35 Istilah Dunia Kerja dalam Bahasa Inggris Beserta Penjelasannya

Dalam dunia kerja, akan menemukan hal-hal baru yang sebelumnya belum Anda ketahui saat masih berada di bangku sekolah atau kuliah. Salah satunya adalah berbagai istilah dunia kerja dalam bahasa Inggris.

Apapun pekerjaannya, istilah-istilah tersebut akan sering Anda temui. Terutama jika Anda bekerja di perusahaan yang sudah menerapkan budaya kantor kekinian atau menggunakan teknologi canggih.

Dengan mengetahui istilah-istilah tersebut, tentunya akan memudahkan Anda untuk beradaptasi atau menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Bahkan, mengetahui istilah-istilah tersebut menjadi sebuah keharusan. Pasalnya, tak jarang seseorang tidak bisa menyelesaikan pekerjaannya dengan baik karena belum mengetahui istilah-istilah tersebut.

Tak perlu khawatir bila Anda belum mengetahuinya atau hanya mengetahui beberapa istilah saja. Kali ini Anda bisa belajar dengan mencoba menghafal dan memahami beberapa istilah-istilah berikut ini.

35 Istilah Dunia Kerja dalam Bahasa Inggris Beserta Penjelasannya
pexels.com

35 Istilah Dunia Kerja dalam Bahasa Inggris

Mungkin, dari beberapa istilah ini sudah begitu familiar di telinga Anda. Namun, bisa saja ada istilah yang benar-benar asing atau baru pertama kali mendengarnya. Menariknya lagi, istilah-istilah ini sering digunakan hanya dengan singkatannya saja.

Tidak hanya meminimalisir terjadinya kesalahan dalam bekerja atau membuat pekerjaan menjadi lebih lancar. Dengan mengetahui istilah-istilah ini juga dapat menambah vocabulary atau kosa kata dalam bahasa Inggris.

Semakin banyak memiliki vocabulary maka Anda akan semakin mahir berbahasa Inggris. Tak cuma itu, tetapi juga membuat proses komunikasi antara pegawai atau rekan kerja hingga atasan menjadi semakin mudah dan efektif.

Tak perlu berlama-lama lagi, berikut ini adalah beberapa istilah dunia kerja dalam bahasa Inggris yang bisa Anda pelajari. Simak sampai selesai, agar wawasan bahasa Inggris Anda semakin bertambah!

1. Minutes of Meeting

Minutes of meeting biasa disingkat menjadi MoM, merupakan catatan yang berisikan rangkuman atau ringkasan selama rapat berlangsung. Umumnya, saat rapat terdapat poin penting yang disampaikan oleh atasan atau pemimpin rapat. Para peserta rapat biasanya akan meminta minutes of meeting ini sebagai pengingat terkait hal penting apa saja yang menjadi evaluasi atas kinerja sebelumnya.

2. Allowance

Allowance merupakan istilah dunia kerja dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk menyebutkan tunjangan di luar gaji utama sebagai bentuk apresiasi atau imbalan dari perusahaan kepada karyawan atas performa kerjanya selama ini. Beberapa perusahaan memiliki berbagai macam allowance yang biasanya sudah tertera dalam kontrak kerja.

Jenis allowance tersebut misalnya, holiday allowance yakni tunjangan yang bisa Anda dapatkan untuk merayakan hari raya. Misalnya, Hari Raya Idul Fitri, Hari Raya Idul Adha, Natal, dan hari raya lainnya.

Selain itu juga ada overtime allowance yakni tunjangan saat Anda melakukan pekerjaan tambahan atau lembur. Kemudian, ada pula istilah meal allowance yakni tunjangan yang bisa Anda dapatkan berupa biaya makan selama berada di kantor.

3. Please Find Attach

Please Find Attach biasa disingkat PFA, istilah yang seringkali muncul ketika Anda melakukan pengiriman email kepada orang lain. Istilah ini akan muncul jika Anda menyertakan attachment atau lampiran dalam email tersebut. Dengan Anda menulis PFA atau Please Find Attach, penerima email akan menyadari bahwa isi dari email tersebut terdapat lampiran yang harus diperiksa.

4. Work From Home

Work From Home atau WFH merupakan salah satu istilah dunia kerja dalam bahasa Inggris yang sangat populer. Akibat pandemi Covid-19, istilah ini sering masyarakat gunakan.

Work From Home merupakan istilah yang bisa kamu gunakan untuk menyebutkan sistem bekerja dari rumah. Berbagai perusahaan menerapkan aturan WFH ini sebagai sistem kerja baru dan mencegah penularan Covid-19.

5. Bookkeeping

Bookkeeping merupakan istilah lain dari kegiatan pembukuan. Dalam kegiatan ini Anda bisa melakukan pencatatan segala bentuk transaksi atau masuk keluarnya uang kas perusahaan. Bila Anda bekerja dalam bidang akuntansi maka akan sering menemui istilah ini.

6. Conference Call

Conference call atau bisa Anda sebut dengan nama concall. Concall ini merupakan kondisi seseorang yang dapat melakukan pembicaraan dengan dua orang berbeda atau lebih dalam waktu bersamaan.

Bagi Anda yang ingin bekerja atau bergabung dalam conference call ini harus memiliki kemampuan berbicara yang baik dan benar. Pasalnya, pekerjaan Anda akan berkaitan dengan mendengarkan pembicaraan antar satu orang dengan lainnya dan bertukar informasi.

7. Overtime

Overtime merupakan istilah yang memiliki arti jam lembur. Saat bekerja kemudian ada rekan kerja yang menanyakan overtime atau OT Anda berapa, jangan bingung ya!

8. For Your Information

FYI atau For Your Information merupakan istilah yang bisa Anda gunakan untuk memberi tahu suatu informasi kepada orang lain. Sebenarnya istilah ini tidak hanya populer dalam dunia kerja saja, bahkan bisa Anda gunakan untuk kegiatan sehari-hari.

9. Clause

Clause merupakan klausal perjanjian yang memiliki ketentuan atau kesepakatan bersama antara kedua belah pihak. Dalam clause ini berisi tentang perjanjian kerjasama antar perusahaan atau juga bisa tentang perjanjian kerja.

Mengingat clause ini bersifat bersama, maka Anda perlu membacanya secara cermat dan menyeluruh. Dengan begitu, Anda tidak akan salah dalam mendapatkan informasi.

10. To Be Discuss

To Be Discuss atau bisa Anda singkat TBD merupakan istilah yang biasa orang gunakan untuk membalas kiriman email. Biasanya kiriman email tersebut berisikan tentang pekerjaan dari rekan kerja.

Bila mendapatkan kiriman email tersebut, itu artinya rancangan kerja atau plan yang Anda kirimkan sebelumnya perlu didiskusikan kembali dengan berbagai pihak terkait. Dengan begitu, rencana kerja tersebut bisa langsung diproses atau dieksekusi.

11. To Be Confirm

To Be Confirm merupakan istilah dunia kerja dalam bahasa Inggris yang masih berkaitan dengan To Be Discuss. TBC atau To Be Confirm ini merupakan pemberitahuan jika rancangan kerja yang Anda buat masih menunggu konfirmasi terlebih dahulu dari pihak terkait.

12. Four Your Action

For Your Action atau sering disingkat dengan FYA merupakan istilah yang bisa kamu gunakan untuk memberikan instruksi kepada rekan kerja atau kolega untuk mengerjakan atau menyelesaikan suatu pekerjaan. Arti lainnya, juga bisa memberikan tindakan terhadap suatu hal atau yang akan Anda beritahukan kepada rekan kerja.

13. Standard Operational Procedures

Standard Operation Procedures ini merupakan istilah yang sering Anda dengar dengan singkatan SOP. SOP ini merupakan cara atau prosedur kerja yang sudah tertulis dan wajib diikuti oleh semua pegawai perusahaan tersebut.

14. Collateral

Collateral ini merupakan istilah yang bisa Anda gunakan sebagai jaminan oleh banyak orang. Namun, bila Anda bekerja dalam dunia marketing istilah ini memiliki arti yang berbeda.

Dalam bidang marketing, collateral merupakan kumpulan media yang bisa Anda gunakan untuk melakukan promosi produk dari perusahaan. Anda perlu memahami perbedaannya, agar tidak salah mengartikannya.

15. Scope of Work

Scope of work merupakan istilah dunia kerja dalam bahasa Inggris yang bisa Anda gunakan untuk menyebutkan instruksi berisikan persetujuan kerjasama atau perjanjian antara perusahaan dengan influencer. Pemahaman istilah scope of work ini sangatlah penting, terutama bila Anda bekerja sebagai influencer. Pasalnya, dengan memperhatikan setiap detail scope of work, maka influencer dapat menghindari kesalahan yang dapat merugikan perusahaan.

16. Four Your Next Action

Sebelumnya, Anda sudah melihat pembahasan istilah Four Your Action atau FYA. Four Your Next Action atau FYNA ini tak jauh berbeda dengan FYA.

Sebenarnya, Anda bisa menggunakan FYA atau FYNA untuk memberikan instruksi kepada orang lain atau rekan kerja agar segera menyelesaikan pekerjaan tersebut. Soal penggunaannya, bisa sesuaikan menurut pengucapan yang paling mudah.

17. Head Quarter atau Head Office

Head Quarter merupakan kepanjangan dari HQ. Sedangkan Head Office merupakan kepanjangan dari HO. Keduanya memiliki arti yang sama yakni merujuk kepada kantor pusat sebuah perusahaan.

18. Copyright

Copyright merupakan istilah yang bisa Anda gunakan untuk menyebutkan hak cipta suatu karya. Dalam sebuah perusahaan istilah copyright ini bersifat melindungi produk atau karya dari kegiatan plagiarisme atau peniruan produk maupun karya orang lain. Istilah ini akan sering Anda temukan jika bekerja dalam media online, media cetak, hingga industri hiburan.

19. Workflow

Istilah dunia kerja dalam bahasa Inggris lainnya yang bisa Anda temukan yakni workflow. Workflow ini merupakan alur kerja seorang pegawai gunakan ketika menyelesaikan task. Dengan kata lain, workflow dapat menggambarkan urutan tugas atau pekerjaan secara berulang yang membentuk sebuah proses dalam bisnis.

20. Key Performance Indicators

Key Performance Indicators bisa Anda singkat dengan KPI. Istilah ini menjelaskan tentang berbagai pekerjaan yang perusahaan tetapkan pada awal tahun dan semacam target yang wajib untuk Anda capai.

Key Performance Indicators ini menjadi salah satu hal yang dinilai oleh atasan terkait bagaimana Anda dalam menyelesaikan pekerjaan. Jika Anda selalu mencapai KPI tersebut, ada kemungkinan untuk mendapatkan promosi atau naik jabatan.

21. Head Count

Head Count atau bisa Anda singkat dengan nama HC merupakan jumlah staf dalam sebuah perusahaan secara keseluruhan. Istilah ini akan sering Anda dengar jika perusahaan tengah memiliki suatu acara atau event penting.

22. Change Off

Change off merupakan tindakan saat pegawai meminta perubahan hari kerja ke hari lainnya dengan alasan kepentingan yang mendesak. Biasanya, para pegawai akan mengganti hari kerja tersebut pada hari libur seperti akhir pekan atau tanggal merah.

23. Pitching

Pada dasarnya, istilah pitching ini merupakan kegiatan atau usaha yang seseorang lakukan untuk memberikan keyakinan kepada orang lain. Dalam dunia kerja atau bisnis, proses pitching ini biasanya dilakukan oleh Anda yang berkarier dalam bidang sales maupun marketing.

Pitching ini memiliki berbagai tujuan. Bisa untuk memperoleh pendanaan, melakukan kolaborasi dengan perusahaan besar maupun tujuan lainnya. Secara garis besar, pitching ini merupakan proses seseorang menyakinkan satu orang atau perusahaan untuk mencapai tujuan yang sebelumnya sudah direncanakan.

24. Turnover

Turnover ini merupakan istilah yang bisa Anda gunakan untuk menjelaskan dinamika pegawai dalam suatu pekerjaan. Misalnya saja, berapa jumlah pegawai yang masuk dan keluar dalam perusahaan tersebut. Hal ini bisa Anda sebut sebagai jumlah turnover.

25. Cut Off

Bila Anda bekerja pada bagian keuangan atau finance, maka istilah dunia kerja dalam bahasa Inggris yang satu ini akan sering Anda jumpai. Cut off merupakan istilah yang mengarah pada tanggal dimana pegawai tidak bisa lagi melakukan input data keuangan yang harus bagian keuangan bayarkan.

26. Down Payment

Down Payment atau istilah yang umum Anda gunakan yakni DP. DP atau Down Payment merupakan pembayaran sebagian atau setengah dari total harga secara keseluruhan pada saat melakukan transaksi awal. Perusahaan yang menggunakan sistem pembayaran semacam ini akan mudah mengalokasikan anggarannya untuk bidang lain yang lebih penting.

27. As Soon As Possible

As Soon As Possible atau bisa Anda singkat sebagai ASAP merupakan istilah yang memiliki arti secepatnya. Bila rekan kerja Anda mengatakan to be confirm maka Anda bisa menjawabnya dengan ASAP. Sebenarnya, istilah ini tidak hanya bisa Anda gunakan dalam dunia kerja saja melainkan untuk kegiatan lainnya.

28. Follow Up

Istilah ini bisa Anda jumpai ketika membuka atau melihat email. Bila email yang Anda terima terdapat keterangan please, Follow Up, itu tandanya Anda harus menjelaskan atau mengerjakan sesuatu yang harus segera diselesaikan. Istilah Follow Up ini bisa Anda singkat menjadi FU.

29. Contract of Employment

Contract of employment merupakan istilah yang memiliki arti kontrak kerja yang biasanya akan Anda terima saat mendapatkan pekerjaan atau resmi menjadi pegawai sebuah perusahaan. Dalam contract of employment berisikan tentang beberapa peraturan dan hal-hal penting lainnya yang berkaitan dengan persetujuan kerja antara pegawai dan perusahaan.

30. Deduction

Deduction merupakan istilah dunia kerja dalam bahasa Inggris yang memiliki arti potongan yang dibebankan kepada pegawai. Perusahaan yang ada di Indonesia ini memiliki banyak deduction seperti deduction BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, Jaminan Pensiun, Jaminan Hari Tua, dan deduction lainnya.

31. Annual Leave

Annual leave istilah yang berarti cuti tahunan. Menariknya dari istilah ini, dulunya digunakan pada dunia militer.

Namun, seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi istilah ini sudah banyak digunakan oleh para pegawai kantoran. Setiap perusahan memiliki aturan annual leave yang berbeda-beda sesuai dengan kebijakan perusahaan tersebut.

32. Purchase Order

Bagi Anda yang seringkali membeli barang secara online, pastinya sering menemui istilah Pre Order atau PO. Namun, jika Anda berkecimpung dalam dunia kerja dan membeli sebuah barang maka istilah PO atau Purchase Order ini memiliki pengertian bukti pemesanan.

33. Jobsharing

Jobsharing merupakan istilah yang merujuk pada suatu jenis pekerjaan yang dikerjaan oleh dua orang dalam waktu bersamaan. Arti lainnya, jobsharing ini merupakan jenis pekerjaan fleksibel, yang mana dua orang tersebut biasanya berbagi posisi atau saling bekerja sama.

34. Framework

Framework merupakan kerangka kerja, biasanya Anda gunakan untuk membuat rencana kerja yang akan dilakukan. Baik itu dari mulai persiapan hingga eksekusi.

Istilah ini akan sering muncul jika Anda bekerja dalam bidang programer atau developer aplikasi. Framework ini Anda gunakan untuk menyusun fungsi kode serta plugin yang sesuai dengan konsep yang dibuat.

35. Remote Working

Remote working merupakan istilah dunia kerja dalam bahasa Inggris yang cukup terkenal sejak lama. Istilah ini merupakan kondisi kerja dari jarak jauh yang memungkinkan pegawai dapat bekerja dari mana saja selama dapat menyelesaikan pekerjaannya sesuai dengan deadline atau kesepakatan bersama.

Saat ini sudah banyak perusahaan yang menggunakan sistem kerja remote working. Dengan sistem pekerjaan ini bisa memungkinkan Anda untuk bekerja dari mana saja, baik itu dari rumah, hotel. Kafe, pantai maupun tempat lainnya.

Jika Anda ingin memiliki karir atau pekerjaan yang bagus, tentunya harus diiringi dengan kerja keras dan kesungguhan. Salah satu upaya yang bisa Anda lakukan adalah dengan mempelajari istilah dunia kerja dalam bahasa Inggris seperti tersebut. Bukan tidak mungkin dengan memahami istilah-istilah tersebut, Anda memiliki jenjang karir yang lebih baik. Jadi, selalu semangat untuk belajar bahasa Inggris ya!

Tinggalkan komentar