Pengertian Budaya dan Kebudayaan: Fungsi, Wujud dan Cara Melestarikannya

Sebagai salah satu negara dengan beragam budaya, warga negara Indonesia pastinya sudah tidak asing dengan istilah budaya dan kebudayaan. Meskipun terdengar sama, namun pengertian budaya dan kebudayaan memiliki perbedaan. Perbedaan tersebut akan dibahas secara lengkap pada artikel ini.

Perkembangan dunia modern saat ini sayangnya harus mengorbankan sesuatu yang penting. Semakin modern, semakin orang mulai meninggalkan budaya dan tradisi pula. Karena itu, penting bagi generasi muda dan berikutnya untuk memajukan dan melestarikan budaya yang sudah melekat pada negeri ini.

Definisi dari Budaya dan Kebudayaan Dari Berbagai Sumber

Istilah budaya rupanya diambil dari bahasa Sansekerta, yang berarti buddhayah, seperti bentuk jamak dari buddhi. Bila ditafsirkan, maka artinya adalah budi atau akal. Hal ini bertepatan dengan definisi kata budaya dari KBBI yaitu akal budi.

Berbeda dengan budaya, definisi kata kebudayaan dari KBBI adalah hasil kegiatan dari pencapaian batin atau akal budi. Secara langsung, kebudayaan dapat diartikan sebagai suatu kegiatan yang mempengaruhi pengetahuan dan gagasan yang ada pada pikiran manusia.

Selain bahasa Sansekerta, kata budaya juga dapat diadaptasi dari bahasa Inggris yaitu culture. Sedangkan culture juga berasal dari kata Latin yakni cultura, yang berarti sebuah pola dari kegiatan manusia. Dari culture, lahir istilah kultur yang merupakan sinonim dari budaya.

Melville J. Herskovits serta Bronislaw Malinowski memiliki pendapat mengenai hal tersebut. Kedua antropolog tersebut mengatakan bahwa sesuatu yang berada pada masyarakat dapat ditentukan oleh kebudayaan pada masyarakat itu sendiri. Prinsip itu kemudian dinamakan cultural-determinism.

Seorang antropolog asal Inggris yaitu Edward Burnett Tylor, juga memiliki pengertian budaya dan kebudayaan yang berbeda. Menurut beliau, kebudayaan adalah keseluruhan yang kompleks berupa pengetahuan, kesenian, kepercayaan, adat istiadat, dan hal yang didapat sebagai bagian dari masyarakat.

Fungsi dari Adanya Budaya dan Kebudayaan

Budaya dan kebudayaan tidak ada hanya sebagai pelengkap dalam kehidupan manusia. Kedua hal tersebut memiliki fungsi yang mempengaruhi gaya hidup masyarakat atau golongan tertentu. Budaya dan kebudayaan dipercaya memiliki berbagai fungsi dalam suatu peradaban, contohnya sebagai berikut:

1. Sebagai Identitas Suatu Golongan

Identitas merupakan suatu karakter yang mendeskripsikan seseorang, suatu objek, hingga suatu golongan. Dengan adanya budaya, identitas suatu golongan akan dapat dikenal lebih mudah bagi golongan atau orang lain. Identitas budaya dapat berupa tradisi, kuliner, seni, dan lain sebagainya.

2. Sebagai Pembentuk Perilaku dan Sikap

Moral dan perilaku yang dibenarkan dan tidak dibenarkan, awalnya bermula dari suatu kebudayaan yang diterapkan. Karena itu, budaya memiliki fungsi sebagai pembentuk sikap dan perilakunya masyarakat atau suatu golongan tersebut. Selain perilaku dan sikap, kebudayaan juga dapat membentuk suatu kebiasaan.

3. Sebagai Batasan Yang Membuat Perbedaan

Seperti layaknya sebuah identitas, kebudayaan dapat menjadi batasan yang membedakan masyarakat satu dengan masyarakat lainnya. Dikarenakan begitu banyaknya ras dan suku di berbagai belahan dunia, maka budaya inilah yang dijadikan batasan bagi sebuah perbedaan.

4. Sebagai Komitmen Utama Dalam Kehidupan

Bagi sebagian masyarakat atau golongan tertentu, budaya adalah sebuah komitmen yang wajib dilaksanakan dalam kehidupan. Salah satu unsur yang dipegang saat ini yaitu kepercayaan. Kepercayaan ini yang menjadi sebuah komitmen utama bagi kehidupan manusia.

5. Sebagai Sarana Komunikasi Bagi Manusia

Budaya dan kebudayaan dapat menjadi sebuah bentuk komunikasi bagi manusia yang berada dalam masyarakat atau golongan tersebut. Tidak hanya sebagai bahasa, namun budaya dapat menjadi sebuah petunjuk atau peringatan bagi golongan lain yang melihatnya.

Wujud Budaya dan Kebudayaan Dalam Berbagai Aspek Kehidupan Manusia

Budaya dan kebudayaan memiliki peran penting dalam berbagai bidang dalam kehidupan sebuah peradaban. Baik dari segi tradisi, kesenian, hingga organisasi masyarakat itu sendiri, rasanya akan aneh apabila suatu negara tidak memiliki budaya. Berikut macam-macam wujud budaya dan kebudayaan pada kehidupan:

1. Organisasi Sosial

Sebagai makhluk hidup sosial, manusia akan bahu membahu dalam melestarikan budaya dan tradisi tertentu. Karena itulah, organisasi sosial diciptakan sebagai komunitas bagi masyarakat untuk melindungi dan menjaga budaya yang sudah melekat pada kehidupan masyarakat.

2. Kesenian

Pada setiap golongan, manusia memiliki cita rasa yang tinggi untuk membuat suatu karya. Hal ini yang dinamakan kesenian, yang dipercaya memiliki nilai estetika yang dapat dinikmati oleh golongan tersebut ataupun yang lain.

3. Bahasa

Sejak dahulu, manusia menciptakan suatu alat komunikasi berupa bahasa, baik secara lisan atau tulisan, kepada golongan masing-masing. Dengan bahasa, golongan tersebut dapat menciptakan tradisi, tata krama, adat istiadat, serta etika yang diberlakukan.

4. Kepercayaan

Meskipun agama dianggap sebagai pedoman hidup, agama juga merupakan wujud terbesar dari suatu kebudayaan. Agama lahir dari kepercayaan suatu manusia akan adanya penguasa tertinggi di jagat alam semesta ini. Dari kepercayaan tersebut, timbulnya budaya pada kehidupan manusia.

5. Ilmu Pengetahuan

Ternyata, ilmu pengetahuan juga dapat dikategorikan sebagai wujud dari budaya pada kehidupan manusia. Salah satunya adalah antropologi, yang berarti ilmu pengetahuan tentang perilaku manusia sebagai makhluk hidup sosial dan berbudaya.

6. Teknologi

Meskipun perkembangan teknologi modern tampak mengabaikan budaya, namun pada zaman dulu, teknologi juga berasal dari kebudayaan. Teknologi tersebut muncul dari bagaimana manusia mengumpulkan organisasi, mengekspresikan keindahan, dan membuat suatu identitas.

7. Mata Pencaharian

Pada mata pencaharian, budaya timbul dari kebiasaan manusia jaman dahulu yang kemudian dimanfaatkan untuk mencari penghasilan. Misalnya, seperti bercocok tanam, merakit, berburu hewan, dan beternak.

Cara Melestarikan Suatu Budaya dan Kebudayaan

Setelah memahami pengertian budaya dan kebudayaan, pembaca mungkin bertanya bagaimana budaya tersebut terjaga. Wajar saja, dengan semakin berkurangnya minat untuk melestarikan budaya, sudah saatnya anak muda untuk menyadari betapa pentingnya budaya dan kebudayaan. Berikut cara melestarikan suatu budaya dan kebudayaan:

1. Pelajari Tentang Budaya Tempat Kelahiran

Budaya adalah identitas bagi seorang manusia. Karena itu, manusia perlu mempelajari tentang budaya dan kebudayaan dari asal tempat tinggalnya. Budaya dapat dipelajari melalui buku, museum, hingga kini situs yang dimiliki pemerintah daerah.

2. Ikuti Beragam Acara Kebudayaan

Saat ini, masih banyak berbagai daerah di dunia yang melestarikan budaya dengan mengadakan acara kebudayaan. Dengan mengikuti acara-acara kebudayaan seperti pentas seni, musik daerah, ataupun permainan tradisional, manusia akan semakin mengenali budaya tersebut.

3. Perkenalkan Budaya Kepada Dunia

Pembaca dapat memanfaatkan perkembangan dunia modern untuk memperkenalkan budaya kepada daerah atau negara lain. Mulai dari sosial media, YouTube, hingga mengikuti kegiatan program cultural exchange untuk berbagi pengetahuan mengenai suatu budaya.

4. Gabung Dalam Suatu Komunitas

Ternyata, masih banyak komunitas yang berusaha untuk menjaga dan melestarikan budaya dan kebudayaan. Karena itu, pembaca dapat bergabung dalam komunitas-komunitas tersebut, dan bersama-sama menjaga dan melestarikan budaya dan kebudayaan yang dimiliki.

5. Cintai Budaya Yang Dimiliki

Sebelum mempelajari budaya lain, ada perlunya manusia untuk menghargai dan mencintai budayanya sendiri. Tidak ada budaya di dunia ini yang sempurna. Hal inilah yang membuat budaya begitu menarik untuk dipelajari.

Demikian informasi lengkap mengenai pengertian budaya dan kebudayaan dalam kehidupan manusia. Budaya sudah dianggap seperti kerabat keluarga dalam gaya hidup setiap individual. Karena itu, betapa pentingnya budaya dan kebudayaan untuk dijaga dan diwariskan bagi generasi selanjutnya.

Baca Juga: Pengertian Kata Mutiara dan Contohnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.