Apa Arti Kata Literally dalam Bahasa Gaul? Ini Jawabannya!

Kamu mungkin pernah mendengar kata literally yang kerap diasosiasikan dengan bahasa gaul anak Jaksel. Tapi, apa arti kata literally dalam bahasa gaul sebenarnya? Nah, untuk kamu yang ingin tahu makna makna kata ini dan bisa menggunakan dalam sebuah conversation, yuk, cari tahu di sini!

Kalau sudah paham makna katanya, kamu bisa dengan mudah menempatkannya dalam kalimat. Sebab, jenis kata ini kini kerap bias dan menjadi salah fungsi. Seperti apa? Simak penjelasannya di bawah ini.

Literally dalam Bahasa Gaul Masa Kini

Ketahui apa arti kata literally agar komunikasi menjadi lebih lancar

Penutur bahasa Inggris mengenal bahasa gaul dengan istilah slang. Sama seperti dalam bahasa Indonesia, ada banyak vocabulary baru yang mungkin terdengar asing namun sering digunakan. Salah satu contoh kata yang saat ini cukup hits di kalangan anak muda adalah literally

Warganet kerap mengasosiasikan kata literally dengan bahasa gaul anak Jaksel atau Jakarta Selatan. Sebenarnya, kamu akan mendapati kata ini dalam berbagai macam jenis kalimat, namun lebih sering muncul pada model percakapan informal atau kasual. Hal ini karena English slang language hanya untuk situasi santai sehingga bahasannya lebih fleksibel serta ekspresif.

Literally sendiri berarti ‘benar-benar terjadi’ dan termasuk kategori adverb. Kamu dapat meletakkannya di awal, tengah, atau akhir kalimat secara bebas. Akan tetapi, kamu harus tetap memperhatikan susunannya agar tidak bias dan terdengar aneh.

Meskipun demikian, literally memiliki fungsi bermacam-macam. Oleh sebab itulah kamu harus tahu apa saja kegunaan dari bahasa gaul tersebut. Ada fungsi harfiah, figurative atau kiasan, dan hiperbolik.

Makna Literally secara Harfiah

Pahami apa arti kata literally dalam bahasa gaul

Artinya literally secara harfiah adalah menunjukkan fungsi secara kebahasaan. Namun pengertian dalam bahasa Indonesia yaitu menunjukkan hal-hal yang benar-benar terjadi, tidak ada kebohongan atau sikap mengada-ada.

Secara harfiah, arti literally berfungsi menjelaskan mengenai sebuah objek dan memberikan penekanan. Tujuannya  adalah membuat lawan bicaramu yakin terhadap argumen yang kamu berikan. Dalam hal ini ada beberapa contoh kalimat seperti :

  • This food is literally good because the ingredients are fresh. (Makanan ini benar-benar enak karena bahan-bahannya segar)
  • I’m not lying to you. I literally saw a ghost in your house. (Aku tidak berbohong padamu. Aku benar-benar melihat hantu di rumahmu)
  • Megan looks very tired. She literally needs to sleep. (Megan terlihat sangat lelah. Dia benar-benar butuh tidur)
  • Please, don’t go swimming in the river. It was heavy rain last night, so the river must be literally dangerous. (Tolong jangan berenang di sungai. Hujan semalam sangat lebat jadi sungainya pasti berbahaya)

Penggunaan Literally dalam Kalimat Figurative

Selain mempelajari apa arti kata literally, ketahui juga cara penggunaannya

Selain bermakna harfiah, ternyata slang language yang satu ini memiliki fungsi lain. Pada kalimat figurative bahasa Inggris, kamu dapat memakai literally untuk menghasilkan sebuah kiasan.

Tujuannya memang untuk menunjukkan makna bias. Jadi lawan bicaramu tidak langsung paham dan menangkap informasi tersebut. Biasanya bentuk kalimat seperti ini muncul pada konteks lelucon, percakapan santai, dan sindiran.

Adapun berbagai macam contohnya bisa kamu lihat seperti berikut!

  • She’s very beautiful. She’s literally an angel who is coming from heaven. (Dia sangat cantik. Dia benar-benar seorang malaikat yang turun dari surga)
  • Do you need help? (Apa kamu butuh bantuan?)
  • Oh, no. I literally can be a Hercules now. (Oh tidak. Aku benar-benar bisa menjadi Hercules sekarang)
  • Miss Linda was literally born in heaven. (Linda benar-benar lahir di surga)

Penggunaan Literally pada Kalimat Hiperbolik

Kata literally dalam bahasa Inggris juga ada pada jenis kalimat hiperbola, yaitu bermakna berlebihan. Dalam hal ini, kamu tidak akan berbohong atau menyampaikan sesuatu yang tidak terjadi, tetapi hanya melebih-lebihkan penyampaiannya saja.

Salah satu tujuannya supaya gaya bahasa kamu lebih ekspresif dan maknanya lebih hidup. Selain itu berfungsi untuk menekankan informasi yang akan disampaikan.

Kesan dramatis ketika memakai literally dalam bahasa gaul dapat kamu lihat dari beberapa contoh berikut.

  • Congratulations! You literally killed it, bro! (Selamat! Kamu benar-benar menaklukkannya, bro!)
  • Can we order another food? I literally eat this a hundred times. (Bisakah kita pesan makanan lain? Aku benar-benar sudah sering makan ini ratusan kali)
  • Sarah broke up with her boyfriend. Now she literally cries all night long. (Sarah baru putus dengan pacarnya. Sekarang dia benar-benar bisa nangis semalaman)
  • Let’s eat! I literally can eat a horse now. (Ayo kita makan! Aku benar-benar bisa makan seekor kuda sekarang)

Contoh Percakapan English Menggunakan Literally

Literally artinya sesuatu yang memang benar terjadi namun memiliki macam-macam fungsi. Bagaimana kamu bisa membuat contoh kalimat bahasa Inggris jika tidak memahami satu per satu fungsi tersebut?

Cobalah mempelajari contoh percakapan juga. Dengan begitu kamu dapat mengetahui perbedaan dari tiap fungsi literally dalam percakapan sehari-hari.

Contoh Slang Conversation

(Danny wants to meet his teacher, but she isn’t in the room)

Fanny : What are you looking for? (Apa yang sedang kamu cari?)

Danny : Do you know where Miss. Alamanda is? I have been looking for her for an hour and now I’m literally confused. (Kamu tahu dimana Miss Alamanda? Aku mencarinya selama sejam dan sekarang aku benar-benar kebingungan)

Fanny : She isn’t in her room since morning. I heard from our principle that she didn’t come since yesterday. (Dia tidak ada di ruangannya sejak pagi. Aku dengar dari kepala sekolah kalau dia tidak datang sejak kemarin)

Danny : Really? What’s happening to her? (benarkah? Apa yang sedang terjadi padanya?)

Fanny : I was in her class and she literally looked pale. (Aku masuk kelasnya dan dia terlihat benar-benar pucat)

Danny : She may be in a serious illness. Moreover, she literally works too hard. (Dia mungkin sedang sakit serius. Apalagi dia benar-benar bekerja terlalu keras)

Fanny  : Literally poor lady. (benar-benar kasihan sekali)

Penutup

Sekarang kamu tidak perlu bingung lagi kan, tentang apa arti kata literally dalam bahasa gaul. Fungsinya memang beragam, bergantung pada tujuan serta kebutuhan. Kamu bisa menyatakan banyak hal dengan literally seperti mengagumi, menegaskan, hingga membuat lelucon terhadap suatu hal.setelah faham artikel diatas jangan lupa baca artikel Perbedaan This, These, dan Those ya! selamat belajar!

Tinggalkan komentar