Cara Penulisan Jam dalam Bahasa Inggris Lengkap dengan Contohnya

Penulisan jam dalam bahasa Inggris, tentu saja berbeda dengan penulisan jam dalam bahasa Indonesia. Meskipun keduanya memiliki fungsi yang sama, yakni untuk memberikan keterangan waktu. Pada dasarnya, cara penulisan jam dalam bahasa Inggris terbilang cukup mudah.

Namun, bagi sebagian besar pemula atau seseorang yang baru saja belajar bahasa Inggris, penulisan jam ini terbilang sulit. Tak perlu bingung, bila Anda menjadi salah satunya.

Pasalnya, pada kesempatan kali ini akan membahas mengenai jam dalam bahasa Inggris. Mulai dari cara penulisannya hingga penggunaannya dalam kehidupan setiap harinya.

Cara Penulisan Jam Dalam Bahasa Inggris Lengkap dengan Contohnya
pexels.com

Cara Penulisan Jam dalam Bahasa Inggris yang Perlu Diketahui

Penulisan jam tangan dalam bahasa Inggris ini terdiri dari beberapa macam. Mulai dari segi penulisan jam berdasarkan penggunaan am maupun pm, sampai pada penulisan jam berdasarkan jumlahnya. Tak perlu berlama-lama lagi, berikut ini adalah pemaparan selengkapnya.

1. Penulisan Jam atau Waktu Tepat

Apa itu yang dimaksud dengan penulisan waktu tepat? Penulisan waktu tepat merupakan penulisan waktu yang tepat.

Dengan kata lain, penulisannya tidak lebih dan juga tidak kurang. Bagi Anda yang ingin menyatakan waktu tepat ini bisa Anda tulis dengan menggunakan angka atau bisa juga Anda lakukan dengan pembacaan. Untuk lebih jelasnya, bisa simak contoh cara penulisan jam dalam Bahasa Inggris waktu tepat berikut ini.

  1. 04.00 bisa Anda tulis dan Anda baca dengan 4 o’clock
  2. 06.00 bisa Anda tulis dan Anda baca dengan 6 o’clock.
  3. 13.00 bisa Anda tulis dan Anda baca dengan 13 o’clock.
  4. 08.00 bisa Anda tulis dan Anda baca dengan 8 o’clock.
  5. 10.00 bisa Anda tulis dan Anda baca dengan 10 o’clock.

Selain itu, penulisan jam atau waktu yang tepat ini, juga bisa Anda lakukan dengan menggunakan cara berbeda. Berikut ini adalah contoh lainnya.

  1. Jam 12.00 atau jam 12.00 am bisa Anda ganti cara penulisannya dengan menggunakan 12.00 am atau noon.
  2. Jam 00.00 atau jam 12.00 pm bisa Anda ganti cara penulisannya dengan menggunakan 12.00 pm atau midnight.

2. Penulisan Waktu dengan Jam Terlebih Dahulu

Cara penulisan waktu dalam bahasa Inggris berikutnya yakni penulisan waktu dengan jam terlebih dahulu. Penulisan waktu dengan memakai jam terlebih dahulu ini adalah penulisan jam yang paling populer untuk Anda lakukan.

Caranya tidak kalah mudah dengan cara sebelumnya. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah contoh penulisan waktu dengan menggunakan jam terlebih dahulu.

  1. 5.24 bisa Anda tulis dan Anda baca dengan five twenty four
  2. 5.48 bisa Anda tulis dan Anda baca dengan five forty eight.
  3.  Terakhir, 5.27 bisa Anda tulis dan Anda baca dengan five twenty seven.

3. Penulisan Jam atau Waktu dengan Menit Terlebih Dahulu

Selain penulisan dengan memakai jam terlebih dahulu, ini juga bisa Anda tulis dengan awalnya memakai menitnya dulu. Penulisan jam atau waktu dengan memakai menitnya dulu bisa Anda terapkan dengan beberapa cara.

4. Penulisan Jam atau Waktu Lebih

Penulisan jam atau waktu lebih ini merupakan penulisan jam berapa (x) lebih berapa (y). Untuk memudahkan pemahaman Anda, misalnya saja seperti 5.15, 4.17, 6.19, 3.20, 4.20, dan contoh lainnya.

Penulisan jam atau waktu lebih ini jika tidak Anda tulis dengan menggunakan angka juga bisa dengan cara lainnya yakni menggunakan keterangan past. Lebih jelasnya, mari simak contoh penulisan jam atau waktu lebih seperti berikut ini.

  1. 05.15 bisa Anda tulis dan Anda baca dengan 15 past 6 atau quarter past 6.
  2. 06.05 bisa Anda tulis dan Anda baca dengan 5 past 6, dan contoh lainnya.

Selain itu, penulisan waktu ini juga bisa Anda lakukan dengan memberikan informasi terkait menitnya terlebih dahulu. Setelah itu, tuliskan kata past, kemudian Anda ikuti dengan menuliskan jamnya. Berikut ini adalah ringkasan penulisannya menit + past + jam.

5. Penulisan Jam atau Waktu Kurang

Cara penulisan jam dalam bahasa Inggris berikutnya yakni dengan penulisan jam atau waktu kurang. Pada dasarnya, penulisan waktu ini juga bisa Anda lakukan dengan menggunakan cara seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.

Akan tetapi, terdapat cara yang lebih efektif dan tepat. Berikut ini adalah contoh penulisan jam atau waktu kurang.

  1. 05.50 bisa Anda tulis dan Anda baca dengan 10 to 6 atau dalam bahasa Indonesia bisa Anda artikan sebagai 10 menit menuju 6 bukan 45 past 5.
  2. 04.55 bisa Anda tulis dan Anda baca dengan 5 to 5 atau dalam bahasa Indonesianya bisa Anda artikan sebagai 5 menit menuju jam 5 bukan 55 past 4. Formula penulisannya adalah sebagai berikut, 60- banyak menit + to + jam + 1.

6. Penulisan Menit yang Unik

Selain penulisan jam seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ada pula beberapa cara penulisan lainnya untuk menit yang unik. Tentunya, informasi ini tak kalah penting untuk Anda ketahui.

Dikatakan sebagai penulisan menit yang unik, karena penulisannya pada menit-menit spesial. Menit  yang spesial ini merupakan menit ke 15, menit ke 30, dan menit ke 45.

Menit-menit tersebut bisa Anda ganti dengan menggunakan quarter dan juga half. Untuk lebih jelasnya, mari simak contoh penulisan menit yang unik berikut ini.

  1. 5.30 bisa Anda tulis dan Anda baca dengan menggunakan half past 5.
  2. 5.15 bisa Anda tulis dan Anda baca dengan menggunakan quarter past 5.
  3. Terakhir, 5.45 bisa Anda tulis dan Anda baca dengan menggunakan quarter to 6.

Sedikit catatan untuk Anda, dalam penulisan half ini selalu Anda lakukan dengan kata past. Jadi, untuk penulisan jam yang tepat jangan sampai melupakannya.

Penggunaan Jam atau Waktu dalam Bahasa Inggris

Saat Anda mempelajari cara penulisan jam dalam bahasa Inggris, maka tidak akan pernah lepas dari penggunaan jam atau waktu itu sendiri. Dengan kata lain, penulisan dan penggunaan jam memiliki keterkaitan.

Terdapat beberapa poin penting dalam penggunaan jam dalam bahasa Inggris. Seperti halnya, penggunaan o’clock, half past, quarter past, quarter to, …past…, …to…, format a.m. dan terakhir adalah format p.m.

Sebelumnya, pada penulisan jam dalam bahasa Inggris sudah ada sedikit pembahasannya. Supaya Anda semakin paham, berikut ini adalah penjelasan selengkapnya.

1. Penggunaan O’clock Pada Jam dalam Bahasa Inggris

Ketika Anda ingin menyatakan atau menuliskan jam dalam bahasa Inggris adalah dengan menyebutkan o’clock. Penting untuk selalu Anda ingat, bahwa penggunaan o’clock ini jika jarum panjang dari jam terletak pada angka 12.

Supaya tidak salah dalam memahaminya, berikut ini adalah contoh penggunaan o’clock pada jam dalam bahasa Inggris.

  1. The meeting will be held at five o’clock. (Rapat akan dimulai pada pukul 5 sore tepat)
  2. 04.00: It’s four o’clock (jam empat tepat)
  3. 06.00: It’s six o’clock (jam enam tepat)
  4. 10.00: It’s ten o’clock (jam sepuluh tepat)

2. Penggunaan Half Past pada Jam dalam Bahasa Inggris

Cara lainnya untuk penulisan atau menyebutkan jam dalam bahasa Inggris adalah dengan menggunakan half past. Penulisan half past ini sudah disinggung sebelumnya.

Pada dasarnya, penggunaan half past ini bila jarum panjang terletak pada angka 6. Untuk lebih jelasnya, bisa langsung simak contoh penggunaan half past pada jam dalam bahasa Inggris.

  1. Ani walking from the park to the parking area since meeting start at half past six. But, at least Ani can come on time. (Ani berjalan dari taman ke tempat parkir karena rapat akan mulai pukul 06.30. Tetapi, paling tidak Ani bisa datang tepat waktu).
  2. 01.30 atau It’s half past one artinya jam satu lebih tiga puluh menit
  3. 08.30 atau It’s half past eight artinya jam delapan lebih tiga puluh menit
  4. 05.30 atau It’s half past five artinya jam lima lebih tiga puluh menit.

3. Penggunaan Quarter Past pada Jam atau Waktu dalam Bahasa Inggris

Penulisan atau membaca jam atau waktu dalam bahasa Inggris lainnya yakni dengan menggunakan quarter past. Cara yang satu ini bisa Anda lakukan ketika jarum panjang berada pada angka tiga.

Dengan kata lain, cara tersebut Anda gunakan saat waktu atau jam menunjukkan pukul lebih dari 15 menit. Berikut ini adalah contoh penggunaan quarter past pada jam dalam bahasa Inggris.

  1. Benny have an urgent operation at a quarter past seven. (Benny memiliki operasi darurat pukul tujuh lebih 15 menit).
  2. 09.15 sama dengan It’s quarter past nine artinya jam sembilan lebih lima belas menit
  3. 11.15 sama dengan It’s quarter past eleven artinya pukul sebelas lebih lima belas menit.
  4. 06.15 sama dengan it’s quarter past six yang artinya pukul enam lebih lima belas menit.

4. Penggunaan Quarter To pada Jam dalam Bahasa Inggris

Cara menulis dan membaca waktu atau jam dalam bahasa Inggris yang lainnya yakni dengan menggunakan quarter to. Pada umumnya, cara yang satu ini bisa Anda gunakan untuk menunjukkan jam kurang dari 15 menit. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah contoh penggunaan quarter to pada jam dalam bahasa Inggris.

Siska: Can you tell me where the restaurant is? I have voucher for eat at a quarter to seven. (Dapatkah kamu mengatakan dimana restoran itu? Aku memiliki voucher makan pukul tujuh kurang lima belas menit).

Agus: Sure. The restaurant is located on the southern side of Kenangan road. It’s in front of the hospital. (Tentu. Restoran terletak di sebelah selatan Jalan Kenangan. Tepatnya di depan rumah sakit)

  1. 10.45 bisa Anda tulis dan Anda baca dengan It’s a quarter to eleven yang artinya pukul sebelas kurang lima belas menit.
  2. 02.45 bisa Anda tulis dan Anda baca dengan It’s a quarter to three yang artinya pukul tiga kurang lima belas menit.
  3. 12.45 bisa Anda tulis dan Anda baca dengan It’s a quarter to one yang artinya jam satu kurang lima belas menit.

5. Penggunaan …Past… Sebagai penanda Jam dalam bahasa Inggris

Cara penulisan jam dalam bahasa Inggris berikutnya juga bisa dengan memperhatikan penggunaan …past… sebagai penanda jam. Hal ini bisa Anda lakukan untuk jam atau waktu yang lebih dari beberapa menit. Berikut ini adalah contoh penggunaan …past… sebagai penanda jam dalam bahasa Inggris.

  1. Dimas will meet Anton at ten past one this afternoon (13.05) (Dimas akan bertemu dengan Anton pada pukul satu lebih lima menit siang ini).
  2. 08.12 bisa Anda tulis dan Anda baca dengan It’s twelve past eight yang artinya jam delapan lebih dua belas.
  3. 7.25 bisa Anda tulis dan Anda baca dengan It’s twenty past seven yang artinya pukul tujuh lebih dua puluh lima.
  4. 12.08 bisa Anda tulis dan Anda baca dengan It’s eight past twelve yang artinya pukul dua belas lebih delapan.

6. Penggunaan …To… Sebagai Penanda Jam atau waktu Dalam Bahasa Inggris

Penyebutan jam atau waktu dalam bahasa Inggris yang lainnya yakni dengan menggunakan format …to…. Pada umumnya, format yang satu ini bisa Anda gunakan untuk menyatakan jam kurang dari beberapa menit.

Selain itu, penggunaan to ini juga bisa Anda terapkan untuk menyatakan kurang atau untuk menit 31 sampai 59. Berikut ini adalah contoh penggunaan …to… sebagai penanda jam atau waktu dalam bahasa Inggris.

  1. The train will arrive twenty to five this evening. (Kereta itu akan datang pada pukul lima kurang 20 menit sore ini).
  2. 6.30 bisa Anda tulis dan Anda baca It’s ten to seven yang artinya jam tujuh kurang sepuluh.
  3. 9.55 bisa Anda tulis dan Anda baca It’s to ten yang artinya jam sepuluh kurang lima.
  4. 5.40 bisa Anda tulis dan Anda baca It’s twenty to six yang artinya jam enam kurang dua puluh.

7. Penggunaan Format A.M pada Jam atau Waktu dalam Bahasa Inggris

Cara penulisan maupun membaca jam dalam bahasa Inggris selanjutnya yakni dengan menggunakan format a.m. Kata am ini merupakan kepanjangan dari AM (Ante Meridiem).

Format a.m ini bisa Anda gunakan untuk menyatakan waktu sebelum siang hari. Dengan kata lain, a.m ini merupakan penunjuk waktu antara pukul 00.00 hingga 12.00 siang hari. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah contoh penggunaan format am pada jam atau waktu dalam bahasa Inggris.

  1. Desti always come to study at 08.00 a.m. (Desi selalu datang belajar pukul delapan pagi).
  2. The class begins at 8 a.m. (Kelas dimulai pukul delapan pagi)
  3. They have rest for Fisika class at 10 a.m. (Mereka istirahat dari kelas Fisika pada jam 10 siang)
  4. Ayu was still awake till 3 a.m. (semalam Ayu masih terjaga sampai pukul tiga pagi)

8. Penggunaan Format P.M. Pada Jam atau Waktu dalam Bahasa Inggris

Supaya Anda dapat menyatakan jam atau waktu dalam bahasa Inggris Anda bisa menggunakan format p.m. Kata pm ini merupakan kepanjangan dari PM atau Post Meridiem.

Pada umumnya, format ini bisa Anda gunakan untuk menyatakan atau menulis jam setelah siang hari. Dengan kata lain, p.m ini merupakan penunjuk waktu antara pukul 12.00 sampai dengan 00.00 malam hari. Berikut ini adalah contoh penggunaan format p.m pada jam atau waktu dalam bahasa Inggris.

  1. Bayu will go back at 10.00 p.m. (Bayu akan pulang pada pukul 10 malam).
  2. They usually walking around the park at 5 p.m. (Mereka biasanya berjalan keliling taman jam lima sore).
  3. Ani should get home before 9 p.m. (Ani harus sampai rumah sebelum jam sembilan malam).

Selain mengetahui bagaimana cara penulisan jam dalam bahasa Inggris yang tepat, terdapat beberapa penulisan jam dengan menggunakan preposisi. Preposisi yang paling banyak digunakan dalam mengungkapkan jam atau waktu dalam bahasa Inggris ini seperti in, on, dan juga at.

Dari ketiga presosisi tersebut, at merupakan preposisi yang digunakan untuk menyatakan jam secara spesifik. Sedangkan untuk preposisi in dan on, umumnya digunakan untuk menunjukkan waktu yang berupa, hari, tanggal, bulan, tahun, dan lainnya.

Aturan semacam ini, tentunya tidak boleh Anda lupakan saat menerapkan cara penulisan jam dalam bahasa Inggris yang telah dibahas bersama VisitPare.com kali ini. Dengan begitu penulisan jam yang Anda maksud tidak akan salah dan tidak membingungkan orang lain yang membacanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *