Apa itu Recount Text Dalam Bahasa Inggris, Jenis, Fungsi dan Contohnya

Saat mempelajari jenis-jenis teks dalam bahasa Inggris, anda menemukan bahwa ada beberapa macam teks seperti halnya saat mempelajari dalam tata bahasa Indonesia. Salah satu dari jenis teks yang akan anda temui tersebut adalah recount text bahasa Inggris.

Teks recount menjadi sebuah teks yang sulit dipahami jika anda belum secara mendalam mempelajarinya apalagi bila anda baru pertama kali mengetahui dan mengenal teks recount ini. Bagi sebagian orang, belajar sendiri dari buku dan media lainnya menjadi hal yang tidak gampang apalagi jika referensinya kurang lengkap.

Nah, bagi anda yang ingin belajar sendiri tentang recount text, kini anda bisa dengan mudah belajar materi tentang recount text kapanpun dan dimanapun melalui materi dalam sajian ulasan pada kesempatan kali ini dimana materinya dapat anda baca secara lengkap, detail dan mudah dipahami berikut ini.

Pengertian Recount Text Dalam Bahasa Inggris

Untuk menemukan jawaban atas apa itu recount text, perhatikan penjelasan sederhana berikut ini.

Recount text adalah suatu teks yang berisi atas penjelasan sebuah cerita, aksi serta aktivitas yang tujuannya adalah untuk memberi informasi kepada pembaca sekaligus untuk menghibur. Bisa diartikan pula dengan sebuah teks yang menceritakan secara ulang tentang pengalaman atau kejadian di masa lalu.

Walaupun berada dalam kelompok sama yakni karangan naratif dimana fungsinya adalah untuk kembali menceritakan kejadian pada masa lampau, namun setiap tipe teks ditulis dengan generic structure yang tidak sama. Adanya ketidaksamaan terhadap cara menulis tersebut adalah karena tujuan atas masing-masing teks tentu tidaklah sama.

Recount text lebih menitikberatkan pada perihal urutan kejadian suatu peristiwa. Oleh sebab itu, didalam teks recount anda tak akan menemukan permasalahan yang penulis eksplor.

Fungsi & Tujuan Recount Text Dalam Bahasa Inggris

Sesuai dengan pengertian atau definisi teks recoun didalam bahasa Inggris itu sendiri, fungsi dan tujuannya adalah sebagai berikut:

  1. Memberikan informasi
  2. Menghibur

Karena fungsi dan tujuannya seperti yang telah disebutkan diatas yakni untuk memberikan informasi tentang kejadian atau suatu hal secara terstruktur serta untuk menghibur, maka teks recount ini memiliki ciri-ciri yang melekat erat padanya atau yang dalam bahasa Inggris disebut dengan istilah language feature.

Ciri-Ciri (Language Feature) Recount Text Dalam Bahasa Inggris

Adapun language feature atau ciri-ciri recoun text didalam bahasa Inggris adalah sebagai berikut ini:

  1. Introducing personal participant like I, my group, etc

Artinya, teks recount cenderung menggunakan personal partisipan seperti saya, grup saya dan lain sebagainya. Sering sekali gender teks recount ini menggunakan personal pronoun atau kata ganti sebagai pelaku peristiwa yang contohnya seperti yang telah disebutkan tadi.

  1. Using linking verbs like saw, were, was, etc

Artinya, menggunakan penghubung kata kerja seperti saw, were, was dan lainnya. Tak menjadi hal yang mengherankan bila teks recount perlu dan harus menggunakan pemakaian banyak penghubung kata kerja. Jika anda memahami bahwa konsep dari penggunaan personal partisipan sebagaimana telah disebutkan tadi, maka anda akan tahu bahwa betapa pentingnya fungsi dari penghubung kata kerja didalam seluruh contoh teks recount.

  1. Using chronological connection like firts, then, etc

Artinya, menggunakan koneksi kronologis seperti pertama, kemudian dan lain-lain. Urutan peristiwa menjadi perhatian yang paling utama didalam teks recount karena berfungsi untuk menceritakan kembali tentang peristiwa di masa lalu. Dengan demikian, untuk mewujudkan hal itu maka dibantu dengan bermacam penghubung atau koneksi bahasa Inggris yang memiliki makna urutan kejadian itu terjadi.

  1. Using simple past tense

Artinya, menggunakan pola kalimat keterangan waktu simple past tense. Poin ini adalah language feature yang paling pokok pada jenis teks yang berbentuk recount maupun kelompok naratif yang lain. Langkah penggunaan past tense menjadi keharusan serta kelogisan dalam berfikir bahwa kejadian yang telah terjadi di masa yang lampau bercirikan penggunaan kalimat past tense.

  1. Using action verb like change, go, look, etc

Artinya, menggunakan kata kerja yang berwujud tindakan seperti ganti, pergi, lihat dan lainnya. Hampir semua jenis teks berjenis cerita pasti menggunakan action verb atau kata kerja yang berwujud tindakan. Hal ini dipergunakan untuk memberikan penekanan terhadap kegiatan serta peristiwa yang dilakukan oleh tiap pelaku atas cerita tersebut.

Meskipun demikian, ciri bahasa diatas sifatnya dominantly, artinya tidak harus pasti memenuhi seluruh unsur dari ciri atau language feature tersebut.

Generic Structure Recount Text Dalam Bahasa Inggris

Materi dan Soal Bahasa Inggris Recount Text

Tiap jenis teks memiliki generic structure yang tidak sama termasuk pada teks recount. Berbedanya struktur ini adalah karena fungsi dan tujuan teks berbeda pula. Struktur dipilih guna mencapai tujuan dari ditulisnya teks tersebut. Adapun generic structure atau struktur umum dari teks recount adalah:

  1. Orientation

Adalah orientasi yaitu ulasan singkat tentang apa siapa, kapan dan dimana. Pada awal paragraf dalam teks recount, sebagai pembaca anda dapat menebak keseluruhan isi teks tersebut.

  1. Events / series of events

Adalah kejadian atau peristiwa yaitu gambaran urutan peristiwa demi peristiwa yang terjadi menurut fungsi dan waktu terjadinya.

  1. Reorientation

Adalah reorientasi yaitu fase paling akhir atau ending dari teks recount yang sifatnya opsional atau pilihan. Fase terakhir ini sangat penting oleh karena pada fase inilah yang menentukan perihal apa yang akan anda tangkap sebagai pembaca. Dalam hal ini, anda dapat menyetujui atau justru menolak kesan penulis dari rangkaian peristiwa tersebut. Disamping itu, disinilah bagian kesimpulan dari teks recount tersebut.

Jenis Recount Text Dalam Bahasa Inggris

Teks recount dalam bahasa Inggris memiliki macam-macam jenis seperti halnya jenis teks-teks yang lainnya. Berikut diantaranya:

  1. Personal recount text

Adalah teks recount yang isinya menceritakan suatu kejadian atau peristiwa dimana kerangkanya merupakan pengalaman pribadi. Bentuknya dapat ditemukan seperti pada catatan harian atau diary seseorang atau biografi.

  1. Factual recount text

Adalah suatu paparan tentang kejadian yang nyata terjadi. Teks ini dapat berwujud suatu laporan peristiwa yang benar terjadi. Contohnya seperti catatan peristiwa sejarah, laporan percobaan ilmu pengetahuan, laporan kepolisian serta ulasan laporan yang terjadi sebagai suatu peristiwa budaya.

  1. Imagination recount text

Adalah teks recount yang berisi pemaparan peristiwa, tetapi macam teks recount jenis ini lebih populer dengan hasil imaginasi dari sang penulis. Penulis membuat lakon imaginative kemudian menuliskan kejadian-kejadian yang terjadi.

Contoh-Contoh Recount Text Dalam Bahasa Inggris

Contoh Recount Text Bahasa Inggris
Contoh Recount Text Bahasa Inggris

Sekarang, sampailah kita pada pembahasan contoh teks recount dalam bahasa Inggris. Contoh teks recount akan lebih membuat anda paham akan penggunaan teks recount serta lebih jeli dalam memahami ciri teks tecount tersebut.

Selain itu, jika ingin belajar sendiri membuat teks recount, andapun dapat lebih mudah dengan bantuan contoh-contoh yang gamblang. Berikut contohnya:

  1. Holiday in Bali (Liburan di Bali)

I had a wonderful holiday in Bali. It was a really great place. The weather was a lot better than at home, the food was great and the people were friendly.

Most days were pretty. I swam three or four times a day, but my brother Budi just spent all his time lying on the beach with his eyes closed.

Last Sunday we got on the bus and went to the north of the island. Onfortunately,it was much quieter there. I like it because very beautiful, but no tourists there. The next day we went across to the east coast to see some of the old villages.

I learned Balinese, but I couldn’t say much. Nevertheless, it was fun to try. Budi actually spoke it quite well, but he was afraid to open his mouth. So, I was the one who talked to people.

Terjemah :

Saya menikmati liburan yang indah di Bali. Bali adalah tempat yang sangat bagus. Cuacanya jauh lebih baik daripada di rumah, makanannya enak dan orang-orangnya ramah. Hampir setiap hari terasa indah. Saya berenang tiga atau empat kali sehari, tetapi saudara saya Budi menghabiskan seluruh waktunya dengan berbaring di pantai dengan mata tertutup. Minggu lalu kami naik bus dan pergi ke utara pulau. Sayangnya, disana jauh lebih sepi. Saya menyukainya karena sangat indah, tetapi tidak ada turis di sana. Keesokan harinya kami menyeberang ke pantai timur untuk melihat beberapa desa tua. Saya belajar bahasa Bali, tapi tidak bisa banyak bicara. Meskipun demikian, itu menyenangkan untuk dicoba. Budi sebenarnya berbicara dengan cukup baik, tapi dia takut buka mulut. Jadi, saya adalah orang yang berbicara dengan orang.

Jenis text tecount : Personal recount text

Generic structure :

Title Holiday in Bali
 

Orientation

I had a wonderful holiday in Bali.
It was a really great place. The weather was a lot better than at home, the food was great and the people were friendly.
 

Event  1

Most days were pretty. I swam two or three times a day, but my brother Budi just spent all his time lying on the beach with his eyes closed.
 

Event  2

Last Sunday we got on the bus and went to the north of the island. Onfortunately,it was much quieter there. I like it because very beautiful, but no tourists there. The next day we went across to the east coast to see some of the old villages.
 

Reorientation

I learned Balinese, but I couldn’t say much. Nevertheless, it was fun to try. Budi actually spoke it quite well, but he was afraid to open his mouth. So, I was the one who talked to people.

Terjemah generic structure:

JudulLiburan di Bali
 

Orientasi

Saya menikmati liburan yang indah di Bali.Bali adalah tempat yang sangat bagus. Cuacanya jauh lebih baik daripada di rumah, makanannya enak dan orang-orangnya ramah.
 

Even  1

Hampir setiap hari terasa indah. Saya berenang tiga atau empat kali sehari, tetapi saudara saya Budi menghabiskan seluruh waktunya dengan berbaring di pantai dengan mata tertutup.
 

Even  2

Minggu lalu kami naik bus dan pergi ke utara pulau. Sayangnya, disana jauh lebih sepi. Saya menyukainya karena sangat indah, tetapi tidak ada turis di sana. Keesokan harinya kami menyeberang ke pantai timur untuk melihat beberapa desa tua.
 

Reorientasi

Saya belajar bahasa Bali, tapi tidak bisa banyak bicara. Meskipun demikian, itu menyenangkan untuk dicoba. Budi sebenarnya berbicara dengan cukup baik, tapi dia takut buka mulut. Jadi, saya adalah orang yang berbicara dengan orang.

 

  1. Woman Sharged Caused Pushing Old Woman Down Stairs (Wanita Dihukum Karena Mendorong Wanita Tua Dari Tangga) 

Indonesia – The woman pushed an old woman down stairs at the mall has been charged in court. Maria 31 years old is accused of hurting Sukinah 75 years old at 9am on August this year.

Maria is said to have used her right hand to push Sukinah on her back that causing her falling on the stairs on the mall. The incident was captured in four minutes video and it uploaded on YouTube. It showed Maria suddenly angry to old woman Sukinah for get in way.

Maria threatened to slap the old woman, before pushing her down the stairs at the mall. The case will next be mentioned in September.

Terjemah :

Indonesia – Wanita yang mendorong seorang wanita tua dari tangga di sebuah mal telah didakwa di pengadilan. Maria 31 tahun dituduh melukai Sukinah yang berusia 75 tahun pada pukul 09.00 pada Agustus tahun ini.

Maria dituduh telah menggunakan tangan kanannya untuk mendorong Sukinah di punggungnya yang menyebabkan dia jatuh di tangga mal. Insiden itu terekam dalam video berdurasi empat menit dan diunggah di YouTube. Video itu menunjukkan Maria tiba-tiba marah kepada perempuan tua yang bernama Sukinah karena menghalangi jalannya.

Maria mengancam akan menampar wanita tua itu, sebelum mendorongnya dari tangga di mal. Kasus selanjutnya akan diumumkan pada bulan September.

Jenis text tecount : Factual recount text

Generic structure :

Title Woman sharged caused pushing old woman down stairs
 

Orientation

Indonesia – The woman pushed an old woman down stairs at the mall has been charged in court. Maria 31 years old is accused of hurting Sukinah 75 years old at 9am on August this year.
 

Event  1

Maria is said to have used her right hand to push Sukinah on her back that causing her falling on the stairs on the mall.
 

Event  2

The incident was captured in four minutes video and it uploaded on YouTube. It showed Maria suddenly angry to old woman Sukinah for get in way.
Reorientation Maria threatened to slap the old woman, before pushing her down the stairs at the mall. The case will next be mentioned in September.

 Terjemah generic structure:

JudulWanita dihukum karena mendorong wanita tua dari tangga
 

Orientasi

Indonesia – Wanita yang mendorong seorang wanita tua dari tangga di sebuah mal telah didakwa di pengadilan. Maria 31 tahun dituduh melukai Sukinah yang berusia 75 tahun pada pukul 09.00 pada Agustus tahun ini.
 

Even  1

Maria dituduh telah menggunakan tangan kanannya untuk mendorong Sukinah di punggungnya yang menyebabkan dia jatuh di tangga mal.
 

Even  2

Insiden itu terekam dalam video berdurasi empat menit dan diunggah di YouTube. Video itu menunjukkan Maria tiba-tiba marah kepada perempuan tua yang bernama Sukinah karena menghalangi jalannya.
 

Reorientasi

Maria mengancam akan menampar wanita tua itu, sebelum mendorongnya dari tangga di mal. Kasus selanjutnya akan diumumkan pada bulan September.

 

  1. Spiderman

When John was teenager, John was dreaming of being super hero. He imagined as Spiderman.

One day, he was bitten by a spider when he was fishing at the river and luckyly he was not dying.

Then, he felt cold for full a day and he was alone in his room. He didn’t tell to his family because he was afraid that they would angry to him. So, nobody knew about it.

After the day, something had happened to his body and he still didn’t recognize about it. He bouced of the road and his motor cycle was totally broken.

Extraordinary, at that case he didn’t feel any hurt. Really there was no blood of his body.

The bus didn’t stop and it escaped. He was angry at that time. He run after it then he didn’t know he could jump so high and run so fast.

He jumped and climbed like a spider to the back of the bus. He went to the front and stooped the bus. He took the driver out of the door of bus.

He knew that he was no more a normal human being. Then, he did nothing more to the bus driver. He went back home and decided to do next action after that.

He dicided to did nothing like Spiderman that help people to catch criminal at the movie.

He used his power only got into dangerous.

Terjemah :

Ketika John masih remaja, John bermimpi menjadi pahlawan super. Dia membayangkan sebagai Spiderman.

Suatu hari, dia digigit laba-laba ketika dia sedang memancing di sungai dan untungnya dia tidak sekarat.

Kemudian, dia merasa kedinginan selama sehari penuh dan dia sendirian di kamarnya. Dia tidak memberi tahu keluarganya karena dia takut mereka akan marah padanya. Jadi, tidak ada yang tahu tentang itu.

Setelah hari itu, sesuatu telah terjadi pada tubuhnya dan dia masih tidak menyadarinya. Dia terseok-seok di jalan dan sepeda motornya benar-benar rusak.

Luar biasa, saat itu dia tidak merasa kesakitan. Sungguh tidak ada darah di tubuhnya.

Bus tidak berhenti dan melarikan diri. Dia marah saat itu. Dia mengejarnya lalu dia tidak menyadari jika dia bisa melompat begitu tinggi dan berlari begitu cepat.

Dia melompat dan naik seperti laba-laba ke belakang bus. Dia pergi ke depan dan menghentikan bus. Dia membawa sopir keluar dari pintu bus.

Dia tahu bahwa dia bukan lagi manusia normal. Kemudian, dia tidak melakukan apa-apa lagi kepada sopir bus. Dia pulang ke rumah dan memutuskan untuk melakukan tindakan selanjutnya setelah itu.

Dia memutuskan untuk tidak melakukan apapun seperti Spiderman yang membantu orang untuk menangkap penjahat di film.

Dia menggunakan kekuatannya hanya jika dalam keadaan berbahaya.

Jenis text tecount : Imagination recount text

Generic structure  :

Title Spiderman
 

Orientation

When John was teenager, John was dreaming of being super hero. He imagined as Spiderman.
 

Event  1

One day, he was bitten by a spider when he was fishing at the river and luckyly he was not dying.

Then, he felt cold for full a day and he was alone in his room. He didn’t tell to his family because he was afraid that they would angry to him. So, nobody knew about it.

Event  2After the day, something had happened to his body and he still didn’t recognize about it. He bouced of the road and his motor cycle was totally broken.

Extraordinary, at that case he didn’t feel any hurt. Really there was no blood of his body.

The bus didn’t stop and it escaped. He was angry at that time. He run after it then he didn’t know he could jump so high and run so fast.

He jumped and climbed like a spider to the back of the bus. He went to the front and stooped the bus. He took the driver out of the door of bus.

He knew that he was no more a normal human being. Then, he did nothing more to the bus driver. He went back home and decided to do next action after that.

Reorientation He dicided to did nothing like Spiderman that help people to catch criminal at the movie. He used his power only got into dangerous.

Terjemah generic structure:

JudulSpiderman
 

Orientasi

Ketika John masih remaja, John bermimpi menjadi pahlawan super. Dia membayangkan sebagai Spiderman.
 

Even  1

Suatu hari, dia digigit laba-laba ketika dia sedang memancing di sungai dan untungnya dia tidak sekarat.

Kemudian, dia merasa kedinginan selama sehari penuh dan dia sendirian di kamarnya. Dia tidak memberi tahu keluarganya karena dia takut mereka akan marah padanya. Jadi, tidak ada yang tahu tentang itu.

Even  2Setelah hari itu, sesuatu telah terjadi pada tubuhnya dan dia masih tidak menyadarinya. Dia terseok-seok di jalan dan sepeda motornya benar-benar rusak.

Luar biasa, saat itu dia tidak merasa kesakitan. Sungguh tidak ada darah di tubuhnya.

Bus tidak berhenti dan melarikan diri. Dia marah saat itu. Dia mengejarnya lalu dia tidak menyadari jika dia bisa melompat begitu tinggi dan berlari begitu cepat.

Dia melompat dan naik seperti laba-laba ke belakang bus. Dia pergi ke depan dan menghentikan bus. Dia membawa sopir keluar dari pintu bus.

Dia tahu bahwa dia bukan lagi manusia normal. Kemudian, dia tidak melakukan apa-apa lagi kepada sopir bus. Dia pulang ke rumah dan memutuskan untuk melakukan tindakan selanjutnya setelah itu.

 

Reorientasi

Dia memutuskan untuk tidak melakukan apapun seperti Spiderman yang membantu orang untuk menangkap penjahat di film.

Dia menggunakan kekuatannya hanya jika dalam keadaan berbahaya.

Demikian penjelasan lengkap dan mendetail tentang recount text dalam bahasa Inggris. Apa dan bagaimana itu teks recount, ciri-ciri, strukturnya, macam-macam jenisnya  serta contoh-contohnya teksnya akan nampak lebih gamblang, jelas serta mudah anda mengerti jika anda mempelajari dan mengetahui penjelasannya secara lengkap dari ulasan dan penjabaran teks recount diatas. Semoga dapat membantu.

Tinggalkan Komentar

one × one =