Mengenal Bar Chart dalam Bahasa Inggris dan Cara Membacanya

Pada dasarnya, di dalam sebuah teks, informasi tidak hanya bisa disampaikan dalam bentuk tulisan saja. Terkadang, informasi tersebut perlu kamu sampaikan dalam bentuk diagram. Begitu pula di dalam teks berbahasa Inggris. Itu kenapa kamu perlu tahu cara membaca bar chart dalam bahasa Inggris.

Karena alasan itu, materi bar chart merupakan salah satu subjek yang sangat esensial untuk kamu pelajari. Sebab, meskipun cara membaca diagram ini mudah dalam bahasa Indonesia, namun belum tentu di bahasa Inggris juga sama. Jadi, berikut penjelasan tentang materi ini!

Bacaan Lainnya

Pengertian Bar Chart

Bar Chart dalam Bahasa Inggris

Bagi kamu yang belum tahu apa itu bar chart, secara harfiah itu berarti diagram batang. Diagram jenis ini adalah salah satu jenis grafik yang populer dan banyak digunakan. Di samping grafik batang, kamu juga akan mengenal tabel, diagram garis, diagram donat, diagram pie, dan juga peta.

Seperti namanya, data yang ada di grafik tersebut tersedia dalam bentuk batang yang memanjang dari bawah ke atas. Cara membacanya pun cenderung lebih mudah jika kamu bandingkan dengan grafik jenis lain. Jadi, tidak heran jika kamu sering menemukannya di tugas presentasi grafik bahasa Inggris

Pada umumnya, kamu akan memakai grafik ini untuk membandingkan data antara satu variabel dengan variabel lain. Perbandingan tersebut bisa saja berdasarkan gender, usia, wilayah, jumlah orang, jumlah barang, dan beragam jenis variabel lainnya. Cara membacanya pun pastinya tidak akan sulit. 

Secara garis besar, ada tiga cara untuk mendeskripsikan diagram batang atau bar chart. Supaya lebih jelas, berikut adalah penjelasan yang dapat kamu simak. 

Cara Membaca Bar Chart

Bar Chart dalam Bahasa Inggris

Pada dasarnya, cara membaca bar chart dalam bahasa Inggris itu cukup mudah Ada tiga informasi utama yang perlu kamu perhatikan, yaitu pada judul, di samping diagram, dan  bawah diagram. Sebagai contoh, perhatikan diagram berikut!

Bar Chart dalam Bahasa Inggris

Di dalam diagram tersebut, apa saja jenis informasi yang bisa kamu temukan? Secara garis besar, ada tiga bagian yang bisa kamu uraikan, yaitu gagasan utama, gambaran umum atau ringkasan, dan juga isi diagram. Agar kamu bisa lebih paham, kamu dapat perhatikan contoh deskripsi diagram batang berikut! 

1. Gagasan Utama

Informasi pertama yang dapat kamu tarik dari diagram tersebut adalah gagasan utama. Bagi kamu yang belum tahu, gagasan utama adalah ide pokok yang membuat seseorang membuat grafik itu. Pada umumnya, kamu akan menemukan ide tersebut di bagian judul. 

Seperti dalam diagram di atas, diagram tersebut menjelaskan tentang “flavor preferences by gender”. Kemudian, perhatikan juga variabel yang menjadi perbandingan, yaitu “female” dan “male”. Selain itu, kamu perlu memperhatikan variabel yang diperbandingkan, yaitu “chocolate”, “strawberry”, dan “vanilla”. 

Maka dari itu, informasi pertama yang bisa kamu tarik dari diagram tersebut adalah:

This chart illustrated the preference of flavor between chocolate, strawberry, and vanilla according to gender segmentation (female and male).

Informasi di atas adalah gagasan umum dari diagram batang yang ada di dalam gambar. 

2. Gambaran Umum atau Ringkasan

Selain gagasan utama, kamu juga mendapatkan informasi yang merupakan gambaran umum atau ringkasan dari diagram tersebut. Maka dari itu, pastikan kamu paham apa hal umum yang disampaikan di dalam diagram yang bersangkutan. Misalnya saja pada contoh diagram di atas. 

Melalui diagram tersebut, kamu akan tahu jika kebanyakan perempuan lebih menyukai rasa cokelat dan sebagian besar laki-laki memilih rasa vanilla. Sedangkan laki-laki dan perempuan yang lebih menyukai rasa stroberi, jumlahnya hampir sama. 

Lalu, bagaimana cara untuk menyampaikan informasi tersebut di dalam bahasa Inggris? Jika itu dalam bahasa Inggris, maka kamu dapat berkata:

According to the chart, most females prefer the chocolate flavor, and most males prefer the vanilla flavor. In comparison, the numbers of males and females who prefer vanilla flavor are almost the same. 

3. Isi Diagram 

Setelah tahu apa gagasan utama dan apa gambaran umum yang ditampilkan di dalam grafik, kamu pun bisa menyampaikan isi diagram yang lain. Di bagian ini, kamu dapat menyampaikan informasi yang lebih khusus. Biasanya, ini berhubungan dengan variabel yang ada di bagian samping diagram. 

Misalnya seperti pada diagram batang di atas, kamu dapat memberikan beberapa isi informasi seperti berikut! 

  • There are more than 30 females who prefer chocolate, while the number of males who prefers it is around 20.
  • However, more males prefer the vanilla flavor than females. The vanilla lovers consist of more than 30 males and less than 20 females.
  • Then, the strawberry flavored enjoyer between males and females is almost the same. There are less than 20 males and females who prefer it. But, the numbers of males are slightly higher than females.

Itulah pengertian dan cara membaca bar chart dalam bahasa Inggris yang perlu kamu ketahui. Materi kelas 12 ini sangat penting, terutama di dalam ujian IELTS, Jangan lupa simak visitpare tentang artikel Application Letter agar kamu bertambah ilmu!