Ada banyak topik pembahasan bahasa Inggris di bangku kelas 2 SD. Baik guru atau siswa membutuhkan rangkuman materi bahasa Inggris kelas 2 SD untuk mempersiapkan diri menjelang semester baru atau tahun ajaran baru.

Nah, jika dahulu visitpare telah menulis Rangkuman Materi Bahasa Inggris Kelas 1 SD maka berikut ini rangkuman materi bahasa Inggris semester 1 dan 2. Silakan pelajari dengan seksama!

Rangkuman Bahasa Inggris Semester 1

Rangkuman Materi Bahasa Inggris Kelas 2 SD

Bahasa Inggris kelas 2 SD semester 1 terdiri beberapa pembahasan utama. Setidaknya ada empat topik berbeda dilengkapi dengan penjelasan sekaligus contoh-contoh soal.

Materi pertama tentang pengenalan keluarga atau my family. Kemudian mengenalkan waktu (time), makanan minuman, dan pakaian. Ulasan lebih lengkap ada di bawah ini!

1. My Family atau Keluargaku

Materi bahasa Inggris kelas 2 SD yang pertama tentang keluarga atau family. Mereka diperkenalkan pada anggota keluarga seperti ibu, ayah, kakak perempuan, kakak laki-laki, adik perempuan, adik laki-laki. Tidak lupa ada paman, bibi, kakek, nenek, keponakan, dsb. klik disini info lengkapnya >> Pohon Keluarga dalam Bahasa Inggris

Bagi anak-anak, pengenalan ini sangat penting, sebab mengenali nama-nama keluarga dalam bahasa Inggris akan memudahkan mereka untuk mempraktikkannya dalam conversation. untuk membantu mereka lebih dekat dengan keluarga. 

Pembelajaran yang dimulai dari lingkungan terdekat akan membuat anak-anak atau pemelajar bahasa Inggris pemula menjadi merasa relate, sehingga timbul ketertarikan lebih dalam belajar.

2. Memperkenalkan Waktu (Telling Time)

Selanjutnya ada materi tentang telling time atau menyatakan waktu dalam bahasa Inggris. Siswa belajar tentang vocabulary baru berhubungan dengan waktu seperti clock, P.M, A.M, minutes, hour, second, dsb.

Selain kosakata, guru juga mengajarkan struktur kalimat yang tepat untuk mengucapkan waktu. Terdapat tiga istilah penting yaitu o’clock (jam tepat), to (jam kurang), dan past (jam lebih).

Kalimat sederhana sebagai contoh penggunaan istilah waktu tersedia di buku pelajaran bahasa Inggris. Misalnya, “She wakes up at 6 o’clock” (Dia bangun pukul atau jam enam pagi). materi selengkapnya klik >> Waktu dalam Bahasa Inggris AM PM

3. Food and Drinks

Tema ini akan memperkenalkan kosakata baru mengenai makanan dan minuman. Dari sini, siswa dapat menambah penguasaan vocabulary dan latihan mengucapkan kata-kata tersebut. Adapun contoh-contoh kata mengenai food and drinks seperti bread, omelet, egg, noodle, tea, milk, coffee, dan sebagainya.

Kemudian ada istilah luch (makan siang), breakfast (sarapan), supper (makan malam), dsb. Untuk memudahkan siswa belajar maka guru akan membedakannya menjadi beberapa kategori. Jenis makanan utama (main course), hidangan penutup (dessert), camilan ringan (snacks), sayuran (vegetables), dsb. selengkapnya klik >> Materi Food and Drink Bahasa Inggris

4. Pakaian atau Clothes

Tema berikutnya pada rangkuman materi ini adalah mengenai clothes. Hal ini merujuk pada keragaman jenis pakaian pria dan wanita sekaligus fungsinya. Dalam bahasa Inggris, istilah tersebut disebut secara berbeda.

Kategori pakaian manusia ditentukan berdasarkan situasi serta kondisi. Ada acara formal seperti menghadiri rapat, pesta perayaan, upacara pernikahan lalu acara santai seperti pergi berwisata dan hang out.

Siswa akan mengetahui jenis pakaian wanita seperti rok pendek, rok panjang, celana, gaun mini, gaun pesta, jaket, mantel berbulu, hingga aneka aksesoris. Begitu pula dengan pria karena terdapat bagian pakaian seperti celana pendek, jas, piyama, dan kemeja. selengkapnya >> Materi Clothes and Accessories

Rangkuman Bahasa Inggris Semester 2

Rangkuman Materi Bahasa Inggris Kelas 2 SD

Selanjutnya, untuk materi bahasa Inggris kelas 2 SD semester 2, terdiri dari lima tema. Sama seperti semester 1, siswa lebih fokus mempelajari vocabulary baru di semester 2. Aneka tema menarik pelajaran bahasa Inggris disampaikan secara urut. 

Pertama-tama guru akan memperkenalkan jenis hobi manusia. Setelah itu terdapat jenis pekerjaan, aneka angka, alat transportasi, dan tempat umum. Kamu dapat melihat penjelasan lengkapnya di bawah ini!

1. Mengutarakan Kegemaran (Hobby)

Setiap orang pasti mempunyai hobi, yaitu kegemaran atau kegiatan paling disenangi. Siswa sekolah dasar akan belajar tentang vocabulary seputar hobi. Beberapa di antaranya seperti cooking, dancing, fishing, singing, playing football, reading, swimming, dll.

Pada materi bahasa Inggris kelas 2 SD ini, biasanya terdapat contoh percakapan sederhana mengenai hobi. Anak-anak dapat latihan bersama teman sebangku supaya bisa belajar mengucapkan kata-kata berbahasa asing. selengkapnya >> Nama-Nama Hobi dalam Bahasa Inggris

2. Profesi dan Pekerjaan Manusia

Bab selanjutnya di semester 2 membahas tentang job and occupation. Ada banyak jenis bidang pekerjaan manusia mulai dari kesehatan, kebersihan, pendidikan, pemerintahan, dan kesenian.

Semua pekerjaan serta profesi seseorang itu hebat. Oleh sebab itulah, siswa diperkenalkan pada materi tersebut agar bisa memperluas pengetahuan mereka. Contohnya belajar tentang kosakata nurse, painter, doctor, teacher, policeman, dentist, vet, dll.

Setiap kosakata memiliki penjelasan, gambar, sekaligus contoh kalimat pendukung. Di akhir pelajaran, biasanya terdapat dialog singkat sebagai bahan latihan siswa secara langsung. Mereka akan melakukan conversation sambil belajar cara pelafalan bahasa Inggris yang benar. selengkapnya >> Profesi dalam Bahasa Inggris, Arti dan Contoh Kalimat

3. Mengenal Angka (Numbers)

Dalam pelajaran bahasa Inggris kelas 2 SD materi semester 2, anak-anak juga akan mengenal angka. Jadi siswa tidak hanya menghafal angka 1 sampai 10 saja. Akan tetapi juga belajar cara mengucapkan seri satuan, puluhan, ratusan, hingga ribuan.

Seri angka dalam bahasa Inggris memiliki arti berbeda dengan bahasa Indonesia. Misalnya seperti 100 menjadi one hundred atau 1.000 menjadi one thousand.

Jenis angka cardinal dan ordinal termasuk pada materi pembelajaran ini. Cardinal adalah bilangan-bilangan biasa seperti two, five, six, one, zero. Sedangkan ordinal number merupakan bentuk urutan angka yakni second, sixth, first, third, dst.

Jika angka-angka dasar sudah diperkenalkan maka siswa lanjut mempelajari bentuk lainnya. Seperti angka desimal, persentase, pecahan, hingga mata uang dari berbagai negara. selengkapnya >> Belajar Numbers, Angka Bahasa Inggris & Pelafalannya

4. Alat Transportasi atau Kendaraan

Apa saja jenis transportasi di dunia? Itulah yang akan guru ajarkan kepada anak-anak kelas 2 SD pada semester akhir. Pengenalan terhadap berbagai jenis kendaraan umumnya sangat menarik minat siswa.

Biasanya guru akan membaginya menjadi tiga kategori yaitu transportasi darat, udara serta laut. Kemudian terdapat berbagai macam contoh kendaraan di masing-masing kategori tersebut. Misalnya transportasi darat ada car, bicycle, motorcycle, dan bus. lebih lengkap klik >> Nama-Nama Alat Transportasi dalam Bahasa Inggris

5. Tempat Umum

Materi terakhir dalam pelajaran bahasa Inggris kelas 2 SD perkenalan tentang public places. Ketika kita berada di tempat umum, tentu banyak sekali fasilitas di sana. Mulai dari taman kota, pusat pemerintahan kota, lapangan, hingga area jalan raya.

Tema ini cenderung memperkenalkan tentang nama-nama tempat umum. Beberapa contohnya adalah bank, garden, airport, anchorage, bus station, hospital, post office, police office, library, hotel, dll.

Setiap nama tempat akan menyertakan penjelasan tentang fungsinya. Seperti post office, yang merupakan kantor pos untuk mengirim serta menerima surat. Sedangkan bus station merupakan tempat berhentinya bus atau pangkalan bus. selengkapnya klik >> Tempat Umum dalam Bahasa Inggris Beserta Arti dan Contoh Kalimatnya

Penutup

Rangkuman materi bahasa Inggris kelas 2 SD di seluruh semester masing-masing terdiri dari sembilan tema berbeda-beda. Fokus utamanya adalah menambah vocabulary atau kosakata baru dari lingkungan sekitar, misalnya rumah dan sekolah.

Sementara itu guru sekolah dasar biasanya menggunakan buku panduan khusus seperti LKS (Lembar Kerja Siswa) atau buku paket. Di dalamnya sudah pasti mencakup keseluruhan rangkuman materi di atas secara lengkap, plus latihan soal. 

Bagikan: