10 Cara Menjadi Guru Bahasa Inggris Online Anti Gagal

10 Cara Menjadi Guru Bahasa Inggris Online Anti Gagal

Menjadi seorang guru bahasa Inggris memang tidak mudah karena tidak dibudidayakan sebagai bahasa sehari-hari sehingga sulit dipahami siswa. Adanya pandemi seperti sekarang ini menuntut guru bahasa inggris untuk mengajar secara online sehingga banyak kendala yang dihadapi.

10 Cara Menjadi Guru Bahasa Inggris Online

Berikut merupakan cara menjadi guru bahasa inggris online yang baik:

1. Kuasai Teknologi

Seorang guru yang mengajar secara online wajib menguasai teknologi karena menjadi bekal utama ketika mengajar. Cobalah pelajari media yang digunakan untuk mengajar secara online seperti Zoom, G Meet, dan masih banyak lagi lainnya. Buat pula media presentasi yang menarik agar siswa semakin tertarik untuk menyimak penjelasannya di layar.

Guru yang gaptek akan mudah dibohongi oleh murid sehingga mempelajari teknologi saat ini memang harus dilakukan. Tidak sulit untuk mempelajari teknologinya karena banyak sekali panduan yang bisa diakses sehingga lebih paham dalam mengoperasikannya. Selalu pelajari teknologi terkini dalam mengajar agar bisa memberikan pembelajaran terbaik untuk murid-muridnya nanti.

2. Pilih Materi Yang Menarik

Selain menguasai teknologi, materi yang menarik pun akan semakin mudah untuk dipahami oleh murid sehingga pilihlah materi yang memang bagus untuk disampaikan. Apabila ingin menjelaskan suatu teks, maka pilihlah yang teksnya pendek dan topiknya mampu menggugah penasaran para murid sehingga banyak yang akan mendengarkannya.

Pembelajaran secara online memang sangat menguji guru karena tidak bisa memantau secara langsung perilaku dari murid. Jadilah guru yang tegas agar disegani oleh murid dan penyajian materi yang menarik pun tidak akan membuat bosan. Sesekali lemparkanlah pertanyaan agar ada interaksi antara kedua belah pihak sehingga tidak mengantuk ketika pembelajaran.

3. Kuasai Materi Dengan Baik

Menyampaikan materi melalui media online tentu tidak mudah karena ada banyak sekali penghambat yang bisa saja menghalangi tersampainya materi. Oleh sebab itu, menguasai materi merupakan bekal utama yang harus diperhatikan oleh guru. Apabila materinya sudah dikuasai dengan baik, maka lebih enak untuk menjelaskan kepada siswa sehingga siswa akan mudah paham.

Cobalah untuk memperdalam materi yang akan disampaikan dengan mencari literasi dari sumber lainnya. Bisa juga belajar melalui Youtube mengenai cara menyampaikan materi tersebut agar membuat siswa mudah memahaminya. Bisa pula belajar dengan yang sudah ahli dalam menerangkan materinya agar tidak monoton ketika di kelas online.

Vocabulary juga perlu diperhatikan karena guru bahasa Inggris pastinya akan lebih sering menggunakan bahasa asing tersebut ketika mengajar. Apabila menemukan kosakata baru segera pelajari kata tersebut dan cari pula persamaan katanya sehingga akan semakin banyak kata yang dikuasai. Hal ini penting agar semakin lancar dalam berbahasa Inggris.

4. Pelajari Metode Pembelajaran Yang Efektif

Cara menjadi guru bahasa inggris online yang selanjutnya adalah dengan mengenali metode yang tepat dan efektif dalam pembelajaran. Tentu saja metode pembelajaran ini berbeda dengan mengajar secara tatap muka sehingga harus kita persiapkan dengan baik. Guru bisa memilih sendiri ingin menyampaikan materi tersebut menggunakan WAG ataupun melalui Zoom.

Apabila materinya memang cukup sulit, maka akan lebih baik jika menggunakan Zoom karena guru bisa menyampaikan dengan cara presentasi. Murid pun bisa menanyakan kepada guru jika ada materi yang sulit. Pada akhir pembelajaran, guru bisa bertanya kepada murid mengenai materi yang diajarkan untuk menguji tingkat pemahaman siswa.

5. Tingkatkan Percaya Diri

Seorang guru harus memiliki rasa percaya diri ketika berhadapan dengan murid. Kurangnya rasa percaya diri akan membuat semua materi yang telah kita pelajari menjadi lupa. Mengajar tanpa bertatap muka secara langsung sebenarnya bisa membuat guru lebih percaya diri. Cara menjadi guru bahasa Inggris online ini pun harus terus kita perhatikan agar performanya tidak turun.

Berbagai cara pun bisa kita coba guna meningkatkan percaya diri yaitu dengan banyak berlatih menjelaskan di depan cermin dan banyak orang. Menguasai materi pun bisa meningkatkan kepercayaan diri seorang guru sehingga tidak boleh kita sepelekan begitu saja. Semakin lama menjelaskan di depan kelas, maka akan membuat guru semakin percaya diri.

6. Kuasai Public Speaking

Kemampuan dalam berbicara memang tidak mesti semua orang miliki, apalagi jika kita harus menggunakan bahasa Inggris yang terkenal sulit bagi sebagian orang. Terdapat trik dan tips tersendiri dalam berbicara agar bisa menarik orang lain untuk bisa mendengarkan. Salah satu yang paling penting adalah menggunakan gaya berbicara yang menarik dan bervariasi agar tidak membosankan.

7. Pandai Membuat Media Pembelajaran

Menjadi guru bahasa inggris secara online memang membuat kita untuk lebih pandai dalam mengelola pembelajaran agar siswa betah mempelajari materinya. Salah satu cara yang mampu kita praktekan sebagai guru adalah membuat media pembelajaran yang beda dari lainnya. Memiliki kemampuan dalam mengedit video ataupun membuat desain grafis yang menarik merupakan poin plus bagi seorang guru.

Manfaatkan keahlian yang ada untuk membuat video ataupun media pembelajaran berupa desain grafis yang menarik untuk materi. Tentu murid akan semakin tertarik untuk menyimak dan akan lebih bersemangat untuk belajar. Kemaslah materinya secara ringan saja yang terpenting murid tidak merasa kebingungan dalam mempelajari.

8. Beri Pekerjaan Rumah

Memberikan pekerjaan rumah kepada para murid merupakan hal yang sudah biasa. Nyatanya, cara menjadi guru bahasa inggris online ini terbukti efektif untuk membuat murid belajar lagi di rumah dan lebih paham mengenai materinya. Tidak perlu terlalu banyak dalam memberikan Pekerjaan Rumah karena murid pun akan merasa terbebani.

Alternatif yang bisa kita pilih adalah memberikan pekerjaan rumah yang mampu membuat murid berpikir secara kritis. Kaitkanlah Pekerjaan Rumah tersebut dengan keadaan sekitar agar murid bisa lebih peduli dengan lingkungan maupun orang-orang yang ada di sekitar rumahnya. Tugas tersebut pun memiliki 2 fungsi sekaligus yaitu agar memahami materi dan meningkatkan kepedulian.

9. Buat Murid Tertarik

Seorang guru bahasa Inggris tidak hanya bertugas untuk menyampaikan materi saja melainkan juga membuat murid tertarik untuk mempelajari hal lain. Cara menjadi guru bahasa inggris online berguna agar murid bisa mencari tahu sendiri apa yang ingin ia cari. Cobalah untuk memberikan fakta menarik mempelajari bahasa Inggris agar mereka lebih bersemangat untuk mempelajarinya.

10. Beri Pertanyaan Spesifik

Pertanyaan yang umum tentu akan terlalu mudah untuk murid sehingga perlu bagi seorang guru untuk memberikan pertanyaan yang spesifik. Fungsi dari pertanyaan yang spesifik ini adalah mampu membuat murid menjadi lebih berkonsentrasi dan tidak melewatkan materinya sedikitpun. Murid pun akan lebih kreatif dalam menyusun jawabannya.

Baca Juga: 9 Motivasi Jadi Guru yang Sangat Mulia

Itulah beberapa cara menjadi guru bahasa inggris online yang baik dan bisa kita contoh ketika pembelajaran sedang berlangsung. Pembelajaran secara online pun bukan menjadi penghambat bagi seorang guru untuk bisa membuat murid paham dengan apa yang akan kita sampaikan. Meskipun banyak hambatannya, namun selagi guru masih bisa menyiasati dengan baik maka bisa terlewati dengan mudah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *