Materi Hortatory Exposition Lengkap dengan Contoh Teksnya

Ketika mempelajari suatu bahasa, pastinya kamu harus menguasai cara mendengarkan (Listening), berbicara (speaking), membaca (Reading), dan juga menulis (writing). Karena menulis atau writing adalah salah satu hal yang esensial, maka kamu perlu tahu jenis-jenis teks di dalam bahasa tersebut. Ini termasuk teks hortatory exposition di bahasa Inggris.

Pada dasarnya, materi ini adalah salah satu materi yang wajib kamu pelajari di bangku sekolah menengah atas terutama untuk SMA atau SMK kelas 11. Sebab, kamu akan banyak membaca hortatory exposition in English di waktu-waktu tersebut. Maka dari itu, kamu dapat menyimak penjelasan tentang materi tersebut sebagai berikut!

Pengertian Hortatory Exposition

Hortatory Exposition

Bagi kamu yang belum tahu, hortatory exposition adalah satu tulisan formal yang akan sering kamu temui di dalam buku atau jurnal akademik. Selain dalam bentuk tulisan, kamu juga akan sering mendengarkan teks jenis ini dalam bentuk lisan. Misalnya seperti debat, pidato, dan sejenisnya. 

Perlu kamu ketahui jika tujuan hortatory exposition adalah untuk memengaruhi para pembaca atau pendengar agar setuju dengan isi teks tersebut. Agar bisa mencapai tujuan itu, kamu akan memerlukan argumen-argumen yang valid untuk mendukung isi teks. Tentu saja jika nadanya persuasif.

Secara garis besar, jenis teks yang satu ini memang tidak jauh berbeda dengan analytical exposition. Hanya saja, jika teks analytical exposition hanya bertujuan untuk meningkatkan awareness, maka tidak dengan teks hortatory exposition

Tujuan utama teks ini adalah agar para pembaca atau para pendengar mengikuti instruksi yang ada di dalam teks. Entah itu agar mereka melakukan suatu hal atau agar mereka tidak melakukan suatu hal. 

Ciri-Ciri Teks Hortatory Exposition

Hortatory Exposition

Lalu sebenarnya, apa saja ciri-ciri hortatory exposition yang wajib kamu ketahui? Hal ini karena, akibat ada kesamaan antara teks ini dengan analytical exposition, banyak orang yang tidak tahu cara membedakan keduanya. Padahal, kedua jenis teks tersebut memiliki ciri dan struktur yang berbeda.

1. Grammar atau Tata Bahasa

Dalam hal grammar atau tata bahasa, kamu perlu menggunakan  simple present tense untuk membuat teks jenis ini. Hal ini karena biasanya isu yang kamu bicarakan di dalam teks memang sedang happening di saat ini. Jadi, kamu akan sering memakai verb 1 di dalam kalimat.

2. Penggunaan Temporal Connectives

Kemudian, di dalam example of hortatory exposition, kamu juga akan sering menemukan kata temporal connectives.  Misalnya seperti firstly, secondly, lastly, dan lain-lain Hal ini karena teks tersebut memiliki tujuan untuk mendesak pembaca dan pendengar agar melakukan hal yang penulis ingin. 

Maka dari itu, sang penulis pasti harus menjelaskan isi teks secara kronologis dan juga komprehensif. Sehingga, maksud dan tujuan teks tersebut akan lebih mudah dipahami oleh para pembaca dan pendengar. Itu kenapa penggunaan temporal connectives sangat esensial di jenis teks ini.

3. Penggunaan Evaluative Words

Di dalam teks hortatory exposition, kamu juga akan sering menggunakan evaluative words. Hal ini agar pembaca dan pendengar mengerti bahwa apa yang kamu sampaikan memang penting. Misalnya seperti kata-kata most importantly, clearly, effective, successful, convincing, dan lain sebagainya. 

Struktur Teks Hortatory Exposition

Bagaimana cara penulisan hortatory exposition structure yang tepat? Pastinya, kamu perlu tahu tentang hal ini. Sebab, hampir semua jenis teks memiliki struktur yang unik yang membedakan antara satu dengan yang lainnya.

Entah itu di dalam contoh teks hortatory exposition singkat maupun yang panjang, kamu pasti akan menemukan tiga struktur utama di jenis teks ini. Ketiga struktur teks tersebut adalah thesis atau gagasan utama, arguments atau argumen pendukung, dan recommendations atau ajakan.

1. Gagasan Utama (Thesis)

Pada bagian awal teks, biasanya kamu akan menemukan gagasan utama dari isi teks tersebut. Mulai dari latar belakang hortatory exposition itu dibuat hingga kenapa pembahasan tentang topik ini penting. Biasanya, kamu bisa memasukkan pendapat umum dan pendapat pribadi tentang topik tersebut.

Misalnya dalam topik belajar bahasa asing, kamu dapat menyampaikan kenapa belajar bahasa asing itu penting untuk dilakukan. 

2. Argumen Pendukung (Arguments)

Setelah kamu memperkenalkan topik pembicaraan di dalam thesis, kamu pun perlu memasukkan argumen pendukung. Tujuannya adalah untuk membuat pembaca atau pendengar percaya dengan dengan pendapat yang tadi kamu sampaikan.

Misalnya dalam topik bahasa asing, kamu dapat menyampaikan apa saja alasan yang menyebabkan kamu perlu menguasai bahasa asing.

3. Ajakan (Recommendation)

Salah satu hal unik yang ada di dalam jenis teks ini adalah adanya teks ajakan agar pembaca atau pendengar mengikuti apa yang penulis inginkan. Kamu akan mengenal hal ini dengan istilah recommendations. Biasanya, ajakan ini ada di akhir paragraf yang berfungsi sebagai paragraf penutup suatu teks. 

Misalnya dalam topik bahasa asing, di akhir teks kamu dapat mengajak para pembaca atau pendengar untuk belajar bahasa asing mulai dari saat ini.

Contoh Teks Hortatory Exposition

Hortatory Exposition

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan hortatory exposition text, kamu pun perlu tahu bagaimana cara menulis teks jenis ini. Sesuai dengan struktur teks di atas, kamu akan menemukan gagasan utama di paragraf pertama dan ajakan di paragraf terakhir.

Kemudian, di antara paragraf pertama dan paragraf terakhir, ada beberapa paragraf lain yang berisi argumen yang didukung oleh data. Berikut adalah contohnya!

1. Text

Nowadays, almost all schools are starting to include foreign languages in their curriculum. Not only at high school, but foreign languages have also been introduced since kindergarten level. The reason is that mastering a second language, and maybe a third language, is very important for students.

Firstly, it is because of the flow of globalization that forces you to know a foreign language to adapt. Secondly, you have to know how to communicate in another language to befriend people from another country. Lastly, this will also be very useful in your professional life for your future career.

In addition to that, mastering a foreign language can make you stand out among others. This will certainly make it easier for you to live in the current era of globalization. So, what are you waiting for? Let’s learn a foreign language or two starting ​​from now on!

2. Artinya

Saat ini, hampir semua sekolah mulai memasukkan bahasa asing ke dalam kurikulumnya. Tidak hanya di SMA, bahasa asing bahkan sudah banyak diperkenalkan sejak tingkat TK. Alasannya karena menguasai bahasa kedua, dan mungkin bahasa ketiga, sangat penting bagi para siswa.

Alasan pertama, yaitu karena arus globalisasi yang memaksa Anda untuk menguasai bahasa asing agar dapat beradaptasi. Kedua, Anda pun harus tahu bagaimana berkomunikasi dalam bahasa lain untuk berteman dengan orang lain dari negara yang berbeda. 

Terakhir, hal ini juga akan sangat berguna di dalam kehidupan profesional Anda untuk karir masa depan Anda.

Selain itu, menguasai bahasa asing juga bisa membuat Anda menonjol di antara orang lain. Hal ini tentunya akan memudahkan Anda untuk hidup di era globalisasi saat ini. Jadi tunggu apa lagi? Ayo belajar bahasa asing mulai dari sekarang!

Itulah segala hal tentang hortatory exposition yang dapat kamu pelajari. Mulai dari pengertian, ciri-ciri, struktur, hingga contoh teksnya. jangan lupa baca materi Expressing Embarrassment agar kamu tambah jago berbahasa inggris.

Tinggalkan komentar