Pengertian Souvenir, Contoh Souvenir dan Tips Membeli Souvenir

Zaman sekarang, di setiap ada kegiatan yang mengundang orang lain pastilah akan kita berikan souvenir ketika kedatangan. Hal tersebut bertujuan untuk kenang-kenangan dan juga buah oleh-oleh. Namun tak jarang orang tidak tahu akan pengertian souvenir itu sendiri meskipun seringkali memberikan atau menerima.

Padahal jika kita lihat, saat ini hampir semua orang telah membagikan dan menerima souvenir dari orang lain ketika mendatangi acara-acara tertentu atau sekedar berkunjung ke tempat wisata untuk oleh-oleh. Maka dari itu, mari simak penjelasan lebih lengkapnya agar semua orang mengetahui arti dari souvenir itu sendiri.

Inilah Arti Dari Souvenir

Souvenir sendiri memiliki beberapa pengertian dari berbagai segi. Hal ini masih belum banyak orang ketahui karena kebanyakan orang hanya mengartikan sebagai buah tangan saja. Oleh karena itu mari disimak beberapa pengertian berikut dari berbagai segi yang menjelaskan tentang souvenir dibawah ini:

  • Souvenir merupakan istilah yang berasal dari perancis yang artinya sesuatu untuk mengenang. Sedangkan Pengertian souvenir itu sendiri adalah suatu barang yang dianggap sebagai cinderamata atau buah tangan untuk kenang-kenangan dari suatu peristiwa atau kejadian yang telah dilalui.
  • Pada bahasa Inggris, arti souvenir adalah suatu barang yang digunakan untuk mengingat suatu tempat tertentu, peristiwa, event ataupun orang tertentu yang berkenan dalam hati.
  • Kalau dari kamus The Collins Cobuild Dictionary-2009, souvenir artinya barang yang ukurannya masuk kategori kecil dengan harga yang terjangkau untuk sebuah hadiah, baik itu diberikan atau disimpan sebagai kenang-kenangan terhadap suatu peristiwa, tempat yang dikunjungi dan lain sebagainya.
  • Pengertian berbeda lagi jika menurut kamus Webster English Dictionary-2004 yang menjelaskan bahwa souvenir itu merupakan barang yang dibawa oleh seseorang sebagai kenangan dari suatu perjalanan.
Baca Juga :
Profil dan Jurusan Universitas Ciputra Terfavorit

Itu  tadi beberapa pengertian dari souvenir, barang cinderamata tersebut awal mulanya itu berupa barang-barang yang masuk dalam jajaran kerajinan tangan dari pengrajin yang bernilai estetik, unik, menarik yang banyak diminati oleh banyak orang. 

Namun dengan berkembangnya zaman saat ini, sovenir tidak lagi hanya berupa kerajinan tangan, benda-benda lainnya yang dianggap menarik dan unik juga bisa digunakan untuk cinderamata.

Contoh Benda Souvenir

Seperti penjelasan di atas tadi yaitu souvenir sebagai cinderamata dari sebuah kejadian dan dijadikan sebagai kenang-kenangan tersebut memiliki beberapa jenis benda yang dapat dijadikan sebagai souvenir. Namun bila bisa, silahkan pilih souvenir yang dapat bermanfaat untuk orang yang akan menerima.

Untuk contoh atau jenis barang yang bisa digunakan sebagai souvenir dalam suatu acara ataupun oleh-oleh setelah berkunjung ke suatu tempat yang berkesan yaitu sebagai berikut:

1. Handuk

Handuk merupakan salah satu contoh barang yang bisa dijadikan sebagai souvenir. Selain harganya terjangkau juga bisa disisipkan nama dengan cara diobras sesuai permintaan.  Barang ini sekarang banyak digunakan untuk cinderamata dalam acara pernikahan atau hajatan lainnya.

2. Topi

Satu lagi yang bisa kita jadikan sebagai souvenir dalam event tertentu atau pun pulang dari liburan yaitu topi. Benda inti menjadi cinderamata karena bisa kita bubuhkan desain tambahan lainnya sesuai yang kita inginkan. Selain itu juga, barang ini juga dapat kita gunakan untuk pria ataupun wanita 

3. Baju

Selain 2 barang jadi, baju juga bisa kita jadikan sebagai souvenir. namun baju di sini lebih mengarah pada kaos. Sebab bisa kita desain sesuai keinginan dengan sablon ataupun bordir. Biasanya benda ini akan menjadi cinderamata untuk orang terkasih atau kerabat bila telah melakukan perjalanan jauh seperti liburan.

Baca Juga :
8 Daftar Aplikasi Bimbel Online Gratis Beragam Pilihan

4. Tumbler

Souvenir lain yang bisa kita berikan sebagai kenang-kenangan yaitu tumbler. benda ini bisa menjadi tempat minum bukan hanya untuk anak-anak saja, tetapi orang dewasapun banyak yang menggunakannya. Jadi barang yang satu ini sangat cocok kita jadikan sebagai souvenir dalam event-event tertentu.

Tumbler untuk souvenir biasanya bisa kita desain sendiri sesuai keinginan dan juga bisa memilih bahan. Untuk harga biasanya menyesuaikan dengan kualitas dan kuantitas bahan serta desain yang kita gunakan.

5. Cangkir

Salah satu barang yang sering kita temui sebagai souvenir di acara pernikahan yaitu cangkir. Selain harga yang relatif murah, juga ukuran yang relatif kecil sehingga mudah untuk kemasannya. Kerennya lagi, cangkir juga bisa kita manfaatkan sebagai tempat pensil dan sebagainya.

6. Asbak

Souvenir berupa asbak merupakan cinderamata saat ada acara tertentu seperti pernikahan. Biasanya asbak yang kita gunakan itu dengan bahan kaca, namun ada juga yang memilih bahan dari kayu sebab lebih mudah untuk di desain sesuai keinginan si pemesannya.

7. Sendok dan Garpu

Benda lain yang bisa kita gunakan untuk souvenir ialah sendok dan garpu. Alat makan ini biasanya untuk souvenir di acara pernikahan atau reuni. Dua barang ini harganya relatif murah sehingga banyak yang memanfaatkan benda tersebut untuk souvenir. 

Terlebih lagi membeli sendok dan garpu akan semakin menurun harganya bila membeli dengan jumlah yang banyak dan bisa request untuk ada desain nama atau hiasan lain sesuai selera.

8. Tasbih

Barang lain yang bisa menjadi cinderamata adalah tasbih. Benda ini biasanya seseorang yang habis naik haji atau umrah bagikan sebagai oleh-oleh. Untuk harga barang yang satu ini terhitung relatif tergantung dari kualitas benda itu sendiri.

Namun untuk model dan desain lainnya, benda ini tidak bisa custom, jadi hanya tersedia sesuai yang telah pihak industri tentukan. Namun kalau untuk kemasan bisa kita bentuk sesuka hati si pemberi karena ukuran benda yang kecil sehingga mudah untuk kita bentuk.

Baca Juga :
Cara Menghasilkan Uang di Aplikasi Tesla Solar

Tips Memilih Benda Sebagai Souvenir

Apabila ingin memberikan dan menyediakan souvenir dalam acara tertentu ataupun kejadian tertentu, haruslah memiliki pertimbangan dalam memilih benda yang akan kita bagikan kepada orang lain. Hal itu karena ada beberapa faktor yang harus kita lihat dan menjadi bahan pertimbangan.

Misalnya saja masalah budget, apabila telah memilih barang tanpa melihat budget maka seseorang akan merasa kebingungan untuk memenuhinya. Oleh karena itu kita memerlukan tips-tips untuk menentukan benda sebagai souvenir. Adapun tips tersebut adalah :

  • Hitung jumlah orang yang akan menerima souvenir.
  • Tentukan Budget yang tersedia untuk pembelian souvenir.
  • Pilih souvenir yang berguna, dan yang pasti sesuai dengan jumlah orang yang akan kita beri serta pas pada budget yang ada.
  • Desain sebagus mungkin barang dan beri kartu ucapan yang akan kita bagikan kepada orang lain sebagai souvenir.
  • Kemasan dengan tampilan unik barang yang akan kita bagikan.
  • Pilihan Souvenir silahkan sesuaikan dengan konsep dan juga event yang terselenggara.
  • Pesanlah barang yang akan menjadi souvenir di jauh-jauh hari sebelum acara.

Tips-tips tersebut harus kita perhatikan dalam pemilihan barang yang akan kita gunakan untuk souvenir. Sebab jika tidak kita perhatikan maka terkadang seseorang dapat salah memilih yang akan berakibat di kemudian hari seperti halnya tadi masalah budget atau juga masalah barang yang tidak sesuai dengan event yang terselenggara.

Nah itulah tadi beberapa penjelasan mengenai pengertian souvenir dan juga contoh-contoh barangnya. Serta juga tips untuk memilih barang itu sendiri sebagai souvenir yang bisa menjadi bahan pertimbangan. Usahakan souvenir yang kita pilih itu ukurannya mudah kita bawa dan juga bermanfaat untuk orang lainnya. 

Baca Juga: Pengertian dan Tujuan Evaluasi Pendidikan untuk Kemajuan Pendidikan

Menarik Untuk Anda

penulisan bab dan subbab

Cara Penulisan Bab dan Subbab dalam Sebuah Naskah

Bagikan di WA Telegram Facebook Kirim di FB Copy LinkRupanya, masih banyak sejumlah orang yang …