Kesalahan Grammar yang Sering Terjadi, Anda Wajib Teliti!

Mungkin tanpa kita sadari, sebetulnya sering melakukan kesalahan grammar yang sering terjadi, terutama bagi Anda yang masih pemula belajar Bahasa Inggris. Memang belajar Bahasa Inggris ini bukanlah perkara yang mudah, bahkan mereka yang memang sudah lama belajar pun belum tentu fasih.

Tidak jarang bahkan mereka melakukan kesalahan namun kurang menyadari, sehingga mereka beranggapan bahwa hal tersebut sudah benar. Terkadang kesalahan ini hanyalah hal sederhana dan simple namun menjadi cukup membingungkan bagi sebagian orang.

Biasanya kesalahan grammar yang sering terjadi ini ketika speaking, namun juga masih banyak yang salah dalam penulisan. Namun jika hal ini tidak kita perhatikan serta kurang kita koreksi, bisa jadi malah nantinya hal ini akan semakin sulit untuk mencari mana yang benar.

Apabila kita perhatikan lebih jauh, memang hal ini terlihat cukup rumit dan sulit, padahal jika kita mengetahui kesalahan dan mencoba membenarkannya kesalahan ini bisa berhenti dengan cepat. Untuk itu, ada baiknya selalu perhatikan pengucapan dan penulisan setiap kata dalam bahasa Inggris.

Karena ada beberapa kata yang simple justru salah dalam pengucapan dan penggunaannya, makanya Anda harus paham mengenai kata-kata yang cocok kita gunakan dalam sebuah kalimat. Jangan sampai hanya karena kesalahan yang sederhana Anda sampai mengakibatkan sebuah kesalahan fatal.

Kesalahan Grammar yang Sering Terjadi, Anda Wajib Teliti!
pixabay.com

Kesalahan Grammar yang Sering Terjadi, Anda Wajib Menghindarinya!

Bukan hanya pemula saja yang sering melakukan kesalahan ini, karena nyatanya mereka yang kita nilai dapat menguasai bahasa Inggris saja sering melakukan kesalahan. Sebenarnya hal ini bisa langsung kita perbaiki, ketika kita atau orang lain menyadarinya. Namun ketika kita sendiri saja belum menyadarinya pasti juga sulit mengetahui mana kata atau kalimat yang benar.

Padahal grammar yang baik tentunya akan sangat berguna, apalagi jika untuk penulisan suatu kalimat ketika salah menulis tentu artinya juga akan berbeda. Karena kebanyakan kesalahan grammar yang sering terjadi ini adalah penggunaan kalimat atau susunan kata yang salah atau kurang tepat untuk menggambarkan sesuatu.

Apalagi jika menggunakan kata yang saling memiliki kemiripan, kita sering kali masih salah dalam memilihnya. Padahal meskipun kata tersebut mirip, namun nyatanya keduanya memiliki arti dan makna yang berbeda sehingga Anda harus hati-hati.

Jangan sampai melakukan kesalahan grammar yang sering terjadi ini, terutama saat melakukan beberapa hal penting, seperti presentasi atau ujian Bahasa Inggris. Karena satu saja kata yang Anda salah tulis atau sebut pastinya akan berdampak pada pemahaman pendengar atau pembaca.

Mungkin saja mereka akan salah mengartikan ucapan atau tulisan Anda, apalagi ternyata kata yang salah tersebut bermakna kurang sopan. Untuk itu, berikut ini beberapa kesalahan yang sering dilakukan seseorang saat menggunakan grammar Bahasa Inggris yang harus Anda ketahui.

Penggunaan Loose dan Lose

Kesalahan grammar yang sering terjadi pertama ini mungkin pernah Anda alami, karena memang kedua kata ini mirip. Meskipun begitu tentunya kedua kata ini memiliki arti yang berbeda, dan tidak semua kata akan cocok menggunakan salah satunya.

Pastinya ketika seharusnya menggunakan kata loose dan Anda salah menggunakan lose akan memiliki pengertian yang berbeda. Karena loose sendiri berarti rugi sedangkan lose artinya kehilangan, dengan ini tentunya sebuah kalimat yang mengandung makna kehilangan tidak cocok menggunakan kata loose.

Baca Juga :
Jenis Kata Keterangan Dalam Bahasa Inggris & Contohnya

Begitupun dengan sebaliknya, jika Anda terlanjur menggunakannya tentu yang tadinya bermakna rugi akan memiliki arti kehilangan. Dari segi penulisan mungkin kesalahan ini bisa terjadi karena Anda kurang menambahkan huruf o, namun kesalahan sederhana ini yang justru membuat tulisan Anda bermakna lain.

Penggunaan It’s dan Its

Kesalahan grammar yang sering terjadi adalah penggunaan it’s dan its, mungkin jika dilihat sekilas tanpa tahu maknanya kedua kata ini sama saja. Padahal hal ini justru salah, karena kenyataannya it’s dan its ini memiliki makna yang sangat berbeda.

It’s sendiri merupakan kata dari it is yang memiliki arti ini adalah, sedangkan kata its berarti memilikinya dan merupakan possessive pronoun. Sehingga ketika Anda akan menulis sebuah kalimat yang menggambarkan kepemilikan ada baiknya untuk menggunakan kata its.

Sedangkan untuk kata yang menunjukan kepemilikan menggunakan kata adalah sebaiknya Anda menggunakan it’s. Jangan sampai Anda salah dalam membedakan keduanya dan malah membuat maknanya menjadi berbeda, memang dari segi susunan huruf hampir mirip hanya saja ada tanda petik sebagai pembedanya.

Penggunaan Your dan You’re

Kesalahan grammar yang sering terjadi selanjutnya ini juga biasa bagi banyak orang tanpa menyadari, karena tidak hanya penulisannya yang hampir sama. Namun pengucapannya pun terkadang terlihat sama saja, namun tentunya kedua kata ini memiliki arti dan fungsi yang berbeda.

Sama halnya dengan kata its kata your ini juga bermakna kepemilikan pada suatu benda dan termasuk possessive adjective. Your sendiri ini bermakna milikmu, sedangkan you’re sama halnya dengan it’s yang berarti kamu adalah .

Kata you’re sendiri sebenarnya adalah kata lain dari you are, meskipun hal ini sederhana namun tak jarang masih banyak orang yang salah dalam pengucapan maupun penulisannya. Padahal berbeda kata tentu akan beda juga maknanya, maka dari itu sebaiknya perhatikan penulisan dan pengucapannya.

Penggunaan Incomplete Comparison

Kesalahan grammar yang sering terjadi adalah penggunaan incomplete comparison, sebenarnya hal ini merupakan sebuah kalimat perbandingan. Namun perbandingan dalam kalimat ini merupakan perbandingan yang tidak lengkap, mungkin sebagian orang pernah melakukan hal ini.

Misalnya saja dalam sebuah kalimat perbandingan antara besar kecilnya suatu barang, namun tidak dijelaskan bahwa perbandingan besar barang tersebut dibandingkan dengan milik siapa. Hal ini nantinya pasti akan menyebabkan kesalahpahaman, matanya ketika menggunakan kalimat perbandingan ada baiknya Anda menjelaskannya dengan jelas.

Ketika Anda menggunakan kalimat perbandingan sebaiknya Anda juga menjelaskan sesuatu yang Anda bandingkan itu dibandingkan dengan hal apa. Sehingga orang yang membaca atau mendengarnya tidak salah mengartikan dan dibuat bingung dengan kalimat tersebut.

Penggunaan I dan Me

Kesalahan grammar yang sering terjadi ini mungkin sudah banyak yang melakukannya, karena memang I dan Me ini bermakna aku atau saya. Padahal jika diteliti keduannya ini memiliki fungsi yang berbeda, dan meskipun kedua kata ini merupakan pronoun namun nyatanya keduanya memiliki sifat yang berbeda.

I sendiri merupakan subjek pronoun sedangkan untuk me merupakan objek pronoun, namun nyatanya masih banyak yang kebalik saat menggunakan keduannya. Anda bisa membedakannya dengan mudah, misalnya I kata ini merupakan subjek pronoun dan sudah pasti terletak di awal kalimat.

Sedangkan untuk kata Me merupakan objek pronoun maka letaknya berada di akhir kalimat setelah verb. Nah, Anda harus benar-benar paham dengan hal ini sehingga ketika menulis atau mengucapkannya Anda tidak akan merasa bingung dan melakukan kesalahan.

Baca Juga :
Irregular Verb: Pengertian, Contoh dan Artinya

Penggunaan Affect dan Effect

Kesalahan grammar yang sering terjadi adalah saat menggunakan affect dan effect, meskipun dari segi penulisan hingga pengucapan keduanya hampir mirip. Namun kenyataannya kedua hal tersebut memiliki arti dan fungsi yang berbeda, namun masih banyak yang salah menggunakannya.

Karena memang kedua kata tersebut hanya beda satu huruf saja, meskipun begitu keduanya tetap memiliki bentuk kata yang berbeda. kesalahan grammar yang sering terjadi affect sendiri dapat kita artikan sebagai kata kerja yang berarti mempengaruhi, sedangkan effect merupakan noun yang berarti pengaruh.

Dari sini pastinya sudah cukup jelas bahwa affect dan effect ini merupakan dua kata yang sangat berbeda, sehingga jangan sampai Anda masih salah dalam penggunaannya. Karena pastinya jika salah dalam penulisan atau pengucapan keduanya memiliki arti yang berbeda.

Jangan sampai orang lain malah salah dalam mengartikannya, karena hal ini pastinya akan membuat kesalahan sederhana menjadi besar. apalagi keduanya memiliki sifat yang berbeda affect merupakan sebuah kata kerja sedangkan effect merupakan kata benda.

Penggunaan Kata Everyday dengan Every Day

Kesalahan grammar yang sering terjadi selanjutnya ini mungkin sering dilakukan sebagian orang, meskipun keduanya sama nyatanya kesalahan penulisan bisa mengartikannya berbeda. Meskipun susunan katanya sama namun ada dua cara penulisan yang tentunya akan memiliki makna yang sangat berbeda, everyday sendiri merupakan sebuah kata sifat yang berarti sehari-hari.

Sedangkan untuk penulisan every day menggunakan spasi merupakan sebuah adverb of time atau sebuah kata keterangan waktu yang berarti setiap hari. Dari sini tentunya sudah cukup jelas bahwa kedua hal ini memiliki perbedaan, jangan sampai Anda salah menggunakannya.

Karena tentu ketika Anda salah dalam menggunakannya hal ini akan membuat maknanya juga akan menjadi berbeda. Makanya jangan sampai Anda salah dalam menggunakannya, sebaiknya perhatikan maksud kalimat yang akan Anda ucap atau tulis sebelum memilih kedua kata ini.

Penggunaan Alot dan A Lot

Kesalahan grammar yang sering terjadi ini juga banyak kita lakukan, sama halnya dengan penggunaan everyday dan every day. Pasti sering kali Anda melakukan kesalahan ini secara tidak sadar, karena memang keduanya ini memiliki susunan huruf yang sama yang membedakannya hanya spasi.

Mungkin bagi orang yang sering menggunakan kata alot beranggapan bahwa artinya sama saja dengan a lot padahal keduanya jelas berbeda. Alot sendiri merupakan kata salah yang memang tidak pernah ada dalam kamus bahasa Inggris, sehingga ketika Anda menggunakannya sudah tentu salah.

Sebenarnya a lot ini dapat kita maknai sebagai banyak barang, sehingga Anda sudah seharusnya menggunakan kata a lot untuk mendeskripsikan banyak barang. Jangan sampai malah Anda menggunakan kata alot karena hal ini sudah pasti salah dan tidak seharusnya digunakan.

Penggunaan Because dan Because of

Kesalahan grammar yang sering terjadi ini memang banyak dilakukan orang, mungkin sebagian orang berfikir keduanya ini memiliki persamaan. Padahal jelas hal ini salah, karena nyatanya penggunaan kata because ini sebaiknya jangan diikuti dengan kata of.

Hal ini karena because merupakan sebuah kata hubung sehingga kalimat selanjutnya harus berupa kata subjek atau kata kerja. Sehingga penggunaan of setelah kata because jelas tentu hal yang salah, dan hal ini bisa menyebabkan salah pengertian.

Meskipun begitu bisa saja Anda menggunakan because of asalkan setelah kata of harus diikuti objek, makanya Anda harus benar-benar memahaminya. Jangan sampai malah kedua penggunanya akan terbalik dan menyebabkan kesalahan pada penulisan atau pengucapan.

Penggunaan Than dan Then

Kesalahan grammar yang sering terjadi selanjutnya ini mungkin juga sering tidak kita sadari, bahkan juga sebagian orang yang menggunakannya. Sehingga akan membuat mereka sering merasa bingung. Meskipun terlihat sedikit mirip tentu kedua kata ini memiliki perbedaan. Than sendiri dapat kita artikan sebagai daripada.

Baca Juga :
Asking and Giving Directions, Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Sedangkan untuk then dapat memiliki artian sebagai kemudian, ketika Anda salah menggunakannya tentu hal ini akan memiliki pengertian yang berbeda. Untuk itu sebaiknya Anda memang benar-benar memahami keduanya agar nantinya Anda tidak salah dalam penggunaannya.

Sehingga orang yang mendengar atau membaca tidak akan salah memahaminya, untuk itu sebelum menggunakannya ada baiknya jika Anda memperhatikan kalimat yang akan Anda ungkapkan. Sebaiknya jika ingin menggunakan salah satunya Anda harus memperhatikan maksud dari kata yang akan Anda ungkapkan sehingga tidak salah dalam menggunakannya.

Penggunaan Between dan Among

Kesalahan grammar yang sering terjadi mungkin bagi sebagian orang kurang paham atau malah tidak tahu jika keduanya ini berbeda. Meskipun keduanya ini memiliki arti yang sama yaitu diantara, namun Anda tetap tidak bisa sembarangan dalam menggunakannya.

Between sendiri dapat Anda gunakan ketika Anda ingin menyebutkan antara dua hal atau lebih yang memiliki unsur terpisah dan berbeda. Sedangkan untuk among bisa Anda gunakan ketika ingin menjelaskan beberapa benda terpisah namun kurang jelas.

Dari sini tentunya Anda cukup paham jika kedua hal tersebut memang memiliki perbedaan. Untuk itu sebaiknya jangan asal dalam menggunakannya. Atau yang terjadi kesalahan pengertian dan makna yang akan Anda terima pun pasti berbeda.

Penggunaan Who dan That

Kesalahan grammar yang sering terjadi berikutnya adalah penggunaan who dan that, kata ini bisa Anda gunakan ketika mendeskripsikan seseorang atau sesuatu. Namun terkadang pasti Anda masih sering salah dalam menggunakannya, meskipun sederhana keduanya memang cukup membingungkan.

Penggunaan “Who” sendiri biasanya sebagai kata untuk menjelaskan atau mendeskripsikan seseorang. Sedangkan untuk that biasanya kita gunakan untuk mendeskripsikan objek atau benda. Dari sini tentunya sudah cukup jelas kedua perbedaannya, jangan sampai Anda masih salah dalam menggunakannya.

Karena pastinya ketika Anda salah saat menggunakannya hal ini bisa menjadikannya kesalahan dalam memaknai nya. Karena meskipun sama tentu kedua kata ini memiliki perbedaan makna dan fungsi, sehingga jangan sampai Anda salah dalam menggunakannya.

Penggunaan Less dan Fewer

Kesalahan grammar yang sering terjadi berikutnya tidak hanya berasal dari diri kita, akan tetapi juga dari banyak orang. Karena memang keduanya memiliki pengertian yang sama yaitu lebih sedikit. Namun kenyataannya kedua kata ini memiliki fungsi yang berbeda, sehingga ketika Anda salah dalam menggunakannya tentu maknanya akan berbeda.

Less sendiri biasanya berguna untuk kata benda yang bisa kita tuang misalnya air, minyak, gula, udara, waktu dan beberapa hal lainnya. Sedangkan untuk kata pawer biasanya kita gunakan sebagai kata benda yang merupakan nominal, dan dapat kita hitung, seperti meja, kursi, tas dan beberapa hal lainnya.

Ketika Anda salah menggunakannya atau terbaik tentu maknanya akan berbeda dan hal ini justru membuat Anda salah. Makanya sebelum menggunakan keduanya, ada baiknya jika Anda menentukan dulu apa yang ingin Anda ungkapkan.

Penggunaan Into dan In To

Penggunaan keduannya mungkin masih sering salah, karena mungkin sebagian orang kurang memahaminya sehingga hanya asal dalam menggunakannya. Padahal sebenarnya kata into merupakan kata yang menerangkan keterangan arah atau menunjukan suatu pergerakan.

Kesalahan grammar yang sering terjadi ini karena salah mengartikan into padahal keduanya ini memiliki pengertian berbeda. In sendiri, dapat kita artikan sebagai sebuah kata keterangan dengan pengikut kata to yang merupakan kata preposisi.

Menarik Untuk Anda

3 Cara Mudah Belajar Vocab Bahasa Inggris Dijamin Tidak Bikin Bosan!

Bagikan di WA Telegram Facebook Kirim di FB Copy Link“Nggak bisa bahasa inggris?” Tahun lalu …