Contoh Gotong Royong di Sekolah dan Manfaatnya

Manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan. Sehingga munculah istilah gotong royong. Gotong royong sudah seperti menjadi identitas bagi masyarakat Indonesia, termasuk saat di sekolah. Hingga beberapa contoh gotong royong di sekolah perlu kamu praktekan.

Setidaknya, saat di sekolah sudah diajarkan bagaimana caranya bergotong royong sehingga, nanti saat hidup bermasyarakat anak sudah paham. Gotong royong dalam sekolah selain untuk mendidik anak, juga sangat diperlukan untuk kebaikan sekolah. Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak uraian berikut.

Contoh Gotong Royong Dalam Sekolah

Ada banyak sekali contoh gotong royong di sekolah yang bisa para guru terapkan pada siswanya. Di atas juga sudah disebutkan sekilas tentang manfaat dari gotong royong. Berikut beberapa contoh kegiatan gotong royong yang dapat dilakukan di sekolah, antara lain:

1. Membersihkan Ruang Kelas

Contoh pertama yang bisa diterapkan dalam dunia sekolah adalah membersihkan ruang kelas yang sebelumnya digunakan untuk pembelajaran. Mungkin kebanyakan sekolah sekarang sudah menggunakan jasa tukang sapu. Namun alangkah baiknya, jika tugas ini diberikan kepada siswa.

Jika dalam satu kelas terdapat banyak siswa, maka bisa dibagi dalam beberapa regu. Sehingga, dalam setiap harinya siswa bergantian dalam memberikan ruang kelas. Membersihkan ruang kelas ini tak hanya dengan menyapu saja, namun juga menghapus papan tulis.

Para siswa juga harus diterapkan untuk menaikkan kursi ke atas meja setelah melakukan kegiatan belajar. Hal ini, bertujuan agar yang mendapatkan piket saat itu tidak terlalu susah saat akan membersihkan kelas. Jadi, semua siswa saling membantu.

2. Membersihkan Taman Sekolah

Pada urutan kedua tentang contoh gotong royong di sekolah adalah seperti membersihkan taman sekolah. Jika dalam membersihkan ruang kelas, maka hanya dilakukan oleh siswa satu kelas saja. Maka, bisa coba dengan melakukan gotong royong dalam membersihkan taman sekolah.

Dalam hal ini, para guru dapat membuat regu antar kelas untuk melakukan piket membersihkan taman. Jadi, bisa dibuat setiap kelas memiliki piket sendiri dalam gotong royong membersihkan taman. Bisa juga jika dibagi dalam beberapa regu dari berbagai kelas.

Setelah itu, siswa juga bisa melakukan gotong royong satu sekolah untuk memberikan taman dan seluruh kawasan sekolah. Jadi, tak hanya satu atau dua regu saja yang bergotong royong. Namun, seluruh siswa dalam sekolah tersebut harus ikut andil di dalamnya.

3. Merenovasi Kelas

Gotong royong selanjutnya yang bisa diajarkan pada siswa adalah gotong royong merenovasi kelas. Jadi, biasanya setiap kelas memiliki hal unik bersendiri daripada kelas lainnya. Sehingga dapat mengajak siswa untuk bergotong royong merenovasi kelas.

Seperti misalnya mengecat ulang ruang kelas tersebut. Juga memperbaiki apapun bila dalam kelas terdapat adanya suatu kerusakan. Merenovasi kelas juga bisa dengan menghias kelas dan lain sebagainya.

4. Menjaga Kebersihan Toilet Sekolah

Keempat contoh gotong royong di sekolah adalah menjaga kebersihan toilet sekolah. Toilet merupakan tempat umum yang tentunya siapa saja bisa menggunakannya. Sayangnya, tidak semua siswa sadar untuk menjaga kebersihan tempat umum tersebut

Sehingga, para guru bisa menjadwalkan dalam beberapa hari para murid untuk melakukan kebersihan atau membersihkan tempat umum tersebut. Jadi meski banyak yang menggunakannya, kebersihan toilet tetap terjaga. Hal ini juga bertujuan agar kesehatan tetap terjaga di dalam lingkungan sekolah. Ini menjadi salah satu visi misi sekolah yang harus kamu perhatikan juga. 

5. Melakukan Belajar Kelompok

Soal gotong royong tak hanya dalam lingkup bersih-bersih saja, namun juga bisa dengan melakukan belajar kelompok. Hal ini tentu tak lepas dari makna dari gotong royong sendiri. Karena makna dari gotong royong adalah saling bahu membahu dan juga saling membantu.

Tentunya saat dalam masa belajar, kadang ada satu materi yang tidak dipahami oleh siswa. Namun ada siswa yang lain yang paham akan materi tersebut. Sehingga antara para siswa dalam belajar kelompok tersebut saling berbagi pemahaman juga saling membantu.

6. Bekerja Sama Dalam perlombaan Antar Kelas

Memang terdapat banyak contoh gotong royong untuk diterapkan dalam lingkungan sekolah. Seperti misalnya adalah bekerja sama dalam mengikuti kegiatan perlombaan sekolah. Karena dalam perlombaan antar kelas, mereka akan melakukannya secara bersama-sama.

Seperti misalnya lomba dalam pertandingan bola, maka tidak mungkin jika hanya satu lawan satu saja. Jadi, dalam permainan bola harus ada yang namanya gotong royong atau bekerja sama untuk memulai pertandingan tersebut. Ini juga bisa kamu terapkan dalam beberapa hal lainnya.

Seperti misalnya lomba menghias kelas, maka seluruh siswa dalam kelas tersebut harus merenovasi kelas agar bisa menjadi juara. Setiap siswa harus mau dan ikut membantu dalam kerja sama tersebut. Jadi, kemenangan dalam pertandingan tersebut bisa saja kamu raih bersama tim mu.

7. Membantu Siswa Yang Tengah Sakit

Ketujuh ada juga contoh gotong royong di sekolah dengan membantu siswa yang tengah sakit. Jadi, dalam hal ini rasa kemanusiaan dalam diri siswa dapat hidup. Sehingga, saat ada teman yang tengah sakit, maka siswa lainnya bisa dengan bergotong royong mencari solusi.

Seperti misalnya, saat di lingkup sekolah dan ada yang tiba-tiba pingsan, maka siswa lainnya bisa dengan bergotong royong menggotong siswa tersebut. Atau bisa juga dengan mengumpulkan dana untuk membantu menyumbang siswa lain yang tengah sakit keras. Intinya saling tolong menolong.

8. Melakukan Kegiatan Sekolah Yang Bersifat Gotong Royong

Terakhir adalah dengan melakukan kegiatan sekolah secara gotong royong. Seperti misalnya yang sudah di katakan tadi, bahwa bisa dengan membersihkan seluruh kawasan sekolah, termasuk musala dan ruangan umum lainnya. Juga dengan mengumpulkan sampah ke tempat penampungan.

Bisa juga saat sekolah mengadakan suatu acara, maka ketimbang menyuruh orang lain untuk mempersiapkan acara tersebut. Para guru bisa mengarahkan para siswanya untuk saling bahu membahu menyiapkan acara tersebut. Dalam hal ini, seluruh siswa dalam sekolah bisa saling membantu.

Manfaat Gotong Royong Atau Kerja Sama

Setiap apa yang kamu lakukan tentu memiliki dampak atau manfaat yang akan kamu peroleh. Salah satunya adalah dengan melakukan kerja sama dalam bergotong royong. Karena hal tersebut merupakan tindakan bagus, maka akan ada beberapa manfaat yang diperoleh.

Manfaat dari adanya gotong royong dalam sekolah ini juga beragam. Namun, manfaat terpenting dari melakukan gotong royong adalah mampu membuat pekerjaan yang semula berat menjadi ringan. Hal ini karena kamu harus melakukannya secara bersama-sama, karena memang itulah arti dari kata gotong royong.

Menjadikan pekerja yang bila dilakukan sendiri memakan waktu yang lama, dengan adanya gotong royong pekerjaan tersebut menjadi terasa lebih ringan dan cepat selesai. Juga dapat menjamin keberadaan dan ketenteraman dalam sekolah tersebut. Juga untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan.

Selain membuat pekerjaan berat menjadi ringan, gotong royong juga mampu membuat persaudaraan lebih erat, dalam dunia sekolah. Karena dalam hal ini bagaimanapun semua siswa harus tetap akur dalam menjalankan tugas. Juga bermanfaat membangun kebersamaan dan menghilangkan perbedaan.

Demikian adalah beberapa contoh gotong royong di sekolah yang bisa kamu jadikan sebagai pelajaran dan untuk kamu terapkan. Gotong royong ini memang akan lebih baik jika sudah orang tua dan sekolah ajarkan sejak dini kepada anak. Agar nanti saat dewasa, juga damai dalam hidup bermasyarakat.

Tinggalkan komentar