Pernahkah kamu mendapat tugas untuk menulis sebuah essay bahasa inggris yang tentunya membuatmu pusing? Biasanya tugas essay diberikan untuk dapat mengetahui bagaimana pemikiran kamu terhadap topik tertentu. Sebagai salah satu bentuk dari karya tulis, tentunya penilaian essay juga bukan hanya sekedar dari bagaimana kamu merangkai kata, namun juga dari penilaian terhadap struktur maupun ejaan bahasa yang kamu pakai.

Itulah kenapa sebelum menulis sebuah essay, penting untukmu mengetahui informasi-informasi dasar dari essay itu sendiri seperti apa itu pengertian dari essay maupun struktur dan contohnya.

Apa Itu Essay

Pertama-tama, kamu harus terlebih dahulu mengenal pengertian essay itu sendiri. Essay adalah sebuah karya tulis yang berisi sebuah opini terhadap suatu permasalahan yang sedang diangkat. Biasanya, penulis essay akan membubuhkan berbagai macam informasi yang real atau nyata yang dapat mendukung opininya.

Topik yang dapat kamu buat menjadi essay juga sangat bermacam-macam. Kamu bisa membuat topik tentang diri kamu sendiri, atau topik mengenai pendidikan maupun topik tentang ilmiah. Namun, membuat essay tidak sama dengan karya ilmiah. Perbedaannya ada pada cara kamu menyampaikan tulisan kamu.

Dalam membuat essay, kamu menggabungkan antara fakta-fakta yang sudah terbukti benar dengan opini-opini kamu sendiri. Namun jika kamu sedang menulis karya ilmiah, yang harus kamu tulis haruslah berdasarkan fakta yang sudah terbukti tanpa menggunakan kalimat atau kata-kata yang mengandung opini.

Dari penjelasan tersebut, menulis essay bahasa bahasa inggris berarti kamu harus memenuhi kriteria essay yang baik. Berikut ini adalah kriteria atau ciri-ciri essay :

  • Memiliki bentuk yang santai
  • Penulisan essay memiliki gaya yang dapat kamu sesuaikan dengan gaya penulisan mu sendiri
  • Bentuk isi yang tidak utuh namun fokus terhadap hal-hal yang penting dan menarik terhadap topik tersebut.
  • Memenuhi kriteria penulisan yang berlaku
  • Singkat dan penuh dengan materi

Struktur Penulisan Essay

Setelah mengetahui penjelasan tentang essay, waktunya kamu mengetahui apa itu struktur-struktur yang ada dalam penulisan sebuah essay. Tentunya, mau itu essay bahasa inggris ataupun essay bahasa Indonesia, mereka tetap memiliki struktur yang sama. Berikut ini adalah strukturnya.

1. Pendahuluan (Introduction)

Bagian pendahuluan pada essay terdapat pada bagian paling pertama atau bagian awal. Bagian ini berisikan apa topik maupun tema yang kita ambil. Pada bagian pendahuluan juga kamu dapat menulis mengapa kamu mengambil topik tersebut dan apa pendapat pribadimu terhadap topik tersebut. Selain itu, kamu juga boleh menambahkan latar belakang yang pas yang dapat menjelaskan secara singkat topik yang sedang kamu kerjakan.

Menjelaskan topik secara singkat pada bagian pendahuluan dapat kamu gunakan dengan bahasa yang santai agar dapat menarik minat pembaca. Untuk bagian pendahuluan ini, ingatlah untuk tidak menulis terlalu panjang. Cukup 5% dari keseluruhan essay.

2. Pembahasan (Body)

Nah, bagian utama dalam essay bahasa inggris yang kamu buat dinamakan sebagai body atau pembahasan. Dalam pembahasan, pastikan kamu menulis 3 isi yang penting berikut ini :

  • Topic Sentence = kalimat ini adalah kalimat utama yang menyebutkan poin utama dari paragraf mu.
  • Supporting Sentences = Berisi bukti-bukti pendukung terhadap opini yang kamu berikan pada bagian pendahuluan. Biasanya menjelaskan tentang contoh, penelitian, ataupun kutipan yang membahas tentang topik kamu.
  • Concluding Sentence = Berisikan kalimat kesimpulan dari paragraf pembahasan essay.

3. Kesimpulan (Conclusion)

Struktur terakhir yang ada pada essay bahasa inggris adalah kesimpulan. Bagian ini berisikan kesimpulan yang dapat kamu ambil untuk topik yang kamu bahas. Ambillah kesimpulan berdasarkan analisis dari pembahasan terhadap masalah atau latar belakang topik yang kamu tulis pada bagian pendahuluan.

Tips Membuat Essay Bahasa Inggris

Berikut ini adalah beberapa tips membuat essay bahasa inggris yang dapat kamu lakukan agar essay yang kamu buat semakin tersusun dengan rapi.

1. Pilih Tipe Essay

Langkah pertama yang dapat kamu lakukan adalah memilih tipe essay yang akan kamu tulis. Pikirkanlah apa tipe essay yang cocok untuk topik yang kamu ambil. Dengan memilih tipe ini, kamu dapat menentukan tipe bahasa penulisan mana yang cocok. Jika topik yang kamu ambil cukup serius, sebaiknya gunakanlah bahasa baku yang dapat dimengerti.

2. Membuat Outline Essay

Selanjutnya, kamu harus membuat outline essay. Outline atau kerangka  ini sangat berguna agar penulisan kamu tidak out of topic. Hal-hal yang perlu kamu perhatikan dalam membuat outline essay seperti apa hal yang ingin kamu tambahkan untuk mendukung tulisanmu, atau dari mana narasumber atau sumber tulisanmu.

3. Riset Essay

Setelah membuat outline seperti gambar diatas, yang akan kamu lakukan selanjutnya adalah meriset essay. Risetlah fakta ataupun bukti apapun yang mendukung opini-opini yang telah kamu berikan pada bagian pertama. Dengan meriset topik essay ini, kamu akan dapat mengatur penempatan informasi-informasi tersebut dalam tulisan kamu.

Jangan lupa untuk memberikan credit terhadap informasi yang kamu kutip dari orang lain. Hal ini akan menandakan bahwa informasi tersebut benar adanya dan bukan merupakan opini kamu.

4. Menulis Isi Essay

Jika sudah selesai meriset topik dan fakta maupun informasi yang kamu perlukan, kamu sudah dapat menulisnya. Seperti yang telah tersebutkan sebelumnya, tulislah isi essay dengan gaya penulisan yang cocok terhadap tema maupun topik yang kamu angkat. Hal ini agar kamu dapat mengatur mood para pembaca bahwa karya tulis yang kamu buat sekarang ini adalah karya tulis yang cukup serius. Namun, memakai bahasa formal atau baku bukan berarti kamu melebih-lebihkan gaya bahasamu hingga pembaca menangkap arti yang salah.

5. Baca dan Cek Ulang

Terakhir, yang kamu perlukan adalah dengan membaca dan mengecek ulang essay bahasa inggris yang sudah kamu tulis. Pastikan kamu melakukan hal berikut ini :

  • Telitilah kalimat pengiring pembaca yang paling kuat dalam essay mu. Letakkanlah kalimat tersebut pada bagian pendahuluan agar pembaca semakin tertarik.
  • Pastikan tulisanmu sudah tidak memiliki kesalahan tulisan.
  • Apakah essay yang kamu buat masuk akal?
  • Pastikan kalimat awal dengan kalimat selanjutnya mengalir dengan halus hingga essay mu dapat mudah terbaca.

Contoh Outline Essay

Setelah membaca penjelasan lengkap tentang essay, seperti inilah contoh essay bahasa inggris yang bisa kamu jadikan panduan untuk menulis.

  1. Contoh Essay Bahasa Inggris tentang Pendidikan
  2. Contoh Essay Dalam Bahasa Inggris Tentang Topik Internet

Itulah beberapa contoh yang bisa kamu baca agar lebih mengenal dan mengetahui bagaimana cara membuat essay yang baik dan benar untuk tugas kamu. Sekarang, kamu sudah dapat menulis essay kamu dengan mudah, bukan? Semoga artikel ini dapat membantumu!

Bagikan: