Kelas 1 SD saat ini sudah mendapatkan pelajaran bahasa Inggris. Ini tentu untuk mempersiapkan anak-anak sedini mungkin untuk menghadapi globalisasi serta pasar bebas, di mana bahasa internasional akan semakin lumrah digunakan. Nah, untuk mempersiapkannya, ini dia rangkuman materi bahasa Inggris kelas 1 SD.

Perkenalan bahasa inggris untuk anak SD terbilang cukup muda bisa jadi akan membuat anak kesulitan untuk mencerna pelajaran bahasa Inggris di sekolah. Maka dari itu, materi yang anak pelajari di kelas 1 tidak berat. Nah, apa saja materi pelajaran bahasa Inggris untuk kelas 1 SD tersebut? 

Pembahasan selengkapnya ada dalam ulasan berikut ini.

Materi Bahasa Inggris SD Kelas 1 Semester Ganjil

Rangkuman materi bahasa inggris kelas 1 sd

Apa saja materi bahasa Inggris untuk anak SD kelas 1 semester 1? Materi bahasa Inggris yang akan siswa dapatkan di semester ganjil kelas 1 adalah materi dasar. Materi dasar yang dimaksud di sini seperti berkenalan dengan angka, warna, dan alfabet.

Untuk mengetahui lebih jelas beragam materi dasar yang akan siswa dapatkan, berikut adalah rangkuman materi bahasa inggris kelas 1 SD semester 1. 

1. Numbers (Angka)

Pelajaran bahasa Inggris pertama yang akan siswa pelajari adalah sebutan berbagai angka dalam bahasa Inggris. Pada umumnya, materi angka ini akan berfokus dalam mengajarkan sebutan bahasa Inggris untuk angka satuan, belasan, dan puluhan. 

Sedangkan untuk sebutan bahasa Inggris terkait angka yang lebih besar, baru akan siswa belajar di kelas yang lebih tinggi. Misalnya, sebutan bahasa Inggris  untuk  angka ratusan juga ribuan. nah, untuk materinya silahkan klik >> Belajar Numbers, Angka Bahasa Inggris & Pelafalannya

2. Alphabet (Abjad)

Materi selanjutnya adalah perkenalan abjad dalam bahasa Inggris. Sebelum belajar membaca berbagai kosakata bahasa Inggris, siswa akan belajar cara penyebutan karakter yang benar. Dengan demikian, siswa akan jauh lebih mudah mengucapkan berbagai kata di bahasa Inggris saat memasuki pelajaran kosakata. lebih lengkap klik >> Alphabet Bahasa Inggris dan Cara Tepat Membacanya

3. Colours (Warna)

Materi pelajaran bahasa Inggris lainnya adalah materi warna. Dalam pelajaran ini, guru akan mengajak para siswa mengenal pancarona di bahasa Inggris. Misalnya, purple untuk warna ungu, red untuk warna merah, dan juga yellow untuk warna kuning.  materinya >> Warna-Warna dalam Bahasa Inggris

4. Animals (Hewan)

Bahan ajaran yang juga akan siswa pelajari adalah nama-nama hewan dalam bahasa Inggris. Mulai dari sebutan binatang dari kategori hewan ternak (livestock) hingga sebutan untuk hewan buas yang ada di alam liar (wild animals). Contohnya, ayam adalah chicken dan singa adalah lion. materinya klik >> Nama Hewan dalam Bahasa Inggris Beserta Arti dan Cara Bacanya

5. Body’s Part (Bagian-Bagian Tubuh)

Materi lain yang nantinya juga  akan siswa pelajari di semester satu adalah nama-nama bagian tubuh dalam bahasa Inggris. Tujuan dari materi ini adalah siswa mampu mengenali juga hafal sebutan bahasa Inggris dari setiap anggota tubuhnya. Misalnya, eyes untuk mata, nose untuk hidung dan mouth untuk mulut.  materinya >> Anggota Tubuh dalam Bahasa Inggris

6. Family Members (Anggota Keluarga)

Selanjutnya, siswa juga akan mendapatkan pelajaran terkait dengan family members atau anggota keluarga. Selain istilah umum seperti father dan mother, siswa akan belajar beragam istilah anggota keluarga lainnya dalam bahasa Inggris. Misalnya, twins untuk anak kembar dan own child untuk anak kandung. materinya >> Pohon Keluarga dalam Bahasa Inggris

7. House Parts (Bagian-Bagian Rumah)

Materi lain yang juga ada di buku bahasa Inggris kelas 1 SD semester ganjil adalah materi tentang bagian-bagian rumah atau house parts. Dalam materi ini, siswa akan belajar berbagai macam nama ruangan yang pada umumnya ada di sebuah rumah. Misalnya, bathroom, kitchen, bedroom, dan juga living room.

Selain itu, dalam materi ini siswa juga akan belajar macam-macam nama benda yang ada di rumah secara singkat. Beberapa contohnya adalah seperti window untuk jendela, gate untuk gerbang, dan juga door untuk pintu. materinya klik >> Nama-Nama Benda yang ada dirumah dalam Bahasa Inggris

Materi Bahasa Inggris SD Kelas 1 Semester Genap

Rangkuman materi bahasa inggris kelas 1 sd

Sama seperti semester satu, pada semester dua ini siswa juga masih akan belajar materi dasar bahasa Inggris yakni berbagai kosakata umum. Secara terperinci, kosakata yang akan siswa pelajari adalah kelanjutan dari materi House Parts yang sebelumnya sudah dipelajari di semester 1.

Ya, melanjutkan materi house parts di mana siswa belajar nama-nama ruangan di rumah, kali ini siswa akan belajar secara spesifik tentang setiap rumah tersebut. Mulai dari kamar tidur, kamar mandi, dan beberapa ruangan di rumah lainnya. Berikut rangkuman materi bahasa Inggris untuk anak SD kelas 1 semester 2:

1. Bedroom (Kamar Tidur)

Mengawali semester genap, dalam materi my bedroom ini siswa akan mengenal berbagai nama benda yang pada umumnya mereka temui di kamar tidur. Misalnya adalah doll untuk boneka, pillow untuk bantal, dan juga blanket untuk selimut.  

2. Kitchen (Dapur)

Setelah bedroom, materi selanjutnya akan membahas tentang beragam benda yang ada di dapur atau kitchen. Sama seperti materi sebelumnya, pada pelajaran ini siswa juga akan mempelajari nama-nama barang dapur dalam bahasa Inggris. Misalnya, knife untuk pisau, spoon untuk sendok, dan juga fridge untuk kulkas.

3. Bathroom (Kamar Mandi)

Materi lainnya adalah mengenal nama-nama benda yang ada di dalam kamar mandi atau bathroom. Sering ditemui di rumah, siswa akan mengenal dan belajar melafalkan sebutkan bahasa Inggris dari beragam barang di kamar mandi. Contoh sederhananya adalah towel untuk handuk dan  juga bucket untuk ember.

4. Living Room (Ruang Tamu)

Bagian ruangan di rumah yang juga akan menjadi inti pembelajaran bahasa Inggris di semester dua adalah ruang tamu. Masih sama seperti berbagai materi di atas, dalam materi ini siswa juga akan mengenal sebutan untuk benda-benda yang ada di ruang tamu. Contohnya, carpet, sofa, dan juga clock.

5. Greeting dan Parting (Salam Sapaan dan Perpisahan)

Selain materi terkait nama-nama benda yang ada di ruangan spesifik, siswa juga akan diajarkan materi bahasa Inggris dasar untuk anak SD terkait materi greeting dan parting.  Pada materi greeting, siswa akan belajar ekspresi untuk menyapa orang lain. Misalnya, hai, hello, good morning, dan juga how do you do.

Sedangkan dalam materi parting, siswa akan belajar banyak ekspresi perpisahan dalam bahasa Inggris. Misalnya adalah goodbye, bye-bye, dan juga see you later. Namun selain itu, tentu saja siswa juga akan belajar beragam respon yang baik ketika mendapat salam sapa dan perpisahan dari orang lain. materi lengkap klik >> Materi Greeting dan Parting

Penutup

Itulah materi pelajaran bahasa Inggris yang akan siswa dapatkan di semester ganjil dan genap. Untuk membantu anak belajar, orang tua tidak hanya bisa memanfaatkan LKS bahasa inggris kelas 1 sebagai bahan belajar di rumah. Orang tua juga bisa mencari bahan belajar secara daring untuk membantu anak belajar.

Demikian pembahasan rangkuman materi bahasa Inggris kelas 1 SD kali ini. Semoga dapat membantu dalam memberikan sedikit gambaran tentang materi yang akan dipelajari di kelas 1. Untuk rangkuman materi bahasa Inggris SD kelas 1-6 lainnya dapat Anda temukan juga secara lengkap di Visitpare.

Bagikan: