Kerja Lulusan STAN dan Fakta Lulusan STAN

Kerja Lulusan STAN dan Fakta Lulusan STAN

Semua lulusan stan pastinya akan bekerja sesuai dengan penempatan yang telah diputuskan oleh pihak kampus dan jajarannya. Jadi lulusan STAN pastinya bekerja dan tidak ada istilah menganggur. Kerja lulusan STAN pastinya tidak akan jauh dengan instansi pemerintahan.

Setelah lulus dari STAN pastinya akan di tempatkan di berbagai penjuru daerah di Indonesia. Oleh karena itu tidak perlu kaget ketika ditempatkan jauh dari tempat tinggal karena hal ini sudah biasa terjadi.

6 Fakta Mengenai Mahasiswa Lulusan STAN

Menjadi lulusan STAN merupakan kebanggaan yang sangat luar biasa karena selama kuliah di STAN dan masuk STAN bukanlah hal yang sangat mudah. Banyak sekali rintangan dan tantangannya apalagi ancaman DO itu bukan sekedar ancaman melainkan sesuatu yang kerap terjadi.

Tak jarang kuliah di STAN tetap mengikuti bimbingan belajar di luar kampus supaya dapat mengimbangi dan nilai ambang yang telah ditentukan oleh pihak kampus. Semua kesulitan itu tetap saja banyak yang berminat masuk STAN karena jaminan pekerjaan yang pasti. Berikut ini fakta menarik mengenai STAN

1. Dipastikan Tidak Akan Menganggur

Setelah lulus dari STAN tidak akan pernah ngalamin yang namanya nganggur menunggu panggilan wawancara untuk pekerjaan. Karena setelah lulus akan langsung ditempatkan di berbagai instansi pemerintahan dan diangkat menjadi CPNS.

Masuk STAN seolah olah tidak khawatir lagi dengan masa depan karena jaminan sebagai PNS perekonomian akan selalu stabil dalam keadaan apapun. Dan tidak akan ada pertanyaan setelah lulus mau jadi apa? Karena setiap masuk STAN pastinya mau jadi PNS.

2. Penempatan Kerja Lulusan STAN

IP atau IPK mahasiswa lulusan STAN berpengaruh terhadap penempatan kerja dan instansi mananya. Akan tetapi hal ini tidaklah mutlak dalam artian dapat berubah seiring berjalannya waktu. Pengumuman penempatan merupakan hal yang sangat dinanti mahasiswa lulusan STAN.

Alumni STAN bukan hanya dapat ditempatkan kerja di Kemenkeu, BPK, dan BPKP. Akan tetapi sudah banyak instansi pemerintah lainnya yang mengambil pekerja dari lulusan STAN karena lulusan STAN sudah terjamin memiliki kompetensi yang sangat bagus.

3. Besaran Gaji Kerja Lulusan STAN

Setiap mahasiswa lulusan STAN akan mendapatkan pekerjaan namun untuk mengenai gaji tidak akan sama. Hal ini dapat tergantung dengan strata pendidikannya seperti D1, D2, D3 sampai D4.

Selain bergantung pada variatif lulusan gaji juga dapat bergantung pada jurusan yang diambil walaupun sama sama D1. Seperti halnya gaji lulusan D1 Bea Cukai tidak akan sama dengan gaji lulusan D1 kebendaharaan negara gajinya dan juga dengan lulusan D1 pajak pastinya berbeda.

4. Gelar yang Akan Didapatkan Setelah Lulus

STAN ini semua jurusan merupakan diploma setiap tingkat diploma dan jurusan memiliki banyak perbedaan gelar. Seperti halnya lulusan D4 jurusan akuntansi setelah lulus akan mendapatkan gelar SST. Akt yaitu Sarjana Sains Terapan Akuntansi.

Berbeda halnya dengan lulusan D4 bagi lulusan D3 akan mendapatkan gelar Amd yang merupakan singkatan dari Ahli madya dan kemudian nama jurusan mahasiswa ketika kuliah di STAN.

5. Lulusan STAN Bukan Hanya Menjadi PNS

ada funfact yang sangat menarik katanya bagi lulusan STAN Yang bekerja di sebuah instansi pemerintahan jika tidak mau bekerja dengan pekerjaan yang telah pemerintah tetapkan. Maka akan mendapatkan denda dengan membayar semua biaya perkuliahan yang awalnya gratis.

Akan tetapi banyak lulusan STAN yang sukses di luar pekerjaan instansi pemerintahan. Seperti halnya MC kondang tanah air dan terkenal dengan acara kuisnya yaitu Helmy Yahya yang merupakan lulusan STAN juga.

6. Kuliahnya Memakai Seragam

Berbeda dengan perguruan tinggi pada umumnya yang membebaskan mahasiswanya memakai baju apapun asalkan masih dalam aturan norma dan adat yang berlaku. STAN ini memberikan aturan untuk memakai seragam dengan ketentuan harinya di semua jurusan.

Aturan antara lain untuk laki laki hari senin dan rabu menggunakan kemeja polos putih berlengan panjang dan menggunakan celana hitam panjang dan sopan serta wajib menggunakan ikat pinggang dan ada aturan seragam di hari lainya.

4 Penempatan Kerja Lulusan STAN Sesuai Jurusannya

Karena pekerjaan lulusan STAN akan sesuai dengan jurusan yang ia ambil. Maka tidak akan ada yang namanya istilah mismatch education yang menjadi permasalahan lulusan perguruan tinggi.

Dengan kesesuaian penempatan lulusan dengan jurusan maka tidak akan ada yang namanya rebutan pekerjaan atau tidak kebagian pekerjaan. Berikut ini adalah beberapa informasi mengenai penempatan kerja lulusan STAN dengan jurusannya.

1. Jurusan Perpajakan

Jurusan perpajakan memiliki 3 program studi yang tersedia. Dengan berbagai variatif ada DIII pajak, DIII pajakBumi dan Bgunan atau biasa di sebut dengan penilai, dan DI pajak. Untuk kedepannya ada kemungkinan program DI ditiadakan untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi lulusan STAN.

Bagi lulusan perpajakan pastinya tidak akan jauh kerjanya di kantor Direktorat pajak pusat maupun. Dn Gaji yang ditawarkan DJB ini sudah tidak perlu kita hiraukan lagi karena gaji di DJP pastinya cukup tinggi.

Penempatan jurusan pajak ini terbagi menjadi beberapa bagian ada yang bekerja di kantor pusat direktorat pajak, ada juga yang ditempatkan di di kantor wilayah direktorat pajak, dan beberapa kantor lainnya yang bersangkutan dengan perpajakan.

2. Jurusan Manajemen Keuangan

Jurusan manajemen keuangan ini sama halnya dengan jurusan perpajakan menawarkan sekitar tiga program studi di antaranya adalah D3 kebendaharaan negara, D3 manajemen aset dan yang satu lagi adalah DI kebendaharaan Negara.

Mahasiswa lulusan manajemen keuangan memiliki tujuan menjadi tenaga yang siap bekerja secara profesional, transparan dan tulus mengabdikan diri kepada masyarakat yang bersangkutan dengan bidang kebendaharaan dan pengelolaan negara.

3. Jurusan Akuntansi

Akuntansi bukan hanya sekedar menghitung keuangan saja akan tetapi dalam ilmu ini memiliki seni. Dalam mencatat keuangan yang harus kita lakukan dengan penuh ketelitian dan kesabaran untuk menghasilkan laporan keuangan yang pasti kebenaranya.

Berbeda dengan jurusan perpajakan dan manajemen keuangan jurusan ini hanya memiliki 2 program studi yang tersedia. Bagi yang berminat mengambil jurusan akuntansi di STAN dapat memiliki D3 akuntansi dan D4 akuntansi.

Kerja Lulusan STAN dengan jurusan akuntansi ini lebih memiliki keberagaman penempatan pekerjaan baik di kantor pusat maupun kantor wilayah yang artinya masih merupakan instansi pemerintahan dan berkaitan dengan akuntan di instansi pemerintahan.

4. Jurusan Kepabean dan Cukai

Jurusan Bea dan Cukai ini sangat cocok bagi orang yang memiliki ketertarikan dan ingin memiliki kemampuan di bidang mengatur proses ekspor impor di indonesia. Untuk jurusan Bea Cukai ini juga menawarkan dua program studi yaitu D3 dan D1 kepabeanan dan Cukai.

Jurusan yang seleksi masuknya semi Militer ketika lulus akan memberikan tempat bekerja di Direktorat Bea dan Cukai. Tempatnya kerjanya yaitu di pelabuhan dan bandara yang ada di seluruh indonesia. Dan banyak kantor lainya yang menjadi penempatan lulusan Bea Cukai.

Baca Juga: 6 Kursus Masuk STAN Terpercaya dan Berpengalaman

Dari pernyataan di Atas penempatan kerja lulusan STAN sangatlah beragam dan bergantung pada jurusan yang kita ambil ketika kuliah. Selain itu STAN memiliki banyak perbedaan dengan perguruan tinggi pada umumnya.

Masuk STAN memiliki masa depan yang sangat cerah karena tidak perlu mencari dan melamar pekerjaan kesana kemari lagi setelah lulus. Karena akan langsung mendapatkan pekerjaan dan menjadi PNS di berbagai instansi pemerintahan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.