Kalimat Larangan Dalam Bahasa Inggris, Ini Cara Membuatnya

Kalimat larangan dalam bahasa Inggris sering digunakan untuk ajakan atau perintah serta peringatan untuk tidak berbuat sesuatu. Cara yang paling umum digunakan adalah dengan imperative sentences atau kalimat perintah. Pada dasarnya sudah banyak kondisi yang termasuk dalam expression of showing prohibition.

Showing prohibition ini sebagai ungkapan untuk menunjukkan larangan. Bisa dalam bentuk tulisan maupun disampaikan secara verbal. Sehingga ketika larangan tersebut tidak dipatuhi, seseorang akan mendapatkan suatu risiko atau konsekuensi dari pelanggaran yang dilakukan.

Kalimat Larangan Dalam Bahasa Inggris
pinterest.com

Cara Membuat Kalimat Larangan Dalam Bahasa Inggris Secara Mudah

Terdapat tiga rumus yang sering orang gunakan untuk membuat suatu kalimat larangan atau prohibition ini. Pada rumus pertama menggunakan don’t ditambah verb 1. Sedangkan pada rumus kedua menggunakan don’t + be + adverb/noun/adjective. Sementara rumus ketiga dengan no + verb – ing.

Rumus ini membantu Anda dalam membuat kalimat. Selain itu Anda juga harus memperhatikan bentuk kata untuk membuat kalimat larangan yakni modal verb. Umumnya yang sering dipakai adalah don’t atau do not.

Bahkan can’t, must not dan may not juga bisa Anda pakai. Untuk lebih jelasnya mari kita ulas satu persatu hingga ke sebuah contoh kalimat larangan dalam bahasa Inggris untuk dapat mengerti secara detail.

Do not atau don’t

Untuk membentuk kalimat larangan yang paling sering kita dengar adalah do not. Cara yang paling mudah membuatnya dengan pola don’t+verb 1. Kata do not ini dalam kalimat sehari-hari memiliki sifat informal. Namun sering juga sebagai kata mewakili kondisi formal.

Verbal prohibition merupakan suatu kalimat larangan dengan kandungan kata kerja. namun nominal prohibition yakni kalimat larangan dengan kata sifat atau adjective juga kata benda atau noun.

Sebagai contoh ada beberapa kalimat larangan dalam bahasa Inggris yang terbentuk dari kata don’t yaitu :

– Don’t throw trash everywhere when in public (jangan membuang sampah di mana- mana saat di tempat umum).

– Do not climb the tree (jangan memanjat pohon).

– Co not take it (jangan ambil)

– Don’t plagiarize my novel (jangan menjiplak novelku).

Sedangkan dalam cara lain untuk membentuk sebuah kalimat larangan dapat dengan rumus Do not + be + adjective /noun untuk nominal prohibition. Sebagai contohnya adalah :

– Do not be greedy! (jangan serakah)

-Do not be noisy (jangan berisik)

-Don’t be a lier (jangan menjadi pembohong)

Untuk membuat kalimat larangan dalam bahasa Inggris lain dengan rumus No +Verb Ing yaitu verbal prohibition. Sebagai contoh :

– No swimming! (Dilarang Berenang).

– No vaping! (Dilarang merokok).

– No Parking! (Dilarang parkir).

– No Cheating! (Dilarang menyontek).

– No camera! (Dilarang membawa kamera).

Must not atau Mustn’t (Modal Verb)

Selanjutnya dengan kata must not atau disingkat mustn’t. Umumnya kata ini berguna pada tanda pemberitahuan publik terkait aturan yang berlaku atau hukum. Sisi lain dapat berguna untuk percakapan sehari-hari yang bersifat informal.

Kalimat larangan dalam bahasa Inggris ini memiliki arti tidak boleh. Kaidahnya diikuti verb 1 atau kata kerja pertama untuk menyampaikan larangan yang bersumber dari orang yang utama mengungkapkannya. Sebagai contoh simak berikut ini.

– You must not speak when adviser is explaining (Anda tidak boleh berbicara saat pembimbing sedang menjelaskan).

– We must not be here (Kita tidak boleh disini).

– You must not lie to me (Kamu jangan berbohong padaku).

– We must not come late (Kita jangan datang terlambat).

– You must not refuse the appointment (Anda jangan mengingkari janji)

– She mustn’t eat and drink in the library (Dia tidak boleh makan dan minum di perpustakaan).

– We are must not litter around here (Kita tidak boleh membuang sampah sembarangan di sekitar sini).

To be + Not Allowed/permitted

Selanjutnya adalah to be +not allowed / permitted. Kata ini memiliki arti tidak diperbolehkan. Selain itu untuk menyampaikan kalimat larangan dalam bahasa Inggris yang bersifat formal. Sebagai contoh :

– Children under 5 are not allowed to ride the roller coaster ( Anak kecil dengan umur dibawah 5 tahun tidak diizinkan naik wahana roller coaster).

– You are not permitted to bring some notes on the test. (Anda tidak diijinkan untuk membawa catatan saat mengerjakan tes.

– Cheating is not allowed during exam (menyontek tidak diijinkan ketika ujian berlangsung).

Can not +Verb 1

Sementara itu kata cannot memiliki makna tidak boleh yakni untuk melarang hal yang bertentangan dengan suatu aturan yang sudah berlaku.

Sebagai contohnya adalah You cannot take a video in this airport area (Anda tidak dapat mengambil video di area bandara ini). Contoh lainnya You cannot speak while the teacher is explaining (Anda tidak boleh berbicara saat guru sedang mengajar).

To be+ forbidden /prohibited

Seperti halnya contoh kalimat larangan dalam bahasa Inggris tersebut, to be + forbidden/prohibited untuk larangan yang bersifat formal. Contoh kalimatnya adalah Cheating during exam is forbidden (Menyontek saat ujian juga dilarang).

Selain itu contohnya smoking in mosque area is forbidden (merokok di area masjid terlarang). You are forbidden to leave your children in the trolley alone (Anda dilarang untuk meninggalkan anak sendirian di troli). It is forbidden to smoke in this living room ( Di larang merokok di ruang tamu ini).

Pola untuk dapat digunakan membentuk kalimat larangan yaitu :

– Subject dan to be (are, am, is) + forbidden/prohibited + to verb

– Subject + to be (are, am, is) + forbidden/prohibited + from + gerund

– Gerund + to be ( is) + forbidden/prohibited.

Untuk lebih jelasnya mari kita simak contoh kalimat larangan dalam bahasa Inggris berikut untuk penerapan pola verb to be + forbidden/prohibited.

It is Strictly prohibited to use any electronic device on board (penggunaan perangkat elektronik apapun dilarang dalam pesawat)

-Shewas forbidden to visit my house (dia dilarang mengunjungi rumahku)

– it is forbidden to run in the corridor (dilarang berlari di koridor).

Not permitted + to

Hampir sama dengan not allowed maupun be +not permitted, kata ini memiliki makna tidak diizinkan. Selain itu untuk menyampaikan larangan yang berupa peraturan dan bersifat formal. Misalnya saja walking on the grass is not permitted (berjalan di atas rumput tidak diizinkan).

Be + against the law

Kata yang bisa menjadi kalimat pembentuk larangan selanjutnya adalah be + against the law. Kata ini memiliki makna melanggar hukum.

Umumnya untuk menyampaikan dengan kalimat larangan dalam bahasa Inggris yang bersumber dari peraturan resmi maupun hukum pada satu wilayah tertentu. Selain itu lebih bersifat formal. Sebagai contoh

– Copying others work without permission is against the law (menyalin pekerjaan orang lain tanpa seizinnya itu melanggar hukum).

Not allowed + to

Selanjutnya adalah not allowed + to. Umumnya kata ini berguna untuk menyampaikan larangan yang merupakan peraturan juga memiliki sifat formal. Hanya saja berbeda dengan prohibited dan forbidden yang maknanya dilarang.

Not allowed ini memiliki makna tidak diizinkan Sebagai contoh : You are not allowed to bring your pet into the rooms (Anda tidak diizinkan untuk membawa hewan peliharaan untuk masuk dalam kamar).

Dengan Kosakata Anjuran Untuk Tidak Berbuat

Di sini bisa menggunakan kata anjuran untuk membuat kalimat larangan. Umumnya menggunakan kata stop (berhenti), disallow (tidak diperbolehkan), illegal (ilegal atau tidak resmi), harmful (berbahaya), dan dangerous (berbahaya).

Dalam kalimat larangan dalam bahasa Inggris yang menunjukkan larangan tersebut adalah sebagai berikut.

– Stop doing that (Berhentilah melakukan hal tersebut)

– Smoking in this country is illegal (Merokok di negara ini adalah ilegal)

– Touching this poisonous food is very harmful (Menyentuh makanan beracun sangat berbahaya).

No + verb Ing

Membuat kalimat larangan yang paling umum menggunakan no + verb ing. Kalimat ini sering terpajang di tempat umum. Misalkan no smoking dan no passing.

Never

Kalimat larangan juga sering menggunakan kata never. Hal ini sering berfungsi untuk percakapan non formal. Sebagai contohnya adalah :

– Never say never (jangan pernah bilang tidak pernah).

– Never give up (jangan pernah menyerah).

Polite Prohibition ( Please…)

Kalimat larangan dalam bahasa Inggris akan terasa lembut dan sopan jika menggunakan kata please. Membuat kalimat tersebut akan lebih mudah dengan penambahan kata please pada awal atau akhir kalimat. Contohnya sebagai berikut.

– Please, don’t touch me! (tolong jangan sentuh aku).

– please, stop staring at me (tolong berhenti menatapku).

– please, do not judge people your father (tolong jangan menilai buruk ayahmu)

– don’t lock the door, please (tolong jangan kunci pintunya).

– don’t shut the laptop off, please (tolong jangan matikan laptopnya).

Stop + Verb Ing

Membuat kalimat larangan dalam bahasa Inggris juga bisa menggunakan stop + verb Ing. Untuk penggunaan dalam kalimat, simak contoh berikut.

– Stop playing football everytime (jangan bermain bola terus menerus).

– atau : Stop writing time is up (jangan menulis, waktunya sudah habis)

– Stop thinking bad thing (jangan memikirkan hal buruk)

– dan : stop talking about me (jangan membicarakan tentang aku).

Larangan yang Lebih Lembut

Ekspresi larangan yang tegas namun lebih halus bisa menggunakan not have to + verb 1 dan Need not + Verb 1. Untuk mengetahui kalimat larangan dalam bahasa Inggris, simak penjelasan berikut.

Need not + V1

Kata ini untuk ungkapan menyampaikan hal yang tidak perlu ada jika bersangkutan tidak dapat memenuhinya. Misalkan You need not come if if you are tired (Anda tidak perlu datang jika sedang lelah). Sebenarnya kalimat ini melarang secara halus namun masih memberikan opsi atau pilihan orang tersebut bisa datang.

– I need not cook this time (saya tidak perlu memasak kali ini)

– He need not read (dia tidak perlu membaca)

Not have to + V1

Kalimat larangan dalam bahasa Inggris selanjutnya adalah kata untuk ungkapan menyampaikan anjuran yang tidak harus atau tidak wajib kita lakukan. Sebagai contoh adalah

– You don’t have to bring lunch everyday (Anda tidak harus membawa bekal makan siang tiap hari).

– You don’t have to come to work before dawn (Anda tidak perlu datang kerja sebelum subuh)

– we don’t have to wear a tie (kita tidak perlu mengenakan dasi).

Salah satu larangan yang tidak mengikat dan tidak mengharuskan.

Other Expression

Untuk kalimat larangan dalam bahasa Inggris lainnya bisa dengan other expressions. Misalkan watch out (awas!), keep out of the grass (jangan menginjak rumput), danger (bahaya) dan masih banyak lagi. Contoh-contoh tersebut untuk memperingatkan seseorang untuk tidak berbuat sesuatu.

Be + Adjective!

Rumus lainnya untuk membuat kalimat larangan bisa menggunakan be + adjective. Contohnya sebagai berikut.

-be cooperative (jangan seenaknya sendiri)

– atau be Quiet (jangan berisik)

– be honest (jangan berbohong)

– dan be enthusiastic (jangan malas)

Contoh Percakapan Menggunakan Kalimat Larangan

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak percakapan dengan menggunakan kalimat larangan dalam bahasa Inggris berikut ini.

A : I am very thirsty and hungry (Aku sangat haus dan lapar)

B I also feel hungry (Aku juga merasa lapar)

A : But we are must not eat and drink in the library (Namun kita tidak boleh makan dan minum di dalam perpustakaan)

B : Yes you are absolutely right. This means we have to get out of the library first to eat (Kamu memang benar, ini artinya kita harus keluar terlebih dahulu dari perpustakaan untuk makan)

A : Yes let’s put the things in the locker first (Iya ayo kita letakkan barang-barang di loker terlebih dahulu).

Percakapan kalimat larangan dalam bahasa Inggris tersebut menggunakan kata must not. Sedangkan percakapan menggunakan kata dont terdapat dalam dialog berikut.

A : Hello, look at the deers over there (halo, lihatlah rusa yang ada di sana).

B : Wow, there are a lot of deer there, the are some fawns too (wow, ada banyak rusa ya di sana, ada beberapa anak rusa juga).

A : Lets go over to the deers to have a closer look (Mari kita menghampiri rusa itu untuk melihatnya secara lebih dekat)

B : I don’t think we can get close to the deer (Saya rasa kita tidak bisa mendekat ke rusa tersebut).

A : why (Kenapa)

B : There is prohibition written on the fence, don’t go near the dear (ada larangan yang tertulis di pagarnya, jangan mendekati rusa).

Memperhatikan Kalimat Larangan Berdasarkan Jenis dan Penggunaannya

Pada dasarnya kalimat larangan menggunakan kata kerja. Bentuk paling sederhana dan paling banyak kita temukan. Umumnya terlihat dengan adanya kata kerja yang menjadi suatu perintah. Seperti don’t open the bag (jangan buka tas itu).

Selain itu Anda juga perlu memperhatikan bahwa selain menggunakan kata kerja, kalimat larangan dalam bahasa Inggris menggunakan kata sifat. Bahkan kalimat larangan memiliki kemiripan dengan kalimat perintah.

Banyak orang yang sulit membedakannya. Hanya saja penting untuk mengetahui secara mendalam sehingga tidak salah dalam menerapkan. Kalimat larangan dalam kata sifat memiliki format penulisan don’t + be + kata sifat. Contohnya saja don’t be noisy.

Dengan begitu membuat kalimat larangan tidak harus dengan kata kerja. Sehingga dapat langsung menyampaikan dalam larangan tersebut menggunakan kata sifat.

Jika kalimat menggunakan format penulisan imperative sentences yang benar maka sudah pasti masuk dalam kalimat yang halus dan sopan.

Jika ingin membuat kalimat larangan secara halus lagi maka Anda bisa menambahkan kata please pada awal kalimat maupun pada akhir kalimat. Dengan beberapa cara membuat kalimat larangan tersebut maka Anda semakin bisa lebih mudah merangkai kalimat menggunakan rumus. Kalimat larangan dalam bahasa Inggris tersebut memberikan perintah yang lebih tepat dan halus namun tetap menyesuaikan dengan kondisi dan penggunaannya.

 

Rate this post

Tinggalkan komentar