Biaya Kampung Inggris Pare Terbaru: Kursus, Kos, Makan, dan Lainnya

Berapa biaya Kampung Inggris Pare yang terbaru di tahun ini? Buat kamu yang punya rencana belajar di Pare, tentunya perlu tahu berapa tarif rata-rata biaya kursus dan biaya hidup di Pare Kediri. Soal kualitas belajar dan hasil kursus pastinya kamu tidak perlu ragu lagi. 

Mau belajar TOEFL untuk beasiswa, masuk kerja, kelulusan kuliah dan lainnya lebih mudah kamu dapatkan dengan kursus di Kampung Inggris Pare. Karena itu, yang perlu kamu ketahui sekarang adalah soal biaya. Berapa kira-kira biaya selama di Kampung Inggris Pare? 

Bacaan Lainnya

Artikel ini akan mengulas secara lengkap perhitungan biaya mulai dari biaya pendidikan hingga kebutuhan hidup harianmu.

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Biaya di Kampung Inggris Pare

Apa yang Membuat Biaya Kampung Inggris Pare Berbeda

Biaya Kampung Inggris Pare 2023 atau tahun-tahun sebelumnya sebenarnya relatif terjangkau. Namun, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui lebih dulu. Ini adalah faktor yang nantinya akan mempengaruhi jumlah biaya yang kamu keluarkan. Apa saja?

1. Jenis Kursus yang Kamu Pilih

Jumlah biaya yang akan kamu keluarkan nantinya tergantung jenis paket kursus yang akan kamu ambil. Paket reguler yang meliputi pembelajaran grammar, percakapan, listening, dan seterusnya akan berbeda harganya dengan paket holiday. Paket liburan biasanya lebih mahal ketimbang paket reguler di hari biasa.

Selain itu, jenis private dengan kelas bersama juga tersedia untuk kamu pilih. Kelas private pastinya lebih mahal ketimbang kelompok.

2. Lamanya Waktu Kursus

Minimal paket kursus yang bisa kamu pilih biasanya paling cepat atau dua minggu. Bisa sebulan, dua bulan, tiga bulan hingga enam bulan. Tergantung kebutuhan. Semakin lama paket yang kamu ambil tentunya biayanya akan semakin mahal.

3. Pilihan Tempat Tinggal

Pilihan jenis kos ini juga menentukan biaya hidup kamu di Kampung Inggris Pare. Jenis kost ekonomis bisa kamu sewa dengan harga yang lebih murah. Sedangkan kalau kamu ingin fasilitas kost yang mewah dan lengkap biasanya mencapai jutaan. Beberapa lembaga kursus juga menyediakan camp eksklusif dengan biaya yang sesuai.

4. Pilihan Makanan

Kursus Kampung Inggris Pare terbaik dalam hal biaya makanan. Di sini ada banyak makanan tradisional Jawa yang bisa kamu nikmati dengan harga yang terjangkau dan relative murah. Kalau kamu mau hemat biaya makan dalam sebulan, cobalah menikmati makanan seperti pecel, aneka oseng, masakan-masakan tradisional yang khas.

Biaya makan bisa mahal kalau kamu sering beli secara online. Pesan makanan dari tempat-tempat kuliner modern yang mungkin memang jadi selera kamu. Tentu saja soal makan ini bisa kamu sesuaikan dengan anggaran biaya yang kamu miliki.

5. Kebiasaan Jalan-Jalan

Kampung Inggris Pare ini cukup dekat dengan lokasi-lokasi wisata yang menarik seperti Gunung Kelud, Gunung Bromo, dan lainnya. Jadi nggak heran sih, kalau banyak peserta kursus yang akhirnya memilih jalan-jalan di hari libur. Nah, semakin sering kamu jalan-jalan, biaya hidup kamu pastinya semakin besar.

Di Kampung Inggris Pare ini tersedia transportasi yang bisa kamu sewa untuk wisata, mulai dari roda dua hingga roda empat. Kalaupun kamu mau rental, cobalah mencari kendaraan yang efisien jika biaya kamu memang terbatas.

Biaya Kursus dan Biaya Hidup di Kampung Inggris Pare

Tips Agar Biaya Kampung Inggris Pare Murah

Biaya yang perlu kamu keluarkan selama berada di Kampung Inggris Pare ini meliputi biaya kursus dan biaya hidup. Kamu bisa bandingkan biaya di Pare ini dengan biaya Kampung Inggris Bogor misalnya, mana yang lebih mahal. Biaya hidup dipengaruhi oleh pendapatan dari masyarakat setempat. 

Kamu bisa cek lebih dulu mana daerah yang biayanya lebih murah ketimbang yang ada di Pare ini.

Biaya Kursus di Kampung Inggris Pare

Berikut beberapa variabel yang memengaruhi biaya kursus di Kampung Inggris Pare. 

1. Biaya Kelas Reguler

Biaya kursus reguler di Kampung Inggris Pare ini bisa kamu ikuti mulai dari 2 minggu lamanya. Rata-rata paket dua minggu ini mencapai Rp750 sampai Rp950 ribu, sedangkan untuk paket sebulan rata-rata di atas Rp1 juta.

Paket 4 bulan bisa mencapai Rp6 juta. Waktu paling lama biasanya sekitar 6 bulan. Biayanya bisa mencapai Rp8 juta.

2. Biaya Kelas Holiday

Mau belajar bahasa Inggris yang santai memang lebih cocok di waktu liburan. Namun, biaya kelas kursus di musim liburan ini bisa dua kali lipat dari harga kelas reguler. Jadi kalau misalnya biaya kelas reguler sebulan Rp1 juta, maka di kelas liburan ini biayanya lebih dari Rp2 juta.

3. Biaya Kelas Privat

Kalau kamu merasa nggak pede belajar bersama kelompok, kamu bisa mengambil kelas private. Harga kelas privat perbandingannya bisa tiga kali lipat ketimbang kelas biasa. Misalnya saja, jika di kelas kelompok biayanya Rp250 ribu, maka di kelas private bisa mencapai Rp750 ribu. Namun, secara hasil tentu saja lebih memuaskan kalau kamu belajar privat.

Biaya Hidup di Kampung Inggris Pare

Biaya hidup di Kampung Inggris Pare ini bervariasi. Namun secara standar, kamu bisa mendapatkan gambarannya berikut ini. Biaya asrama Kampung Inggris, makan, transportasi, dan lainnya masuk dalam biaya hidup.

1. Biaya Makan

Biaya makan standar di Kampung Inggris Pare ini dalam sebulan cukup standar. Jika hitungan makannya tiga kali sehari, dalam sebulan kisarannya sekitar Rp500 sampai Rp600 ribu. Tergantung jenis makanan yang kamu pesan. Ini kalau kamu makan dengan makanan tradisional yang tersedia.

Namun, kalau kamu sering pesan makanan online, biayanya akan jauh lebih mahal. Kamu bisa kondisikan sendiri sesuai dengan budget yang kamu miliki.

2. Biaya Kos

Biaya kos di Kampung Inggris Pare ini juga beragam. Jenis kamar standar masih bisa kamu dapatkan di kisaran Rp350 ribu sampai Rp500 ribu per bulannya. Namun, kalau kamu ingin tinggal di kost yang eksklusif, berAC dan lengkap, kisarannya bisa di atas Rp1 juta per bulan. Biaya ini cukup standar, sama dengan di daerah lain.

Fasilitas tempat tinggal yang eksklusif juga bisa kamu dapatkan dari lembaga kursus yang menawarkan. Beberapa lembaga kursus menawarkan camp rumah yang eksklusif. Kamu bisa tanya lebih dulu ke lembaga kursus yang kamu pilih apakah menyediakan layanan ini atau tidak.

Fasilitas kursus lengkap tersebut biasanya sudah mencakup tempat tinggal yang lengkap dan makanan sesuai jadwal. Peserta hanya tinggal belajar saja setiap harinya.

3. Transportasi dan Jajan

Transportasi standar yang bisa kamu pakai di Kampung Inggris Pare ini adalah sepeda. Biaya sewa sepeda cukup terjangkau. Kalau kamu sewa sepeda mini biasanya kisaran sewa Rp90 ribu sampai Rp100 ribu, sedangkan untuk jenis sepeda gunung sekitar Rp150 ribu.

Nah, biaya yang juga perlu kamu pertimbangkan adalah biaya jajan. Aktivitas belajar yang padat setiap harinya menuntut kamu butuh makan camilan yang lebih banyak sebagai asupan. Walaupun jajanan di Pare ini murah, tetapi kamu tetap perlu estimasikan biayanya. Setidaknya dalam sebulan antara Rp150 hingga Rp250 ribu untuk jajan.

4. Laundry

Biaya Kampung Inggris Pare 2022 hingga sekarang masih mengestimasikan harga laundry yang cukup terjangkau. Di Kampung Inggris Pare ini per kilonya untuk laundry hanya kisaran Rp5 ribu, cukup murah ketimbang kota-kota wisata lainnya.

Tempat laundry sangat banyak di Kampung Inggris Pare ini. Bahkan kamu cukup menghubungi orang laundry saja, nanti mereka akan datang menjemput pakaian kotor. Kualitas setrika dan parfumnya pun cukup tahan lama. Harga hemat dan kualitas bagus.

5. Biaya Tak Terduga

Jangan lupa menyediakan biaya tak terduga. Misalnya biaya kesehatan, biaya kamu tiba-tiba ingin jalan-jalan, biaya ingin beli ini dan itu. Sediakan sesuai anggaran yang ada. Wisata gratis bisa keliling Kampung Inggris menggunakan sepeda dan menikmati kuliner khas daerah tersebut.

Biaya Kursus di Kampung Inggris Online

Berapa Biaya Kampung Inggris Pare

Saat ini Kampung Inggris Pare juga telah banyak yang menawarkan program kursus online. Tanpa harus ke Pare, kamu bisa belajar berbagai kelas online yang ditawarkan lembaga-lembaga kursus di Kampung Inggris Pare.

Secara biaya, kelas online pastinya lebih murah. Kamu bisa mengikuti kelas percakapan selama 10 hari bersama teman-temanmu hanya dengan biaya Rp250 ribu saja.

Biaya ini jelas lebih hemat ketimbang datang langsung ke Kampung Inggris Pare. Secara online, kamu nggak perlu mengalokasikan biaya hidup yang lumayan mahal.

Namun, perlu kamu catat, bahwa belajar bahasa ini lebih menuntut kamu untuk berada di lingkungan dan ekosistem yang kondusif.

Kenapa orang jauh-jauh datang ke Pare hanya untuk belajar bahasa Inggris? Ini beberapa alasannya:

  • Kampung Inggris memiliki lingkungan belajar yang sangat kondusif.
  • Di tempat belajar ini kamu harus berbahasa Inggris selama 24 jam. Semua orang menggunakan bahasa Inggris dalam berkomunikasi tanpa saling merendahkan kemampuan berbahasa para pemula.
  • Warga yang ada di sekitar Kampung Inggris ini pun sudah fasih berbahasa Inggris sehingga kamu pun bisa belajar dari mereka.

Nah, kalau kamu belajar secara online, hal seperti ini tentunya tidak kamu temukan. Jadi, memang beda kualitas belajar secara langsung di Kampung Inggris dengan mengikuti kelas pembelajaran online.

Tips Kursus Hemat di Kampung Inggris Pare

Ketahui Biaya Kampung Inggris Pare Sebelum Ikut Kursus

Pernah ke Kampung Inggris Malang atau Jogja? Pastinya suasananya tetap berbeda dengan di Pare. Kalau kamu ingin belajar di Pare dengan biaya yang hemat, kamu bisa mencoba tips berikut ini: 

  • Pilih paket kursus reguler.
  • Usahakan menikmati kuliner tradisional setempat.
  • Atur jadwal jalan-jalan yang tepat dan efisien.
  • Gunakan transportasi sepeda.
  • Pilih tempat tinggal di asrama yang tetap nyaman. Kamu bisa survei lebih dulu atau bertanya langsung ke pemilik lembaga.
  • Pilih paket belajar seefisien mungkin karena akan berbanding lurus dengan biaya hidup yang harus kamu keluarkan.

Penutup

Kamu bisa survei lebih dulu beberapa lembaga kursus sebelum memutuskan pilihan. Standarnya rata-rata memang sama secara biaya, tetapi kamu bisa pertimbangkan kualitas belajarnya, fasilitas, dan layanan-layanan lain yang menguntungkan.

Biaya Kampung Inggris Pare ini masih relatif lebih murah ketimbang daerah lainnya. Suasana belajar yang sangat mendukung dan output belajar yang sangat membantu.

Banyak orang yang akhirnya berhasil lulus TOEFL atau IELTS setelah belajar cukup lama di Kampung Inggris Pare ini. Saatnya kamu mewujudkan mimpimu dengan belajar bahasa Inggris di Kampung Inggris Pare.

Biaya Kampung Inggris Pare yang kamu keluarkan adalah investasi jangka panjang yang sangat bernilai. Kuasai dunia dengan menguasai berbagai bahasa asing!