Belajar Asking for Certainty untuk Menanyakan Kepastian

Sudahkah kamu belajar materi asking for certainty dalam pelajaran materi bahasa Inggris kelas 9? Kira-kira ungkapan tersebut dipergunakan untuk apa dan dalam situasi bagaimana?

Kata certainty memiliki arti ‘kepastian’. Dalam suatu percakapan, kamu pasti pernah menanyakan mengenai kepastian akan sesuatu. Misalnya, ibu menyuruhmu membeli beberapa barang di supermarket. Lalu kamu bertanya lagi kepada Ibu untuk memastikan kalau daftar barangnya sudah benar.

Bacaan Lainnya

Jadi asking for certainty adalah ekspresi untuk menanyakan kepastian kepada orang lain. Tujuannya supaya kamu tidak melakukan kesalahan dalam memahami sebuah informasi.

Bagaimana Caranya Menanyakan Sebuah Kepastian?

asking for certainty

Pada pelajaran asking for certainty kelas 9 terdapat bermacam-macam ekspresi atau ungkapan tersebut. Ada banyak cara menyampaikan pesan seperti dalam bentuk formal, kasual hingga santai. 

Biasanya kata-kata super santai tersebut sering digunakan saat kamu berbincang bersama teman sebaya. Tidak perlu ada norma kesopanan tinggi dalam percakapan ini, seperti saat berbicara kepada orang tua.

Bahasanya biasanya menyesuaikan dengan gaya slang atau bahasa gaul dan terkesan pendek seperti “Oh, really?!”. Akan tetapi, kalau kamu sedang berinteraksi dengan orang tertentu, sebaiknya memakai ungkapan expressing certainty formal. Misalnya kepada ayah, ibu, saudara yang usianya lebih tua, partner bisnis, rekan kerja, guru, hingga orang asing.

Supaya kamu bisa memakai contoh asking for certainty secara tepat, maka perhatikan expressions berikut!

Asking for Certainty Artinya
Are you sure?

Are you certain?

Apa kamu yakin?
Are you absolutely sure?

Are you positively sure?

Apa kamu betul-betul yakin?
Do you think so? Apa kamu berpikir demikian?
Are you really certain about that? Apa kamu betul-betul yakin dengan hal itu?
How do you sure? Bagaimana kamu bisa yakin?
Is it confirmed? Apakah itu benar?
Do you agree with this? Apa kamu yakin dengan ini?

 

Kalau kamu ingin memastikan sesuatu pada teman sendiri, maka bisa memakai ungkapan yang lebih kasual. Bisa saja menggunakan slang language atau bahasa gaul. Biasanya struktur grammarnya tidak diperhatikan. Namun lawan bicaramu pasti sudah mengetahui artinya.

Asking for Certainty Artinya
Okay, really? Oke, yakin?

Oke, benarkah?

Is it right? Benarkah itu?
Well, look no doubt? Baiklah, nggak ada keraguan kan?
Is that so? Apa itu benar?

Benarkah itu?

Is it joke? Kamu sedang bercanda?
You’re sure, aren’t you? Kamu yakin kan?
You sure? Yakin?

Kamu yakin?

 

Lalu Bagaimana Cara Menjawab Pertanyaan Tersebut?

asking for certainty

Kamu sudah mengetahui pengertian asking for certainty sekaligus contoh ungkapannya. Lalu, bagaimana cara menjawab ketika seseorang menanyakan tentng kepastian kepada kita?

Tentu saja ekspresi giving certainty sangat mudah. Kamu bisa menjawabnya secara pendek atau memberikan penjelasan. Tujuannya supaya orang tersebut semakin yakin dengan informasi yang ditangkapnya. Berikut ini beberapa jawaban yang bisa kamu berikan!

Expressions Artinya
Absolutely

Definitely

Tentu saja

 

Certainly Yakin sekali
I think so Aku pikir juga begitu
I am definitely sure Aku sungguh yakin
I am convinced of it

I am sure of it

Aku yakin akan hal itu
There is no doubt about that Tidak ada keraguan tentang hal itu
Trust me! Percaya sama aku!

Percayalah padaku!

I swear! Sumpah deh!
Of course! Tentu saja!
No doubt Yakin deh!

Tidak ada keraguan

Yes, it is confirmed Ya itu benar
Really sure! Sangat yakin!

 

Percakapan Singkat tentang Asking for Certainty

asking for certainty

Selain belajar cara menanyakan kepastian dalam bahasa Inggris, tentu saja kamu perlu berlatih untuk memperlancar speaking bahasa inggris. Semakin sering berlatih maka kamu akan terbiasa menggunakan berbagai ungkapan tersebut.

Pada akhirnya kemampuan berbahasa Inggris kamu menjadi lebih lancar. Dialog asking for certainty berikut ini tentang beberapa topik sehari-hari. Akan lebih baik kalau dipraktikkan bersama teman atau partner ngobrol.

1. Difficult Assignment

Rossy   : Hey. Do you know about Mr.Walse’s assignment? (Hey. Apa kamu tahu tentang tugasnya Pak Walse?)

Yumy   : Of course I know. Why do you ask? (Tentu saja aku tahu. Kenapa kamu bertanya?)

Rossy  : It is very difficult, isn’t it? He asked us to interview twenty people and ask them about global warming issues. (Itu sangat sulit kan? Dia menyuruh kita untuk mewawancarai 20 orang dan menanyakan isu pemanasan global)

Yumy   : Twenty people for an interview? Are you sure about that? (20 orang untuk wawancara? Kamu yakin tentang hal itu?)

Rossy : Definitely sure! (Tentu saja yakin!)

Yumy   : Oh my God! It should be very hard to find the people to be interviewed. (Ya Tuhan! Pasti sangat sulit menemukan orang untuk mau diwawancara)

2. Ghost

Petra : What happened to you? (Apa yang terjadi padamu?)

Liana : I saw a ghost last night! (Aku melihat hantu semalam!)

Petra : No way! Is it a joke? (Nggak mungkin! Kamu lagi bercanda?)

Liana : I am sure of it. I swear! (Aku yakin dengan hal itu. Aku bersumpah!)

Petra : So tell me, what did it look like? (Jadi ceritakan padaku, seperti apa bentuknya?)

Liana : I saw a girl with long black hair and wore a white dress. She was sitting near the swimming pool. (Aku melihat seorang gadis berambut hitam panjang dan mengenakan gaun putih. Dia sedang duduk di dekat kolam renang)

Petra : How do you sure that she was a ghost? (Bagaimana kamu bisa yakin kalau dia hantu?)

Liana : She suddenly flew and disappeared. Can you imagine that! (Dia tiba-tiba terbang dan menghilang. Bisakah kamu bayangkan itu!)

Petra : Creepy! (Menyeramkan!)

Penutup

Asking for certainty adalah ungkapan yang dapat kamu gunakan kalau sedang bingung. Namun, ungkapan ini juga bisa kamu gunakan ketika ingin memastikan suatu kebenaran, nah setelah tahu materi tersebut, jangan lupa baca materi Asking for Repetition dalam English Conversation juga ya! Selamat belajar!