Expressing Happiness dalam Bahasa Inggris & Contoh Dialognya

Biasanya, perasaan apa yang kamu rasakan ketika ada hal baik yang terjadi padamu atau pada orang di sekitarmu? Sebagian besar orang pasti ingin mengungkapkan perasaan tersebut lewat kata-kata. Hal itu juga berlaku saat kamu berbicara bahasa Inggris, yang dikenal dengan istilah expressing happiness.

Mengungkapkan perasaan atau Expressing Feelings merupakan hal yang sangat jamak dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini karena memiliki perasaan atau emosi adalah hal yang sangat manusiawi. Itu kenapa mempelajari bagaimana cara expressing happiness in English itu sangat penting. Yuk, belajar!

Apa Itu Expressing Happiness?

Expressing happiness

Pada dasarnya, materi expression of happiness and sadness adalah salah satu materi yang esensial untuk kamu ketahui. Hanya saja, memang belum semua orang tahu mengenai apa arti dari kata tersebut.

Expressing happiness adalah ekspresi atau ungkapan yang menunjukkan rasa bahagia. Hal ini pastinya selaras dengan kataexpressing yang memiliki arti “mengungkapkan” atau “mengekspresikan”. Lalu, ada juga kata “happiness” yang memiliki arti “kebahagiaan”. 

Di dalam bahasa Inggris sendiri, ada banyak contoh expressing happiness yang dapat kamu gunakan untuk mengungkapkan kebahagiaan. Agar lebih jelas, kamu dapat menyimak penjelasan di bawah ini!

How to Express Happiness?

Expressing happiness

Secara garis besar, kamu dapat menggunakan beberapa kata kunci untuk mengungkapkan perasaan di dalam bahasa Inggris. Hal ini juga pasti akan berlaku jika kamu ingin mengekspresikan rasa senang atau bahagia. Ada beberapa diksi alias pilihan kata yang dapat kamu gunakan di dalam kalimat.

Kamu mungkin mengenal kata “happy”, yang cukup jamak digunakan untuk mengekspresikan rasa senang atau bahagia. Secara literal, kata “happy” berarti “senang”, “bahagia”, dan sejenisnya. Namun, di samping happy, ada juga beberapa kata lain yang dapat kamu gunakan. Misalnya seperti:

  • Incredible (menakjubkan)
  • Good (bagus)
  • Great (bagus sekali)
  • Fantastic (fantastis)
  • Awesome (luar biasa)
  • Joy (gembira)
  • Lovely (menyenangkan)
  • Glad (senang)
  • Splendid (megah)

Perlu kamu ketahui juga jika cara expressing happiness formal and informal itu tidak jauh berbeda. Secara garis besar, kamu dapat menggunakan hampir setiap ekspresi di berbagai jenis situasi. Bagi kamu yang masih bingung, kamu dapat memperhatikan beberapa contoh jenis ekspresi berikut.

  • I’m happy that… (Aku bahagia…)
  • That’s fantastic! (Itu fantastis!)
  • I’m glad that… (Aku senang…)
  • It’s so incredible! (Itu sangat menakjubkan)

Contoh Dialog Expressing Happiness

Expressing happiness

Kalau kamu masih merasa bingung, kamu dapat mempelajari materi kelas 10 ini langsung dalam dialog expressing happiness. Dengan begitu, kamu akan merasa terbiasa ketika harus mengungkapkan rasa bahagia di dalam sebuah percakapan. Maka dari itu, berikut adalah contoh dialog pendek dan panjang.

Contoh Dialog Pendek

Rachel : What are you looking at? You look so happy. (Apa yang sedang kamu lihat? Kamu terlihat sangat bahagia).

Aysa : It is an exam result for math. I’m glad that I got a great score. (Ini hasil ujian matematika. Aku senang karena aku mendapatkan nilai yang sangat bagus).

Rachel : Oh, that’s great, you worked so hard for that. (Oh, bagus sekali, kamu sudah bekerja keras untuk hal itu).

Aysa : Indeed, I literally study hard for this exam. I’m happy that the result is as great as I expected. (Memang, aku benar-benar belajar keras untuk ujian ini. Aku senang bahwa hasilnya sebaik apa yang aku harapkan).

Rachel : What is your score? (Berapa nilaimu?).

Aysa : 100, the perfect score! (100, nilai sempurna)

Rachel : That’s really incredible! (Itu benar-benar menakjubkan!).

Contoh Dialog Panjang

Will : Gio, I have good news for you. (Gio, aku punya berita baik untukmu.).

Gio : What is it? (Apa itu?).

Will : Your band was selected to join the charity concert next month. (Band kamu telah terpilih untuk mengikuti konser amal di bulan depan.).

Gio : Oh, really? That’s fantastic! (Oh, benarkah? Itu fantastis!).

Will : Yes, the notice is probably on your email now. How do you feel about it? (Iya, pemberitahuannya mungkin sudah ada di email kamu sekarang. Bagaimana perasaanmu?).

Gio : My feelings? Of course I feel joy, Will. I’m literally on cloud nine now! (Perasaanku? Tentu saja aku merasa gembira, Will. Aku benar-benar sedang berada di awan kesembilan sekarang!).

Will : Good to know you’re happy about it. (Bagus jika kamu senang dengan hal ini). 

Gio : Of course I’m happy. I will tell my bandmate about it now. (Tentu saja aku senang. Aku akan memberi tahu member band ku sekarang.). 

Will : Sure, don’t forget to practice hard! (Tentu, jangan lupa untuk berlatih dengan keras!). 

Gio : Of course I will. Thank you for this, Will, I mean it. (Tentu saja aku akan bekerja keras. Terima kasih untuk ini Will, aku serius.). 

Will : You are welcome. (Sama-sama).

Itulah materi dan contoh dialog tentang expressing happiness yang dapat kamu pelajari. Secara garis besar, begitulah cara untuk mengungkapkan kebahagiaan. 

Tinggalkan komentar