Perbedaan Simple Past dan Present Perfect, Ini Dia Penjelasannya!

Perbedaan Simple Past dan Present Perfect, Ini Dia Penjelasannya!

Ternyata ada perbedaan Simple Past dan Present Perfect yang mungkin belum banyak kita pahami, padahal keduanya jelas tidak sama. Namun tak jarang banyak yang masih bingung saat membedakan keduanya, padahal sangat penting untuk memahami perbedaan keduanya.

Meskipun keduanya memang sama-sama menggambarkan peristiwa masa lalu, nah hal ini lah yang membuat sebagian orang masih merasa bingung. Untuk itu sebaiknya Anda harus memahami dan mengetahui penggunaan keduanya dengan benar dan tepat.

Nah bagi Anda yang masih sering merasa bingung untuk membedakan keduanya ada baiknya untuk memahami pengertian keduanya. Karena dari pengertian ini Anda bisa dilihat perbedaan Simple Past dan Present Perfect

Karena tentunya memahami perbedaan keduanya sangatlah penting sebelum Anda menerapkannya dalam sebuah kalimat. Dengan perbedaan ini Anda jadi lebih mudah memilih penggunaan kalimat yang tepat untuk menjelaskan suatu peristiwa.

Makanya tidak ada salahnya untuk memahami perbedaan keduanya, terutama jika Anda Masih sering merasa bingung. Dengan ini Anda tidak akan merasa bingung lagi jika akan mengidentifikasi salah satu peristiwa mengenai simple past atau present perfect.

Perbedaan Simple Past dan Present Perfect, Ini Dia Penjelasannya!
pixabay.com

Perbedaan Simple Past dan Present Perfect

Biasanya simple past digunakan untuk legenda, fable, novel hingga berita, nah dari sini Anda bisa melihat perbedaan keduanya. Memang meskipun keduanya membahas peristiwa masa lalu namun dalam penggunaan tentu keduanya memiliki perbedaan.

Namun meski begitu tetap saja masih banyak yang beranggapan bahwa keduanya memiliki persamaan hanya karena sama-sama membahas masa lampau. Sehingga mereka sering salah dalam menggunakannya, makanya Anda memang benar-benar harus memahaminya sebelum menggunakannya untuk sebuah kalimat.

Karena tentu jika Anda tidak memahami perbedaan Simple Past dan Present Perfect terlebih dahulu Anda pasti akan merasa bingung. Makanya sangat penting untuk memahami perbedaan antara keduanya agar Anda tidak salah dalam menggunakannya.

Meskipun membedakan keduanya menjadi cukup sulit bagi sebagian orang, namun jika bersungguh-sungguh tentu banyak manfaat yang Anda dapat. Karena dengan memahami hal yang membedakan Simple Past dan Present Perfect Anda tidak perlu merasa kebingungan lagi saat menyusun kalimat.

Apalagi sebenarnya perbedaan simple past dan present perfect jika diberhatkan memang cukup mencolok. Nah, untuk itu tinggal bagaimana saja kita bisa memahaminya dengan baik sehingga menemukan perbedaan keduanya dalam menjelaskan sebuah peristiwa masa lampau dan masa kini.

Pengertian Simple Past

Perbedaan Simple Past dan Present Perfect ini juga terletak dalam pengertiannya. Simple past sendiri mengandung arti merupakan sebuah tenses yang menjelaskan tentang peristiwa masa lampau, namun tidak lengkap tentang penjelasan pekerjaan yang kita lakukan.

Simple past ini biasanya selalu menggunakan verb 2 atau kata kerja bentuk kedua dalam menjelaskan suatu peristiwa. Selain itu biasanya kata-kata keterangan waktu yang digunakan dalam simple past tenses menggunakan kata yang lebih spesifik.

Sehingga pembaca bisa mengetahui informasi dengan lebih jelas mengenai peristiwa tersebut kapan terjadinya. Misalnya kemarin atau hari ini, dengan tanda ini tentu Anda lebih mudah mengenali simple past tanpa harus menerjemahkannya dan memahaminya.

Selain itu penggunaan verb 2 pada simple past ini juga sudah cukup menjelaskan dan memudahkan Anda dalam membuat kalimat simple past. Sehingga Anda tidak perlu merasa bingung lagi saat ingin menggunakannya.

Misalnya seperti yesterday, last week, last moon, dan masih banyak lagi. Intinya simple past tenses ini tidak menggunakan kata-kata tertentu namun hanya ditandai dengan verb 2. Nah Anda harus benar-benar memahami hal ini, ketika Anda sudah paham pastinya akan mudah untuk menetapkan penggunaannya.

Simple past ini biasanya kita gunakan untuk menjelaskan peristiwa masa lalu dimana peristiwa tersebut terjadi di masa lalu dan selesai di masa lalu. Nah dari sini kita bisa menyimpulkan perbedaan Simple Past dan Present Perfect.

Pengertian Present Perfect

Untuk present perfect sendiri merupakan kalimat yang menjelaskan peristiwa masa lalu namun masih berhubungan dengan masa sekarang. Present perfect ini menggunakan verb 3, nah biasanya persitiwa present perfect ini akibat dan sebabnya masih bisa kita rasakan.

Di sinilah kita bisa tahu bahwa ada yang membedakan antara Simple Past dan Present Perfect. Biasanya present perfect ini ditandai dengan penggunaan has atau have serta verb 3. Selain itu, present perfect ini juga tidak menjelaskan secara spesifik mengenai penggunaan waktu dan kata keterangan yang menunjukan hal tersebut.

Perbedaan Simple Past dan Present Perfect biasanya menceritakan tentang peristiwa yang baru saja terjadi, sedangkan simple past tidak menceritakan peristiwa di masa depan. Dari sini tentunya sudah cukup terlihat perbedaan keduannya, sehingga Anda harus berhati-hati lagi dalam penggunaannya.

Selain itu biasanya present perfect ini juga menjelaskan mengenai peristiwa yang hingga saat ini masih dilakukan secara berulang-ulang. Singkatnya peristiwa tersebut terjadi mulai dari masa lampau dan terus berlanjut hingga masa kini.

Nah jika kalimat yang akan Anda ungkapkan menyangkut hal tersebut berarti kalimat tersebut merupakan present perfect. Nah untuk itu sebaiknya Anda terlebih dahulu mengidentifikasi hal tersebut sehingga Anda tidak salah dalam menggunakan keduanya.

Penggunaan Simple Past dan Present Perfect

Dari penjelasan diatas tentunya kita tahu mengenai perbedaan Simple Past dan Present Perfect, kita juga menjadi tahu bagaimana penggunaan keduanya. Jika simple past digunakan untuk menceritakan peristiwa masa lalu yang sudah terjadi dan selesai di masa lalu.

Maka present perfect menceritakan tentang peristiwa masa lalu namun terus berulang hingga masa kini. Dari sini tentunya Anda sudah cukup jelas mengerti mengenai penggunaan keduanya, karena memang penggunaan keduanya ini tidak bisa sembarangan.

Jika saja Anda salah menggunakan verb 2 atau 3 tentu nanti hal ini akan merubah struktur kalimat tersebut. Makanya ada baiknya jika anda mengidentifikasi kalimat yang ingin Anda ungkapkan apakah termasuk dalam simple past atau present perfect.

Karena memang keduanya ini memiliki perbedaan dalam hal penggunaan jika Anda salah tentu maknanya juga akan berbeda. Nah dari sini Anda bisa menyimpulkan bahwa kalimat yang mengandung simple past pasti tidak akan di ulang karena sudah selesai di masa lalu.

Sehingga biasanya hal ini tidak akan berdampak di masa depan atau tidak akan kembali di ulang di masa depan. Sedangkan untuk present perfect merupakan sebuah tenses yang terjadi di masa lalu namun berpengaruh untuk masa depan. Tentunya penggunaan Simple Past dan Present Perfect ini sangatlah berbeda sehingga Anda harus bisa memahaminya.

Ketentuan Simple Past dan Present Perfect

Dari segi ketentuan juga terdapat Pperbedaan Simple Past dan Present Perfect, keduanya ini memang memiliki perbedaan dalam ketentuan penggunaannya. Nah yang pertama simple present ini harus menggunakan verb 2 dalam kalimatnya, dan penjelasan peristiwa harus dijelaskan secara detail dan spesifik.

Untuk itu, ketika Anda menemukan sebuah kalimat yang menjelaskan peristiwa masa lalu dengan jelas waktunya dan menggunakan verb 2 berarti termasuk simple present. Dari sini Anda jauh lebih mudah untuk membedakan keduanya tanpa harus mengetahui struktur kalimatnya.

Sedangkan untuk present perfect ketentuan pengguna anaknya adalah menggunakan verb 3, dan tidak dijelaskan waktu peristiwa dengan lebih lengkap. Selain itu present perfect ini juga menggunakan kata lain selain verb 3 misalnya has dan have berbeda dengan simple present yang hanya memiliki penanda verb 2 saja.

Selain itu biasanya kedua jenis kalimat in juga tidak hanya bisa menjelaskan peristiwa masa lalu saja. Karena nyatanya perbedaan Simple Past dan Present Perfect ini juga bisa menjelaskan mengenai beberapa hal yang tentu penggunaannya akan berbeda.

Sehingga menggunakan present perfect dan simple present ini tidak bisa digabungkan, dan struktur kalimatnya haruslah jelas. Anda tidak bisa asal dalam menggunakan keduanya, karena hal ini pasti akan sangat salah dan merubah struktur kalimat tersebut.

Dari sini tentunya sudah cukup menjelaskan bahwa present perfect ini kurang menjelaskan peristiwa yang terjadi saat itu kapan dan dimana terjadinya. Nah untuk itu, ketika Anda menemukan kalimat seperti ini berarti kalimat tersebut termasuk dalam present perfect.

Contoh Kalimat

Tentunya jika hanya memahami perbedaan Simple Past dan Present Perfect Anda pasti kurang merasa paham untuk itu sebaiknya juga amati contoh kalimat keduanya. Sehingga Anda jauh lebih mudah dalam memahami perbedaannya dari contoh kalimat tersebut.

Dalam kehidupan sehari-hari penggunaannya tentu memiliki perbedaan yang mungkin sering kurang kita sadari. Untuk itu lebih baik jika Anda memahami masing-masing kalimat tersebut untuk melihat perbedaan keduanya.

Nah untuk itu berikut ini ada beberapa contoh kalimat yang bisa digunakan untuk menandai perbedaan keduanya. Dari kalimat ini juga sudah dijelaskan bahwa penggunaannya memang memiliki perbedaan sehingga Anda harus berhati-hati saat menggunakannya.

Contoh Kalimat Simple Past

Untuk kalimat past seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa penggunaannya menggunakan verb 2 dan menjelaskan waktu dengan spesifik. Untuk itu berarti kalimatnya menggunakan kata kerja bentuk ke 3 dan menjelaskan waktu terjadinya peristiwa dengan lebih spesifik.

Misalnya: Aku mengirimkan uang untuk ibuku bulan lalu

Nah dari kalimat tersebut tentunya sudah cukup menjelaskan bahwa peristiwa tersebut terjadi pada bulan lalu dan telah selesai di bulan lalu. Nah nantinya untuk kata mengirimkan harus ditulis menggunakan verb 2 uang berarti menggunakan imbuhan ed di belakang katanya.

Intinya simple past ini menjelaskan kapan tepatnya waktu peristiwa itu terjadi misalnya hari ini, besok, kemarin, satu tahun lalu dan masih banyak lagi. Bagian terpenting simple past ini tidak akan terjadi di masa depan dan tidak akan berpengaruh untuk masa depan.

Dari sini tentunya perbedaan Simple Past dan Present Perfect sudah terlihat jelas, sehingga Anda bisa mudah untuk membedakannya. Hal ini juga akan sangat membantu ketika Anda ingin mengungkapkan suatu peristiwa yang terjadi di masa lalu dengan mudah.

Contoh Present Perfect

Untuk present perfect sendiri biasanya menggunakan verb 3, imbuhan has dan have serta tidak menjelaskan dengan jelas mengenai waktu terjadinya peristiwa tersebut. Selain itu biasanya present perfect in akan kembali berpengaruh untuk masa depan.

Misalnya: aku belajar di sekolah selama 3 tahun

Nah dari sini tentunya Anda dapat melihat bahwa kalimat tersebut tidak menjelaskan dengan spesifik dan hanya menyebutkan waktu 3 tahun saja. Sehingga pembaca tidak tahu jangka waktu tiga tahun tersebut bermula dari kapan dan berakhir kapan.

Selain hal tersebut ketika Anda menemui kalimat yang menggunakan has atau have berarti kalimat tersebut menandakan bahwa kalimat tersebut termasuk present perfect. Makanya Anda harus berhati-hati dan benar-benar paham sehingga tidak salah dalam menggunakannya.

Perbedaan Simple Past dan Present Perfect ini memang sekilas tidak ada ketika Anda kurang dalam memahaminya, hal ini lah yang membuat seseorang lading merasa salah. Maka dari contoh ini Anda bisa menggunakannya untuk tahu lebih jelas mengenai perbedaan keduanya.

Fungsi Penggunaan Present Perfect

Mungkin dari kita tidak tahu mengenai fungsi dari penggunaan present perfect ini, padahal dalam penggunaannya tentu memiliki fungsi tersendiri. Biasanya present perfect ini berguna untuk menjelaskan suatu kejadian tersebut kita lakukan secara berulang,  hingga beberapa kali mulai dari masa lampau hingga saat ini.

Bahkan bisanya present perfect ni juga berfungsi untuk menjelaskan peristiwa yang terjadi pada masa sekarang. Sehingga hal ini cukup menjelaskan bahwa present perfect ini tidak hanya bisa Anda gunakan untuk membahas masa lampau saja namun juga bisa untuk masa sekarang.

Perbedaan Simple Past dan Present Perfect ini bisa dengan mudah kita perhatikan dari penggunaan dan fungsinya. Sehingga Anda jadi lebih mudah mengetahui dan tidak merasa bingung saat ingin menggunakannya.

Selain itu biasanya present perfect ini juga berfungsi untuk menjelaskan sebuah kalimat yang berasal dari orang lain. Sehingga biasanya juga menggunakan he said atau I thought, hal ini tentunya sudah cukup menjelaskan perbedaan Simple Past dan Present Perfect.

Selain itu biasanya present perfect ini juga bisa untuk menjelaskan sebuah harapan, sehingga tidak hanya menjelaskan masa lampau saja. Nah jika Anda ingin mengungkapkan harapan dengan present perfect biasanya menggunakan rumus if+ past perfect would, should, could, might+have+past participle.

Fungsi Simple Past

Dari beberapa perbedaan Simple Past dan Present Perfect tersebut, tentunya kedua kalimat ini memiliki fungsi masing-masing. Wah ternyata simple past ini tidak hanya bisa kita gunakan untuk menjelaskan peristiwa masa lampau saja, namun juga bisa menjelaskan beberapa hal.

Misalnya simple past ini bisa kita gunakan untuk menjelaskan sebuah fakta yang terjadi di masa lalu, misalnya dengan menggunakan this century. Selain itu simple past ini juga bisa kita gunakan untuk menjelaskan kebiasaan yang sering terjadi di masa lampau biasanya menggunakan used to.

Untuk rumusnya sendiri ternyata antara perbedaan Simple Past dan Present Perfect dalam simple past terdapat dua rumus. Pertama adalah penggunaan verb yang biasa kita sebut dengan verba dan tidak adanya penggunaan verb biasanya adalah nominal.

Tentunya kedua hal tersebut juga memiliki perbedaan dalam penggunaannya, sehingga Anda juga harus tetap berhati-hati. Jangan sampai Anda salah dalam menggunakan keduanya dan berakibat pada ketidaknyambungan kalimat yang Anda ungkapkan.

Sebenarnya mengetahui perbedaan Simple Past dan Present Perfect in nantinya akan sangat berguna bagi Anda dalam menjalani kehidupan. Terutama bagi Anda yang memang menggeluti dunia Bahasa Inggris ini, meskipun tidak mudah namun hal ini akan bermanfaat untuk kehidupan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.