnya digunakan untuk menunjukkan siapa yang berbicara atau mengeluarkan pendapat. Sebagai contohnya, perhatikan kata yang dicetak tebal pada kalimat dari kutipan berita berikut:

“Based on the scene of the incident, both sexual violence against women and children mostly occurs in the household,” said Bintang Puspayoga,  the minister of Women Empowerment and Child Protection Indonesia.

Selain itu, teks ini juga sering menggunakan dynamic verb. atau kata kerja yang pada dasarnya menyatakan aksi yang subjek lakukan. Salah satu contohnya adalah “President Biden shouted at his ministers at the cabinet meeting”.

6. Menggunakan Adverb of Time, Manner, dan Place

Kata kerja atau adverb of time, manner, dan juga place, dapat kamu gunakan untuk memberitakan detail peristiwa atau kejadian. Adverb of time menjelaskan kapan kejadian tersebut terjadi, adverb of manner menjelaskan bagaimana hal itu terjadi, dan adverb of place menjelaskan dimana kejadian sebetulnya terjadi .

Generic Structure of News Item Text in English

News Item Text

Untuk dapat write news item text atau menulis teks item berita, tentu saja kamu harus terlebih dahulu memahami struktur penulisan teks ini terlebih dahulu. Nah, apa struktur news item text

Teks item berita terbagi menjadi tiga bagian, yakni main event, background event, dan source. Untuk memperjelas isi dari masing-masing bagian tersebut, simak penjelasan berikut ini:

1. Main Event

Bagian pertama dalam teks item berita adalah main event. Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan informasi pokok yang sejatinya akan kamu bahasa pada badan berita. Dengan kata lain, kamu bisa menorehkan rangkuman berita yang akan kamu bahas.

2. Background Event

Pada bagian ini, kamu bisa mengisi lembar berita dengan berbagai informasi detail. Dalam background events ini, sekiranya kamu bisa menuliskan siapa saja orang yang terlibat, tempat kejadian perkara, kapan insiden tersebut terjadi dan hal-hal penting lainnya.

Pada dasarnya, kamu bisa mengulik informasi terkait pertanyaan 5W dan 1H. Kamu bisa menuliskan informasi untuk menjawab ‘what’, ‘where’, ‘why’, ‘when’, ‘who’, dan juga ’how’ pada bagian ini.

3. Source

Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan hal-hal yang bisa mendukung kredibilitas tulisan kamu, seperti pendapat pakar atau keterangan narasumber. Sebagai contohnya saat kamu menulis artikel tentang kecelakaan, kamu bisa menuliskan keterangan saksi pada bagian source guna memperkuat teks berita.

Contoh News Item Text 

Untuk mempermudah kamu dalam menulis teks item berita ini, kamu bisa melihat contoh news item text singkat beserta juga terjemahannya ini. Berikut adalah contoh news item text beserta strukturnya:

Contoh 1: News Item Text Corona

  • Judul:

Warning! The Latest Variant of the Corona Virus Has Entered Indonesia.

  • Main Event:

A new variant of the Coronavirus that started to spread in early 2020, the XXB virus, has been detected in Indonesia. The Indonesian Ministry of Health asked the public to remain vigilant and maintain cleanliness. Including Indonesia, 24 countries have reported cases of Covid with the XBB virus variant.

  • Background Event:

The first case of the spread of the XBB variant of the Coronavirus in Indonesia was detected for the first time in a female patient who lives in Lombok, West Nusa Tenggara. Before being identified as a Covid patient, the 29-year-old woman experienced mild symptoms such as runny nose, cough, and fever. 

Local health workers take several actions to minimize the spread of this variance, one of which is tracing. Officers traced people who previously had activities with patients to prevent further transmission of this XBB variation of the Coronavirus.

  • Source:

Responding to this news, the Indonesian Ministry of Health spokesperson explained the patient’s latest condition.

“There are symptoms such as cough, runny nose, and fever. She then took a test and turned out tested positive on September 26. After undergoing isolation, the patient was declared cured on October 3,” said the spokesperson for the COVID-19 Ministry of Health Indonesia.

Terjemahan: 

  • Judul:

Peringatan! Varian Terbaru Virus Corona Telah Masuk Indonesia.

  • Main Event:

Varian baru dari virus corona yang mulai menyebar di awal tahun 2020, yaitu virus XXB, telah terdeteksi di Indonesia. Kemenkes RI minta masyarakat tetap waspada dan juga menjaga kebersihan. Termasuk Indonesia, sekitar 24 negara telah melaporkan kasus Covid dengan varian virus XBB.

  • Background Event:

Kasus pertama penyebaran virus Corona varian XBB di Indonesia terdeteksi pertama kali pada seorang pasien wanita yang berdomisili di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Sebelum teridentifikasi sebagai pasien Covid, perempuan berusia 29 tahun itu mengalami gejala ringan seperti pilek, batuk, dan demam.

Petugas kesehatan setempat melakukan beberapa tindakan untuk meminimalkan penyebaran varian ini, salah satunya yakni tracing. Petugas menelusuri orang-orang yang sebelumnya pernah beraktivitas dengan pasien untuk mencegah penularan lebih lanjut virus Corona variasi XBB ini.

  • Source :

Menanggapi kabar tersebut, juru bicara Kementerian Kesehatan RI menjelaskan kondisi terkini pasien tersebut.

“Ada gejala seperti batuk, pilek, dan demam. Saat pasien tes, pasien dinyatakan positif pada 26 September. Setelah menjalani isolasi, pasien sembuh pada 3 Oktober,” ujar juru bicara Kementerian Kesehatan COVID-19 Indonesia.

Contoh 2: Earthquake

  • Judul:

Leave a Huge Damage, Government Calls on Communities to Provide Assistance for Earthquake Victims.

  • Main Event:

The major earthquake that hit Mimaropa, Philippines, yesterday caused tremendous damage. The government appealed to the people of other areas to provide assistance and donations to the earthquake victims.

  • Background Event:

Saturday, January 7, 2023, an earthquake hit the Mimaropa area and damaged several residential buildings and health facilities. There were no victims killed, but it was recorded that 120 people suffered minor injuries from the disaster.

Due to the magnitude of the damage caused by the earthquake, the local government appealed to other communities to assist the earthquake victims. The government hopes the community will help each other in this precarious situation.

  • Source:

To the media, one of the victims conveyed his grievances in the refugee camp. “This place doesn’t have clean water and proper food. I hope the community can help distribute some food and clean water”, said Bretman Eder, one of the earthquake victims.

Terjemahan: 

  • Judul:

Meninggalkan Kerusakan Besar; Pemerintah Imbau Masyarakat Berikan Bantuan Bagi Korban Gempa.

  • Main Event:

Gempa besar yang melanda Mimaropa, Filipina, kemarin menyebabkan kerusakan yang memang luar biasa. Pemerintah mengimbau masyarakat di daerah lain agar memberikan bantuan dan sumbangan kepada korban gempa.

  • Background Event:

Sabtu, 7 Januari 2023, gempa bumi melanda kawasan Mimaropa dan merusak beberapa bangunan tempat tinggal serta fasilitas kesehatan. Tidak ada korban jiwa, namun tercatat 120 orang mengalami luka ringan akibat bencana tersebut.

Karena besarnya kerusakan akibat gempa, pemerintah setempat mengimbau masyarakat lain untuk membantu korban gempa. Pemerintah berharap masyarakat saling membantu dalam situasi genting ini.

  • Source:

Kepada media, salah satu korban menyampaikan keluh kesahnya yakni di pengungsian. “Tempat ini tidak memiliki air bersih dan juga makanan yang layak. Saya harap masyarakat dapat membantu mendistribusikan makanan dan juga air bersih”, kata Bretman Eder, salah satu korban gempa.

Demikianlah pembahasan terkait apa itu news item dan contohnya. materi ini diajarkan untuk kalian pada jenjang kelas 10 SMA, baca juga materi Adverb Literally yang telah visitpare tulis sebelumnya juga ya, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar