10 Jurusan Yang Kerja di BUMN, Terbaik dan Terfavorit 2022

10 Jurusan Yang Kerja di BUMN, Terbaik dan Terfavorit 2022

Setiap tahun, BUMN di Indonesia membuka lowongan kerja dari berbagai latar belakang pendidikan, dimulai dari latar belakang pendidikan SMK hingga S2. Perlu diketahui bahwa BUMN biasanya hanya membuka lowongan untuk jurusan kuliah tertentu. Terdapat 10 jurusan yang kerja di BUMN dan menjadi jurusan perkuliahan yang paling banyak diminati. 

10 Jurusan Yang Kerja di BUMN, Terbaik dan Terfavorit 2022!

Perusahaan BUMN menjadi salah satu tempat kerja yang banyak diminati karena jenjang karir yang bagus dan gaji yang meyakinkan. Setiap tahun, ribuan bahkan ratusan ribu pencari kerja bersaing untuk dapat bekerja di BUMN. Para pencari kerja dari berbagai jurusan terbaik kampus di Indonesia juga turut bersaing untuk mendapatkan posisi atau jurusan yang kerja di BUMN.

1. Jurusan Ilmu Komunikasi

Jurusan satu ini merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang penyampaian pesan atau informasi kepada masyarakat secara efektif. Selain itu, jurusan ini juga belajar untuk memanfaatkan teknologi seperti perkembangan internet dan media. Jurusan Ilmu Komunikasi banyak menghasilkan bibit unggul untuk masuk ke dalam dunia kerja. Maka dari itu, tidak heran jika jurusan yang kerja di BUMN banyak diminati. 

Salah satu program studi unggulan dari jurusan Ilmu Komunikasi adalah public speaking. Program studi ini sangat bermanfaat untuk dipakai di lapangan kerja, karena  tujuan dari program studi ini adalah untuk menyampaikan pesan atau informasi secara efisien. Keunggulan dalam hal soft skills dan hard skills, membuat para lulusan Ilmu Komunikasi banyak dicari oleh para perusahaan.

Baca Juga: 7 Cara Cepat Lulus Kuliah untuk Semua Jurusan Kuliah

2. Jurusan Teknik Informatika

Jurusan yang kerja di BUMN berikutnya adalah Teknik Informatika atau IT. Di era kemajuan teknologi yang canggih ini, kebutuhan akan staf IT dalam perusahaan BUMN menjadi vital untuk dibutuhkan. Program studi pada jurusan IT mengutamakan mahasiswa untuk dapat bekerja dengan teknologi yang sudah ada, seperti coding, membuat program penunjang perusahaan dan membuat website perusahaan.

Dapat dikatakan bahwa pekerja dari jurusan IT menjadi tulang punggung sebuah perusahaan. Maka dari itu, perusahaan BUMN yang membutuhkan lulusan IT sangat banyak, sehingga jurusan yang kerja di BUMN  ini paling banyak kuota lowongan tiap tahun. Mulai sekarang para pencari kerja untuk jurusan ini harus mempersiapkan diri sebaik-baiknya agar dapat mendapat posisi bekerja di perusahaan BUMN. 

3. Jurusan Ilmu Hukum

Jurusan perkuliahan yang banyak dicari oleh perusahaan BUMN berikutnya adalah jurusan Ilmu Hukum. Aspek hukum tidak akan dapat dipisahkan dari kehidupan bermasyarakat, termasuk juga para pelaku usaha. Maka dari itu, lulusan Ilmu Hukum menjadi calon pekerja yang paling banyak dicari oleh perusahaan. Para pekerja dari jurusan Ilmu Hukum bertugas untuk mengatasi persoalan hukum pada sebuah perusahaan.

Contohnya adalah mengurus masalah legalitas dan perizinan mengenai pembangunan proyek perusahaan. Lulusan Ilmu Hukum menjadi para lulusan yang memiliki banyak kesempatan untuk bekerja pada sektor menjanjikan di perusahaan. Mulai dari posisi sebagai konsultan, pengacara hingga legal staff.

4. Jurusan Psikologi

Lulusan dari jurusan Psikologi juga menjadi salah satu paling banyak dicari oleh perusahaan BUMN. Hal tersebut berkaitan dengan studi yang dipelajari di dalam jurusan Psikologi, yaitu mempelajari hubungan antar manusia dari berbagai sisi. Para pekerja lulusan Psikologi banyak di tempatkan pada posisi HRd, yang mana posisi tersebut menjadi jembatan penting antara hubungan perusahaan dan karyawannya. 

5. Jurusan Teknik Sipil

Bagi perusahaan BUMN, membutuhkan para pekerja yang banyak dari jurusan Teknik Sipil adalah hal terpenting. Hal tersebut dapat terlihat dari banyaknya pembangunan-pembangunan yang tertuju untuk kepentingan masyarakat. Pokok utama studi jurusan Teknik Sipil adalah mempelajari teknik merancang sebuah bangunan dan proyek agar dapat seimbang antara lokasi pembangunan dengan fungsi bangunan.

Para pekerja dengan latar belakang jurusan Teknik Sipil juga akan menjadi orang yang menghitung cost, komposisi bangunan dan perancangan konstruksi bangunan. Tentu hal ini yang membuat para pekerja dari jurusan tersebut memiliki peran vital dalam perusahaan. Maka dari itu, setiap tahun perusahaan BUMN akan membuka banyak lowongan bagi para pekerja dari jurusan Teknik Sipil.

6. Jurusan Akuntansi

Jurusan yang kerja di BUMN paling banyak berikutnya adalah Akuntansi. Suatu perusahaan apapun, termasuk perusahaan BUMN pasti membutuhkan pekerja yang dapat melakukan pekerjaan sebagai auditor keuangan dan pajak. Hal tersebut karena sebuah perusahaan pasti tidak terlepas dari transaksi keuangan yang berhubungan dengan pembayaran gaji karyawan, modal perusahaan bahkan pajak untuk pemerintah.

Karir para pekerja jurusan Akuntansi sangat menjanjikan karena pekerja di bidang ini memiliki pendapatan yang mumpuni dan masa depan karir yang bagus. Kebutuhan pekerja di bidang keuangan perusahaan, membuat perusahaan BUMN membuka lowongan setiap tahun untuk jurusan ini. Maka dari itu, para lulusan jurusan Akuntansi sebaiknya mempersiapkan diri dengan baik dan matang.

7. Jurusan Ekonomi dan Bisnis

Walaupun berasal dari akar yang sama dengan jurusan Akuntansi, sebenarnya para lulusan jurusan Ekonomi dan Bisnis memiliki perbedaan deskripsi kerja yang berbeda dengan Akuntansi. Para lulusan jurusan Ekonomi dan Bisnis lebih memiliki lingkup kerja yang lebih umum dan luas. Contohnya adalah analis manajemen bisnis atau manajemen sumber daya manusia.

Bagi perusahaan BUMN, para lulusan jurusan ekonomi dan bisnis dapat bekerja di posisi strategis perusahaan. Tidak hanya perusahaan BUMN di bidang bank atau keuangan, perusahaan di bidang umum juga banyak membutuhkan pekerja lulusan jurusan tersebut. Maka dari itu, banyak sekali lowongan yang terbuka untuk lulusan ekonomi dan bisnis oleh perusahaan BUMN. 

8. Jurusan DKV

Salah satu jurusan yang sangat populer dan perusahaan butuhkan belakang ini adalah jurusan DKV atau Desain Komunikasi Visual. Di era serba digital dan perkembangan teknologi yang canggih, membutuhkan SDM yang dapat cepat beradaptasi dengan keadaan tersebut adalah hal penting bagi perusahaan. Para pekerja yang berasal dari lulusan DKV memiliki tanggung jawab untuk dapat memajukan perusahaannya.

Proyek branding, tipografi dan desain publik menjadi aspek-aspek penting yang perusahaan butuhkan, tidak terkecuali perusahaan BUMN. Menghasilkan desain produk untuk dapat memajukan perusahaan merupakan tugas penting para pekerja bidang DKV. Maka dari itu, tidak heran bahwa jurusan ini memiliki cukup banyak lowongan di perusahaan BUMN cukup banyak

9. Jurusan Public Relations atau PR

Jurusan Public Relations atau PR adalah yang perusahaan BUMN minati. Ketepatan dalam berkomunikasi yang pekerja lulusan Public Relations miliki menjadikan para lulusannya banyak menjadi incaran perusahaan BUMN maupun swasta. 

Pekerja pada bidan Public Relations menunjang beban kerja untuk dapat merepresentasikan perusahaan dengan baik di mata publik. Maka dari itu, Public Relations suatu perusahaan menjadi aspek vital yang perusahaan butuhkan.

10. Jurusan Kimia

jurusan yang kerja di BUMN terakhir yang perusahaan BUMN cari adalah jurusan Kimia. Terutama perusahaan BUMN di sektor farmasi, pertambangan dan perminyakan. Walaupun jurusan Kimia adalah jurusan yang sepi peminat, namun jurusan ini merupakan jurusan yang paling banyak kesempatan untuk mendapatkan prospek karir yang bagus di perusahaan BUMN.

Itulah rekomendasi 10 jurusan yang kerja di BUMN dan menjadi bahan pertimbangan para calon pekerja dalam memilih perusahaan atau calon mahasiswa sebelum memilih jurusan perkuliahan. Memilih perusahaan BUMN sebagai tempat bekerja, menjadi salah satu cara untuk membentuk jenjang karir yang bagus di masa depan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *