Tips Presentasi Bahasa Inggris yang Baik serta Contohnya Lengkap

Tips Presentasi Bahasa Inggris yang Baik serta Contohnya Lengkap

Ketika ingin melakukan presentasi pasti beberapa Anda merasakan perasaan grogi dan tidak siap, terlebih jika harus melakukan presentasi bahasa inggris dihadapan beberapa orang yang cukup penting. Saat melakukan presentasi bahasa inggris, Anda perlu mempersiapkan diri dengan lebih baik. 

Hal ini karena Anda tidak hanya perlu menguasai materi yang akan Anda sampaikan, tetapi juga perlu melatih cara berbicara atau pronunciation dan juga susunan kata atau grammar. Untuk membantu Anda, maka Anda perlu mengetahui beberapa tips presentasi bahasa inggris berikut ini.

Beberapa Tips Presentasi Bahasa Inggris

Berikut adalah beberapa tips presentasi bahasa inggris yang perlu Anda ketahui. Mulai dari pembukaan, cara memperkenalkan diri, kalimat penutup dan beberapa informasi penting lainnya.

Tips Presentasi Bahasa Inggris yang Baik serta Contohnya Lengkap

1. Pembukaan Presentasi Bahasa Inggris

Pembukaan merupakan salah satu hal penting dalam presentasi bahasa inggris yang perlu Anda perhatikan. Dengan penyampaian pembukaan yang tidak kaku dan tidak gugup, hal tersebut bisa menarik perhatian orang-orang yang menghadiri presentasi Anda.

Untuk memudahkan Anda melakukan pembukaan presentasi bahasa inggris, Anda dapat menggunakan beberapa contoh kalimat pembuka presentasi bahasa inggris seperti berikut ini

  • Good morning everyone, thank you for coming on this presentation, it’s an honor to meet you all
  • Hello everyone, I would like to say thank you for coming to this presentation
  • Good Morning everyone, it’s nice to meet you all

2. Memperkenalkan Diri

Berikutnya setelah melakukan pembukaan, Anda dapat melanjutkan pada bagian memperkenalkan diri Anda kepada para peserta yang hadir dalam presentasi Anda. Memperkenalkan diri juga termasuk salah satu hal yang wajib dan perlu Anda lakukan dalam sebuah presentasi.

Dengan memperkenalkan diri terlebih dahulu, para peserta presentasi Anda dapat mengetahui tentang Anda dan pada bagian ini Anda juga dapat menunjukan kredibilitas Anda. Untuk memperkenalkan diri, Anda dapat menggunakan kalimat seperti berikut ini

  • Okay, first let me introduce myself. My name is (nama Anda), and I’m (bisa menyebutkan informasi tambahan seperti tempat tinggal atau pekerjaan Anda)
  • First of all I would like to say thank you for the time, my name is (nama Anda) and I’m (informasi tambahan tentang diri Anda seperti umur, pekerjaan, dan lain sebagainya)

Pada bagian memperkenal diri, jika Anda memiliki rekan atau pasangan yang akan ikut juga memberikan materi dalam presentasi, maka Anda perlu juga memperkenalkan pasangan Anda. Anda dapat menggunakan kalimat seperti berikut ini

  • Let me introduce myself, i’m (perkenalan tentang diri Anda) and next to me is (perkenalkan pasangan Anda)
  • Okay, first let me introduce myself and my partner. I’m (perkenalan tentang diri Anda), and my partner is (perkenalan tentang pasangan Anda) 

3. Tujuan dan Maksud Presentasi

Setelah menyampaikan kalimat pembukaan dan memperkenalkan diri, selanjutnya adalah menyampaikan tujuan dan maksud presentasi Anda. Informasi mengenai tujuan dan maksud presentasi juga perlu Anda sampaikan.

Pada bagian ini perlu Anda sampaikan dengan singkat, padat dan jelas. Tujuannya adalah agar para peserta presentasi akan tertarik untuk memperhatikan presentasi Anda kedepannya. Anda dapat menggunakan kalimat seperti berikut

  • Okay everyone, so in this presentation we will discuss about (sampaikan informasi tujuan dan maksud presentasi Anda) 
  • The purpose of this presentation is (sampaikan informasi tujuan dan maksud presentasi Anda)

4. Materi Presentasi

Selanjutnya adalah masuk pada bagian inti dari presentasi Anda, yaitu tentang materi presentasi Anda. Kesalahan yang sering orang-orang lakukan dalam menyampaikan materi presentasi adalah melewatkan kesempatan untuk menyampaikan materi presentasi dengan dua arah dan membangun interaksi dengan peserta presentasi Anda.

Menyampaikan materi presentasi dengan dua arah sangat berguna untuk membangun suasana saat presentasi Anda. Selain itu juga dengan menyampaikan materi dengan dua arah akan membuat Anda mengerti apakah materi presentasi Anda sudah cukup jelas bagi peserta atau belum. Untuk melakukan hal ini, ada beberapa contoh kalimat yang bisa Anda gunakan seperti berikut ini.

  • And that’s it about (beberapa materi yang telah Anda sampaikan), does anyone have a question before I continue to the next point?
  • Jika Anda memiliki contoh yang dapat Anda berikan, maka Anda dapat menggunakan kalimat for example (sampaikan contoh dari Anda), does anyone have another example or a question to discuss?

5. Kalimat Penutup Presentasi Bahasa Inggris

Bagian terakhir pada sebuah presentasi bahasa inggris adalah menyampaikan kalimat penutup. Kalimat penutup presentasi bahasa inggris perlu Anda sampaikan dengan tujuan bahwa Anda telah menyampaikan semua yang perlu Anda sampaikan dan tanda bahwa presentasi Anda telah selesai.

Ada beberapa contoh kalimat penutup presentasi bahasa inggris yang bisa Anda gunakan untuk menutup presentasi Anda. Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat penutup presentasi bahasa inggris yang bisa Anda gunakan.

  • So that’s all my presentation about (review singkat tentang materi presentasi Anda), thank you for your attention. I hope what I just now shared to you would be beneficial for all of you. 
  • Anda juga bisa mengakhiri dengan memberikan kesempatan peserta untuk kembali bertanya dengan menggunakan kalimat so it’s all my presentation about (sampaikan review singkat tentang presentasi Anda) any question so far?

Contoh Presentasi Bahasa Inggris 

Untuk mempermudah Anda menyampaikan presentasi bahasa inggris, berikut ini adalah contoh presentasi bahasa inggris lengkap mulai dari pembukaan, perkenalan, penyampaian materi sampai dengan penutup.

Good morning everyone, I would like to say thank you for coming today. First let me introduce myself, my name is (nama Anda) and I’m from (posisi atau jabatan Anda dalam pekerjaan). Today I would like to share about (sebutkan judul atau materi presentasi Anda). 

Kemudian masuk ke dalam isi dalam presentasi Anda. Lalu pada bagian terakhir, Anda dapat melakukan penutupan dengan mengatakan And that’s all my presentation, thank you for your attention. I hope what I just now shared to you would be beneficial for all of you. 

Persiapan Sebelum Presentasi 

Setelah mengetahui beberapa tips presentasi bahasa inggris tersebut ada juga beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam presentasi Anda. Beberapa hal tersebut adalah mengenai persiapan penting yang perlu Anda lakukan sebelum melakukan presentasi bahasa inggris

1. Persiapan Materi

Persiapan penting yang pertama adalah tentunya mempersiapkan materi untuk presentasi Anda. Jika Anda memiliki kesempatan untuk memilih topik yang akan Anda sampaikan, maka pilihlah topik yang sudah Anda kuasai agar memudahkan Anda dalam menyampaikan presentasi Anda.

Anda juga perlu memperhatikan tampilan slide pada materi presentasi Anda. Buatlah tampilan slide yang cukup ringkas dan mudah dibaca oleh para peserta. Jangan terlalu banyak menampilkan teks dalam slide presentasi Anda karena sejatinya informasi tambahan dan penting lainnya harus Anda sampaikan tanpa melihat teks dari slide presentasi Anda.

2. Latihan 

Selanjutnya adalah melakukan latihan. Latihan perlu agar Anda tidak gugup dan agar Anda menguasai materi presentasi Anda. Lakukanlah latihan selama beberapa kali sebelum tampil. Anda juga bisa menggunakan stopwatch untuk mengetahui berapa total waktu yang Anda butuhkan. Anda juga bisa melatih diri Anda untuk melakukan eye contact dengan peserta yang hadir.

3. Penampilan

Dan yang terakhir adalah memperhatikan penampilan terutama jika Anda akan menyampaikan presentasi secara offline atau bertatap muka langsung. Selain itu meskipun Anda akan menyampaikan presentasi secara online, Anda juga perlu memperhatikan penampilan seperti bagaimana kualitas kamera dan audio Anda, serta posisi kamera saat Anda menyampaikan presentasi Anda.

Itulah beberapa informasi penting mengenai presentasi bahasa inggris yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi tersebut dapat membantu Anda dalam mempersiapkan dan melakukan presentasi dengan sangat baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.