Reduced Adjective Clause, Pengertian, Fungsi, dan Contoh Kalimatnya

Reduced Adjective Clause, Pengertian, Fungsi, dan Contoh Kalimatnya

Bagi siapa saja yang saat ini tengah belajar bahasa Inggris, sudah barang tentu akan menemukan reduced clause. Apa itu reduced clause? Jadi, reduced clause ini merupakan salah satu bentuk clause atau klausa dalam bahasa Inggris. Dimana dalam penggunaannya, reduced clause ini memiliki ciri-ciri tertentu. Reduced clause ini terdiri dari dua jenis, salah satunya yakni reduced adjective clause (klausa kata sifat yang dikurangi).

Sebelum kita lebih jauh lagi membahas mengenai klausa ini, ada baiknya kita mengenal reduced clause terlebih dahulu. Reduced clause sendiri merupakan suatu kumpulan kata yang tidak lagi mendapatkan beberapa unsur seperti, subyek maupun predikat. Sehingga, akan menjadi sebuah frasa atau phrase.

Sejatinya, terdapat beberapa jenis reduced clause yang umum kita jumpai dalam sebuah kalimat tertulis maupun kalimat percakapan. Selain reduced adjective, ada pula jenis lainnya seperti reduced adverbial clause.

Reduced Adjective Clause
youtube.com

Pengertian Reduced Adjective Clause

Reduced adjective clause merupakan bentuk dari adjective clause yang kita buat lebih pendek. Caranya adalah dengan membuang bagian tertentu dari adjective clause.

Sebelum itu, adjective clause merupakan clause atau serangkaian kata yang mempunyai peran dan fungsi seperti adjective atau kata sifat. Pada dasarnya, adjective clause ini lebih umum kita kenal sebagai relative clause.

Pasalnya, peran dan fungsi adjective clause ini adalah untuk memberikan informasi baru yang related atau berkaitan dengan benda yang menjadi subject kalimat. Tidak sesuai dengan namanya, adjective clause ini tidak selalu mengandung kata-kata adjective umum.

Proses pembentukan dari reduced adjective dan adjective clause ini mirip. Persamaannya, yakni dengan membuang bagian tertentu dari kalimat tertentu.

Seperti yang kita ketahui, dalam kalimat adjective clause terdapat connector seperti halnya who, that, atau which. Dalam penggunaannya, connector tersebut kemudian diikuti oleh verb be.

Sedangkan pada reduced adjective, kedua hal tersebut kita hilangkan. Hal ini kita lakukan supaya kalimat yang akan kita buat menjadi lebih ringkas.

Fungsi dan Aturan Reduced Adjective Clause

Fungsi utama dari reduced adjective ini adalah untuk membuat kalimat menjadi lebih ringkas dan padat. Tentu saja kehadiran klausa ini akan sangat banyak membantu.

Bukan tanpa alasan, pasalnya kita terlalu enggan untuk memperhatikan kalimat yang panjang dan bertele-tele. Baik itu, kalimat tertulis maupun kalimat dalam sebuah percakapan.

Selain itu, kalimat dalam bahasa Inggris yang lebih ringkas dan padat, mengandung informasi yang jelas dan runtut. Sehingga, orang-orang akan lebih tertarik untuk mendengarkan atau memperhatikannya.

Sama halnya dengan klausa lainnya, dalam proses pembentukan reduced adjective ini ada beberapa aturan yang menjadi perhatian kita. Pertama, hanya kalimat yang menggunakan kata kerja segera setelah relative pronoun yang bisa kita kurangi atau kita reduced.

Begitu pula sebaliknya, jika terdapat subjek setelah relative pronoun, maka kluasa tidak bisa kita kurangi. Aturan lainnya, kita bisa mempersingkat atau meringkasnya dengan catatan dalam kalimat tersebut hanya ada satu subject saja.

Penggunaan Reduced Adjective Clause

Dalam pembuatan kalimatnya reduced adjective ini selalu kita awali dengan present participle atau past participle. Untuk memudahkan kita dalam memahami reduced adjective ini, berikut adalah penjelasan present participle dan past participle.

Present participle merupakan bentuk dari kata kerja dalam bahasa Inggris dengan akhiran –ing. Kemudian kata kerja ini akan muncul setelah kata kerja yang lainnya untuk menunjukkan tindakan berkelanjutan. Fungsi dari present participle ini yakni untuk membentuk present continuous.

Sedangkan past participle merupakan kata kerja yang bisa kita gunakan ketika ingin membuat kalimat pasif atau passive voice. Atau, past participle ini merupakan kata kerja yang kita gunakan ketika membuat kalimat dalam perfect tenses. Umumnya, dalam bahasa Inggris, guna merubah kata kerja dasar atau infinitive verb hingga jadi past participle, kita mesti menyelipkan imbuhan –ed pada regular verbs.

Kembali ke reduced adjective, perlu kita ingat dalam penggunaan klausa ini memiliki perbedaan antara kalimat aktif maupun kalimat pasif. Apabila klausa tersebut dalam bentuk kalimat aktif atau active voice, maka bentuk reduced adjective-nya kita menggunakan present participle.

Akan tetapi, jika reduced adjective awalnya berbentuk kalimat pasif atau passive voice, maka kita menggunakan past participle. Kemudian, untuk reduced adjective yang awalnya dalam kalimat pasif, maka kita perlu menambahkan kata being. Dengan catatan, jika kalimat tersebut dalam bentuk progressive tense.

Selain itu, klausa ini bisa kita reduced jika connector-nya diikuti langsung oleh verb. Namun, bila connector tersebut tidak diikuti oleh verb, maka kalimat tersebut tidak dapat kita ubah.

Contoh Kalimat Reduced Adjective Clause

Setelah melihat penjelasan mengenai pengertian, fungsi, aturan hingga penggunaannya, kini saatnya kita berlatih untuk membuat kalimat dengan klausa ini. Adanya contoh kalimat ini juga akan membantu dalam memberikan pemahaman secara detail dan menyuruh.

Maka dari itulah, berikut ini adalah contoh kalimat reduced adjective, baik itu kalimat aktif, kalimat pasif, maupun kalimat subject + preposition.

Contoh Kalimat Reduced Adjective Clause (Kalimat Aktif atau Active Voice)

Berikut ini adalah contoh kalimat reduced adjective pada kalimat aktif atau active voice.

Contoh Pertama:

Original: The man who often gives me doll is my friend. (Laki-laki yang sering memberikan saya boneka adalah teman saya.)

Reduced: The man often giving me doll is my friend. (Laki-laki yang sering memberikan saya boneka adalah teman saya.)

Contoh Kedua:

Original: The cat that always sits on that red chair is Jeni’s kucing. (Kucing yang selalu duduk di kursi merah itu adalah kucing Jeni.)

Reduced: The cat always sitting on that red chair is Jeni’s dog. (Kucing yang selalu duduk di kursi merah itu adalah anjing Jeni.)

Contoh Ketiga:

Original: The man who always wears the big blue hat is Mr. Juned.(Pria yang selalu memakai topi biru besar itu adalah Tuan Juned.)

Reduced: The man always wearing the big blue hat is Mr. Juned. (Pria yang selalu memakai topi biru besar itu adalah Tuan Juned.)

Contoh Keempat:

Original: She is the woman who always supports me everyday. (Dia adalah wanita yang selalu mendukungku setiap hari.)

Reduced: She is the woman always supporting me everyday. (Dia adalah wanita yang selalu mendukungku setiap hari.)

Contoh Kelima:

Original: The little girl who often comes to my restaurant is my cousin. (Gadis kecil yang sering datang ke restoran saya adalah sepupu saya.)

Reduced: The little girl often coming to my restaurant is my cousin. (Gadis kecil yang sering datang ke restoran saya adalah sepupu saya.)

Contoh Keenam:

Original: The woman who often gives me food is my cousin. (Wanita yang sering memberi saya makanan adalah sepupu saya.)

Reduced: The woman often giving me food is my cousin. (Wanita yang sering memberi saya makanan adalah sepupu saya.)

Contoh Ketujuh:

Original: The rabbit that always sits on that green grass is Yuli’s rabbit. (Kelinci yang selalu duduk di rumput hijau itu adalah kelinci Yuli.)

Reduced: The rabbit always sitting on that green grass is Yuli rabbit. (Kelinci yang selalu duduk di rumput hijau itu adalah kelinci Yuli.)

Contoh Kedelapan:

Original: The woman who always wears the big yellow hat is Mrs. Neti. (Wanita yang selalu memakai topi kuning besar adalah Bu Neti.)

Reduced: The woman always wearing the big yellow hat is Mrs. Neti. (Wanita yang selalu memakai topi kuning besar adalah Bu Neti. )

Contoh Kesembilan:

Original: He is the man who always supports my mother everyday. (Dia adalah pria yang selalu mendukung ibuku setiap hari. )

Reduced: He is the man always supporting my mother everyday. (Dia adalah pria yang selalu mendukung ibuku setiap hari. )

Contoh Kesepuluh:

Original: The little boy who often comes to my house is my brother. (Anak laki-laki kecil yang sering datang ke rumah saya adalah saudara laki-laki saya.)

Reduced: The little boy often coming to my house is my brother. (Anak laki-laki kecil yang sering datang ke rumah saya adalah saudara laki-laki saya. )

Contoh Kalimat Reduced Adjective Clause (Kalimat Pasif atau Passive Voice)

Selain contoh kalimat reduced adjective pada kalimat aktif atau active voice, contoh lainnya yakni reduced adjective pada kalimat pasif atau passive voice. Berikut ini adalah contoh kalimat reduced adjective pada kalimat pasif atau active voice.

Contoh Pertama:

Original: Cake which is made today won’t be as tasty tomorrow. (Kue yang dibuat hari ini tidak akan selezat besok.)

Reduced: Cake made today won’t be as tasty tomorrow.(Kue yang dibuat hari ini tidak akan selezat besok.)

Contoh Kedua:

Original: The car that is being stolen is my sister’s.(Mobil yang dicuri adalah milik saudara perempuan saya.)

Reduced: The car being stolen is my sister’s. (Mobil yang dicuri adalah milik saudara perempuan saya.)

Contoh Ketiga:

Original: The girl who was advised by his mother is my sister’s. (Anak perempuan yang dinasehati oleh ibunya adalah saudara perempuan saya.)

Reduced: The girl advised by his mother is my sister’s. (Anak perempuan yang dinasehati oleh ibunya adalah saudara perempuan saya.)

Contoh Keempat:

Original: The bike which is being washed is my father’s. (Sepeda yang sedang dicuci adalah milik ayahku.)

Reduced: The bike being washed is my father’s. (Sepeda yang sedang dicuci adalah milik ayahku.)

Contoh Kelima:

Original: The phone which is being repaired is full of virus. (Ponsel yang sedang diperbaiki penuh dengan virus.)

Reduced: The phone being repaired is full of virus. (Ponsel yang sedang diperbaiki penuh dengan virus.)

Contoh Keenam:

Original: The piano which is being played by Desi is my mother’s. (Piano yang dimainkan Desi adalah milik ibuku.)

Reduced: The piano being played by Desi is my mother’s. (Piano yang dimainkan Desi adalah milik ibuku.)

Contoh Ketujuh:

Original: The man who was bumped by a motorcycle is my cousin. (Pria yang ditabrak sepeda motor adalah sepupu saya.)

Reduced: The man bumped by a motorcycle is my cousin. (Pria yang ditabrak sepeda motor adalah sepupu saya.)

Contoh Kalimat Reduced Adjective Clause (Subject + Preposition)

Selain contoh kalimat reduced adjective pada kalimat aktif (active voice) dan kalimat pasif (passive voice), ada pula contoh lainnya yakni pada kalimat subject + preposition. Berikut ini adalah contoh kalimat reduced adjective pada subject + preposition.

Contoh Pertama:

Original: The restaurant which is in front of us is Mr. Jerry restaurant. (Restoran yang ada dihadapan kita adalah restoran tuan Jerry.)

Reduced: The restaurant in front of us is Mr. Jerry restaurant. (Restoran yang ada dihadapan kita adalah restoran tuan Jerry.)

Contoh Kedua:

Original: The bioskop which is behind of my restaurant was built in 2022. (Bioskop yang ada di belakang restoran saya dibangun tahun 2022.)

Reduced: The bioskop behind of my restaurant was built in 2022. (Bioskop yang ada di belakang restoran saya dibangun tahun 2022.)

Perbedaan Reduced Adjective Clause dengan Reduced Adverbial Clause

Seperti penjelasan sebelumnya, jika reduced clause ini terdiri dari beberapa jenis, yakni reduced adjective dan reduced adverbial. Supaya dalam penggunaannya nanti, kita tidak mengalami kesulitan atau kebingungan, maka harus tahu apa saja perbedaannya.

Pada reduced adverbial ini tidak semua dapat kita reduksi. Hanya ada beberapa jenis reduced adverbial yang bisa kita reduksi.

Antara lain, time atau waktu, contrast atau pertentangan, atau cause and effect atau sebab akibat. Kemudian, terdapat beberapa syarat atau aturan tambahan seperti subjeknya sama dengan subjek pada main cause yang ada.

Hal ini akan menghasilkan adverbial phrase yang memberikan deskripsi subyek yang ada pada main clause. Kemudian, pada reduced adverbial ini berupa waktu yang melibatkan conjunction before, after, serta since dilakukan dengan mengganti subyek dan juga mengganti verb menjadi verb-ing.

Conjunction ini berupa as, maka subyek yang kita hilangkan beserta conjunction tersebut. Lain halnya dengan as soon as dilakukan reduksi dengan menghilangkan subjeknya. Setelah itu, mengganti verb menjadi verb –ing dan juga merubah conjunction menjadi preposition on atau upon.

Kesimpulan

Berdasarkan materi yang telah tersampaikan seperti sebelumnya, maka kita dapat menarik beberapa kesimpulan penting. Reduced clause, merupakan suatu kumpulan kata yang tidak mendapatkan unsur subjek maupun predikat, sehingga menjadi sebuah phrase atau frasa.

Reduced clause ini terdiri dari dua jenis, reduced adjective clause dan reduced adverbial clause. Pengertian dari reduced adjective clause merupakan bentuk adjective clause yang kita buat menjadi lebih pendek dengan cara menghilangkan bagian tertentu dari adjective clause.

Fungsinya, yakni untuk membuat kalimat menjadi lebih ringkas, padat, dan jelas. Memiliki syarat tertentu dalam pembuatan reduced adjective ini hanya terdapat sebuah subjek pada complex sentence.

Jika reduksi yang terjadi pada kalimat aktif atau active voice, maka jika ada relative pronoun serta verb to be maka akan hilang, dan kemudian mendapatkan tambahan –ing pada verb aktif (simple present tense) untuk menghasilkan kalimat dalam bentuk present participle.

Sedangkan pada kalimat pasif atau passive voice, jika ada relative pronoun serta verb to be maka akan hilang kemudian mendapatkan tambahan being dalam menggunakan past participle.

Demikianlah materi tentang reduced adjective clause yang dapat kita pelajari. Semoga ilmu dari VisitPare.com kali ini bermanfaat dan memudahkan bagi siapa saja yang ingin belajar bahasa Inggris. Tetap semangat dan terus berlatih, agar kita segera mahir berbahasa Inggris.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.