Penggunaan When, While, During, Since, For beserta Contoh Kalimatnya

Dalam bahasa Inggris, kamu mungkin sering kita menemukan kata-kata seperti when, while, during, since, dan for. Artikel ini akan membahas tentang penggunaan when, while, during, since, for sebagai penunjuk waktu, beserta contoh kalimatnya.

Kelima kata tersebut bisa sangat membingungkan apabila kamu tidak paham perbedaan dan cara penggunaannya. Oleh karena itu, kamu perlu mempelajari ciri dan fungsinya masing-masing, agar mampu mengaplikasikannya dalam bentuk tulisan maupun percakapan sehari-hari.

While dan when merupakan konjungsi, sementara during, since, for adalah preposisi. Preposisi ini digunakan untuk mengekspresikan waktu atau disebut preposition of time. Untuk lebih lengkapnya, simak beberapa penjelasan masing-masing preposition of time berikut ini.

Penggunaan Kata When

Penggunaan when biasanya untuk aksi non-kontinu atau single actions

When merupakan salah satu kata penghubung dan para ahli grammar menyebutnya sebagai konjungsi subordinatif. Itu artinya, kamu dapat menggunakannya untuk menghubungkan dependent clause ke independent clause untuk menjadi sebuah kalimat.

Seperti yang dijelaskan di materi sebelumnya bahwa dependent clause atau subordinate clause merupakan bagian dari kalimat yang tidak dapat berdiri sendiri atau membutuhkan klausa utama untuk melengkapinya.

Biasanya, tenses yang digunakan adalah past tense karena terjadi di waktu lampau. Adapun fungsi when antara lain sebagai berikut:

1. Dua Peristiwa atau Tindakan yang Selesai di Waktu yang Bersamaan atau Hampir Bersamaan

Contoh kalimat:

Genda was angry when Ozy teased her. (Genda marah ketika Ozy menggodanya.)

Contoh kalimat di atas menunjukkan bahwa aksi Ozy menggoda dan aksi Genda marah terjadi dan juga selesai saat itu. Sehingga, aksi mereka merupakan aksi sementara dan tidak berlanjut dalam waktu yang lama.

2. Satu Peristiwa atau Tindakan yang Terjadi Segera setelah Peristiwa Lain Selesai

Contoh kalimat : 

When Gina came to school, she immediately opened the textbook. (Ketika Gina datang ke sekolah, ia langsung membuka buku pelajaran.)

Pada kalimat tersebut menunjukkan kalau setelah sampai ke sekolah, Gina langsung membuka buku pelajarannya. Pernyataan ini menjelaskan bahwa Gina melakukan satu tindakan yang diikuti oleh tindakan lainnya.

3. Tindakan atau Aksi di Masa Lampau dengan Durasi yang Sudah Lama

Contoh kalimatnya:

I loved visiting coffee shops when I lived in Yogyakarta. (Saya suka mengunjungi kedai kopi ketika saya tinggal di Yogyakarta.)

Kalimat tersebut menunjukkan bahwa kegiatan tersebut sudah dilakukan sejak lama atau terjadi di masa yang sudah lampau.

4. Untuk Menjelaskan Usia

Contoh kalimatnya:

I became part of that organization when I was twenty-one years old. (Saya menjadi bagian dari organisasi itu ketika saya berumur dua puluh satu tahun.)

Penggunaan Kata While

Berbeda dengan penggunaan when, while untuk menandakan aksi kontinu atau continuous actions

Secara umum, while memiliki arti ‘ketika’, ‘sementara’, atau ‘saat’, tergantung konteks kalimatnya. Kata penghubung satu ini menunjukkan suatu aksi yang terjadi secara kontinu atau berkelanjutan di waktu bersamaan. Dengan kata lain, kata ini dapat kamu ucapkan ketika tindakan tersebut masih berlangsung atau sedang terjadi. 

Dalam menggunakan while, biasanya terdapat dua tindakan atau peristiwa yang secara bersamaan sedang berlangsung. Adapun tenses dalam penggunaan while adalah menggunakan continuous tense

Perhatikan beberapa contoh berikut ini:

  • While my father was leading a meeting in his office, I was playing in the park. (Ketika ayah saya sedang memimpin rapat di kantornya, saya sedang bermain di taman.)
  • I was sleeping at home while Smith was driving his cousin home. (Saya sedang tidur di rumah sementara Smith mengantar sepupunya pulang.)

Penggunaan Kata During

Penggunaan kata during untuk jangka waktu

Secara umum, during preposition memiliki arti ‘selama’, ‘semasa’, ‘pada waktu’, ‘selagi’, ‘sementara’. Kata preposisi during dapat kamu gunakan untuk menunjukkan berapa lama peristiwa itu terjadi. Lantas, bagaimana penggunaannya?

Setelah kata during, kata benda (noun) selalu muncul di belakangnya. Perlu kamu pahami bahwa ‘during’ adalah preposisi, bukan konjungsi. Sehingga kamu tidak bisa meletakkan klausa setelah during. Karena preposisi selalu diikuti kata benda, bukan klausa dengan subjek dan kata kerja.

Contohnya: 

  • Ozy had to sing a few songs during the rain. (Ozy harus menyanyikan beberapa lagu selama hujan turun.)
  • During lunch, I saw Fina running around the soccer field 7 times. (Selama makan siang, aku melihat Fina berlari mengelilingi lapangan sepak bola 7 kali.)
  • During winter, I didn’t do heavy work. (Selama musim dingin, saya tidak melakukan pekerjaan berat.)

Penggunaan Kata Since

Since ini bisa diartikan sejak

Since memiliki makna ‘sejak’ atau ‘semenjak’. Dalam bahasa inggris, kamu dapat menggunakan since untuk merujuk ke titik waktu. Dengan kata lain, since dapat digunakan untuk merujuk ke suatu titik setelah waktu atau peristiwa tertentu di masa lalu. 

Selain itu, bisa juga merujuk pada titik tertentu yang dimulai di masa lalu dan berlanjut hingga saat ini. Titik waktu tersebut bisa terjadi kapan saja, baik jangka waktu yang pendek atau jangka panjang di masa lalu. Misalnya, rabu yang lalu, minggu yang lalu, tahun 1998, dan lain sebagainya. Dengan demikian, since tidak bisa digunakan untuk membicarakan masa depan. 

Dalam penggunaannya, since diikuti oleh titik waktu tersebut. Sementara tenses yang digunakan biasanya adalah perfect tense. Saat menggunakan since, biasanya kita menggunakan present perfect tense dan past perfect tense di klausa utama kalimat.  

Berikut adalah beberapa contoh kalimat since:

  • Since 2000, the old man has been selling used goods. (Sejak tahun 2000, bapak tua itu sudah menjual barang-barang bekas. )
  • My brother has been a pilot since I was in the womb. (Kakakku sudah menjadi pilot sejak aku masih dalam kandungan.)
  • He hasn’t been coming home since two days ago. (Dia belum pulang sejak dua hari yang lalu.)

Penggunaan Kata For

Penggunaan since dan for hampir sama. Dalam bahasa Inggris, kamu boleh menggunakan kata depan for untuk berbicara tentang jumlah waktu atau ruang. Jumlah waktu bisa berupa tahun, bulan, hari, jam, menit dan detik.

Jumlah waktu pun tidak perlu akurat. Kamu bisa menggunakan kata for ketika kamu berbicara tentang periode waktu yang tidak jelas. Misalnya, ‘for last week, for last year, for a long time’, dan lain sebagainya.

Intinya, for dapat kamu gunakan untuk menentukan periode waktu. Kamu dapat berbicara tentang masa lampau, masa sekarang, ataupun masa depan, berkaitan dengan penggunaan for.

Berikut ini adalah tiga contoh kalimat for dalam bahasa Inggris dan terjemahannya:

  • Two years ago, I traveled abroad for two months. (Dua tahun lalu, saya bepergian ke luar negeri selama dua bulan.) 
  • I’m traveling to Bali for one week. (Saya bepergian ke Bali selama satu minggu.)
  • I will be working on some of these assignments over the course of two days. (Saya akan mengerjakan beberapa tugas ini selama dua hari.)

Penutup

Itulah penjelasan tentang penggunaan when, while, during, since, for dan perbedaannya masing-masing. Dengan mempelajari materi di atas, kini kamu bisa membedakan kosakata tersebut. nah jika sudah faham selanjutnya baca juga artikel mengenai Perbedaan Because dan Because of ya! selamat belajar!

Tinggalkan komentar