Materi Bahasa Inggris SMP Kelas 7: Adjective Clause

Dalam membuat kalimat dalam bahasa Inggris, adjective clause sangat penting untuk menjelaskan lebih banyak mengenai kata benda. Adjective atau kata sifat ini juga akan membantu kamu dalam membuat variasi struktur kalimat dalam bahasa Inggris. 

Lantas, apa saja fungsi dan kegunaan adjective clause? Nah, yuk, simak penjelasan tentang pengertian, fungsi, karakteristik, contoh kalimatnya di sini. Plus, juga ada contoh soal tentang adjective clause di sini.

Apa itu Adjective Clause?

Apa itu Adjective Clause

Adjective Clause merupakan bagian penting dalam suatu kalimat karena berfungsi sebagai pelengkap dan penjelas suatu informasi agar lebih rinci. Klausa kata sifat ini bersifat dependent clause, di mana ia tidak dapat berdiri sendiri, aehingga harus muncul bersamaan dengan kata benda. 

Misalnya, ketika kamu ingin mendeskripsikan sebuah “gedung”, kamu tentu tidak hanya menyebutkan satu kata benda tersebut. Agar lebih spesifik, tentu kamu harus menyebutkan kata sifat yang menyertainya, misalnya “gedung yang tinggi”.

Namun, dalam konteks adjective clause, ini biasanya muncul setelah kata benda yang dimodifikasi. Bentuknya biasanya terdiri dari beberapa kata yang membentuk sebuah kalimat, di mana dalam kalimat tersebut menyertakan subjek dan kata kerja. 

Biasanya, dependent clause juga disebut sebagai subordinate clause. Di dalam sebuah kalimat, ia dapat berfungsi dalam tiga cara, yaitu sebagai kata benda (as a noun), sebagai kata sifat (as an adjective), dan sebagai kata keterangan (as an adverb). 

Karakteristik Adjective Clause

Karakteristik Adjective Clause

Selain itu, hal yang penting dari adjective clause adalah karakteristiknya. Adjective clause memiliki tiga karakteristik, yang harus ada dalam klausa kata sifat tersebut. Di antaranya adalah:

1. Dimulai dengan Relative Pronoun atau Adverbs

Adjective clause dapat juga disebut relative clause. Klausa kata sifat ini dimulai dengan kata ganti relatif (relative pronoun) atau kata keterangan relatif (relative adverb). 

Adapun yang termasuk relative pronouns yaitu who, whom, which, that, dan whose. Sementara yang termasuk relative adverbs yaitu when, why, dan where. Seringkali relative pronoun atau relative adverb ini akan berfungsi sebagai subjek dari klausa atau kalimat.

2. Harus Memiliki Subjek dan Kata Kerja 

Subjek adalah bagian dari kalimat atau klausa yang biasanya menunjukkan apa atau siapa yang melakukan tindakan dan tentang apa. Sedangkan, verb adalah kata kerja atau tindakan dalam kalimat yang mendeskripsikan apa yang subjek lakukan. 

Misalnya, “Jenny is launching her book in the library.” Kata “launching” atau “merilis” merupakan verb dari apa yang dilakukan Jenny. 

3. Menjelaskan Suatu Kata Benda

Sebagai kata sifat, tentu adjective clause bertugas untuk menjelaskan kata benda serta menjawab pertanyaan seperti berapa banyak, apa, yang mana, dan lain sebagainya. Lihat contoh berikut:

  • That’s the reason why I’m so mad at you. (Itulah alasan mengapa aku sangat marah kepadamu.)
  • He is my teacher who taught me many things. (Dia adalah guruku yang mengajariku banyak hal.)
  • The supermarket where the fresh vegetables were always sold out. (Supermarket tempat sayuran segar selalu habis terjual.)

Mengenal Relative Pronoun 

Mengenal Relative Pronoun

Adjective clause umumnya dimulai dengan relative pronoun (that, which, who, whom, whose) yang menghubungkan klausa dengan kata benda atau kata ganti yang diubahnya. Relative pronoun ini menunjukkan hubungan antara klausa dan anteseden.

Agar makin paham, kamu bisa melihat contoh berikut.

1. Relative Pronoun sebagai Obbjek

Contoh kalimat:

There is a beautiful waterfall that we will go to tomorrow. 

Artinya: Ada air terjun indah yang akan kita kunjungi besok.

Penjelasan : Kalimat tersebut merupakan contoh relative pronoun sebagai object. Sebab, posisi anteseden terletak pada objek, yaitu waterfall. Relative pronoun “that” menghubungkan klausa “we will go to tomorrow” dengan “waterfall” sebagai anteseden.

  1. Relative Pronoun sebagai Subjek

Contoh kalimat:

  • My black duffel bag, which used to be my brother’s, is on top of the wardrobe.

Artinya: Tas ransel hitamku, yang dulunya milik kakakku, ada di atas lemari.

Penjelasan : Kalimat tersebut merupakan contoh relative pronoun yang berfungsi sebagai subjek. Sebab, posisi anteseden terletak pada subjeknya, yaitu bag. “Which” merupakan relative pronoun yang menggantikan “bag” dalam dependent clausebag used to be my brother’s” dan menghubungkannya dengan subjek independent clause.

  • Michael, who taught me math in elementary school, became my clerk at the office. 

Artinya: Michael, yang mengajari saya matematika di sekolah dasar, menjadi juru tulis saya di kantor.

Penjelasan : Kalimat tersebut merupakan contoh relative pronoun yang berfungsi sebagai subjek. Di mana antesedennya terletak pada subjek, yaitu Michael. Oleh karena itu, relative pronoun “who” menghubungkan subjek Michael. 

Jadi, dependent clause-nya berarti Michael taught me math in elementary school.” “Who” yang menggantikan Michael di klausa kedua dan menghubungkannya dengan subjek independent clause.)

Mengenal Relative Adverb

Mengenal Relative Adverb

Relative adverbs adalah kata-kata yang memberikan lebih banyak informasi tentang orang, tempat, atau hal-hal yang sedang dibicarakan. Sehingga relative adverbs terdiri dari when, where, dan why ini menggabungkan dua bagian kalimat menjadi satu. Mereka menggabungkan kata benda atau kata ganti ke klausa relatif.

Selain “when”, “where”, dan “why”, kata-kata seperti “whenever” dan “wherever” juga dapat berfungsi sebagai relative adverbs. Untuk lebih memahami cara kerjanya, pertimbangkan contoh relative adverbs dari setiap kata dalam kalimat lengkap berikut ini.

1. Relative Adverbs: When

“When” yang berarti “kapan” memungkinkan kita untuk memahami waktu di mana suatu tindakan terjadi. Biasanya menggunakan kata keterangan waktu, seperti day, year, week, month, dan lain sebagainya. “When” juga bisa berarti “in which”. 

Namun, “in which” cenderung digunakan untuk kalimat yang sedikit lebih formal. Sedangkan, “when” digunakan untuk kalimat yang kurang formal.

  • Gone are the days when I spent time with my family.

Artinya: Lewatlah sudah hari-hari ketika saya menghabiskan waktu bersama keluarga.

Penjelasan: Relative adverbs when” menghubungkan kata “days” yang berfungsi sebagai pelengkap atau kata keterangan dengan klausa “I spent time with my family.”

  • 1995 was the time when we were still in the first grade of junior high school.

Artinya: Tahun 1995 adalah masa ketika kita masih duduk di kelas satu SMP.

Penjelasan: “when” sebagai relative adverbs yang menghubungkan kata keterangan waktu dengan klausa  “we were still in the first grade of junior high school.”

2. Relative Adverbs : Where

Relative adverb where” digunakan juga untuk mengkomunikasikan “in which” atau “at which”. Sekali lagi, ini adalah frasa yang sedikit formal. Sedangkan “Where” memungkinkan kita untuk memahami lokasi atau tempat dari subjek kalimat, dengan cara yang tidak terlalu formal.

  • We wrote in the classroom where we could see the sights.

Artinya: Kami menulis di dalam kelas tempat kami bisa melihat pemandangan.

Penjelasan : “where” merupakan relative adverb yang menghubungkan kata keterangan tempat “classroom” dengan klausa penjelas “we could see the sights.”

  • This is the hospital where my grandfather was treated.

Artinya: Ini adalah rumah sakit tempat kakekku dirawat. 

Penjelasan : “where” merupakan relative adverb yang menghubungkan kata keterangan tempat “hospital” dengan klausa penjelas “my grandfather was treated.”

3. Relative Adverbs: Why

Relative adverb “why” dapat juga berarti “for which,” yang sedikit lebih formal dari “why.” Ini memberikan lebih banyak alasan untuk sesuatu yang terjadi.

  • The number of books studied was the reason why he won this competition.

Artinya: Banyaknya buku yang dipelajarinya adalah alasan mengapa dia memenangkan kompetisi ini.

Penjelasan : Relative adverbs “why” menghubungkan klausa sebab akibat. 

  • I don’t know why he fell in love with me.

Artinya: Saya tidak tahu mengapa dia jatuh cinta padaku.

Penjelasan : Relative adverbs “why” menghubungkan klausa sebab akibat. 

Pertanyaan yang Sering Muncul tentang Adjective Clause

Pertanyaan yang Sering Muncul tentang Adjective Clause

Ada dua pertanyaan umum terkait dengan adjective clause. Nah, kamu bisa mendapatkan banyak informasi dari FAQ berikut.

1. Haruskah menggunakan koma sebelum “which”?

Penggunaan koma berlaku untuk semua adjective clause, bukan hanya dimulai dengan dengan “which”. Namun, terkadang ada adjective clause yang didahului dengan tanda koma dan ada pula yang tidak.

Berikut aturan penggunaan koma dalam adjective clause

  • Jangan gunakan koma jika klausa bertujuan untuk mengidentifikasi kata bendanya (restrictive clause). Contoh: Mango that is grown organically is really good.
  • Gunakan koma jika klausa hanyalah merupakan informasi tambahan (nonrestriktif). Contoh: Fast food, which most people love, is not very healthy.

2. Apa perbedaan antara that dan which?

Jika tanpa koma, which dan that tidak dapat dipertukarkan. Ketika menggunakan klausa restriktif (yaitu, klausa yang tidak diimbangi dengan koma), kamu dapat menggunakan which. Namun, orang Amerika menggunakan that, alih-alih which untuk klausa restriktif.

Contoh : 

  • Glenn’s cat, which ate the fish, looks so cute.

(Kalimat di atas sudah benar, namun dalam American style, kalimat tersebut salah.)

  • Glenn’s cat that ate the fish looks so cute.

(Sedangkan, untuk versi kalimat di atas sudah benar baik British atau American). 

Oleh karena itu, apabila kamu masih bingung tentang penggunaan klausa restriktif dan nonrestriktif, coba ganti which dengan that. 

Contoh Soal Adjective dan Jawabannya

Contoh Soal Adjective dan Jawabannya

Nah, kini kamu telah mengetahui beberapa materi pembahasan tentang adjective clause. Selanjutnya, asah kemampuan bahasa Inggrismu dengan menjawab beberapa pertanyaan adjective clause berikut ini.

  1. The shoes ____I bought a year ago have broken.
  2. The book, ____we read every Wednesday, is from the school library.
  3. Farmers ____ grow corn have now become successful.
  4. I will give the reward to ____ finds my beloved cat.
  5. Can you tell me ____ this is?
  6. Glenn wants to travel to a place ____ he is more comfortable and at ease.
  7. The florist asked ____ I was interested in buying roses with thorns.
  8. I’m really confused ____ he doesn’t pay attention to me at all.
  9. I always look forward to the moment ____ the sun goes down to see its beauty.
  10. Working for a paper company ____I first learned to be treasurer.

Jawaban : 

  1. That
  2. Which
  3. Who
  4. Whoever
  5. Whose
  6. Where
  7. Why
  8. Why
  9. When
  10. where

 Penutup

Itulah materi adjective clause sebagai bahan pembelajaran kamu dalam bahasa Inggris. Seperti diketahui bahwa adjective tidak dapat berdiri sendiri, sehingga ia harus muncul bersamaan dengan subjek dan kata kerja agar membentuk kalimat yang utuh. Nah, selamat menyusun kalimat!

Jangan Lupa baca juga ya!

Tinggalkan komentar