Lagu Untuk Belajar Bahasa Inggris yang Mudah dan Menyenangkan

Belajar bahasa Inggris dapat kamu lakukan dengan  banyak cara dan metode, salah satunya yaitu menggunakan lagu untuk belajar bahasa Inggris. Lagu pastinya dapat menjadi metode belajar yang asyik dan menyenangkan.

Selain menghibur lagu dengan bahasa Inggris ini juga dapat kamu gunakan untuk melatih listening, reading, speaking bahkan menulis dalam bahasa Inggris dan juga dapat menambah kosakata yang kamu hafalkan selama belajar bahasa Inggris. Apalagi jika lagu yang kamu gunakan memiliki irama yang pas dan cocok dengan telingamu, maka proses belajar dapat menjadi lebih menyenangkan.

Lagu Untuk Belajar Bahasa Inggris
pixabay.com

Rekomendasi Lagu Untuk Belajar Bahasa Inggris yang Mudah

Lagu untuk belajar bahasa Inggris yang bisa kamu gunakan juga tidak terbatas genre maupun temanya. Asalkan lagu tersebut berbahasa Inggris dan dapat kamu manfaatkan untuk belajar. Menggunakan lagu yang genrenya paling kamu sukai atau dari penyanyi yang kamu favoritkan juga menjadi tips yang bisa kamu gunakan.

Karena dengan begini maka kamu akan menjadi lebih semangat belajar bahasa Inggris daripada menggunakan lagu yang tidak cocok atau tidak kamu sukai. Kalau kamu menyukai menyukai genre rock kamu dapat menggunakan lagu-lagu berbahasa Inggris dari band rock favoritmu, begitu pula untuk genre lainnya seperti pop, jazz, dan lain sebagainya.

Tips Belajar Menggunakan Lagu

Nah, dalam menggunakan lagu untuk belajar bahasa Inggris kamu juga harus melakukan beberapa tips agar proses belajar menjadi maksimal, berikut ini adalah tips yang dapat kamu lakukan:

Gunakan Headphone

Dengan menggunakan headphone maka lirik lagu akan terdengar jelas di telinga, akibatnya akan memperkecil risiko salah mendengar lirik lagu yang penyanyi nyanyikan. Selain itu dengan headphone maka kamu akan menjadi lebih fokus dan tidak akan terganggu dengan suara-suara lainnya. Sesuaikan juga volumenya agar tak terlalu tinggi supaya tidak menyakiti telinga.

Ikut Nyanyikan Lagu

Selain meningkatkan kemampuan listening, belajar bahasa Inggris juga dapat meningkatkan kemampuan speaking kamu. Caranya yaitu dengan ikut bernyanyi sambil membaca liriknya. Kamu bisa bernyanyi bersamaan dengan penyanyi atau dengan karaoke. Selama menyanyi kamu juga dapat memperhatikan gerakan bibir penyanyi dan mengikutinya untuk meningkatkan pelafalan kata.

Ulangi Lirik yang Sulit Dibaca

Dalam sebuah lagu pastinya ada bagian lirik yang sulit untuk dibaca, karena itu ulanglah bagian lirik tersebut sampai sekiranya kamu bisa mengucapkannya dengan benar. Kamu juga dapat menulis lirik dari lagu yang kamu dengarkan, hal ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis dalam bahasa Inggris kamu.

Ucapkan Lirik Secara Normal

Setelah bernyanyi, kamu dapat mencoba mengucapkan liriknya secara normal, seperti berbicara biasa. Hal ini akan membantumu untuk berbicara bahasa Inggris dalam percakapan sehari-hari. Karena tidak mungkin kamu akan selalu berbicara bahasa Inggris dengan menyanyi.

Setelah mengetahui tipsnya sekarang tinggal menerapkannya dalam menggunakan lagu untuk belajar bahasa Inggris. Untuk kamu yang tidak tahu harus memakai lagu apa, berikut ini adalah beberapa lagu yang bisa kamu gunakan untuk belajar:

Say You Won’t Let Go- James Arthur

Lagu ini menceritakan sebuah kisah seseorang yang jatuh cinta pada pandangan pertama, yang kemudian ia ingin melanjutkan kisah tersebut, melewati kebersamaan bersama hingga tua bahkan sampai akhir hayat keduanya.

Lagu dari James Arthur ini mengandung beberapa kalimat irregular verb seperti met, made, held, dan knew. Untuk kamu yang masih kurang paham dalam kata kerja tak beraturan (irregular verb) maka kamu dapat menggunakan lagu ini.

Something Just Like This – The Chainsmokers & Coldplay

Something Just Like This merupakan lagu yang bermakna tentang seorang pria yang menemukan wanita yang menginginkan dirinya apa adanya, tanpa harus menjadi manusia super apapun selain menjadi dirinya sendiri yang dapat diandalkan kapanpun.

Lagu untuk belajar bahasa Inggris yang kedua ini merupakan lagu yang metafora tetapi tetap menggunakan bahasa Inggris sehari-hari. Lagu ini juga mengandung kata yang berkaitan dengan dongeng seperti myth, legend, testament, dan eclipse. Kata-kata ini dapat menambah penguasaan kosakata kamu.

Shape of You – Ed Sheeran

Lagu ini menceritakan tentang seorang pria yang bertemu dengan wanita di suatu bar dan jatuh cinta kepadanya. Lagu untuk belajar bahasa Inggris Shape of You yang dinyanyikan oleh Ed Sheeran ini sangat asik di telinga.

Pelafalannya yang menggunakan aksen British cocok untuk dipelajari oleh kamu yang ingin belajar aksen British. Lirik dalam lagu ini pastinya juga akan menambah kosakatamu.

Memories – Maroon 5

Memories adalah lagu yang menceritakan seseorang yang sudah tidak bersama dengan orang yang dicintainya begitu lama sehingga ia hanya mengandalkan kenangan mereka bersama. Lagu ini juga merupakan salah satu lagu untuk belajar bahasa Inggris yang cocok untuk belajar pemula gunakan. Liriknya yang menggunakan kata percakapan sehari-hari serta temponya yang tidak terlalu cepat cocok untuk pemula. Selain itu musiknya pun bagus dan enak didengar.

Photograph – Ed Sheeran

Masih dari Ed Sheeran, lagu Photograph ini pun cocok untuk belajar. Meskipun liriknya sedih, namun bentuknya naratif seperti cerita, lagu ini cocok untuk kamu yang ingin belajar story telling. Photograph menceritakan tentang sebuah hubungan jarak jauh dan menceritakan kerinduan seorang kekasih akibat hubungan jarak jauh tersebut.

Fly Me To The Moon – Frank Sinatra

Lagu Fly Me To The Moon yang dibawakan oleh Frank Sinatra ini menceritakan tentang cintanya yang besar kepada kekasihnya seperti langit yang luas. Selain itu, lagu klasik ini juga berisi pengakuan dirinya bahwa ia sangat mencintai kekasihnya.

Lagu yang digunakan untuk belajar bahasa Inggris satu ini memiliki lirik yang simple ini juga cocok untuk kamu gunakan belajar. Kamu juga dapat mendengarkan versi cover manapun yang kamu suka.

Too Good At Goodbye – Sam Smith

Lagu untuk belajar bahasa Inggris selanjutnya yaitu lagu dari Sam Smith. Lagu ini memiliki lirik dengan kata-kata yang mudah diucapkan sehingga cocok untuk belajar. Makna lagu ini adalah tentang perasaan takut seseorang akan kegagalan dalam menjalin sebuah hubungan percintaan.

Young, Dumb, & Broke – Khalid

Lagu ini berkisah tentang anak muda yang masih bersekolah, dengan cerita persahabatan dan kisah percintaan anak muda yang terkadang memiliki emosi tak stabil. Untuk kamu yang sudah terbiasa dengan lagu-lagu dengan tempo biasa atau lambat, kamu bisa mencoba lagu untuk belajar bahasa Inggris yang agak rap milik Khalid ini. Kamu bisa mengikuti liriknya pelan-pelan.

Without You – Avicii

Without You merupakan lagu yang menceritakan tentang seseorang yang ditinggalkan kekasihnya dan dia berusaha untuk bangkit kembali walau tanpa kekasihnya. Dalam lagu ini terdapat ungkapan lirik yang tidak mudah untuk orang-orang pahami, seperti carry my cross yang mirip dengan ungkapan to have a cross to bear. Dengan menggunakan lagu ini kamu mungkin juga dapat mempelajari kalimat lain untuk mengungkapkan suatu kalimat.

Believer – Imagine Dragons

Lagu untuk belajar bahasa Inggris selanjutnya adalah Believer. Dalam lirik lagu Believer terdapat beberapa kata yang sulit jarang ditemukan, sehingga dengan belajar menggunakan lagu ini maka kamu akan mendapatkan beberapa kosakata baru. Kata tersebut seperti vein, ache, dan choking, kamu bisa mengulang lirik bagian tersebut.

Lagu ini sendiri menceritakan tentang perjuangan pribadi kehidupan nyata dari sang vokalis pada hal-hal tertentu dari kehidupannya yang membuatnya begitu banyak mengalami kesulitan dan kesakitan.

D.O.A – Rich Brian

D.O.A merupakan kepanjangan dari Death On Arrival. Lagu ini bercerita tentang bersaing dengan seseorang yang memiliki peluang untuk memulai dari nol lagi dari tempat semula.

Lagu D.O.A ini dapat kamu coba nyanyikan ketika kamu sudah bisa dengan lagu yang biasa. Dalam lagu ini terdapat banyak rap dan diucapkan dengan cepat, pas untuk melatih speaking dan listening kamu. Kamu juga dapat mendengarkan lagu-lagunya yang lain seperti Kids, Edamame, Love in My  Pocket dan lainnya.

Stand Out Fit In – One Ok Rock

Lagu untuk belajar bahasa Inggris selanjutnya yaitu dari salah satu band terkenal di Jepang, One Ok Rock. Lirik lagu ini sangat simple dan mudah untuk diingat maupun dilafalkan. Untuk kamu yang menyukai band Jepang, kamu dapat menggunakan lagu ini.

Stand Out Fit In adalah lagu yang bermakna untuk menjadi diri sendiri, biarpun orang-orang menyuruh untuk menjadi ini dan itu, tetaplah menjadi diri sendiri apapun yang terjadi.

Sunday Best – Surfaces

Sunday Best menceritakan agar seseorang dapat menikmati setiap harinya seperti hari minggu dan di bawa menyenangkan. Lagu populer ini juga cocok untuk belajar bahasa Inggris. Nada lagunya yang asik dan lirik yang menggunakan kata-kata percakapan sehari-hari sehingga mudah dihafalkan.

Speechless – Naomi Scott

Lagu Speechless yang dinyanyikan oleh Naomi Scott ini diartikan sebagai semangat pantang menyerah untuk tidak terus berdiam diri apapun yang terjadi demi memperjuangkan masa depan yang lebih baik. Salah satu soundtrack Aladin ini juga pas untuk kamu gunakan sebagai lagu untuk belajar bahasa Inggris.

100 Ways – Jackson Wang

Lagu yang dinyanyikan Jackson Wang, salah satu anggota boyband asal Korea Selatan Got7 ini bercerita tentang seseorang yang mencintai orang lain dan berharap dia juga merasakan hal yang sama. Lagu ini juga cocok untuk melatih kemampuan listening dan speaking kamu. Coba dengarkan dan ikutlah bernyanyi sambil membaca liriknya.

Don’t Give Up On Me – Andy Grammer

Makna dari lagu ini yaitu tentang sulitnya menjalin hubungan saat kondisi mereka seperti itu. Mereka harus saling menjaga jarak dan hanya dapat saling melihat dari jauh,akan tetapi mereka tidak menyerah.

Lagu untuk belajar bahasa Inggris ini pernah menjadi soundtrack sebuah film romantis yaitu Five Feet Apart. Liriknya sederhana dan terdapat beberapa kosakata baru yang dapat kamu pelajari.

Fix You – Coldplay

Siapa yang tidak kenal dengan Coldplay? Band yang telah menciptakan banyak lagu yang bagus dan bermakna dalam ini pastinya sudah familiar di telinga bukan? Lagu-lagunya seperti Fix You dapat kamu gunakan untuk belajar bahasa Inggris. Fix You adalah lagu tentang seseorang yang sedang melalui masa-masa  yang sulit dan sedang bersedih karena kepergian seseorang yang sangat mereka sayangi.

You Are Not Alone – Michael Jackson

Lagu untuk belajar bahasa Inggris satu ini pada dasarnya diciptakan untuk istri Michael Jackson. Lagu ini bercerita tentang seseorang yang menyatakan pada kekasihnya bahwa dia tidak akan sendiri. Perpisahan yang sempat terjadi apapun penyebabnya dan sejauh apapun jaraknya mereka akan selalu dekat.

Lagu yang dinyanyikan oleh King of Pop ini juga pas untuk belajar bahasa Inggris. Liriknya yang sederhana namun memiliki makna yang sangat bagus. Meskipun lagu ini sudah lama namun pesonanya tak akan pernah pudar.

Easy On Me – Adele

Easy On Me menyiratkan makna tentang perjuangan cinta seseorang yang tengah diacuhkan oleh pasangannya dan berharap agar pasangan tersebut bisa memahami. Lagu ini rilis pada Oktober 2021 di kanal YouTube Adele sendiri. Lagu ini langsung mendapat sambutan gembira oleh para fans nya dan langsung menjadi populer setelah perilisannya.

My Heart Will Go On – Celine Dion

Makna dari lagu ini yaitu tentang seorang wanita yang mencintai seorang pria, dan akan tetap mencintainya hingga akhir hayat tanpa peduli apapun yang akan terjadi kedepannya.

My Heart Will Go On adalah lagu soundtrack film yang sangat populer yaitu Titanic. Lagu yang juga sangat populer ini pasti melekat kuat di kepala para pendengarnya.

Begin Again – Taylor Swift

Sebenarnya hampir semua lagu milik Taylor Swift dapat kamu jadikan sebagai lagu untuk belajar bahasa Inggris. Lirik lagunya banyak yang menggunakan bahasa sehari-hari dan memiliki alur cerita yang mudah untuk kamu pahami. Dengan mendengarkan dan membaca liriknya maka kamu akan langsung paham cerita dalam lagu ini.

I Know I’m Not The Only One – Sam Smith

Lagu ini menceritakan tentang perselingkuhan. Lirik dalam lagunya banyak mengandung grammar perfect tense seperti i’ve had dan you’ve done. Lagu  ini pun cocok kamu gunakan untuk belajar bahasa Inggris terutama untuk tema grammar perfect tense.

I’ll Be Right Here Waiting For You – Bryan Adams

Tempo lagu untuk belajar bahasa Inggris ini tidak terlalu cepat sehingga sangat cocok untuk digunakan belajar bahasa Inggris, apalagi untuk orang yang baru memulai belajar bahasa Inggris. Cobalah untuk mendengarkan lagu ini lalu tulis ulang liriknya.

When Will My Life Begin – Tangled

When Will My Life Begin adalah lagu dari Disney yang merupakan soundtrack dari salah satu filmnya yaitu Tangled. Lagu ini dinyanyikan oleh Mandy Moore, sang pengisi suara Rapunzel. Lagu ini bercerita tentang aktivitas sehari-hari Rapunzel sehingga kosakatanya menggunakan kata yang sederhana. Selain itu suara nyanyian nya juga sangat jelas.

Secret Love Song – Little Mix ft Jason Derulo

Lagu untuk belajar Bahasa Inggris ini memerlukan pemahaman yang ekstra. Hal ini karenakan dalam beberapa lirik memiliki arti yang ganda. Jadi kamu harus lebih cermat ketika mempelajari lagu ini. Seperti lirik “I wish that it could be like that” kata that setelah kata wish memiliki arti bahwa, sedangkan kata that setelah kata like berarti itu.

Itulah beberapa lagu untuk belajar bahasa Inggris yang dapat kamu gunakan. Selain lagu diatas kamu juga bebas mau belajar dengan lagu apa pun. Nah, selain belajar bahasa Inggris dengan lagu, kamu juga dapat belajar dengan menonton film yang berbahasa Inggris tanpa subtitle. Dengan terus berlatih, maka kemampuan bahasa Inggrismu akan terus meningkat dan semakin baik.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar