Setiap dari kamu tentu tidak asing lagi dengan kata-kata kebugaran jasmani. Namun ketika ditanya pengertian kebugaran jasmani terkadang tidak tahu. Padahal pengertian ini penting untuk dipahami sebelum memahami hal yang lainnya.

Di dalam kebugaran jasmani ini juga memiliki unsur dan manfaat yang penting bagi manusia. Secara garis besar, kebugaran jasmani ini erat hubungannya dengan kemampuan seseorang yang tidak pernah merasa lelah. 

Dengan seperti ini maka setiap orang yang beraktivitas fisik apapun akan selalu lancar. Untuk memudahkan memahami hal itu maka artikel ini akan membahas segala sesuatu yang berkaitan dengan kebugaran jasmani. 

Pengertian Kebugaran Jasmani

Pengertian Kebugaran Jasmani

Pengertian kebugaran jasmani adalah kemampuan tubuh dari seseorang dalam melakukan berbagai aktivitas sehari-sehari. Kegiatan tersebut dilakukan dengan tanpa merasa lelah yang berlebihan. 

Untuk tidak merasa lelah maka tentu perlu cukup energi agar dalam menjalankan aktivitasnya menjadi lancar. Dengan demikian kebugaran jasmani ini merupakan indikator dari kemampuan seseorang dalam beraktivitas. 

Maka dari itu agar kebugaran ini terus dijaga tentu harus selalu rutin berolahraga setiap saat. Dengan seperti ini maka daya tahan tubuh akan lebih baik dan aktif bergerak. Jika sudah demikian maka energi yang ada di dalam tubuh bisa cukup untuk melakukan berbagai aktivitas. 

Manfaat Kebugaran Jasmani

Dengan aktif melakukan kebugaran jasmani maka kamu akan mendapatkan beberapa manfaat berikut:

1. Kesehatan Tulang Terjaga

Semakin bertambah usia seseorang maka kepadatan tulangnya akan terus berkurang. Namun itu semua bisa dihindari dengan tetap menjaga kebugaran jasmani. 

Dengan menjaga kebugaran tersebut maka ulang yang akan keropos bisa lebih terjaga. Untuk bisa menjaga kesehatan tulang maka salah satu caranya dengan berolahraga. 

Olahraga yang perlu dilakukan ini tidak dibatasi namun disarankan sesuai usianya dan senang menjalaninya. Bentuk latihan kebugaran jasmani ini seperti bersepeda di pagi hari, jogging, atau beberapa olahraga ringan lainnya. 

2. Meminimalisir Penyakit Jantung Koroner

Dengan aktif melakukan kebugaran jasmani bisa melatih kekuatan otot pada jantung. Jika otot sudah kuat maka akan mampu mengalirkan darah ke seluruh secara sempurna dan organ tubuh ini tetap stabil setiap saat. 

Selain itu, aktivitas fisik yang terus dijaga juga mampu menurunkan kadar kolesterol yang ada pada tubuh. Semakin turun kadar kolesterol maka semakin kecil seseorang terkena penyakit jantung koroner. 

3. Kadar Gula Terkontrol

Selain menurunkan kolesterol, kebugaran tubuh yang terus terjaga bisa membantu mengontrol gula darah. Jika sudah demikian maka kemungkinan terkena penyakit diabetes peluangnya sangat kecil.

Aktivitas ini mampu mengontrol gula darah karena ketika tubuh sudah mulai bergerak maka sel tubuh akan mengambil kadar gula. Proses pengambilan ini dilakukan sebagai bagian dari sumber energi. Sehingga semakin aktif bergerak maka kadar gula darah di dalam tubuh akan semakin stabil. 

4. Menjaga Berat Badan

Ketika seseorang aktif berolahraga maka banyak  lemak di dalam tubuh yang keluar menjadi energi. Sumber kalori yang ada di dalam tubuhnya ini akan dibakar ketika sedang berolharga. 

Dengan seperti ini maka tubuhnya akan menjadi ideal karena lemaknya terus berkurang selama aktif melakukan kebugaran tubuh. Tips ini tentu sangat cocok bagi kamu yang ingin menjaga berat badan dengan mudah tanpa minum suplemen. 

5. Terhindar dari Stress dan Depresi

Kebugaran jasmani ini efeknya tidak hanya secara fisik tetapi lebih ke psikis juga. Hal ini dibuktikan dengan semakin banyak olahraga bisa membuat seseorang terhindar dari penyakit stress atau depresi. 

Penyakit ini bisa diminimalisir karena selama berolahraga hormon serotonin dan endorfin akan terlepas. Semakin banyak hormon ini keluar bisa membuat emosi seseorang terkendali. Jika sudah demikian maka bisa mengurangi berbagai penyakit dan salah satunya depresi. 

Unsur Kebugaran Jasmani

Selain memiliki manfaat yang cukup banyak, kebugaran jasmani juga terdiri dari beberapa unsur diantaranya:

1. Koordinasi

Salah satu unsur yang ada di kebugaran ini diantaranya mampu mengkoordinasikan tubuh. Untuk bisa ,melakukan hal itu maka perlu kemampuan agar mampu menggerakkan beberapa bagian tubuh yang berbeda. 

Jika proses ini sudah terbentuk dengan maka maka bisa dengan mudah melakukan aktivitas lain. Itulah alasan kenapa koordinasi ini disebut komponen kebugaran jasmani yang perlu dilakukan secara rutin setiap saat. 

Salah satu tips agar koordinasi ini tetap terjaga bisa dilakukan dengan beberapa langkah berikut:

  • Melambungkan kemudian menangkap bola secara berulang-ulang.
  • Memantulkan bola ke tembok dengan tangan kanan lalu menangkapnya dengan tangan kiri

2. Keseimbangan

Untuk unsur lainnya ada keseimbangan yang tujuan utamanya mengendalikan organ dan saraf otot. Untuk bisa mengendalikan itu semua diperlukan suatu gerakan khusus dan bisa dilakukan setiap saat.

Gerakan tersebut seperti senam dan loncat indah, berjalan diatas kayu balok dan berdiri dengan satu tangan. Kegiatan seperti ini mampu meningkatkan keseimbangan tubuh seseorang. Semakin terjaga keseimbangan maka otot dan saraf tidak mudah tegang dan akhir terhindar dari berbagai penyakit. 

3. Kelincahan

Kelincahan merupakan kemampuan tubuh seseorang untuk bergerak secara tepat dan cepat. Selain itu dalam melakukan gerak ini tanpa kehilangan keseimbangan posisi tubuh baik dari kiri ke kanan atau depan ke belakang. 

Bentuk kemampuan seperti ini sangat dibutuhkan oleh setiap orang khususnya bagi para atlet. Untuk bisa semakin lincah bisa dilakukan dengan bermain sepak bola dan bulu tangkis. Selain itu bisa juga dengan berlari secara zig-zag dan berjalan untuk naik turun tangga. Semakin aktif dalam kegiatan tersebut mampu tingkat kelincahan seseorang akan semakin meningkat. 

4. Daya Tahan

Komponen lain yang ada dalam kebugaran jasmani diantaranya menjaga daya tahan. Dengan daya tahan yang terus terjaga bisa membuat kamu mampu melakukan aktivitas tanpa merasa lelah. 

Untuk bisa melakukan aktivitas tersebut maka diperlukan kemampuan untuk bisa memasok oksigen dan energi ke dalam tubuh. Proses seperti ini tidak mudah dan perlu latihan secara rutin. Beberapa latihan yang bisa dilakukan seperti bersepeda, berenang dan jogging. 

5. Kecepatan

Kecepatan adalah suatu kemampuan agar bisa berpindah dari tempat satu ke yang lain secara cepat. Untuk melatih unsur tersebut memang diperlukan kerja keras dan ini erat kaitannya dengan kemampuan berlari. Untuk itu salah satu caranya bisa berlatih berlari mulai dari 50 m, 100 m dan 200 m. 

6. Kelenturan

Dalam melakukan aktivitas fisik, kelenturan memang dibutuhkan agar kamu bisa terhindar dari rasa nyeri. Dengan demikian semakin lentur tubuh seseorang maka potensi akan cedera semakin kecil. 

Untuk bisa membuat tubuh menjadi lentur bisa dilakukan dengan latihan yoga, tai-chi, pilates dan yang lainnya. Kamu tinggal pilih salah satu dari latihan tersebut agar tingkat kelenturan tubuh semakin meningkat. 

Jadi pengertian kebugaran jasmani adalah kemampuan seseorang untuk beraktivitas tanpa rasa lelah. Untuk terhindar dari rasa lelah bisa dilatih dengan beberapa cara seperti bersepeda, berenang, atau yang lainnya. 

Semua aktivitas tersebut mampu memberikan manfaat bagi tubuh agar terhindar dari penyakit. Beberapa manfaatnya seperti berat badan ideal, kadar gula terkontrol dan kesehatan tulang lebih terjaga.

Bagikan: