Pengertian Kata Mutiara dan Contohnya

Pengertian Kata Mutiara dan Contohnya

Pengertian kata mutiara merujuk pada serangkaian kalimat indah yang mengandung makna mendalam. Kalimat tersebut memiliki kekuatan yang bisa membuka pikiran dan hati seseorang. Saat sering membaca ataupun mendengarkan kata-kata mutiara, pikiran seseorang perlahan-lahan bisa terbuka menuju hal yang lebih baik.

Kata mutiara biasa disampaikan oleh seorang motivator pada pendengarnya yang sedang mengalami permasalahan dalam hidup. Dengan kata mutiara, pembaca bisa mulai mengoreksi diri dan kembali bangkit dari keterpurukan. Rasa menyerah dan putus asa perlahan-lahan dapat menghilang hingga bisa bangkit lagi.

Kata mutiara pun memberikan banyak energi positif kepada individu yang membacanya. Energi positif diserap dalam tubuh sehingga individu memiliki semangat yang tinggi untuk kembali menjalankan kehidupan sehari-harinya. Membagikan satu kata mutiara sama saja dengan menebarkan sebuah kebajikan.

Pengertian Kata Mutiara

Seperti yang diketahui bahwa mutiara merupakan permata yang terbentuk dari pasir-pasir dan masuk dalam kerang. Pasir-pasir tersebut kemudian diselubungi kulit ari dan akhirnya menjadi mutiara yang sangat indah. Memiliki kilau dan bentuk yang indah membuat mutiara menjadi perhiasan berharga mahal.

Menggunakan penamaan sebagai kata mutiara karena kalimat ini memiliki makna yang indah. Makna pada kalimat ini tersembunyi dan dibutuhkan pemahaman dahulu, sama seperti mutiara yang sembunyi pada tubuh kerang. Untuk menemukan mutiara, seseorang harus bisa membuka cangkang yang sangat keras.

Fungsi Kata Mutiara

Kata mutiara digunakan sebagai sumber inspirasi yang bisa membangkitkan tujuan hidup seseorang. Memiliki fungsi sebagai pemberi harapan serta penyemangat hidup bagi seseorang saat ditimpa masalah. Kata mutiara sebagai serangkaian rasa syukur atas apa yang telah dicapai.

Kata mutiara bertujuan untuk mengingat bahwa dalam kehidupan tak selalu berjalan seperti apa yang diinginkan. Dalam hidup juga pasti ada awal dan akhir serta pertemuan perpisahan. Segala situasi tersebut tak bisa diprediksi sehingga harus siap dan ikhlas jika sudah waktunya. 

Contoh Kata Mutiara

Saat membaca kata-kata mutiara diperlukan perenungan mendalam agar bisa menggetarkan hati serta menenangkan jiwa dan pikiran. Dengan begitu pembaca bisa menginstropeksi diri dan membangkitkan semangat untuk hidup. Nah silakan bisa simak informasi terkait dengan kata-kata mutiara yang menjadi sumber inspirasi berikut:

1. Kata Mutiara Tentang Agama

Pengertian kata-kata mutiara agama merupakan untaian kalimat sebagai penyejuk hati yang memberikan ketenangan batin bagi para perenungnya. Dengan motivasi agama ini akan memberikan dorongan semangat bagi umat yang mempercayai Tuhan nya. Ada banyak sekali kata mutiara agama yang bisa didapat.

Salah satu kata mutiara yang banyak dikenal dan menginspirasi berasal dari Imam Syafi’i. Beliau menyampaikan bahwa orang hebat ialah yang mampu menyembunyikan kesengsaraannya dari orang lain. Dari kalimat mutiara itu, mengajarkan bahwa sebagai manusia tidak diperbolehkan untuk meminta-minta kepada sesama.

2. Kata Mutiara Tentang Percintaan

Tak melulu soal agama, kata mutiara juga bisa diungkapkan untuk banyak hal termasuk bagi kisah percintaan. Pembaca bisa mengungkapkan isi hati pada sang kekasih menggunakan kata-kata mutiara yang paling tepat. Dengan begitu, kekasih bisa mengetahui besarnya perjuangan dan rasa sayangmu.

Ada sebuah kata mutiara yang cukup menyentuh dari seorang penyanyi wanita terkenal yaitu Taylor Swift. Taylor mengatakan jika diri sedang merindukan seseorang maka waktu akan terasa lebih lama. Namun saat sedang jatuh cinta pada seseorang, waktu akan berjalan begitu cepat.

3. Kata Mutiara Tentang Rindu

Pengertian kata mutiara bisa berupa menyatakan perasaan rindu pada seseorang yang diungkapkan lewat sebuah kalimat. Saat terlalu lama membendung rasa rindu mendalam maka tuangkanlah kerinduan itu pada seuntaian kalimat mutiara yang indah dan menginspirasi. Ada banyak kata-kata yang bisa diperoleh.

Pernahkah pembaca mendengar kalimat “saat merindukan seseorang yang dicintai ingatlah saat-saat indah bersamanya, kemudian jika hati membengkak, peluklah bantal dan biarkan air mata menenangkan rasa sakit”. Rangkaian kalimat indah itu diungkapkan oleh seorang pengarang bernama Anoir Ou-Chad.

4. Kata Mutiara Tentang Belajar

Menuntut ilmu merupakan proses yang terus dilakukan tanpa mengenal waktu dan tempat. Dengan belajar seseorang akan mendapat banyak wawasan dan pengetahuan yang berguna bagi kehidupan. Namun, karena terlalu sering belajar justru membuat seseorang bosan dan jenuh terutama bagi para siswa.

Jika merasakan jenuhnya belajar, maka bisa membaca salah satu kutipan kata mutiara dari imam syafi’i. “Barangsiapa yang tak ingin merasakan pahitnya menuntut ilmu, maka akan merasakan hinanya kebodohan selama hidupnya”. Kalimat itu bisa menjadi pengingat agar tak lelah menuntut ilmu.

5. Kata Mutiara John Wooden

Seorang pebasket asal Amerika bernama John Wooden mengatakan “Segala yang dilakukan dalam kehidupan, kelilingilah diri dengan orang cerdas agar dapat saling beradu argumen”. Dengan begitu pembaca akan mendapat banyak hal bermanfaat dan kegiatan yang dilakukan terus mengarah pada hal-hal positif.

John Wooden juga mengatakaan bahwa bakat yang ada pada diri tiap individu merupakan pemberian dari tuhan sehingga harus selalu rendah hati. Kata mutiara tersebut menjadi sebuah pengingat diri supaya tidak terjebak pada rasa angkuh dan senantiasa bersyukur atas pemberian tuhan.

6. Kata Mutiara George Bernard Shaw

Pengertian kata mutiara ialah kalimat penginspirasi yang bisa dijadikan sebagai pengingat hidup serta ucapan syukur. Seperti yang dikatakan oleh George Bernard Shaw, kritikus asal irlandia. Seseorang jadi bijak bukanlah karena adanya pengalaman masa lalu, namun tanggung jawab di waktu mendatang.

Dalam hidup setiap orang tentu pernah merasakan masa yang kurang menyenangkan hingga membuat kecewa. Namun, orang yang bijak akan terus bertahan dan tak peduli seberapa besar pengalaman buruknya. Hal buruk justru dijadikan acuan untuk menghadapi dan bertahan di masa mendatang.

7. Kata Mutiara Dr. Seuss

Seorang pengarang asal amerika serikat bernama Dr. Seuss pernah mengatakan jika tiap manusia harus melangkah dengan hati-hati. Dikatakan juga bahwa mengingat hidup sebagai sebuah aksi keseimbangan yang hebat. Pada intinya, kalimat tersebut menjelaskan dalam hidup itu harus dijalankan dengan seimbang.

Kehidupan itu seperti bersepeda di atas tali sehingga dibutuhkan kehati-hatian dan juga strategi. Hidup tak selalu bahagia, kadang manusia juga bisa mengalami kesedihan dan kekecewaan. Maka jika ingin bertahan dan bangkit dari situasi terpuruk manusia perlu berhati-hati sebelum melakukan tindakan.

8. Kata Mutiara Anton Chekhov

Penulis Rusia bernamaa Anton Pavlovich chekhov pernah mengatakan bahwa seseorang tidak sadar apakah saat ini adalah musim dingin atau panas ketika sedang merasa bahagia. Maksudnya saat berbahagia diri akan fokus pada keahagiaan itu sendiri dan tidak peduli pada masa sekitar.

Perasaan bahagia akan terus menyelimuti sehingga diri tidak akan peduli pada masa sekitar sekalipun itu at-saat sulit. Hidup akan berarti saat adanya kebahagiaan dan itu tak bisa ditentukan dari kapan waktunya namun justru ditetapkan dari dalam diri.

Jadi itulah makna dari kata mutiara serta beberapa contoh kalimatnya. Kata-kata mutiara akan membantu pembacanya untuk menjalani hidup sebagai diri sendiri. Pengertian kata mutiara bisa menjadi sumber motivasi yang membuat diri lebih bersyukur.

Baca Juga: Perbedaan Estetik dan Estetika Menurut KBBI dan Para Ahli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.