Ketika mempelajari bahasa asing, mengumpulkan kosakata atau vocabulary merupakan salah satu hal yang wajib untuk kamu lakukan. Kamu bisa mulai dari benda-benda yang ada di sekitarmu. Kamu bisa mengelompokkan nama-nama benda dalam bahasa Inggris yang ada di sekitarmu, lalu mulai menghafalkannya.

Sebenarnya, apa itu benda? Bagi kamu yang belum tahu, benda adalah sesuatu yang konkret. Hal itu harus bisa kamu lihat dengan mata kamu sendiri. Pastinya, nama-nama benda berbeda dengan kata benda. Sebab, meskipun semua benda termasuk kata benda, namun tidak semua kata benda berupa benda.

Maka dari itu, berikut adalah lebih dari 100 benda dalam bahasa Inggris berikut!

Benda-Benda di Area Rumah

Pada dasarnya, rumah adalah area yang paling familier bagi sebagian besar orang. Itu kenapa mengetahui berbagai vocabulary tentang benda yang ada di rumah menjadi yang paling relevan sekaligus efektif. 

Jika kamu sudah hafal apa saja nama-nama benda dalam bahasa Inggris dan artinya, tinggal mengaplikasikannya dalam dialog. Kamu bisa berdialog tentang hal yang berhubungan dengan rumah dan mendeskripsikan barang-barang yang ada di rumah. 

Dalam bahasa Inggris sendiri, rumah berarti “house”. Terkadang, ada orang yang menyebutnya sebagai “home”. Meskipun sebenarnya, makna “home” lebih luas dari “house”.

Jika “house” berarti “bangunan rumah”, maka “home” adalah “rumah yang membuat kamu merasakan kenyamanan”. Lalu sebenarnya, apa saja nama benda yang ada di rumah dalam bahasa Inggris? Berikut adalah beberapa kumpulan vocabulary yang perlu Anda pelajari!

1. Ruang Keluarga dan Ruang Tamu

Ketika masuk ke ruang keluarga dan ruang tamu, benda apa saja yang masuk ke pikiranmu? Hal pertama yang mungkin kamu pikirkan adalah “sofa”. Sebab, ukurannya pasti paling besar. Sehingga, itu menjadi benda yang pertama kali kamu lihat ketika memasuki ruangan yang pasti ada di rumah tersebut.

Jadi, ketika berbicara tentang apa saja nama-nama benda di rumah, “sofa” menjadi salah satu vocabulary yang perlu kamu tahu. Lalu, apa nama “sofa” dalam bahasa Inggris? Ternyata, dalam bahasa Inggris “sofa” berarti “sofa”. Bentuk jamaknya yaitu “sofas”

Selain sofa, mungkin kamu akan menemukan kursi dan meja di ruang tamu atau ruang keluarga. Dalam bahasa Inggris, kursi berarti “chair” dan meja berarti “table”. Lalu, ada juga kata “armchair” yang berarti “kursi berlengan”, dan “coffee table” yang berarti “meja kopi” atau “meja berukuran kecil”.

Benda lain yang juga mungkin kamu temukan adalah televisi dan pemutar DVD di ruang keluarga. Dalam bahasa Inggris, kamu pun akan mengenalnya dengan kata “television” dan “DVD player”. Lalu, ada juga pengeras suara atau pengeras audio, yang di dalam bahasa Inggris berarti “speaker”. 

Supaya lebih jelas, berikut adalah daftar 25 nama benda dalam bahasa Inggris dan artinya yang ada di ruang tamu dan ruang keluarga!

Nama-nama benda

Contoh Dialog

Jack : Welcome to my house, Rose, you can take a seat on the sofa. (Selamat datang di rumahku, Rose, kamu bisa duduk di atas sofa).

Rose : Your house is so gorgeous, Jack, there are a lot of wall decorations. (Rumahmu sangat cantik, Jack, ada banyak hiasan dinding). 

Jack : Yes, my mom loves it. (Iya, mamaku menyukainya). 

2. Kamar Tidur

Selain benda yang ada di ruang tamu dan ruang keluarga, kamu pun perlu tahu apa saja nama-nama benda di kamar tidur. Hal ini karena kamar tidur merupakan salah satu ruangan di rumah yang paling dekat dengan kamu. Sebab, di ruangan inilah, kamu akan menyimpan barang milik pribadi.

Misalnya seperti baju, sepatu, dan tas. Dalam bahasa Inggris, kamu akan mengenalnya dengan nama “clothes”, “shoes”, dan “bags”. Biasanya, kamu akan menyimpan barang-barang itu di dalam lemari, yang dalam bahasa Inggris berarti “cupboard”. Lalu, pada umumnya di kamar juga ada laci atau “drawer”.

Kemudian, kamu pun pasti punya tempat khusus untuk tidur. Di sana, kamu akan menemukan, setidaknya, kasur, bantal, dan selimut. Dalam bahasa Inggris, kasur berarti “bed”, sedangkan “bantal” berarti “pillow”, dan selimut berarti “blanket”

Selain itu ada 20 nama benda dalam bahasa Inggris lain yang ada di kamar tidur, yaitu sebagai berikut!

Contoh Dialog

Adik : Can I borrow your clothes for tomorrow? (Bisakah aku meminjam pakaianmu untuk besok?).

Kakak : Sure. But can you please help me to take my phone? It’s on the bed, under the pillow. (Tentu saja. Tapi, bisakah kamu membantuku untuk mengambil ponselku? Itu ada di atas kasur, di bawah bantal). 

3. Kamar Mandi

Ketika kamu berada di rumah, pastinya kamu akan masuk ke kamar mandi beberapa kali dalam sehari. Lalu, benda apa saja yang biasa kamu lihat di ruangan tersebut? Pada dasarnya, ada banyak nama-nama benda di kamar mandi yang perlu kamu tahu. 

Misalnya seperti “WC” yang dalam bahasa Inggris berarti “toilet”, bak mandi yang dalam bahasa Inggris berarti “bathtub”, dan lain-lain. Selain itu, kamu pun pasti akan menemukan alat-alat mandi. Contohnya yaitu sabun atau “soap”, sikat gigi atau “toothbrush”, sampo atau “shampoo”, dan pasta gigi atau “toothpaste”.

Selain itu, berikut adalah beberapa vocabulary lain tentang apa saja barang yang ada di kamar mandi.

Contoh Dialog

Jeffrey : I will go to the supermarket after work, I need to buy some toiletries such as soap, shampoo, etc. (Aku akan pergi ke supermarket sepulang bekerja, aku butuh membeli beberapa alat mandi, seperti sabun, sampo, dan lain-lain.). 

Jason : I will come with you, I want to buy a towel. (Aku akan ikut denganmu, aku mau membeli sebuah handuk.).

4. Dapur

Dapur juga menjadi salah satu ruangan penting yang ada di dalam rumah. Itu kenapa kamu juga perlu tahu apa saja nama-nama benda di dapur. Misalnya seperti “kompor”, yang dalam bahasa Inggris berarti “stove”. Lalu, ada juga “kulkas” yang dalam bahasa Inggris berarti “refrigerator”.

Selain benda tersebut, ada juga beberapa benda di dapur lain yang perlu kamu ketahui, yaitu sebagai berikut.

Nama benda dapur

Contoh Dialog

Lala : There is a cake in the refrigerator, it is mine, don’t eat it! (Ada sebuah kue di kulkas, itu milikku, jangan dimakan!).

Lula : I got it. (Aku mengerti.).

5. Halaman Depan dan Halaman Belakang

Setelah mempelajari tentang nama benda yang ada di rumah, kamu pun perlu tahu apa saja benda yang ada di luar rumah. Misalnya aneka pohon dan nama buah serta yang paling dekat dan masih ada di area rumah, yaitu halaman depan dan halaman belakang. Di sana, kamu pun akan menemukan berbagai macam nama benda.

Contohnya yaitu sepeda, motor, dan mobil. Dalam bahasa Inggris, sepeda berarti “bicycle”, motor berarti “motorcycle”, dan mobil berarti “car”. Di samping itu, ada beberapa kosakata lain yang perlu kamu ketahui, lihat daftar berikut!

Contoh Dialog

Tina : There is a grill in my backyard, do you want to come over and have a barbecue? (Ada alat pemanggang di halaman belakangku, apakah kamu mau datang dan makan barbekyu?).

Wita : Of course, I love to. (Tentu saja, aku akan datang.). 

Area Sekolah

Selain area rumah, kamu pun perlu tahu apa saja nama-nama benda di sekolah. Maka dari itu, berikut adalah beberapa vocabulary yang pastinya perlu kamu pelajari!

1. Fasilitas di Sekolah

Di sekolah, kamu akan menemukan berbagai fasilitas yang disediakan oleh pihak sekolah. Misalnya yaitu benda-benda untuk olahraga, seperti “bola basket” atau “basket ball” dan “volley ball”. Lalu, ada juga raket bulu tangkis atau “badminton racket” dan raket tenis atau “tennis racket”. 

Selain itu, ada beberapa benda lain yang ada di sekolah, yaitu seperti berikut!

Contoh Dialog

Joy : Can you accompany me to the gym? I need to take a tennis ball. (Bisakah kamu menemaniku ke lapangan? Aku perlu membawa bola tenis.).

Mark : Sure. (Tentu saja.).

2. Alat Tulis

Kemudian, kamu juga perlu tahu apa saja nama-nama alat tulis yang biasa kamu bawa ke sekolah. Misalnya seperti buku, yang berarti “book” dalam bahasa Inggris. Lalu, ada juga pensil, yang dalam bahasa Inggris berarti “pencil”, dan pensil warna yang berarti “drawing pencil“. 

Kemudian, ketika pergi ke sekolah, kamu juga biasa membawa pulpen atau “ballpoint”. Selain itu, kamu juga mungkin selalu membawa penghapus atau “eraser”. Supaya lebih jelas, berikut adalah nama-nama benda yang termasuk alat tulis!

Contoh Dialog

Terran : Kim, can I borrow your ballpoint? (Kim, bisakah aku meminjam pulpen milikmu?).

Kimberly : Of course, it’s on top of my book. (Tentu saja, itu ada di atas bukuku).

Area Publik

Saat pergi ke area publik, kamu pun pasti akan menemukan berbagai benda di sekitar kamu. Misalnya seperti nama-nama benda alam, mulai dari batu atau “rock”, pasir yang berarti “sand”, dan lain sebagainya. Jika batu bisa kamu temukan di mana saja, maka pasir hanya bisa kamu temukan di area pantai saja.

Di samping pasir, pada saat pergi ke pantai kamu juga akan menemukan laut atau samudra. Dalam bahasa Inggris, “laut” berarti “sea” dan samudra berarti “ocean”. Lalu, ada juga gunung yang dalam bahasa Inggris berarti “mountain”. Supaya lebih jelas, berikut adalah beberapa vocabulary yang perlu tahu.

Contoh Dialog

Yudha : Let’s play with sand! (Ayo bermain pasir!). 

Tian : Let’s go! I want to see the ocean too. (Ayo! Aku ingin melihat samudra juga). 

Benda-Benda Langit 

Selain benda-benda yang biasa kamu lihat di sekitar, kamu pun perlu tahu apa saja nama-nama benda langit. Di siang hari, kamu akan melihat awan dan matahari, yang dalam bahasa Inggris berarti “cloud” dan “sun”. Lalu, di malam hari, kamu pun akan bisa menemukan bulan dan bintang, atau “moon” dan “star”. 

Contoh Dialog 

Ray : The moon looks so beautiful tonight. (Bulan terlihat sangat cantik malam ini). 

San : I agree. The stars look stunning too. (Aku setuju. Bintang-bintang pun juga terlihat luar biasa). 

Itulah nama-nama benda dalam bahasa Inggris yang perlu kamu pelajari. Meskipun banyak, namun kamu bisa menghafalnya dengan pelan-pelan. Setidaknya, minimal 5 atau 10 kata per hari. Jadi, selamat belajar!

Bagikan: