Pengertian Grafis dan Desain Grafis serta Tipe-Tipenya

Apa itu grafis? Apa itu desain grafis? Banyak orang pasti penasaran akan pengertian grafis dan desain grafis apalagi pada belakangan ini. Padahal sebetulnya desain grafis sudah ditemukan sejak lama. Namun baru-baru ini istilah desain grafis kembali menjadi perbincangan.

Seiring berkembangnya media digital yang makin pesat. Desain grafis seolah menjadi tren pekerjaan yang sangat diminati terlebih bagi kawula muda. Lantas apa sebetulnya yang dimaksud grafis dan desain grafis? Simak lebih lengkapnya di bawah ini:

Pengertian Grafis

Grafis ialah sebuah bentuk komunikasi visual yang diciptakan dengan memakai kombinasi koordinat titik dan garis. Yang digunakan sebagai media untuk menyampaikan sebuah informasi secara efektif. Pada umumnya kata grafis dikenal orang sebagai istilah untuk gambar.

Grafis maupun gambar bisa menjadi fungsional dan memiliki seni artistik secara bersamaan. Dengan memberikan informasi, menggambarkan suatu keadaan, atau kepentingan tertentu. Lewat sebuah rancangan, proses, serta hasil produksi yang biasa dikenal dengan istilah desain grafis.

Jenis Grafis

Grafis sebetulnya sudah dikenal semenjak zaman prasejarah melalui lukisan-lukisan yang dibuat di dinding gua. Grafis hingga sekarang terus mengalami perkembangan seiring perkembangan zaman. Dan pada era digital ini muncullah grafis digital berupa vektor dan bitmap, berikut penjelasannya:

1. Grafis Berbasis Vektor

Ialah gambar yang disusun dari banyaknya garis dan kurva untuk membentuk suatu pola gambar yang diinginkan. Adanya grafis vektor tak dipengaruhi resolusi maupun titik pixel atau dpi. Sehingga saat diperbesar gambar tidak akan pecah melainkan menjadi sebuah gambar yang solid.

Contoh dari desain grafis vektor diantaranya logo, kartu nama, kartu undangan, banner, dan lain sebagainya. Aplikasi yang biasa digunakan adalah Freehand, Corel Draw, dan Ink Scape.

2. Grafis Berbasis Bitmap

Jenis grafis yang kedua ini merupakan gambar yang berupa titik pixel dengan lokasi tertentu dan memiliki warna yang membentuk pola tertentu. Pola-pola ini akan menghasilkan sebuah kesan gambar. Dimana detail warna dan ketajaman gambar sangat bergantung pada banyaknya pixel warna.

Atau bisa juga bergantung resolusinya, semakin banyak titik pada gambar maka hasilnya akan semakin rapat. Namun kapasitas berkasnya juga akan semakin besar, contohnya pada gambar foto. program yang biasa digunakan adalah Paint, Photoshop, dan lain sebagainya.

Pengertian Desain Grafis

Seperti yang telah dijelaskan pengertian grafis dan desain grafis di atas. Desain grafis merupakan suatu aktivitas perencanaan dan proyeksi gagasan atau pengalaman dengan menuangkannya ke dalam konten visual dan kontekstual. Desain grafis ini juga dikenal dengan sebutan desain komunikasi.

Dimana bentuk komunikasinya dapat berbentuk fisik ataupun virtual. Dalam bentuk gambar, kata, hingga grafik yang telah diolah. Di dalam sebuah desain grafis, teks juga dapat dinyatakan sebagai gambar karena merupakan hasil dari proses abstraksi simbol-simbol yang dapat disembunyikan.

Berbicara mengenai desain grafis maka erat kaitannya dengan grafis desainer. Ialah orang yang mempunyai spesialisasi dalam menginterpretasikan sebuah pesan menjadi sebuah gambar atau sebagai komunikator visual. Jadi tugas grafis desainer adalah menciptakan sebuah konsep visual melalui manual ataupun perangkat lunak.

Grafis desainer atau graphic designer akan mengkomunikasikan sebuah gagasan menjadi sebuah inspirasi. Lalu pesan tersebut akan disajikan menjadi seni visual. Baik berupa gambar, tulisan, maupun grafik.

Tipe-tipe Grafis Desainer

Setelah mengetahui pengertian grafis dan desain grafis maka perlu diketahui bahwa ada berbagai tipe grafis desainer yang dapat ditemukan. Dengan tugas dan spesifikasi yang berbeda-beda pula, seperti berikut:

1. Drafter

Pertama ada drafter atau bisa disebut juga perancang yang memiliki fungsi sebagai pembuat suatu rancangan bangunan. Tugas seorang drafter umumnya berhubungan dengan sebuah industri maupun arsitektur. Jadi seorang drafter memang perlu memiliki ketelitian yang amat tinggi.

Tak hanya itu, seorang drafter juga harus selalu berhati-hati. Sebab bila ada kesalahan kecil dalam perhitungannya saja akan dapat berakibat sangat fatal. Beberapa perangkat lunak yang biasa digunakan oleh jenis grafis desainer ini adalah Autocad, Archicad, dan 3D Revit Architecture.

2. Editor

Tipe grafis desainer yang kedua yakni editor, banyak fungsi yang biasa dikerjakan oleh bagian ini. Misalnya dalam pembuatan banner, sampul atau cover, kartu nama, dan lain sebagainya. Maka dari itu tipe grafis desainer ini biasa digunakan dalam dunia publikasi. Namun pada umumnya di dunia periklanan juga sering dijumpai editor. Beberapa aplikasi yang biasa digunakan editor diantaranya yakni Corel Draw, Illustrator, dan Adobe Photoshop.

3. Layouter

Ialah tipe grafis desainer yang berfungsi pembuat tatanan letak pada koran atau majalah. Tujuannya agar pembaca lebih tertarik dan menyukainya, layouter juga biasa terdapat di dunia percetakan. Beberapa aplikasi yang biasa digunakan Ms. Publisher, Adobe Page Maker, dan Adobe InDesign.

4. Art Director

Fungsi utama dari art director yaitu membuat karya seni seperti visual effect atau hiasan. Maka dalam proses pembuatan karyanya seorang art director perlu memiliki kreativitas yang tinggi. Beberapa aplikasi yang biasa digunakan yakni Art Creator, Corel Draw, Photo Paint, dan Photoshop.

5. Fotografer

Tipe grafis desainer yang satu ini pasti sudah sangat familiar karena berfungsi tidak hanya menangkap tapi juga melakukan pengeditan foto. Oleh sebab itu, fotografer harus mempunyai keahlian yang tinggi dalam dunia fotografi. Seperti keahlian mengedit gambar sesuai tema yang ditentukan.

Sama dengan tipe grafis desainer lainnya, menjadi seorang fotografer juga harus berbekal kreativitas yang tinggi. Serta menguasai berbagai perangkat lunak yang mendukung. Seorang fotografer biasa ditemukan dalam dunia fotografi, jurnalistik, dan penyuntingan foto.

6. Animator

Merupakan sebuah tipe grafis desainer yang berfungsi untuk menunjang sebuah pekerjaan. Khususnya dalam motion grafis, film fantasi, serta sebuah iklan. Selain memahami pengertian grafis dan desain grafis, dalam prosesnya seorang animator perlu memiliki daya tahan yang tinggi.

Tak berhenti sampai disitu, animator juga membutuhkan kesabaran, kreativitas, serta pengetahuan yang tinggi pula. Animator umumnya dapat dijumpai di dunia advertising, perfilman, dan pertelevisian. Beberapa aplikasi yang dipakai seperti Gif Animator, 3D Maya, Adobe Flash, dan After Effect.

7. Visualisator

Berfungsi utamanya dalam desain grafis adalah untuk memberikan gambaran dalam sebuah karya produk. Dengan produk yang dibuat umumnya memiliki bentuk nyata atau 3 dimensi. Seorang visualisator harus memiliki kemampuan otak kanan yang tinggi.

Dalam penguasaan aplikasi desain grafis, visualisator sering dibutuhkan di dunia visualisasi produk dan presentasi produk tersebut. Dengan beberapa perangkat lunak yang digunakan yakni Autocad, 3D Max, serta Digital Clay.

8. Video Editor

Ialah tipe grafis desainer yang berfungsi untuk menyunting video atau film. Sekaligus merangkap menjadi seorang video shooter yang merekam sebuah adegan. Jadi video editor harus sudah memiliki konsep tersendiri.

Video editor kerap kali dibutuhkan dalam bidang industri musik dan industri perfilman. Atau bahkan industri lainnya yang menggunakan media video. Dengan beberapa aplikasi yang biasa dipakai yaitu Video Studio, After Effect, serta Sony Vegas.

9. Integrated Designer

Tipe yang terakhir ini adalah integrated design dengan fungsi untuk menyunting video dan film. Sekaligus sebagai penyumbang saran kepada video shooter agar menghasilkan sesuatu yang lebih baik. Perangkat lunak yang dipakai yakni Premiere Pro.

Baca Juga: Pengertian Siber: Keamanan, Serangan, dan Cara Menghindarinya

Demikianlah rangkuman informasi mengenai pengertian grafis dan desain grafis hingga tipe-tipe grafis desainer. Tiap bidang pekerjaan memiliki kebutuhan desain grafis dan grafis desainernya masing masing. Namun dapat dipastikan bahwa setiap grafis desainer pasti memiliki kreativitas yang sangat tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.