Metode Pembelajaran Bahasa Inggris yang Mudah dan Efektif

Metode pembelajaran bahasa Inggris tentunya sangat kita butuhkan. Terutama bagi anda yang saat ini tengah belajar bahasa Inggris.

Dengan menggunakan metode pembelajaran yang tepat, maka segala kesulitan kita dalam memahami setiap materi bahasa Inggris dapat ditangani. Selain itu, proses pemahaman kita juga lebih cepat, sehingga tak butuh waktu lama untuk mahir berbahasa Inggris.

Menentukan metode yang paling tepat untuk belajar bahasa Inggris memang tidaklah mudah. Sebab, metode tersebut juga harus disesuaikan dengan kemampuan kita.

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa metode pembelajaran yang dapat anda gunakan. Anda dapat menentukan sendiri, metode mana yang paling efektif.

Metode Pembelajaran Bahasa Inggris

Penting untuk kita perhatikan bersama, penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat dapat membuat kita justru merasa kesulitan. Bahkan belajar bahasa Inggris dapat menjadi kegiatan yang sangat membosankan.

Maka dari itulah, menggunakan metode pembelajaran yang paling tepat merupakan hal yang sangat penting. Berikut ini adalah beberapa metode yang dapat membantu anda untuk belajar bahasa Inggris sesuai dengan kemampuan.

Grammar Translation Method (GTM)

Metode pembelajaran pertama kali yang dapat kita gunakan yakni Grammar Translation Method (GTM). Metode yang satu ini berkaitan dengan metode pembelajaran grammar bahasa Latin dan juga bahasa Yunani. GTM ini kita gunakan untuk membaca, menulis, dan berbicara latin.

Pada dasarnya, metode ini terdiri dari dua bagian. Bagian pertama, yakni aturan dan juga model pola. Sedangkan kedua, yakni kalimat yang akan diterjemahkan ke dalam dan juga diterjemahkan dari bahasa target.

Selain itu, metode ini juga termasuk pembelajaran aturan grammar, pembelajaran menggunakan aturan rumus dalam menerjemahkan kalimat, dan pembelajaran gramatikal kata. Grammar Translation Method (GTM) ini digunakan oleh Amerika Serikat pada tahun 1890.

Dalam metode pembelajaran bahasa Inggris yang satu ini, kosakata bahasa menjadi target. Kita dapat mempelajarinya melalui terjemahan secara langsung dari bahasa aslinya.

Setelah itu, hasil terjemahannya di diskusikan. Metode ini memiliki keutamaan apabila kita bandingkan dengan metode lainnya.

Salah satu keutamaannya yakni fokus pada terjemahan bentuk ketatabahasaannya. Selain itu juga metode ini fokus pada penghafalan kosakata.

Anda tak perlu khawatir, cara pembelajaran bahasa Inggris dengan menggunakan metode ini sangat sederhana. Metode yang satu ini hanya menggabungkan kegiatan pembelajaran grammar dan juga terjemahannya. Ketika anda belajar bahasa Inggris dengan metode ini maka hasil dari pembelajarannya tidak mampu menggunakan bahasa target untuk berkomunikasi.

Audio Lingual Method

Metode pembelajaran bahasa Inggris selanjutnya adalah Audio Lingual Method. Metode Audio Lingual Method ini merupakan sebuah metode pembelajaran bahasa Inggris yang mana guru akan mempraktekkan sebuah dialog pendek.

Dialog pendek tersebut belum dapat diterjemahkan oleh para siswanya. Guru akan lebih dulu memberikan instruksi kepada siswanya untuk mengikuti dialog tersebut.

Kemudian siswa akan menebak maksud dari dialog tersebut dari pose dialog, mimik, dan berbagai hal yang dipraktekkan oleh sang guru. Siswa juga akan diajak untuk menghafal dialog yang bahkan mereka tidak mengerti tulisan maupun artinya secara jelas.

Para siswa akan dipaksa berpikir untuk mengerti isi dialog dan juga menghafalnya dalam waktu yang singkat tanpa diperbolehkan membaca maupun menulisnya. Setelah siswa berhasil menghafal, maka barulah mereka akan diberikan kata kata yang ada di dalam dialog tersebut.

Kemudian siswa membaca dan kemudian mereka akan menulisnya. Selain dilakukan oleh guru dan murid, anda juga dapat menggunakan metode ini.

Anda bisa berpatneran dengan teman maupun saudara yang lebih mahir berbahasa Inggris. Partner anda akan berperan sebagai guru dan anda akan menjadi muridnya yang belajar bahasa Inggris.

Audio Lingual Method terbukti sangat efektif untuk membuat anda belajar bahasa Inggris secara cepat. Metode ini mengajarkan bahasa inggris dengan mendengar dialog tanpa mengetahui artinya.

Dengan metode pembelajaran bahasa Inggris ini untuk dapat mengetahui maksud dari dialog tersebut hanya dari gesture, pose dialog, dan juga mimik wajah. Setelah anda mendengar, kemudian anda diajak untuk berbicara dan juga menghafal dengan bekal mengetahui maksud kata tersebut tanpa arti yang jelas secara mendetail. Kegiatan membaca dan menulis anda baru akan dilakukan setelah anda mendengar serta berbicara.

Silent Way

Sebenarnya, Silent Way ini merupakan metode belajar matematika oleh Celeb Cattegno. Namun, metode yang satu ini juga sangat efektif ketika diterapkan pada pembelajaran bahasa Inggris.

Dalam metode Silent Way seorang guru akan menggunakan rods sebagai media untuk mengajarkan berbagai hal. Terutama mengenai tata bahasa dan berbicara bahasa Inggris. Rods yang digunakan oleh guru ini memiliki warna dan panjang yang berbeda.

Secara garis besar, metode ini memiliki konsep yang hampir sama dengan audio lingual method. Hal yang paling menarik dari metode ini adalah, para siswa akan diajak untuk membangun sense atau inner criteria yang membuat mereka memiliki kemampuan mendeteksi dan juga memperbaiki diri ketika terdapat kesalahan dalam menggunakan bahasa Inggris.

Community Language Learning (CLL)

Metode pembelajaran bahasa Inggris ini diperkenalkan dan dikembangkan oleh Charles A. Currandan beserta dengan teman temannya. Charles A. Currandan ini merupakan seorang spesialis dalam bidang Konseling.

Selain itu juga berprofesi sebagai seorang Profesor di universitas Loyoya Chicago. Community Language Learning (CLL) juga disebut dengan metode pembelajaran konseling.

Sebuah komunitas maupun kelompok pembelajaran bahasa menggunakan teori dari metode pembelajaran konseling untuk mengajarkan bahasa asing. Istilah konseling ini mengacu pada hubungan antara konselor dengan klien.

Dalam metode satu ini konselor adalah guru sedangkan klien adalah siswa. Community Language Learning atau CLL ini memberikan kita pandangan bahwa bahasa pembelajaran merupakan keseluruhan diri seseorang yang meliputi kondisi psikologinya antara lain seperti perasaan dan emosi.

Guru atau pengajar yang menggunakan metode ini menggunakan bahasa yang disesuaikan dengan kondisi dan situasi muridnya untuk menjelaskan materi bahasa Inggris. Metode ini sangat unik, yang mana cara penerapannya juga berbeda beda.

Para pengajar yang mengajarkan bahasa Inggris dengan menggunakan metode ini juga akan menyesuaikan dengan budaya, keadaan ruang kelas, dan tingkat kecakapannya. Dengan kata lain, guru hanya akan memberikan materi bahasa Inggris ketika suasana murid muridnya bersemangat dan dalam kondisi senang. Tak terkecuali dengan anda, ketika perasaan dan kondisi anda mendukung untuk belajar bahasa Inggris, maka akan lebih cepat untuk memahami setiap materi.

Total Physical Response

Total Physical response merupakan salah satu metode pembelajaran bahasa Inggris yang dapat anda gunakan. Pada metode ini, guru akan melakukan beberapa pekerjaan.

Misalnya saja, duduk, berjalan, memegang benda, menaruh buku, maupun menulis. Namun, sebelum guru melakukan kegiatan kegiatan tersebut, guru akan memerintah dirinya sendiri terlebih dahulu dengan instruksi dalam bahasa asing seperti bahasa Inggris.

Kemudian, hal tersebut akan dulang secara berulang kali. Setelah itu guru akan memberikan perintah kepada siswanya dengan perintah yang sama dengan dirinya.

Melalui perintah tersebut, siswa diharapkan mampu untuk melaksanakan perintah seperti contoh yang telah diberikan oleh guru. Selain itu, tentunya guru tidak melaksanakan perintah tersebut akan tetapi hanya memberikan koreksi maupun perbaikan.

Metode Pembelajaran Bahasa Inggris
Metode Pembelajaran Bahasa Inggris (alamrani.ma)

Metode Pembelajaran Bahasa Inggris Terbaru yang dapat Dipraktekkan di Rumah

Kelima metode yang sudah kami sampaikan sebelumnya, merupakan metode pembelajaran paling umum yang dapat anda lakukan. Namun, untuk menggunakan metode metode tersebut, anda harus memiliki seorang partner agar pembelajaran yang dilakukan memberikan hasil terbaik.

Kini anda dapat menggunakan metode pembelajaran terbaru dan bisa anda praktekkan sendiri di rumah. Bahkan tanpa keterlibatan orang lain, sehingga anda bisa belajar bahasa Inggris secara otodidak.

Selain itu, berkat kecanggihan teknologi, kini belajar bahasa Inggris tidak hanya terbatas pada ruangan pendidikan formal saja. Seperti sekolah formal maupun tempat kursus.

Kini sudah hadir berbagai macam metode pembelajaran yang sangat mudah dan juga lebih praktis untuk anda praktekkan di rumah. Anda dapat belajar bahasa Inggris setiap hari.

Jangan salah, metode metode terbaru tersebut juga terbukti lebih maksimal terutama dalam mengembangkan kemampuan berbahasa inggris. Metode tersebut juga bisa anda gunakan dimana pun dan juga kapan pun.

Sehingga, anda dapat belajar bahasa Inggris dengan materi sebanyak banyaknya dan juga sesering mungkin. Dengan begitu, anda dapat menguasai bahasa Inggris dengan lebih cepat.

Bukan hanya itu saja, metode pembelajaran terbaru ini juga lebih relevan dengan karakter anak anak muda seperti anda. Sehingga, proses pembelajaran akan terasa semakin menyenangkan dan materi yang kita pelajari juga lebih mudah untuk dipahami.

Pastinya anda sangat penasaran dengan metode terbaru tersebut bukan? Tak perlu berlama lama lagi, berikut ini akan kami paparkan selengkapnya untuk anda.  Seperti biasa, anda dapat memilih mana metode yang sesuai dengan kemampuan dan tentunya mana yang paling asik untuk anda gunakan.

Mengarang Bebas

Mengarang bebas merupakan salah satu metode pembelajaran bahasa Inggris yang sangat efektif. Terutama dalam melatih kemampuan grammar dan juga kosakata atau vocabulary bahasa inggris anda.

Tuangkan semua kreatifitas yang anda miliki. Anda dapat menulis apapun itu yang diinginkan dengan menggunakan bahasa Inggris.

Sebagai contoh, jika anda suka menulis cerpen, cobalah untuk menulis cerpen tersebut dengan menggunakan bahasa Inggris. Tidak perlu anda melakukannya setiap hari, gunakan waktu luang yang anda miliki kapan pun itu.

Selain itu, menulis cerpen dengan menggunakan bahasa inggris juga lebih bermanfaat untuk mengisi waktu luang anda. Dari pada anda hanya menonton TV ataupun bermain video game, lebih baik anda mengarang bebas bukan?

Tidak hanya itu saja, selain dapat melatih kemampuan berbahasa Inggris anda, menekuni bidang kepenulisan juga akan memberikan banyak manfaat kedepannya. Bahkan dapat membuka banyak peluang untuk masa depan anda yang lebih baik.

Cobalah anda memulainya dengan menulis cerita cerita yang sederhana terlebih dahulu. Anda juga bisa menuliskan pengalaman pengalaman pribadi anda dengan menggunakan bahasa Inggris.

Menulis pengalaman pribadi tentu saja tidaklah sulit sebagai awal dari tahap pembelajaran. Nah, anda jangan lupa juga untuk menyiapkan kamus sebagai alat bantu ketika anda merasa kesulitan untuk mengartikan berbagai kata tertentu ke dalam bahasa Inggris.

Setelah itu, secara berkala anda tunjukkan hasil tulisan tersebut kepada guru bahasa Inggris anda maupun keluarga hingga teman yang lebih mahir berbahasa Inggris. Mintalah mereka untuk memberikan koreksi dan evaluasi terhadap tulisan anda.

Sehingga anda dapat dengan segera melakukan perbaikan apabila terdapat kata maupun kalimat yang keliru. Ingat ya, agar anda berhasil belajar bahasa Inggris dengan menggunakan metode ini maka anda tidak boleh malas dan pastikan untuk selalu bersemangat.

Mengikuti Video Tutorial di Youtube

Metode pembelajaran bahasa Inggris terbaru berikutnya adalah dengan mengikuti video tutorial di Youtube. Anda dapat menemukan berbagai macam chanel yang menyajikan video video tutorial bahasa Inggris.

Menariknya anda dapat belajar menggunakan video tersebut tanpa berbayar alias gratis. Tutorial tutorial yang ada di Youtube dapat mengajarkan banyak hal kepada kita.

Mulai dari penyusunan kata atau sering kita sebut sebagai grammar dan cara pengucapan atau pronunciation bahasa inggris. Bahkan anda dapat menemukan materi mengenai gaya berbicara sehari hari yang terdiri dari penggunaan slang words.

Video tutorial yang ada di Youtube juga lebih menarik dan interaktif. Terutama jika kita bandingkan dengan menggunakan materi pelajaran bahasa Inggris dalam bentuk teks.

Bukan hanya itu saja, masih ada keuntungan lainnya yang bisa anda dapatkan dengan melalui metode pembelajaran mengikuti video tutorial di Youtube. Anda dapat mengakses segala materi dengan cepat dan praktis.

Selain itu, anda juga dapat memutar video tutorial tutorial tersebut kapan pun dan juga dimana pun dengan menggunakan ponsel pintar yang anda miliki. Dengan kemudahan inilah, belajar bahasa Inggris yang anda lakukan pun akan lebih menyenangkan dan semakin mudah.

Anda dapat menggunakan waktu luang untuk belajar bahasa Inggris tanpa harus mengganggu aktivitas anda yang lainnya. Silahkan anda memilih tutorial video belajar bahasa Inggris yang paling menarik dan unik agar semakin bersemangat serta tidak mudah bosan.

Berlatih dengan Berbicara Secara Spontan

Terdapat metode pembelajaran bahasa Inggris yang paling ampuh untuk anda. Terutama untuk melatih dan mengasah kemampuan menyusun kata atau grammar maupun pengucapan atau pronunciation.

Tak salah lagi yakni dengan membiasakan diri untuk berbicara menggunakan bahasa Inggris secara spontan. Meskipun metode ini terdengar cukup sulit untuk kita lakukan, sebenarnya metode ini dapat kita latih secara perlahan lahan dan juga bertahap.

Cara yang paling mudah untuk menggunakan metode yang satu ini yaitu dengan mencoba mendeskripsikan sesuatu. Anda dapat mendeskripsikan apa pun itu yang terlintas dalam pikiran anda.

Misalnya saja seperti buku, hujan, hewan peliharaan, hingga cita cita anda. Cobalah anda untuk menuangkan deskripsi tersebut baik secara verbal maupun spontan.

Pada tahap awal, anda pastinya akan mengalami kesulitan karena memang belum terbiasa berbicara spontan menggunakan bahasa Inggris. Tenang saja, setiap orang tentunya mengalami kesulitan pada awal pembelajaran mereka.

Maka dari itulah, anda jangan pernah berkecil hati ketika belum berhasil mencoba. Berusahalah terus menerus dengan sabar dan semangat, sebagai salah satu cara mudahnya anda dapat menyusun kata demi kata secara perlahan lahan.

Selain itu anda juga sangat diperbolehkan untuk menggunakan bantuan kamus jika mengalami kesulitan dalam menemukan kata kata tertentu. Selain menggunakan kamus, anda juga dapat memanfaatkan berbagai jenis aplikasi.

Itulah tadi berbagai macam metode pembelajaran bahasa Inggris yang dapat anda gunakan. Mulai dari metode pembelajaran secara umum hingga metode pembelajaran terbaru. Tentu saja, untuk memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik tidak dapat kita lakukan secara instan. Kita harus selalu belajar dan terus berlatih dengan bersungguh sungguh serta terjadwal. Sehingga impian kita untuk mahir berbahasa Inggris dapat segera terwujud.

Tinggalkan komentar