28+ Istilah dalam Bahasa Inggris yang Sering Digunakan

Bagi siapa saja yang pernah belajar bahasa, entah itu bahasa Indonesia, bahasa Inggris, bahasa Cina, bahasa Jepang, bahasa Korea, maupun bahasa lainnya, sering menemukan berbagai macam istilah yang digunakan setiap hari. Istilah dalam bahasa Inggris yang sering digunakan pun banyak kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Istilah bahasa ini bisa kita sebut sebagai idiom. Idiom ini merupakan serangkaian ungkapan yang terdiri dari gabungan frasa yang makna atau artinya telah menyatu maupun tidak mendapatkan tafsiran secara mentah. Namun, makna atau arti yang terkandung dalam istilah tersebut sesuai dengan penggunaannya.

Dalam bahasa Inggris, kita seringkali menjumpai berbagai istilah yang unik. Entah itu, dari film, maupun lirik lagu. Secara arti harfiahnya, bisa saja istilah dari film ataupun lagu tersebut terdengar tidak masuk akal. Meskipun demikian, orang-orang tetap saja menggunakannya, bahkan dalam percakapan sehari-hari.

Selain itu, istilah dalam bahasa Inggris bisa juga merupakan sebuah idiom yang memiliki makna lain. Maka dari itulah, kita perlu melakukan penafsiran khusus berdasarkan penggunaan umumnya. Dengan begitu, orang-orang tidak salah dalam mengartikannya maupun menggunakannya.

Istilah Dalam Bahasa Inggris yang Sering Digunakan
pexels.com

Istilah Dalam Bahasa Inggris yang Sering Digunakan Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Bahasa Inggris, telah menjadi salah satu bahasa yang ekspresif dan kita gunakan secara luas. Akan tetapi, dalam mempelajari istilah dalam bahasa Inggris tersebut, tak jarang pula membuat kita merasa frustasi.

Begitu pulalah kesan pertama yang bisa kita dapatkan saat mempelajari idiom. Penggunaan istilah dalam bahasa Inggris yang terlalu sering terutama dalam percakapan sehari-hari, menjadi hal yang wajar untuk kehidupan kita saat ini.

Bahkan, bukan tidak mungkin jika kita mendengar beberapa istilah sekaligus setiap kali ada perbincangan melalui acara televisi, film, musik, maupun lainnya. Bagi orang-orang yang masih belajar idiom, bisa saja membingungkan.

Kita mengatasi kebingungan tersebut dengan sangat mudah. Caranya, jangan mengartikan idiom tersebut secara langsung dan jangan panik. Idiom akan menjadi perangkat bahasa yang bisa kita gunakan dan menyenangkan bisa sudah menguasainya.

Selain itu, dengan idiom ini, perasaan ataupun pesan yang sangat luas hingga sulit sekalipun dapat kita jelaskan dan kita ungkapkan hanya dengan beberapa kata saja. Idiom ini pun banyak sekali jenisnya, mulai dari istilah gaul dalam bahasa Inggris, istilah slang, hingga istilah bahasa Inggris yang begitu familiar dalam lingkungan kerja.

Pada kesempatan kali ini, kita akan mencoba untuk mempelajari semuanya. Berikut ini adalah pemaparan tentang istilah dalam bahasa Inggris yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Feeling Under the Weather

Feeling under the weather ini merupakan istilah dalam bahasa Inggris yang sering kita dengar. Istilah ini merupakan sebuah ungkapan untuk menjelaskan kondisi yang sakit pada seseorang. Sehingga orang yang sakit tersebut tidak dapat mengajar di kelas.

2. Cross That Bridge When We Get There

Cross that bridge when we get there, merupakan istilah dalam bahasa Inggris atau idiom yang juga bisa kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Istilah satu ini sangat cocok untuk orang yang suka merasa cemas atau mencemaskan hal-hal yang sebenarnya belum tentu nyata. Arti atau makna dari istilah ini yaitu kita harus menghadapi masalah ketika masalah itu terjadi dan bukan sebelumnya.

3. Up In the Air

Up in the air ini menjadi salah satu istilah dalam bahasa Inggris yang cukup membingungkan, terutama bagi orang-orang yang baru pertama kali belajar. Namun, istilah ini sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Pertanyaan yang sering timbul saat mendengar istilah ini, seperti apa yang ada di angkasa, apakah itu burung, apakah itu awan, apakah itu debu, maupun pertanyaan lainnya.

Bukan itu, makna yang dimaksud dalam istilah tersebut, akan tetapi merujuk pada masalah atau rencana yang belum pasti dan masih dapat mengalami perubahan.

4. Face the Music

Istilah dalam bahasa Inggris yang sering digunakan berikutnya yakni face the music. Ketika kita mendengar istilah ini, bisa saja timbul pertanyaan seperti “Bagaimanakah caranya menghadapi sesuatu yang hanya dapat kita dengar?”

Namun, pada kata “Music” memiliki arti lain yakni tanggungjawab atau kenyataan. Jadi maksudnya, facing the music ini memiliki arti menghadapi konsekuensi dari kesalahan ataupun perbuatan kita.

5. To Lose Your Touch

Bila kita mendengar istilah ini, jangan langsung panik atau khawatir. Sebab, istilah ini tidak ada kaitannya dengan kehilangan indra peraba ataupun ujung jari kita.

Akan tetapi, ungkapan ini kita gunakan untuk memberikan penjelasan tentang keadaan atau kondisi seseorang yang kurang menyenangkan. Lebih tepatnya, menjelaskan keadaan seseorang yang berkurang kemampuannya dalam melakukan suatu hal bila dibandingkan dengan masa sebelumnya.

6. Hot Potato

Istilah satu ini bukan menggambar sebuah makanan yang pedas, panas, atau enak. Melainkan, istilah ini sering kita gunakan untuk menggambarkan sesuatu yang kontroversial, sensitif, atau sedang hangatnya menjadi pusat perhatian.

Biasanya, istilah ini kita gunakan untuk menceritakan sebuah rumor. Entah itu rumor dari artis tanah air hingga artis luar.

7. The Tables Have Turned

Istilah lainnya yang sering kita gunakan yakni the tables have turned. Istilah ini memiliki arti untuk mengungkapkan tentang suatu keadaan ataupun kondisi yang sudah berbalik.

8. Pull Yourself Together

Pull yourself together ini menjadi istilah yang sering kita gunakan. Fungsinya adalah sebagai himbauan supaya seseorang menenangkan dirinya. Dengan kata lain, istilah ini bisa kita gunakan untuk ungkapan yang memiliki makna “bersabar”.

9. Spill the Beans

Bila kita tengah membicarakan istilah dalam bahasa Inggris yang sering digunakan, maka spill the beans ini menjadi salah satunya. Istilah ini memiliki arti untuk meminta seseorang membagikan sebuah rahasia yang dimilikinya. Istilah ini bisa kita gunakan sebagai ungkapan ataupun imbauan.

10. Pull Some Strings

Pull some strings ini merupakan istilah yang berfungsi sebagai ungkapan tentang sesuatu atau seseorang yang melakukan atau mendapatkan hal tertentu melalui peran orang dalam.

11. Out of the Blue atau Out of Thin Air

Out of the blue atau out of thin air ini merupakan istilah yang sering kita gunakan. Istilah ini memiliki makna atau arti datang secara tiba-tiba.

Selain itu, istilah ini juga bisa menggambarkan sesuatu yang terjadi secara tiba-tiba. Istilah ini sama dengan ungkapan seperti tidak ada angin tidak ada hujan.

12. I’m Toast

I’m toast ini merupakan istilah yang terdengar kesal dan putus asa. Pasalnya, i’m toast ii merupakan istilah yang berarti “tamatlah riwayatku”. Sebagian orang yang menggunakan istilah ini artinya telah mengungkapkan atau mengekspresikan suatu kesialan maupun kesalahan yang fatal.

13. We Have Company

We have company ini merupakan istilah yang biasanya memiliki arti negatif atau kurang menyenangkan. Arti dari we have company ini adalah “kita kedatangan tamu.”

14. Not My Cup of Tea

Istilah dalam bahasa Inggris yang satu ini tidak hanya mengartikan perasaan tidak suka terhadap sebuah makanan atau minuman saja. Melainkan bisa kita gunakan untuk semua hal atau kegiatan, karena istilah ini memiliki arti “bukan seleraku”.

15. Cry Over Spilled Milk

Cry over spilled milk ini merupakan istilah yang kita gunakan untuk mengungkapkan perasaan atau ekspresi berupa penyesalan terhadap hal yang terjadi. Terutama penyesalan atau kesalahan yang kita lakukan di masa lalu.

Buruknya, hal itu tidak bisa kita ubah kembali. Istilah dalam bahasa Inggris ini sama seperti istilah dalam bahasa Indonesia, “nasi sudah menjadi bubur”.

16. When Pigs Fly

When pigs fly merupakan salah satu istilah dalam bahasa Inggris yang sering digunakan. Istilah ini seringkali kita gunakan untuk mengungkapkan atau mengekspresikan sesuatu yang tidak mungkin atau terlihat mustahil terjadi.

17. Bob’s Your Uncle

Bob’s your uncle ini merupakan istilah yang bisa kita gunakan dan memiliki fungsi seperti kalimat “there your have it”. Umumnya, istilah ini kita gunakan untuk mengekspresikan sesuatu yang berhasil kita dapatkan atau kita temukan atau kita selesaikan melalui penjelasan.

18. Once In a Blue Moon

Once in a blue moon ini merupakan istilah dalam bahasa Inggris yang kita gunakan untuk mengungkapkan tentang suatu hal. Baik itu hal yang jarang terjadi ataupun hal yang jarang kita lakukan.

19. Budge Up

Budge up ini merupakan istilah dalam bahasa Inggris yang sering digunakan saat meminta seseorang untuk memberikan kita tempat atau ruang. Misalnya, tempat atau ruang untuk meletakkan sepatu, maupun barang lainnya.

20. Drop a Clanger

Istilah dalam bahasa Inggris yang satu ini menggambarkan atau menjelaskan seseorang sedang membuat sebuah kesalahan yang memalukan. Misalnya saja, kita merasa melihat teman kita, dan kemudian langsung menggandeng tangannya.

Ternyata, saat kita melihat wajahnya, orang yang kita gandeng tersebut bukanlah teman kita. Saat kita berada di situasi ini, kamu bisa mengatakan istilah tersebut, “i dropped a clanger!”.

21. Dodgy

Mengetahui dan memahami istilah yang satu ini tak kalah pentingnya. Pasalnya, ketika kita mendengar seseorang menyebut sesuatu dengan istilah dodgy, maka ada baiknya kita waspada.

Misalnya saja, ketika sebuah makanan yang dodgy, maka harus segera kita buang. Sedangkan, orang yang dodgy, harus kita hindari. Sedangkan barang yang dodgy, harus kita kembalikan.

Begitu pula dengan tempat yang dodgy, maka tempat tersebut menjadi tempat yang berbahaya. Sehingga, kita harus menghindarinya dengan segera.

22. Daft

Istilah dalam bahasa Inggris yang sering digunakan ini, juga menjadi istilah yang populer. Pasalnya, memiliki arti yang konyol dan bodoh. Jadi, jika teman kita yang berpikir untuk melakukan hal-hal yang terlihat bodoh atau konyol, kita bisa cukup dengan mengucapkan “don’t be daft”. Dengan begitu, kita bisa mencegah teman kita untuk tidak melakukan hal konyol tersebut.

23. Cracking

Cracking merupakan istilah atau dapat menggambarkan seseorang atau sesuatu yang memiliki kualitas terbaik. Dalam istilah tersebut terdapat huruf g yang biasanya menjadi huruf sunyi.

Dengan arti lain, pengafalannya terdengar seperti crackin. Bila seorang perempuan mendapatkan julukan cracking, itu artinya memiliki penampilan yang sangat memukau.

24. Flexing

Flexing ini merupakan istilah dalam bahasa Inggris. Bila kita artikan, istilah ini bermakna pamer. Dengan kata lain, flexing ini bermakna seseorang yang memamerkan kekayaannya kepada orang lain. Namun, cara memarkan harta kekayaannya dengan melalui media sosial.

25. Picky

Istilah dalam bahasa Inggris lainnya yakni picky. Picky sendiri merupakan istilah yang berasal dari bahasa Inggris dan memiliki arti pemilih.

Orang yang memiliki sifat picky ini merupakan orang yang cenderung selektif dalam memilih atau mengambil keputusan. Mulai dari makanan, teman, atau bahkan pasangan hidup.

26. Cock Up

Cock up merupakan istilah yang biasanya kita gunakan ketika seseorang melakukan kesalahan. Istilah ini juga bisa kita gunakan untuk menggambarkan situasi yang penuh dengan kesalahan atau problem.

27. Chin Wag

Chin wag ini merupakan istilah dalam sebuah percakapan yang panjang dan menyenangkan antar teman. Jika ada teman kita yang mengatakan istilah tersebut, artinya ia mengajak kita untuk berbincang-bincang secara santai atau informal.

28. All Right?

Saat kamu mendengar istilah ini, bagi yang baru pertama kali biasanya akan merasa kebingungan. Padaha, istilah ini merupakan sapaan yang berarti hallo atau apa kabar.

Tak perlu bingung untuk menjawab sapaan tersebut. Pasalnya, kita hanya cukup dengan memberikan respon all right atau all right, mate?.

Istilah dalam Bahasa Inggris yang Sering Digunakan di Dunia Kerja

Istilah bahasa Inggris juga seringkali kita gunakan dalam berbagai kegiatan, terutama saat kita tengah bekerja. Dalam dunia kerja ada beberapa istilah bahasa Inggris atau idiom yang familiar kita dengar.

Pada dasarnya, sebagian orang memang mengetahui maksud istilah tersebut dengan jelas. Namun, bagi yang baru pertama kali gabung dalam dunia kerja atau baru pertama kali mendengarnya bisa saja keliru dalam memahaminya.

Maka dari itulah, supaya kita tidak menimbulkan miss communication atau salah tanggap antara rekan kerja hingga atasan, mari ketahui beberapa istilah dalam bahasa Inggris berikut ini.

1. Allowance

Istilah allowance ini memiliki arti tunjangan di luar gaji utama sebagai bentuk imbalan atau apresiasi yang diberikan oleh perusahaan atas performa kita selama bekerja. Sejatinya, allowance ini terdiri dari berbagai macam yang biasanya sudah disebutkan pada awal kontrak.

Dalam beberapa perusahaan, bisa memberikannya dalam bentuk holiday allowance, yakni tunjangan yang kita dapatkan saat kita merayakan hari raya. Selain itu, kita juga bisa mendapatkan overtime allowance yakni tunjangan ketika kita melakukan atau diminta untuk lembur, dan masih banyak lagi jenis allowance lainnya.

2. Turn Around Time

Turn around time ini merupakan istilah dalam bahasa Inggris yang sering digunakan. Istilah ini merujuk pada waktu pengerjaan yang kita butuhkan dalam menyelesaikan suatu proyek atau kegiatan.

Akan tetapi, istilah ini memiliki maksud pada waktu perkiraan penyelesaian proyek secara total. Sehingga bisa jadi waktu yang kita butuhkan lebih singkat atau lebih lama dari deadline yang sudah perusahaan tentukan.

3. Headhunter

Headhunter ini merupakan istilah bagi sebuah profesi yang mempunyai tugas untuk mencari dan menemukan kandidat terbaik untuk mengisi posisi kosong dalam sebuah perusahaan. Umumnya, profesi yang termasuk ke dalam posisi ini merupakan human resource atau talent.

Umumnya, istilah-istilah dalam bahasa Inggris tersebut atau idioms kita gunakan untuk mengekspresikan ide, nasehat, gagasan, kepada lawan bicara kita secara halus.  Istilah dalam bahasa Inggris yang sering kita pakai ini tidak boleh kita abaikan. Pasalnya, sering muncul dalam ujian tes TOEFL, terutama dalam materi listening.

Tak jarang pula, para peserta TOEFL merasa kesulitan ketika memahami perkataan narator. Sebagai salah satu cara tepat dan efektif untuk mengatasinya, kita harus menghafal dan memahami secara menyeluruh istilah dalam bahasa Inggris yang sering digunakan dari VisitPare.om tersebut dalam percakapan sehari-hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.