Mengenal Budaya Negara Singapura Secara Mendalam untuk Jadi Bekal!

Mengintip tentang budaya negara Singapura dan seluk beluknya, akan menjadi hal penting sebelum berkunjung apalagi menetap. Negara tetangga kita yang satu ini merupakan salah satu yang paling maju dan terkenal sebagai wilayah yang modern.

Oleh karena itu, jangan sampai ketika kita masuk dan menempatinya terjadi culture shock yang berlebihan. Perlu adanya persiapan matang baik mengenai pengetahuan maupun referensi hal yang tampak remeh temeh namun penting. Kita tahu dengan pasti di manapun bumi dipijak di sana pasti ada aturan yang tertulis maupun tidaknya.

Pentingnya mengetahui hal seperti ini akan menjadi bekal dan membentengi diri dari kondisi yang membahayakan. Cukup mudah ketika kita mengetahui beberapa hal penting untuk bisa bersosialisasi di manapun. Maka dari itu, akan lebih baik perkaya diri sebelum benar-benar terjun langsung ke wilayah tersebut untuk lebih serius.

Negara Singapura ini akan menjadi pembahasan menarik untuk kita yang hidup dalam berbagai budaya dan keberagaman di Indonesia. Jika sudah siap, maka Anda wajib mengikuti pembahasan dari kami mengenai negara tetangga kita yang satu ini secara lebih jauh untuk menjadi bekal.

Mengenal Budaya Negara Singapura Secara Mendalam untuk Jadi Bekal!
pexels.com

Mengenal Budaya Negara Singapura

Terkenal sebagai negara yang kecil namun maju dalam segala aspek. Singapura makin menjadi masyhur karena hal ini, tentu saja mereka sudah tahu selintas ketika mendengar namanya saja. Tidak hanya wisatawan berkunjung untuk berlibur saja, pendidikan dan lowongan pekerjaan di sana tidak kalah bergengsi.

Tidak heran jika banyak warga Tanah Air yang saling berlomba untuk bisa bertandang atau menetap di sana. Mencari penghidupan ke negara tetangga memang jauh lebih efisien dan menguntungkan. Maka dari itu, sebelum benar-benar ke sana Anda perlu mengetahui budayanya.

Sehingga tidak akan saling menyinggung orang asli sana dengan etika dan kebiasaan kita ketika diterapkan di sana. Oleh karena itu, kami akan membahasnya secara lengkap khusus untuk Anda. Pastikan jika Anda memahami dan mengetahuinya sebelum berkunjung apalagi menetap dalam waktu yang lama.

Keberagaman Etnis dan Budaya Singapura

Pertama kali ketika datang ke Singapura, Anda akan langsung merasakan bahwa negara yang satu ini mirip dengan Indonesia. Penduduk yang bermukim di sini merupakan peranakan dari Eurasia. Tentu saja terdapat penduduk asli yang merupakan keturunan dari nenek moyang yaitu Kampong Gelam.

Namun percampuran dalam budaya negara Singapura ini cukup kental. Kita akan melihat sendiri dari bangunan dan bagaimana mereka berdialog dengan dialek yang terasa berbeda dengan Tanah Air. Bahkan ketika menggunakan Bahasa Inggris mereka mencampurnya dengan bahasa setempat.

Selain itu, kita wajib saling menghargai di manapun sedang bertandang bukan? Secara etnis, yang beragam tentu agamanya juga. Negara ini memiliki berbagai jenis agama dan hidup berdampingan dengan baik. Anda akan merasakan toleransi sama baiknya seperti sedang berada di Indonesia. Sehingga akan ada banyak perayaan yang seru ketika hari khususnya.

Suasana semarak dan selalu ramai akan pertunjukan sesuai dengan acara tersebut. Festival yang ada membuktikan bahwa budaya negara Singapura sangat kental dan beragam. Namun di balik itu semua, penduduknya hidup berdampingan dengan baik tanpa saling menyakiti satu dengan lainnya. Tanpa ada yang saling menjatuhkan satu etnis dengan etnis lainnya, hal ini tentu menjadi hal penting untuk kita ketahui dan sama-sama saling menghargai ketika ke sana.

Kuliner yang Beragam

Budaya negara Singapura yang tidak kalah menarik adalah mengenai kulinernya. Secara otomatis hal ini terpengaruh karena banyaknya keberagaman yang ada di sebuah wilayah bukan? Tidak mengherankan jika akhirnya makanan yang mereka sediakan dan jual memiliki keberagaman untuk menghormati lidah orang yang bermukim di sana.

Bahkan banyak makanan khas yang terkenal dari negara ini dan tidak akan mungkin bisa ditiru dengan tepat. Hidangan yang mereka jual dan perkenalkan memiliki ciri khas dan sangat menggugah selera. Campuran antara beberapa budaya akan menghasilkan hal baru, akulturasi ini sangat indah.

Antara Melayu, Tionghoa, dan Eurasia bercampur. Tenang saja, makanan di Singapura juga masih ramah untuk umat Muslim karena mereka juga memiliki penduduk asli yang beragama ini. Penghargaan dan saling membuat nyaman orang yang berkunjung. Anda wajib mencari tahu mengenai budaya negara Singapura, khususnya kuliner sebelum berkunjung.

Karena ada banyak makanan dan minuman yang bisa jadi tidak akan ditemukan di negara lain. Termasuk ketika sudah berada di Tanah Air. Mungkin saja ada yang membuat tiruan namun untuk cita rasa asli akan lebih baik jika kita langsung mencobanya di negara ini.

Singapura akan memanjakan siapapun yang berkunjung, meski hanya sesaat atau bahkan dalam waktu lama seperti keperluan bisnis atau pendidikan sekalipun. Anda tidak akan merasakan kesepian dan tidak nyaman hanya karena kuliner tidak sesuai dengan lidah. Karena banyak menu makanan Tanah Air yang terjual bebas di sana, jadi tenang saja.

Seni dan Pertunjukan

Untuk Anda yang menyukai seni dan pertunjukan jangan sampai melupakan list panjang dari budaya negara Singapura. Khususnya jika Anda ke sini untuk belajar, tentu saja Singapura menjadi gudangnya seni. Banyak sekali festival dan perayaan seperti yang sempat kita singgung sebelumnya.

Pemerintah secara aktif memberikan uluran serius mengenai promosi dalam bidang seni. Mulai dari pertunjukan tari, peran dan bahkan seni lainnya. Seniman akan saling bertemu dan mengadakan berbagai festival disini. Bahkan mereka memiliki pusat seni yang masih dalam pembangunan.

Ada banyak sekali seni yang bercampur dan menjadi hal menarik untuk kita selami. Kita tahu bahwa negara ini berisikan penduduk asli Melayu, India, Tionghoa, dan beberapa percampuran lainnya. Membawa budaya dan akhirnya bercampur menjadi satu yang indah. Tentu tidak akan ditemukan keunikan dari budaya negara Singapura di tempat lain.

Oleh karena itu, Anda jangan sampai melewatkan pertunjukan ketika sudah berada di negara singa ini. Mengambil pendidikan di sini mengenai seni pertunjukan juga akan menjadi opsi yang menarik. Apakah Anda sudah mempertimbangkan hal yang satu ini untuk melangkah ke jenjang yang lebih serius akan pendidikan?

Pop Culture di Singapura

Terlepas dari budaya negara Singapura yang kuat akan etnis, ternyata mereka juga menerima budaya modern masuk. Budaya pop culture masuk dan berbaur menjadi satu di negara ini dengan baik. Masuk dalam festival yang kita bahas sebelumnya.

Seni menjadi salah satu hal yang tidak terpisah dari negara ini tentu saja. Maka dari itu, untuk Anda yang ingin mendalami mengenai hal ini bisa mampir dan berkunjung langsung. Tidak hanya traditional saja mulai dari konser, pameran, dan acara art exhibition dari Jepang atau bahkan lainnya masuk ke sini.

Anda bisa merasakan sendiri bagaimana mereka saling menjaga dan menerima apa yang sedang berkembang. Hal seperti ini juga menjadi pelajaran penting bagi kita. Bahwa menjaga budaya memang penting sekali untuk menjadi akar dari citra bangsa, namun menerima dan membuka terhadap budaya baru tentu akan membuat makin kaya. Budaya negara Singapura ini jelas menjadi kaya karena kemampuan mereka untuk bertahan dan menerima hal baru.

Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan di Singapura!

Nah, selanjutnya kami akan membahas beberapa hal yang lebih baik kita ketahui sebelum berkunjung. Sehingga tidak akan melakukan pelanggaran yang memberikan dampak buruk pada kita dan menyinggung warga setempat. Mempelajari budaya negara Singapura ini cukup penting untuk kita yang akan masuk ke wilayah orang lain dengan membawa identitas sebagai Warga Negara Indonesia.

1. Menjunjung Tinggi Privasi

Salah satu hal yang perlu kita ketahui bahwa Negara ini memiliki tingkat modern yang baik. Sebagai Negara maju mereka memiliki pandangan yang baik terhadap privasi seseorang. Bahkan sesama pekerja dan pengguna jasa memiliki hak yang jelas.

Mereka wajib saling menghargai dan bahkan untuk masuk ke ruangan memerlukan izin dengan mengetuk pintu. Komunikasi dengan jelas dan saling menghargai  di sini sangat perlu kita terapkan sebagai pendatang nantinya. Jangan sampai menyepelekan hal seperti ini ketika sedang berkunjung ke wilayah orang lain tersebut. Hal seperti ini wajib untuk Anda perhatikan tentu saja untuk menjaga keamanan.

2. Menjaga Kebersihan

Budaya negara Singapura yang satu ini sangat terkenal sampai mancanegara. Penduduk yang bermukim memiliki kesadaran tinggi akan kebersihan. Bahkan terdapat denda bagi orang yang sengaja atau tidak menaatinya.

Misalnya ketika menggunakan toilet wajib untuk membersihkan hajat mereka seperti semula. Ketika membuang sampah tidak boleh sembarangan, bukan hanya peraturan mereka memiliki sanksi jelas akan hal ini. Bahkan merokok, tidak bisa sembarangan karena akan mengganggu orang lain yang tidak melakukannya sehingga perlu memperhatikan space yang memang diperbolehkan untuk merokok.

Ingat bahwa denda melakukan beberapa hal tersebut bisa mencapai 500 Dollar sampai 100 Dollar. Tentu saja hal ini akan menjadi ancaman dan membuat orang lebih berhati-hati dan berusaha menaatinya. Anda perlu mengetahui hal ini untuk mencegah terjadinya denda tinggi ini.

3. Kenyamanan Dijunjung Tinggi

Budaya negara Singapura yang baik selanjutnya ini perlu kita contoh. Pertama adalah tidak membuat kegaduhan atau keributan apapun di atas pukul 10 PM atau malam hari. Hak ini menjadi milik semua orang yang ada di Singapura tentu saja.

Sehingga acara apapun yang di atas pukul 10 malam wajib bubar. Kecuali beberapa pengecualian di wisata atau tempat hiburan lainnya. Daerah pemukiman yang memiliki aturan ini. Bahkan sekedar memutar musik keras dan bernyanyi pada jam tersebut bisa berakibat fatal. Hukumannya bukan hanya denda namun masuk ke penjara, bukankah cukup menakutkan?

4. Larangan Permen Karet

Tahukan ada Budaya negara Singapura yang cukup unik dan wajib kita tahu. Terdapat larangan bahwa penduduk negara ini tidak memiliki hak untuk mengonsumsi permen karet. Bahkan membawa, mendistribusi, dan menjual bebas permen karet ini dilarang.

Pengecualian konsumsi permen ini hanya ketika untuk pengobatan gigi. Pembelian permen karet di Singapura memerlukan resep dari dokter secara resmi. Apabila Anda terlibat pelanggaran ini pemerintah akan memberikan denda tinggi mencapai 100 Dollar atau bernilai 1 juta rupiah. Bukankah hal ini tentu akan membuat orang lebih waspada dan ingat bahwa peraturan akan menjadi hal yang perlu ditegakkan dengan nyata.

5. Larangan di Ruang Publik

Budaya negara Singapura ketika berada di ruang publik juga sangat dijunjung tinggi. Beberapa hal berikut ini perlu Anda ketahui sebelum berkunjung, pertama adalah memberi makan merpati yang liar. Peraturan menyebutkan bahwa memberikan makan pada mereka akan mendapatkan larangan keras, atas hal ini bahkan akan mendapatkan sanksi dan denda sampai 5 juta rupiah.

Tentu saja mereka memiliki alasan atas hal ini, seperti kebersihan dan kenyamanan pengguna ruang publik lainnya. Selanjutnya ada larangan menerbangkan layang-layang, kecuali tempat khususnya. Beberapa area memang diperbolehkan khusus untuk bermain namun kecuali itu akan mendapatkan denda mencapai 5000 dollar. Anda jangan sampai sembarangan memainkan layangan ketika sedang berada di Singapura jika tidak ingin mendapatkan denda tersebut.

6. Mural atau Grafiti

Menilik fenomena mural yang ada di jalanan dan ruang publik yang ada di Indonesia tentu berbanding terbalik akan Singapura. Budaya negara Singapura dengan jelas melarang pembuatan mural atau grafiti pada tembok ruang publik. Demi kebersihan dan kenyamanan mereka memberikan larangan ini.

Sehingga ekspresi seni seperti ini akan diberikan pada area khusus. Pemerintah mengatur hal ini dengan pasti dan tidak sembarangan tempat bisa dicoret-coret begitu saja. Hukuman dari larangan ini bukan uang, namun adanya hukuman cambuk yang akan mengenai fisik orang yang melanggarnya. Bukankah cukup mengerikan atas perbuatan yang sering terjadi di Indonesia ini?

7. Menggunakan WiFi Orang

Budaya negara Singapura yang sangat baik selanjutnya adalah menyambungkan WiFi. Kita tidak bisa langsung menyambungkan dengan sembarangan pada orang yang tidak kita kenali. Tindakan seperti ini masuk dalam pelanggaran dan termasuk hacking yang berlaku.

Anda bisa terkena denda mencapai 10 juta rupiah ketika melakukan hal seperti ini. Maka lebih baik berhati-hati dan tidak sembarangan untuk menggunakan milik orang lain tanpa izin. Kita bisa menggunakan WiFi yang terdapat di mal besar atau tempat umum yang memang menyediakannya, karena tentu saja hal seperti ini masuk dalam kategori tidak sopan.

8. Telanjang di Area Publik

Budaya negara Singapura yang menjaga kenyamanan yang perlu Anda ketahui selanjutnya adalah larangan telanjang di area publik. Sebatas mengganti baju tanpa menutup pintu atau tirai masuk dalam hal ini. Meski terkesan biasa saja namun bisa membuat orang tidak nyaman.

Denda pelanggaran ini tinggi sekali bahkan mencapai 2000 Dollar. Nah, mungkin jika di Tanah Air kita biasa menyaksikan hal ini, namun tentu ketika berada di negara lain memiliki aturan tertulis yang berbeda. Kita wajib menghormati dan tidak melanggarnya dengan sadar dan membuat mereka tidak nyaman atas tindakan tersebut.

9. Sopan Santun

Budaya negara Singapura yang perlu Anda tahu selanjutnya adalah larangan untuk menatap lawan jenis asing terlalu lama. Mengambil foto atau dokumentasi tanpa melakukan izin sebelumnya karena melanggar privasi, bahkan melakukan kontak fisik ketika berada di tempat umum.

Bahkan meski negara maju, mereka memiliki larangan khusus menerbangkan drone tanpa izin terlebih dahulu. Oleh karena itu, semua aturan demi kenyamanan dan sopan santun yang ada di Singapura ini benar-benar berjalan dengan tepat. Orang akan segan dan ikut melakukan peraturan seperti ini.

Maka dari itu kita sebagai warga negara asing penting mengetahuinya sebagai bekal. Sehingga tidak akan terkenal culture shock ketika sudah berada di sana langsung. Bersosialisasi dengan baik dan bijak agar mendapatkan perlakuan sama baiknya.

Budaya negara Singapura ini hampir mirip di Indonesia namun lebih tegas. Peraturan jelas dan sanksi menjadi hal yang perlu kita pahami dan hindari sebaiknya. Oleh karena itu, pastikan Anda mengetahuinya sebelum berkunjung ke sana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.