Cara Membaca Jam dalam Bahasa Inggris, Simak di Bawah Ini

Cara Membaca Jam dalam Bahasa Inggris, Simak di Bawah Ini

Cara membaca jam dalam bahasa Inggris tentunya bisa dibilang gampang gampang susah. Meskipun kelihatannya mudah dan simple, faktanya masih ada yang salah ketika membacanya. Bahkan bagi sebagian orang mungkin membaca jam dalam bahasa inggris adalah hal yang membingungkan.

Cara Membaca Jam Dalam Bahasa Inggris
pixabay.com

Cara Membaca Jam dalam Bahasa Inggris yang Benar

Bahasa Inggris tentunya bukanlah hal yang asing lagi untuk didengarkan. Ketika sekolah pun terdapat mata pelajaran bahasa Inggris yang harus dipelajari juga dimasukkan ke dalam Ujian Nasional. Pertanyaan simple yang ada seperti “pukul berapa sekarang” pastinya akan dengan mudah menjawabnya dengan bahasa Indonesia, lantas bagaimana jika pertanyaan tersebut harus Anda jawab dengan bahasa Inggris?

Hal ini pastinya akan membingungkan sebagian orang yang kurang paham bahkan yang tidak mengerti tentang cara membaca jam dalam bahasa Inggris. Berikut ini adalah penjelasan tentang bagaimana cara untuk membaca jam dalam bahasa Inggris.

Sebelum menuju ke pembahasan perlu diketahui pula dalam cara membaca jam dalam bahasa Inggris ini memiliki berbagai macam cara untuk membacanya.

Istilah Jam dalam Bahasa Inggris

Dalam bahasa Inggris terdapat beberapa kata atau istilah untuk menyebutkan sesuatu, misalnya adalah dalam pengucapan waktu. Beberapa istilah tersebut yaitu:

  • Long hand yang berarti jarum panjang jam
  • Short hand yang berarti jarum pendek jam
  • Second hand yang berarti jarum jam detik
  • Alarm clock artinya jam beker
  • Hour artinya jam
  • Minute artinya menit
  • Second artinya detik.

Mengenal Angka dalam Bahasa Inggris

Sebelum mempelajari cara membaca jam dalam bahasa Inggris, hal pertama yang harus Anda pelajari yaitu angka dalam bahasa Inggris. Kenapa demikian? Hal ini karena angka adalah komponen utama jam.

Ketika membaca jam pun, dalam banyak bahasa pastinya yang diucapkan adalah angka. Hal ini lah yang membuat mempelajari angka dalam bahasa Inggris harus Anda lakukan sebelum mempelajari cara membaca jam dalam bahasa Inggris.

Untuk memperlancar membaca jam setidaknya Anda harus mengetahui angka 1 hingga angka 59 dalam bahasa Inggris. Ini dikarenakan angka–angka tersebut adalah jumlah jam dan menit yang disebutkan ketika akan membaca jam.

Contohnya yaitu jam lima lebih tiga puluh tiga menit, jam satu lebih tujuh belas menit dan lain sebagainya.

Penggunaan “O’clock”

O’clock merupakan kependekan dari of the clock, yang dalam bahasa Indonesia berarti tepat. Tepat di sini yaitu ketika jarum panjang jam menunjukan angka 12 atau dalam tulisan pada bagian menit menunjukan angka 00. Cara membaca jam dalam bahasa Inggris dengan cara ini yaitu dengan mengucapkan jam nya terlebih dahulu kemudian diikuti oleh o’clock.

Misalnya :

  • Pukul 09:00 baca “nine o’clock” artinya pukul 9 tepat
  • Jam 10.00 baca “ten o’clock” artinya pukul 10 tepat
  • Pukul 12.00 baca “twelve o’clock” artinya pukul 12 tepat
  • Jam 04.00 baca “four o’clock” artinya pukul 4 tepat
  • Pukul 05.00 baca “five o’clock” artinya pukul 5 tepat
  • Jam 06.00 baca “six o’clock” artinya pukul 6 tepat
  • Pukul 07.00 baca “seven o’clock” artinya pukul 7 tepat
  • Pukul 08.00 baca “eight o’clock” artinya pukul 8 tepat

Penggunaan “Quarter Past”

Quarter past dalam bahasa Indonesia yaitu lebih lima belas menit, ketika jarum panjang jam berada di angka 3. Penggunaan quarter past ini untuk menunjukan waktu lebih 15 menit. Cara membaca jam dalam bahasa Inggris ini dengan menyebutkan quarter past terlebih dahulu kemudian diikuti angka jam. Dapat juga menambahkan “a” sebelum kata quarter.

Misalnya:

  • Pukul 09.15 baca “quarter past nine” artinya pukul 9 lebih 15 menit.
  • Jam 10.15 baca “quarter past ten” artinya pukul 12 lebih 15 menit
  • Pukul 03.15 baca “quarter past three” artinya pukul 3 lebih 15 menit
  • Jam 02.15 baca “a quarter past two” artinya pukul 2 lewat 15 menit
  • Pukul 04.15 baca “quarter past four” artinya pukul 4 lebih 15 menit
  • Jam 01.15 baca “quarter past one” artinya pukul 1 lebih 15 menit
  • Pukul 11.15 baca “quarter past eleven” artinya pukul 11 lebih 15 menit
  • Jam 08.15 baca “quarter past eight” artinya pukul 8 lebih 15 menit
  • Pukul 12.00 baca “quarter past twelve” artinya pukul 12 lebih 15 menit

Penggunaan “Quarter To”

Jika quarter past adalah lebih 15 menit, maka quarter to kebalikannya yaitu kurang 15 menit, saat jarum panjang jam menunjukkan angka 9. Penggunaan quarter to ini untuk menunjukkan waktu kurang 15 menit.

Cara membaca jam dalam bahasa Inggris ini dengan mengucapkan quarter to terlebih dahulu kemudian diikuti oleh angka jam setelahnya. Di depan quarter juga dapat ditambahkan huruf “a”

Misalnya:

  • Pukul 09.45 baca “quarter to ten” artinya pukul 10 kurang 15 menit
  • Jam 08.45 baca “quarter to nine” artinya pukul 9 kurang 15 menit
  • Pukul 06.45 baca “quarter to seven” artinya pukul 7 kurang 15 menit
  • Pukul 03.45 baca “a quarter to four” artinya pukul 4 kurang 15 menit
  • Jam 10.45 baca “a quarter to eleven” artinya pukul 11 kurang 15 menit
  • Pukul 06.45 baca “a quarter to seven” artinya pukul 7 kurang 15 menit
  • Pukul 02.45 baca “a quarter to three” artinya pukul 3 kurang 15 menit
  • Jam 3.35 baca “a quarter to four” artinya pukul 4 kurang 15 menit

Penggunaan “Half Past”

Half Past dalam bahasa Indonesia yaitu lebih 30 menit, saat jarum panjang jam menunjuk angka 6. Perlu Anda ketahui juga bahwa dalam membaca 30 menit ini tidak ada “half to.” Cara membaca jam dalam bahasa Inggris yaitu dengan mengucapkan half past terlebih dahulu baru kemudian mengucapkan angka jam.

Misalnya:

  • Pukul 07.30 baca “half past seven” artinya pukul 7 lebih 30 menit
  • Pukul 06.30 baca “half past six” artinya pukul 6 lebih 30 menit
  • Jam 09.30 baca “half past nine”artinya pukul 9 lebih 30 menit
  • Pukul 10.30 baca “half past ten” artinya pukul 10 lebih 30 menit
  • Pukul 11.30 baca “half past eleven” artinya pukul 11 lebih 30 menit
  • Jam 12.30 baca “half past twelve” artinya pukul 12 lebih 30 menit
  • Pukul 01.30 baca “half past one” artinya pukul 1 lebih 30 menit
  • Pukul 02.30 baca “half past two” artinya pukul 2 lebih 30 menit

Cara Lain Menggunakan “Past” dan “To” atau “After” dan “Before”

Sama dengan yang dijelaskan sebelumnya past berarti lebih dan to berarti kurang. Begitu pula dengan after yang berarti sesudah dan before yang berarti sebelum. Dua kata baru tersebut merupakan gaya yang orang Amerika gunakan.

Bagian yang membedakan dengan cara membaca jam dalam bahasa Inggris sebelumnya yaitu cara ini menambahkan kata minutes yang berarti menit setiap kali membacanya, kecuali angka yang merupakan kelipatan angka 5.

Contoh Penggunaan “Past” atau “After”

Pukul 02.29 baca “twenty nine minutes past two” atau “twenty nine after two” yang artinya pukul 2 lebih 29 menit

Pukul 09.20 baca “twenty past nine” atau “twenty after nine” yang artinya pukul 9 lebih 20 menit. Dalam kasus ini, kata “minutes” yang seharusnya berada pada sebelum kata past atau after tidak ada karena angka 20 merupakan kelipatan angka 5.

Aturan cara membaca jam dalam bahasa Inggris ini juga berlaku untuk angka-angka kelipatan 5 yang lain seperti 5, 10, 15, 20, 25, 30, 35 dan seterusnya.

Pukul 05.30 baca “thirty past five” atau “thirty after five” yang artinya pukul 5 lebih 30 menit. Dalam kasus ini, 30 menit hanya berlaku untuk “past” atau “after” dan tidak berlaku untuk “to” dan “before”

Pukul 06.30 baca “thirty past six” atau “thirty after six” yang artinya pukul 6 lebih 30 menit.

Contoh Penggunaan “To” atau “Before”

Pukul 02.32 baca “twenty eight minutes to three” atau “twenty eight minutes before three” yang artinya pukul 3 kurang 28 menit.

Pukul 07.50 baca “ten to eight” atau “ten before eight” yang artinya pukul 8 kurang 10 menit. Ingat bahwa 50 merupakan angka kelipatan 5 sehingga tidak menggunakan kata “minutes”.

Perlu diperhatikan juga bahwa kata “past” dan “after” penggunaannya hanya untuk 1 menit hingga 30 menit. Sedangkan kata “to” atau “before” penggunaannya hanya untuk 31 menit hingga 59 menit. Selain memakai kosa kata “before” orang Amerika juga memanfaatkan kata “of”atau “till”

Misalnya:

Pukul 04.39 baca “twenty one minutes of five” atau “twenty one minutes till five” yang berarti pukul 5 kurang 21 menit.

Cara Paling Mudah Untuk Membaca Jam dalam Bahasa Inggris

Ini merupakan cara membaca jam dalam bahasa Inggris yang paling mudah dalam pengucapan dan pemahamannya, akan tetapi cara membaca ini tergolong kurang formal. Pengucapan jam dengan cara ini yaitu cukup dengan mengucapkan angka jam dan menit secara berurutan.

Ucapkan angka jamnya terlebih dahulu baru kemudian mengucapkan angka menitnya.

Misalnya:

Pukul 01.49 baca “one fourty nine”

Jam 03.17 baca “three seventeen”

Pukul 08.07 baca “eight oh seven”. Dalam kasus satu ini angka 0 juga dibaca, tetapi bukan dibaca “zero” melainkan “oh” sama seperti menyebutkan huruf “o”.

Penggunaan A.M. dan P.M.

Cara membaca jam dalam bahasa Inggris dengan menggunakan “A.M.” dan “P.M.” Keduanya pasti sudah tak asing lagi bukan? Untuk Anda yang belum tahu “A.M.” adalah kependekan dari “Ante Meridiem” sedangkan “P.M.” merupakan singkat kata dari “Post Meridiem”

Penyebutan waktu dalam bahasa Inggris tidaklah menggunakan format 24 jam, tetapi hanya 12 jam dengan menyebutkan A.M. atau P.M.

Penggunaan A.M. untuk menyebutkan jam mulai dari dini hari pukul 00.00 hingga pukul 12 kurang 1 menit (11.59). Sedangkan penggunaan P.M. untuk menyebutkan waktu mulai pukul 12 siang tepat (12.00) hingga satu menit sebelum tengah malam pukul 00.00.

Cara membaca jam dalam bahasa Inggris ini, dengan menggunakan cara paling mudah seperti yang telah dibahas. Cara membaca jam dengan menggunakan A.M. dan P.M. ini juga merupakan cara yang banyak digunakan oleh orang-orang.

Misalnya:

Pukul 03.15 a.m. dibaca “three fifteen a.m.” bukan dibaca “fifteen past three a.m” atau “quarter past three a.m.”

Pukul 11.46 p.m. dibaca “eleven fourty five p.m.” bukan dibaca “fourteen minutes to twelve p.m.”

Contoh Menanyakan Waktu dan Menjawabnya

Setelah mengetahui cara membaca jam dalam bahasa Inggris, maka berikut ini adalah beberapa contoh menanyakan waktu dan menjawabnya dalam bahasa Inggris.

Pertanyaan: “can you tell me the time?” artinya bisakah kamu memberitahuku sekarang pukul berapa?

Jawaban: “it’s a quarter past three” artinya sekarang pukul 3 lebih 15 menit

Pertanyaan: “May i know the time?” artinya bolehkah aku tahu pukul berapa sekarang?

Jawaban: “Now is seven P.M” artinya sekarang pukul 7 malam.

Pertanyaan: “What time is it?” artinya pukul berapa sekarang?

Jawaban:  “it’s seven minutes to five.” artinya Sekarang pukul lima kurang tujuh menit.

Pengaplikasian Dalam Teks

Contoh 1, penggunaan “at”

Untuk menunjukkan waktu tengah hari dan malam hari menggunakan kata”at”, misalnya:

“The bus will arrive at twelve o’clock” yang artinya adalah bus akan sampai tepat pukul dua belas.

“The bus will arrive at midday” artinya adalah bus akan sampai tengah hari.

“I will sleep at midnight” artinya adalah aku akan tidur tengah malam.

Contoh 2, penggunaan “in”

Dalam menunjukan pembagian waktu pagi hingga sore menggunakan kata “in”, misalnya:

“She goes to school in the morning” artinya adalah dia (perempuan) berangkat ke sekolah pada pagi hari.

“She goes home in the afternoon” artinya dia (perempuan) pulang pada sore hari.

Membaca jam dalam bahasa Inggris sendiri merupakan sebuah percakapan sehari-hari yang simple dan mudah. Oleh karena itu penting untuk mengetahui cara membaca jam dalam bahasa Inggris. Hal ini juga dapat bermanfaat bila mana Anda bertemu dengan orang dari luar negeri yang menanyakan perihal jam kepada Anda maka Anda dapat menjawabnya dengan mudah.

Nah, begitu pula sebaliknya, jika Anda bepergian ke luar negeri dan bertanya pada seseorang mengenai jam, Anda akan mengerti maksudnya.

Manfaat Belajar Bahasa Inggris

Selain beberapa manfaat dari cara membaca jam dalam bahasa Inggris di atas, memahami dan mempelajari bahasa Inggris sendiri memiliki beragam manfaat. Berikut ini adalah manfaat dari belajar bahasa Inggris yang dapat Anda peroleh:

  1. Menambah pengetahuan

Dengan mempelajari bahasa asing tentu saja akan menambah pengetahuan bagi diri sendiri. Apalagi jika mempelajari bahasa Inggris yang merupakan bahasa universal yang ramai digunakan.

  1. Dapat mempermudah untuk berkomunikasi dengan orang lain

Manusia merupakan makhluk sosial yang pastinya banyak menjalin hubungan dan berkomunikasi dengan sesama manusia lainnya. Maka dari itu, dengan bahasa Inggris maka akan lebih memudahkan untuk berkomunikasi dengan orang lain di seluruh dunia, mengingat bahasa Inggris ini merupakan bahasa universal yang banyak orang di seluruh dunia menggunakannya.

  1. Memberi rasa aman ketika liburan di luar negeri

Untuk Anda yang menyukai liburan di berbagai negara, bahasa Inggris pastinya bahasa yang wajib Anda kuasai. Apalagi jika Anda sering bepergian ke luar negeri. Dengan menguasai bahasa Inggris maka komunikasi dengan orang asing akan lebih lancar.

  1. Dapat menjadi profesi

Dengan menguasai bahasa Inggris, maka Anda dapat berkesempatan mendapatkan pekerjaan yang berhubungan dengannya. Contoh pekerjaan itu seperti dapat bekerja sebagai translator, tour guide, jurnalis, pramugari, dan lain sebagainya.

Penutup

Itulah sedikit pembahasan tentang cara membaca jam dalam bahasa Inggris dan manfaat belajar bahasa Inggris. Sebenarnya belajar bahasa Inggris ini tidaklah sulit. Jika terus belajar dengan rajin maka lama kelamaan Anda dapat terbiasa dan dengan dengan mudah membaca jam dalam bahasa Inggris.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.