Pengertian Ensiklopedia: Ciri-Ciri, Manfaat, dan Jenis

Bagi pecinta buku atau pembaca aktif tentu sering menemukan atau membaca buku ini. Ensiklopedia atau Encyclopedia merupakan sebuah buku yang merangkum informasi dan sumber tepercaya dari segala pengetahuan. Atau bisa mengetahui penjelasan lebih lanjut tentang pengertian ensiklopedia dibawah ini!

Buku ini sering tersedia di perpustakaan baik perpustakaan sekolah sampai daerah. Sering kali ditemukan dengan berbagai seri dan pengetahuan. Ada pula ensiklopedia yang bukunya berwarna dan memiliki halaman yang tebal. Akan dijelaskan tentang serba serbi ensiklopedia dari pengertian sampai manfaatnya.

Pengertian Menurut Ahli

Sebelum mengetahui pendapat para ahli mengenai pengertian ensiklopedia akan lebih baik jika mengetahui tentang apa itu ensiklopedia. Berasal dari dua suku kata yunani yaitu enkyklios dan paideia, enkyklios memiliki arti menyeluruh, umum, lengkap. Sedangkan paideia artinya pemikiran anak-anak atau pendidikan.

Kata ensiklopedia juga sering disingkat menjadi kata ensiklopedia atau cyclopedia. Dalam pengertian umum ensiklopedia dapat diartikan karya yang disajikan dalam bentuk buku yang berisikan tentang ilmu, teknologi dan pengetahuan. Berikut adalah beberapa pengertian menurut para ahli:

  • Basyir (Prihartanta, 2015) memberikan pendapat bahwa ensiklopedia adalah tulisan tentang penjelasan informasi bersifat komprehensif dan mudah dipahami.
  • Schopflin (2014) menjelaskan kumpulan buku yang memiliki nomor berisikan ringkasan informasi dengan susunan abjad atau beberapa kelompok.
  • Wright (Schopflin, 2014) jika dibandingkan dengan kamus, ensiklopedia memiliki isi lebih panjang dan lebih banyak informasi di dalamnya.
  • Denis Diderot menjelaskan tujuan ensiklopedia untuk mengumpulkan segala pengetahuan yang berada di seluruh dunia dan menyajikannya kepada banyak orang.
  • Suwarno (2015) mengungkapkan pendapatnya yaitu daftar berbagai subjek beserta keterangan yang berisi latar belakang, definisi dan bibliografis dengan susunan sistematis.

Jadi kesimpulannya adalah ensiklopedia merupakan buku yang memberikan informasi mendasar yang lengkap tentang ilmu pengetahuan dan berbagai bidang lainnya. Buku ini disusun sesuai klasifikasi dalam beberapa kelompok atau berdasarkan abjad.

Susunannya pun sama dengan buku lainnya ada daftar isi dan indeks pada bagian akhir. Isinya pun ada yang disertai oleh ilustrasi untuk mempercantik dan memberikan informasi tambahan. Serta berbeda dengan kamus yang memberikan informasi singkat dan hanya sebatas definisi kata.

Ciri-Ciri Ensiklopedia

Ensiklopedia berbeda dengan buku pada umumnya tentu saja memiliki ciri-ciri khusus yang bisa kita ketahui. Recha (2015) menuturkan ada 7 ciri yang membedakan ensiklopedia dengan buku lainnya, berikut adalah ciri-cirinya:

  • Adanya artikel atau topik dan sub topik di dalamnya.
  • Adanya pengertian topik atau artikel yang diikuti penjelasan umum.
  • Terdapat rujuk silang seperti cross reference, see also, running index, furthermore dan lain-lain.
  • Tersajikan dan memiliki susunan secara alfabetis dan sistematis.
  • Ada indeks di akhir buku.
  • Terdapat tambahan faktaneka yang artinya adalah aneka fakta ilmu pengetahuan.
  • Ada pula petunjuk penggunaan dengan isi penjelasan umum isi bahasan dan bagian penting buku.

Secara umum ciri khususnya adalah memuat berbagai informasi tambahan seperti data, gambar, denah atau peta. Serta memberikan gambaran detail mengenai informasi terkait dan susunan sesuai kata dan abjad.

Jenis Enslikopedia

Abdul Rahman dan Jani menjelaskan bahwa jenis ensiklopedia terbagi menjadi empat jenis. Empat jenis tersebut adalah ensiklopedi nasional atau umum, subjek atau khusus, universal atau internasional dan online. Untuk penjelasan secara lengkapnya akan pada penjelasan di bawah ini:

1. Ensiklopedi Nasional Atau Umum

Berisi informasi mendasar tentang abstraksi, hal, kejadian umum dan tidak memiliki batasan khusus atas cakupan isinya. Jenis ini biasanya diterbitkan untuk memberikan informasi mengenai negara tertentu dan hanya terpakai di satu negara.

Pemberian judulnya pun menyebutkan nama negara secara spesifik atau beserta dengan tambahan kata nasional. Contohnya adalah Buku Ensiklopedia Indonesia yang rilis pada tahun 1986 dan telah terbit oleh Ichtiar Baru-Van Hoeve.

Ada juga Buku Ensiklopedia Nasional Indonesia yang Cipta Adi Pustaka publikasikan pada tahun 1989. Semua contoh di atas penerbitnya berlokasi di Kota Jakarta.

2. Ensiklopedia Subjek Atau Khusus

Berbeda dengan ensiklopedia umum yang tidak membatasi cakupan isinya, ensiklopedia jenis ini membatasinya. Batas cakupan isinya adalah mengenai masalah atau tentang subjek tertentu. Beberapa contohnya adalah Ensiklopedi Tari Indonesia. Jakarta: Depdikbud, 1984.

Ada juga Ensiklopedi Sastrawan Indonesia yang Indarti Yuni Astuti  buat. Serta Encyclopedia Of Hinduism yang terbit di India pada tahun 2012.

3. Ensiklopedia Internasional

Untuk jenis ini memberikan segala informasi yang berasal dari berbagai dunia tanpa adanya penekanan informasi dari negara tertentu. Ensiklopedia Internasional jarang kita temui karena belum ada yang memberikan informasi tanpa penekan negara pembuat buku.

International Encyclopedia Of Education yang Torsten Husén dan T. Neville Postlethwaite susun. Ada pula Encyclopaedia Americana International Edition yang terbit di American Corporation. Kedua contoh di atas terpublikasi di New York.

4. Ensiklopedia Online

Terakhir merupakan ensiklopedia yang menjadi bahan referensi dan menyediakan informasi bertemakan ilmu pengetahuan. Yang mana ilmu ini memberikan ilmu mulai dari ilmu dasar sampai dan keterangan lanjutan yang tersusun secara sistematis. Bentuk ensiklopedia ini bisa berupa buku atau cetakan.

Maksud online di sini berarti terkoneksi, terkontrol, aktif dan siap beroperasi dengan sebuah device menggunakan jaringan. Biasanya free dan mudah kita pahami isinya, contoh ensiklopedia online yang sering digunakan khalayak ramai adalah Wikipedia.

Manfaat Ensiklopedia

Selain pengertian ensiklopedia yang sudah kita jelaskan sebelumnya. Pembuatan sebuah buku pasti memberikan suatu manfaat dan kegunaan bagi pembacanya. Sama halnya dengan ensiklopedia, menurut Suwarno (2011) ada tiga tujuan atau manfaat utama yang buku ini berikan.

1. Source Of Answer To Fact Question

Yang artinya ensiklopedia memiliki peranan penting untuk memberikan jawaban atas segala pertanyaan pembaca yang berlandaskan data-data, fakta dan juga kenyataan. Karena berisi pengetahuan dan kejadian yang sudah terjadi dan memang benar adanya bukan hanya karangan semata.

Oleh karena itu pembaca mendapat informasi akurat dan dapat kredibel. Apalagi menggunakan materi yang bersumber dari pengetahuan dan kejadian nyata.

2. Source Of Background Service

Bisa kita sebut demikian karena buku ini menyajikan berbagai pokok bahasan yang tersaji secara printed atau cetakan. Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya bahwa ensiklopedia berisi pengetahuan atas subjek dan berguna untuk pencarian lebih mendalam terhadap suatu subjek.

3. Direction Service

Ensiklopedia mengarahkan pembaca mengetahui tentang bahan lebih lanjut terhadap subjek tertentu. Juga ada referensi bahasan materi yang tertuang di bagian akhir pembahasan. Referensi ini juga terdiri dari berbagai sumber.

Bukan hanya dari sumber yang bisa kita gunakan untuk materi tetapi ada juga sumber lain yang berhubungan dengan materi. Jadi cakupan referensinya pun luas dan beragam.

Kekurangan Ensiklopedia

Segala yang orang buat atau kembangkan pasti mempunyai kekurangan dan juga kelebihan. Kekurangan yang terdapat di buku ini juga pernah dijabarkan oleh Schopflin (2014).

Menurutnya kekurangan yang ensiklopedia miliki adalah masih memiliki pandangan yang kurang baik di masyarakat. Pandangan ini seperti buku yang berat dan tebal, desainnya yang kurang modern serta harus mencari buku menggunakan judul.

Kekurangan selanjutnya adalah referensi dari buku ini hanya untuk memberikan jawaban dan pengetahuan yang benar. Seiring berjalannya waktu buku ini telah tergantikan oleh ensiklopedia online yang lebih mudah dan modern.

Mulai dari pengertian ensiklopedia sampai dengan manfaat dan kekurangan sudah ada pada penjelasan di atas. Penggunaan buku ini memang lambat laun mengalami penurunan. Padahal informasi dan pengetahuan yang tersedia terus mengalami pembaharuan melalui cetakan baru.

Dewasa ini pembaca hanya membaca buku ini jika ingin mendapatkan informasi yang akurat mengenai suatu subjek. Tentu sangat kita sayangkan karena ensiklopedia belum memiliki cakupan pembaca yang lebih luas.

Baca Juga: Pengertian Kuliner Dalam Berbagai Bidang dan Tujuannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *