Kerjasama di Sekolah: Pengertian, Manfaat, Contoh dan Bentuk

Kerjasama di Sekolah: Pengertian, Manfaat, Contoh dan Bentuk

Pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial dengan berbagai keterbatasannya dan tidak bisa memenuhi  kebutuhan sendiri.  Oleh karena itu diperlukan adanya kerjasama di lingkungan. Salah satu contohnya adalah contoh kerjasama di sekolah. Ini dapat saling membantu dalam berbagai kegiatan sekolah.

Mengenal Pengertian Kerjasama

Menurut Basrowi di dalam bukunya yang berjudul Pengantar Sosiologi, menyimpulkan bahwa kerjasama adalah sebuah  kegiatan sosial yang  meliputi berbagai macam aktivitas tertentu. Hal tersebut memiliki tujuan  untuk bisa mencapai  tujuan  dengan cara  saling membantu  terhadap aktivitas sehari-hari.

Kerjasama juga menjadi salah satu aktivitas untuk  menumbuhkan rasa saling membantu dan peduli. Selain itu, ini juga dapat menguatkan rasa persatuan di dalam kehidupan sehari-hari. Maka  sangat perlu sekali untuk melakukan kerjasama baik di lingkungan sekitar.

Pengertian Bekerjasama  di Lingkungan  Sekolah

Sebelum mengenal contoh kerjasama di sekolah alangkah lebih baiknya jika mengenal pengertian bekerjasama terlebih dahulu. Pada dasarnya, ada berbagai macam kerjasama yang dapat dilakukan salah satunya bekerjasama di sekolah. Sekolah adalah tempat di mana banyak orang mencari belajar mencari ilmu. Dalam hal ini tentu saja diperlukan kerjasama yang apik antara semua warga sekolah.

Hal bertujuan agar bisa menciptakan kondisi sekolah yang nyaman dan lebih kondusif. Selain itu, akan membantu memberikan pelajaran kepada para warga sekolah untuk saling membantu dan peduli terhadap lingkungan dan sesama. Ini juga bisa mempererat rasa persatuan dan kesatuan untuk memajukan sekolah.

5 Manfaat Kerjasama di Sekolah yang Akan Dirasakan Murid

Pada dasarnya, kerjasama mempunyai  banyak manfaat. Salah satunya adalah kerjasama di sekolah. Kegiatan ini mampu memberikan contoh dan dampak positif bagi seluruh warga sekolah. Berikut ini adalah penjelasannya secara lengkap mengenai manfaat tersebut yaitu:

1. Pekerjaan Berat Menjadi Ringan

Pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah “ berat sama dipikul, ringan sama dijinjing”Ini merupakan sebuah perumpamaan  menyatakan bahwa segala pekerjaan yang berat apabila dikerjakan bersama-sama dan saling membantu akan terasa lebih ringan. Sama  dengan  kegiatan yang dilakukan di sekolah.

Pada dasarnya, di lingkungan sekolah pastinya memiliki berbagai macam aktivitas yang menjadi kewajiban bagi seluruh warga sekolah. Maka dari itu sangat diperlukan kerjasama diantara semua pihak yang berada di sekolah. Ini akan membuat pekerjaan terasa ringan dan juga cepat selesai sesuai dengan target.

2. Memperkuat Rasa Persaudaraan dan Kerukunan

Dalam satu lingkungan sekolah pastinya diperlukan adanya rasa persaudaraan dan kerukunan antar sesama penghuninya. Berbagai cara bisa dilakukan  untuk menumbuhkan rasa tersebut. Salah  satunya adalah menjalin kerjasama antar warga sekolah dalam melakukan berbagai macam aktivitas.

Kegiatan ini sebisa mungkin harus melibatkan semua warga sekolah. Dengan begitu, rasa persaudaraan serta kerukunan akan terjalin lebih erat. Selain itu, juga membantu dalam menumbuhkan rasa saling peduli dan tenggang rasa antar satu sama lainnya. Ini juga menjadi salah satu pelajaran yang sangat berharga.

3. Membantu Menghilangkan Perbedaan dan Menciptakan Kebersamaan yang Erat

Di dalam lingkungan sekolah tentu saja terdapat beragam orang dari berbagai macam latar belakang. Tidaklah baik rasanya ketika adanya perbedaan tersebut apalagi sampai menimbulkan gap. Untuk bisa menghilangkan perbedaan dan menciptakan persamaan maka harus dilakukan kerjasama antara satu sama lain.

Dengan aktivitas kerjasama ini akan membantu untuk saling mengenal satu sama lain sehingga terciptanya kebersamaan di antara warga sekolah. Ini mungkin bisa membuat berbagai aktivitas yang sekiranya dapat membantu menciptakan hubungan baik diantara semua penghuni sekolah. Hal tersebut sangatlah penting serta memberikan dampak yang baik bagi semua.

4. Membangun Semangat Bergotong Royong

Di dalam Pancasila sebagai dasar negara Indonesia mengharuskan semua rakyatnya untuk saling bergotong-royong dalam  berbagai aktivitas sehari-hari. Salah satu perwujudan sikap tersebut adalah dengan berbagai macam aktivitas yang melibatkan banyak orang sehingga terciptanya saling tolong-menolong antar sesama.

Bekerja sama di lingkungan sekolah maupun lainnya dapat membantu dalam membangun semangat gotong royong pada diri sendiri. Ini juga akan membantu dalam memperkuat rasa persatuan dan saling membantu satu sama lain. Dengan melakukan gotong royong maka pekerjaan seberat apapun akan terasa lebih ringan dan mudah untuk dilakukan. Ada banyak sekali contoh gotong royong di sekolah.

5. Memperkuat Persatuan dan Kesatuan

Persatuan dan kesatuan menjadi  sikap yang harus dimiliki oleh semua warga Indonesia. Ini menjadi salah satu kekuatan untuk bisa menjadi negara yang terus berkembang dan lebih maju. Ini menjadi salah satu alasan mengapa perlunya untuk saling menjaga sikap tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk mewujudkan rasa persatuan dan kesatuan di antara sesama maka diperlukan aktivitas yang sekiranya mampu merangkul semua warga sekolah. Kegiatan ini bertujuan  agar saling menunjukkan solidaritasnya atau rasa peduli terhadap sesama. Selain itu, hal tersebut mampu membuat kehidupan menjadi lebih nyaman, tentram serta damai.

5 Contoh dan Bentuk Kerjasama di Lingkungan Sekolah

Pada dasarnya, ada banyak contoh kerjasama di sekolah.  Ini bisa membuat berbagai macam kegiatan yang membuat semua warga sekolah aktif dalam mengikutinya. Berikut ini ada beberapa contoh dari kerjasama di lingkungan sekolah yaitu:

1. Membersihkan Ruangan Kelas

Ruang kelas yang bersih maka akan menciptakan sebuah suasana nyaman untuk belajar. Oleh karena itu perlu sekali untuk membersihkan ruangan tersebut setiap hari karena pastinya akan digunakan untuk kegiatan belajar mengajar. Aktivitas ini tentu saja tidak bisa kita lakukan sendirian namun memerlukan kerjasama antara penghuni kelas.

Setiap siswa biasanya mendapat tanggung jawab untuk membersihkan kelas masing-masing. Contoh kerjasama di sekolah ini dilakukan dengan membentuk grup piket yang terdiri dari 3 – 5 orang. Dalam kelompok tersebut harus mampu membagi tugas masing-masing untuk membersihkan ruangan kelas misalnya saja ada yang bagian menyapu, merapikan tempat duduk, mengepel dan sebagainya.

2. Pemberian Tugas Kelompok

Pada dasarnya, aktivitas pembelajaran di sekolah terdiri dari dua jenis yaitu tugas kelompok dan individu. Untuk bisa menciptakan kerjasama yang baik di antara siswa satu dengan yang lainnya maka perlu membentuk sebuah tugas kelompok. Ini juga mengajarkan pada siswa untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab dan empati antar sesama.

Contoh kerjasama di sekolah, bisa guru meminta siswanya untuk membuat sebuah project tertentu di mana setiap kelompok harus melaporkan hasil dari aktivitas tersebut. Secara otomatis para siswa akan saling berdiskusi menyampaikan pendapat satu sama lain. Dengan begitu juga secara otomatis akan meningkatkan rasa percaya diri dan menumbuhkan keberanian.

3. Bergotong Royong Membersihkan Lingkungan Sekolah

Tidak hanya ruang kelas saja namun lingkungan sekolah juga menjadi  tempat yang harus selalu kita jaga kebersihannya. Maka dari itu biasanya sekolah mengagendakan acara kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah agar tetap nyaman saat kita gunakan belajar.

Aktivitas tersebut secara langsung mengajarkan semua warga sekolah untuk saling bekerjasama untuk menjaga lingkungan agar tetap terjaga kebersihannya. Tidak hanya itu saja, kegiatan batu Ini juga dapat melatih rasa kepedulian antar sesama dan kepada lingkungan sekitar. Ini merupakan cerminan sikap yang sangat bagus.

4. Menjaga Nama Baik di Manapun Berada

Menjaga nama baik  menjadi salah satu kewajiban bagi seluruh warga sekolah. Ini berguna untuk membuat citra baik dari lembaga pendidikan tersebut di mata masyarakat. Hal tersebut tentunya tidak bisa terlepas tanpa adanya kerjasama di antara warga sekolah.

Cara untuk menjaganya adalah dengan selalu melakukan hal positif dan tidak mengikuti berbagai macam kegiatan negatif yang berhubungan dengan sekolah. Akan lebih baik lagi jika bisa menjadi salah satu orang yang berprestasi sehingga bisa mengharumkan nama sekolah.

5. Mengerjakan Tugas Tepat Waktu

Selalu mengerjakan tugas secara tepat waktu menjadi salah satu bentuk kerjasama yang baik antara guru dan murid. Apabila siswa berhasil melakukannya maka akan membuat pelajaran berjalan dengan baik dan tepat sesuai rencana. Dengan begitu, segala macam materi akan tersampaikan dengan baik.

Selain itu, aktivitas ini juga dapat membantu menumbuhkan rasa tanggung jawab pada diri siswa. Sikap ini sangat perlu untuk kita terapkan sejak dini karena akan membawa pengaruh yang besar di masa depan kelak. Maka dari itu sebagai pendidik harus membiasakan siswanya untuk disiplin dalam tugas.

Contoh kerjasama di sekolah dan manfaatnya merupakan hal  yang perlu untuk kita lakukan di kehidupan sehari-hari. Setiap sekolah harus menerapkan hal ini karena bisa membuat sistem pembelajaran menjadi lebih nyaman dan tentu saja akan  tertata dengan rapi dan teratur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *