8 Film Anak untuk Belajar Bahasa Inggris & Tips Belajarnya

Selain duduk dan mendengarkan guru di tempat les atau sekolah, ternyata ada metode untuk mempelajari bahasa asing dengan cara yang menyenangkan, lho. Terlebih, kalau anak mudah bosan ketika harus berkutat dengan buku. Nah, kini Anda bisa mengajak mereka nonton film anak untuk belajar bahasa Inggris.

Sebab, di samping mendapatkan ilmu, anak-anak akan sekaligus merasa terhibur. Cara ini cukup efisien bagi beberapa anak yang ingin belajar hal baru, termasuk bahasa. Karena alasan tersebut, inilah beragam film bahasa Inggris untuk anak yang dapat Anda gunakan dalam pembelajaran.

Film Animasi untuk Belajar Bahasa Inggris

Sudah menjadi rahasia umum jika animasi adalah salah satu di antara beragam genre film yang digandrungi anak-anak. Sebenarnya, tidak hanya anak, orang dewasa pun pasti menyukai film animasi. Di samping karena cerita yang menyentuh hati, sangat pas jika genre ini Anda jadikan sarana untuk mempelajari bahasa asing.

Karena target pasar utamanya semua umur, tidak heran jika bahasa yang digunakandalam film lebih mudah dipahami. Grammar dan juga vocabulary dalam film masih sangat simpel, bahkan bagi anak usia dini sekalipun.

Ini sebabnya, ada banyak orang dari segala usia yang memakai film animasi untuk belajar bahasa Inggris.  Nah, berikut adalah beberapa rekomendasi film yang bisa Anda tonton bersama anak-anak sambil belajar.

1. Inside Out

Film Inside Out

Menceritakan tentang perasaan dan emosi yang tertanam di dalam pikiran, Inside Out sangat sempurna untuk jadi media belajar bahasa Inggris. Sebab, di samping ceritanya yang sangat brilian, penggunaan grammar dan vocabulary-nya masih sangat simpel. Orang dewasa maupun anak-anak pun tidak akan kesulitan untuk memahami jalan ceritanya.

Ada beberapa karakter dalam film yang menggambarkan perasaan. Ada “Joy” yang artinya “senang”, “Sad” yang berarti “sedih”, “Fear” yang memiliki arti “takut”, serta “Disgust” yang artinya “jijik”. Dari nama karakternya pun, anak-anak bisa menghafalkan empat vocabulary baru.

Ini cocok sebagai pilihan film Disney untuk belajar bahasa Inggris. Anda dapat mengarahkan anak-anak untuk menemukan beragam kata yang memiliki hubungan dengan perasaan, memori, serta kepribadian. Lalu, supaya  mereka lebih familier, Anda bisa mengulangi beberapa frasa singkat yang karakter lontarkan.

2. Hotel Transylvania

Film Hotel Transylvania

Lalu, kalau Anda sedang mencari film Sony Pictures untuk belajar bahasa Inggris, satu di antara sekian pilihan terbaiknya yaitu Hotel Transylvania. Terlebih, bila anak-anak yang menyukai hal-hal “spooky” atau “mencekam”, namun tetap memiliki bumbu komedi dan unsur edukatif.

Di film ini, Anda dan anak-anak mempelajari beberapa kata baru. Misalnya, dari nama karakter Griffin The Invisible Man. Seperti bagaimana rupa karakternya, kata “the invisible man” berarti “manusia yang tidak dapat terlihat”.

Di film ini, kamu pun dapat mendengar kata lain. Seperti “human” yang memiliki makna “manusia” serta kata “werewolf” yang memiliki makna “manusia serigala”.

Selain jalan ceritanya yang menarik, Anda juga bisa mengenal nama beragam monster lain yang ada di dalam dongeng anak asal Amerika dan negara barat lainnya.

3. Finding Dory

Film Finding Dory

Kemudian, satu di antara sekian film pendek untuk belajar bahasa Inggris lainnya yang dapat Anda coba adalah Finding Dory. Terlebih, bila Anda dan anak-anak ingin tahu beragam kata dan frasa yang berkaitan dengan laut dalam bahasa Inggris. Sebab, fokus film ini yang paling utama yaitu ikan yang menjelajah lautan.

Anda dapat menemukan beragam jenis biota yang hidup di laut. Misalnya yaitu “shark” yang berarti “hiu”, “clown fish” yang berarti “ikan badut”, “coral” yang berarti “terumbu karang”, serta biota lainnya. Lalu, Anda juga bisa mempelajari beragam jenis frasa sederhana.

4. Madagascar

Film Madagascar

Mengumpulkan beragam vocabulary yang berhubungan dengan fauna juga sangat esensial. Satu di antara cara untuk dapat menghafalnya yaitu dengan melihat film Madagascar. Sebab, Madagaskar adalah film bahasa Inggris untuk pemula, termasuk  anak usia SD hingga TK.

Cerita ini berpusat di kebun binatang, di mana Anda dan anak-anak bisa menmukan beragam vocabulary baru yang berkaitan dengan fauna, seperti “jungle”, “lion”, “zoo”, dan sebagainya. Ini adalah film untuk belajar bahasa Inggris aksen Amerika yang pas bagi keluarga, terutama karena pronunciation dalam film ini mudah dipahami.

Film Non-Animasi

Di samping film kartun bahasa Inggris dan terjemahannya, ada beberapa film non-animasi yang juga cocok untuk anak-anak. Terutama, bagi kamu yang lebih suka menonton film live action daripada film kartun atau animasi.

Biasanya, film-film tersebut memang bergenre fantasi dan penuh dengan hal-hal yang magical. Hal-hal seperti ini sebenarnya sangat bagus untuk melatih imajinasi anak. Jadi, selain belajar bahasa, kreatifitas anak pun nantinya akan ikut terasah. Ini beberapa rekomendasi film bahasa Inggris untuk anak!

1. Mary Poppins Return

Film Mary Poppins Return

Sempat booming pada tahun 1964, film ini memiliki remake dan kembali pada tahun 2018. Ceritanya adalah tentang seorang pengasuh yang membawa kebahagiaan ini memang begitu menyentuh hati. Tidak heran jika anak-anak menyukai film ini.

Selain karena ceritanya yang sangat menarik, film ini juga menjadi satu di antara sekian favorit guru bahasa Inggris untuk mengenalkan bahasa Inggris ke anak-anak. Hal ini karena, selain pelajaran berharga, Anda dan anak-anak pun akan mendapatkan beberapa kata baru yang tidak kalah berharganya.

2. Harry Potter

Film Harry Potter

Nah jika Anda sedang mencari film untuk belajar bahasa Inggris aksen British, Harry Potter adalah salah satunya. Anda bisa perhatikan bagaimana para karakter mengucap kata dan kalimat. Terutama, karakter Hermione Granger yang memiliki aksen British yang sangat kental.

Misalnya, pada saat pengucapan mantra “Wingardium Leviosa”, satu di antara sekian quote populer dalam di dalam film tersebut. Karena alasan itu, tidak heran jika Harry Potter menjadi film fantasi anak yang bisa Anda tonton bersama anak-anak untuk belajar bahasa Inggris.

3. Beauty and The Beast

Film Beauty and The Beast

Siapa yang tidak kenal dengan para Disney Princess? Hampir semua anak pasti mengenal setidaknya satu di antara sekian karakter para putri tersebut. Sudah populer sejak tahun 90-an, kini ada banyak karakternya yang memiliki versi live action. Misalnya karakter Belle dalam film Beauty and The Beast.

Karena karakter di dalam film ini memiliki darah Perancis, tidak heran jika pelafalannya pun unik. Itulah satu di antara sekian alasan kenapa Beauty and The Beast sangat sempurna bagi Anda yang ingin belajar.

Sebab, di samping aksen Amerika dan aksen British, Anda pun perlu membiasakan diri untuk mendengar aksen lain.

Lalu, di film ini Anda pun akan mendengar beberapa lagu yang easy listening, bahkan bagi anak-anak yang baru belajar. Jadi, selain dialog, film ini juga memiliki lagu yang cocok  untuk belajar bahasa Inggris.

4. Christopher Robin

Film Christopher Robin

Bagi kamu yang menyukai petualangan, maka film Christopher Robin sangat sempurna  untuk Anda tonton sambil belajar. Hal ini karena kebanyakan dialog yang ada di dalam film sangat simpel sehingga anak-anak maupun orang dewasa yang sedang belajar pun akan lebih mudah paham.

Jadi, tidak heran jika ada banyak guru bahasa Inggris yang menggunakan film ini sebagai sarana pembelajaran.

Tips Belajar Bahasa Inggris dari Film

Tips Belajar Bahasa Inggris dari Film

Setelah mengetahui beragam film bahasa tersebut, Anda pasti ingin tahu bagaimana cara belajar bahasa Inggris dengan menonton film? Sebab, meskipun terlihat sangat mudah, namun aplikasinya ternyata tidak sesimpel itu.

Ada beberapa poin yang perlu Anda perhatikan agar hasil belajar ebih efektif dan maksimal. Maka dari itu, berikut adalah beberapa tipsnya!

1. Gunakan Subtitle agar Lebih Mudah Menghafalkan Vocabulary

Hal pertama yang perlu Anda cari ketika belajar sambil menonton adalah mengumpulkan kata-kata baru sebanyak mungkin. Karena alasan itu, Anda bisa menonton film bahasa Inggris dan artinya terlebih dahulu. Jika ada vocabulary baru, Anda bisa catat agar kata tersebut bisa dihafalkan.

Sebagai permulaan, Anda bisa fokus ke kata-kata yang mudah. Misalnya seperti nama hewan, kata yang menggambarkan perasaan, kalimat sederhana, dan lain-lain. Setelah itu, Anda bisa mencari kata yang lebih advance lagi. Jadi, pastikan jika subtitle film yang Anda tonton selalu on.

Kamu bisa mengulanginya untuk beberapa film. Cari kata baru, catat, lalu hafalkan. Begitu terus hingga Anda merasa vocabulary cukup untuk menonton tanpa subtitle.

2. Nonton Tanpa Subtitle agar Lebih Familiar

Apabila Anda merasa jika vocabulary sudah cukup banyak, Anda pun bisa mulai menonton film tanpa mengaktifkan subtitle. Ini merupakan satu di antara beragam langkah cepat belajar bahasa Inggris. Gunanya adalah agar Anda lebih fokus ke pelafalan, jadi dengarkan audio dengan benar.

Karena pada dasarnya, berbicara sebagai seorang native memang bukan langkah yang gampang. Namun, jika kamu terus menerus mendengarkan dialog bahasa Inggris dalam film, maka sedikit banyak cara Anda berbicara akan terpengaruh. Sehingga, Anda pun bisa lebih lancar berbicara bahasa Inggris.

Setelah lebih familier dengan cara native speaker berbicara, akan lebih mudah bagi Anda untuk mengerti apa yang mereka katakan. Karena, selain membaca, menulis, dan berbicara, mendengarkan pun merupakan satu di antara sekian poin esensial ketika belajar bahasa.

Setelah terbiasa menonton film tanpa subtitle, Anda pun akan secara otomatis terbiasa berkomunikasi dengan orang lain dalam bahasa Inggris.

3. Biasakan Menonton Film dengan Aksen yang Berbeda

Pada dasarnya, Inggris adalah bahasa Internasional yang penggunanya ada di hampir seluruh belahan dunia. Dengan kata lain, tidak hanya orang Inggris dan Amerika saja yang biasa menggunakan bahasa Inggris. Ada beragam negara lain yang juga secara aktif menggunakan bahasa ini.

Jadi, akan lebih baik jika Anda mulai mendengarkan dialog bahasa Inggris dalam beragam jenis aksen yang berbeda sedari kecil. Misalnya dialog dalam film. Ada Harry Potter dengan aksen British, Inside Out dengan aksen Amerika, dan juga Beauty and The Beast dengan aksen Perancis yang cukup kental.

Lalu, jika Anda ingin mendengar film dengan aksen khas Meksiko, kamu bisa mencoba untuk menonton film dengan judul “Coco”. Atau, jika Anda ingin aksen Italia, kamu bisa mencoba menonton film Luca. Lalu, ada juga film “How to Train My Dragon” yang memiliki aksen khas bangsa Nordik.

Selain untuk membiasakan diri, hal ini juga sebagai pengingat jika memiliki aksen itu adalah hal yang sangat normal dan lumrah. Jadi, Anda tidak perlu malu untuk mulai berbicara bahasa Inggris meskipun dengan aksen medok yang masih sangat kental.

Dengan bantuan film anak untuk belajar bahasa Inggris, harapannya adalah kemampuan dan kepercayaan diri akan meningkat. Jadi, ayo berlatih dari sekarang!

Tinggalkan komentar