Mengenal Expressing Sadness dan Beragam Cara Mengungkapkannya

Pada dasarnya, merasakan kesedihan atau bersedih adalah hal yang sangat manusiawi. Seperti jenis emosi lain, kesedihan juga terkadang perlu diungkapkan agar tidak menjadi ganjalan, bahkan menggerogoti mental Di bahasa Inggris, menyatakan kesedihan akan kamu kenal sebagai expressing sadness

Itulah kenapa kamu perlu belajar tentang materi yang satu ini. Dengan begitu, nantinya kamu akan bisa mengungkapkan rasa sedih ketika sedang berdialog dengan memakai bahasa Inggris. Lalu sebenarnya, apa itu expressing sadness in English dan bagaimana cara mengungkapkannya? Yuk, pelajari di sini!

Apa Itu Expressing Sadness?

Expressing Sadness

Sebagai seorang manusia, wajar rasanya jika kamu merasakan emosi atau perasaan tertentu. Baik itu rasa senang, sedih, marah, kecewa, dan lain sebagainya. Tidak jarang kamu perlu mengungkapkan perasaan itu ke dalam kata-kata. Saat berbicara bahasa Inggris pun pastinya tidak akan jauh berbeda.

Jika untuk mengungkapkan rasa senang kamu akan mempelajarinya di materi expressing happiness, maka di sini kamu akan belajar ungkapan rasa sedih. Jika kamu masih bingung tentang apa pengertian expressing sadness, itu adalah ungkapan atau ekspresi untuk mengungkapkan rasa sedih. 

Hal ini pastinya selaras dengan kata expressing yang berarti “ekspresi” atau ungkapan, dan kata “sadness” yang berarti kesedihan. Sehingga, secara literal di materi ini kamu akan mempelajari berbagai jenis ungkapan atau ekspresi yang menunjukkan rasa sedih.

How to Express Sadness?

Expressing Sadness

Untuk mengetahui apa saja contoh expressing sadness, kamu perlu tahu terlebih dahulu kata-kata apa saja yang berkaitan dengan ungkapan itu. Salah satu kata yang paling populer dan paling banyak digunakan adalah kata “sad” atau “sedih”. 

Kamu dapat menggunakan kata ini untuk hampir segala jenis situasi. Entah itu di situasi formal maupun nonformal, kata “sad” sangat umum digunakan untuk mengekspresikan rasa sedih. 

Hanya saja, kata tersebut memang bukan satu-satunya kata yang dapat kamu gunakan untuk mengungkapkan rasa tidak senang. Terutama, ketika ada hal buruk yang menimpa kamu. 

Selain kata “sad”, kamu dapat memakai beberapa jenis kata kunci berikut! 

  • Feeling low (merasa buruk) 
  • Feeling down (merasa buruk) 
  • Bad (buruk) 
  • Worst (paling buruk) 
  • Terrible (sangat buruk) 
  • Upset (marah/sangat sedih) 
  • Very cut up (merasakan kesedihan yang mendalam) 
  • Feeling blue (merasa sedih) 
  • Down in the dumps (merasa sedih karena seakan tidak ada harapan lagi) 
  • Brokenhearted (patah hati) 
  • Crying (menangis) 
  • Not in the mood (tidak mood)

Contoh Dialog Expressing Sadness

Expressing Sadness

Setelah kamu tahu kata-kata apa saja yang biasanya ada di dalam ungkapan kesedihan, kamu harus tahu juga bagaimana contoh dialognya. Hal ini karena tidak jarang masih ada yang merasa bingung tentang bagaimana cara mengungkapkan kesedihan di dalam sebuah percakapan. 

Maka dari itu, berikut adalah contoh dialog expressing sadness yang dapat kamu pelajari! 

Dialog 1

Eve : You look terrible, what happened? (Kamu terlihat sangat buruk, apa yang terjadi?). 

Jean : I got a bad score on the math exam. (Aku mendapatkan nilai yang jelek di ulangan matematika).

Eve : Oh, you must be feeling down. (Oh, kamu pasti merasa sangat buruk.). 

Jean : I am. I feel so sad because I really tried my best, Eve. (Iya. Aku merasa sangat sedih karena aku benar-benar berusaha sebaik mungkin, Eve.).

Jean : Yeah, I know you are. It’s okay, you can cry until you feel better. (Iya, aku tahu kamu sudah berusaha. Tidak apa-apa, kamu bisa menangis hingga merasa baikan). 

Dialog 2

Nara : Ari, do you want to go to a shopping center with me? (Ari, apakah kamu mau pergi ke mall bersamaku?).

Ari : I’m not in the mood Nara. Choco is still sick. (Aku sedang tidak mood Nara, Choco masih sakit). 

Nara : Oh, he’s sick? That’s why you’re feeling blue lately? (Oh, dia sakit? Itu kenapa kamu merasa sedih akhir-akhir ini?). 

Ari : Yes, I already brought him to the vet, but he’s still not feeling well. I’m so sad. (Iya, aku sudah membawa dia ke klinik hewan tapi dia masih belum sembuh juga. Aku sangat sedih.). 

Itulah beberapa ungkapan dan contoh dialog tentang expressing sadness yang dapat kamu pelajari. Terutama bagi kalian yang mencari materi bahasa inggris SMA/SMK Kelas 10, kamu pun dapat mencoba membuat beberapa dialog lain dengan menggunakan berbagai kata kunci di atas. Selamat belajar!

Tinggalkan komentar