Sering dimanfaatkan sebagai alat untuk mendidik anak tentang hal yang baik dan buruk, ada beragam kisah rakyat yang bisa orang tua ceritakan kepada anak. Berikut adalah rekomendasi judul cerita rakyat bahasa Inggris singkat dan artinya yang bisa orang tua gunakan untuk bercerita kepada anak.

Penasaran, apa saja judulnya? Ini daftar cerita rakyat pendek dengan pesan moralnya dari dalam dan luar negeri. 

Cerita Rakyat Populer Indonesia

Kumpulan Cerita Rakyat Bahasa Inggris Singkat dan Artinya

Setiap negara memiliki cerita rakyatnya masing-masing, termasuk Indonesia. Berikut adalah beberapa cerita rakyat Indonesia singkat dalam bahasa Inggris dan artinya. Yuk, simak ini!

1. Danau Toba (Lake Toba)

Danau Toba adalah kisah turun-temurun yang paling dikenal oleh masyarakat Indonesia. Anak-anak Indonesia pun bisa jadi sudah sangat familier dengan cerita ini. Kisah Danau Toba memiliki nilai moral yang mengajarkan anak agar selalu memenuhi janji. 

Berikut adalah cerita rakyat singkat danau toba dalam bahasa Inggris dan artinya:

In his daily life, Toba works as a farmer. However, it is common for him to go to the river near his house to do fishing sometimes.

Once, Toba went fishing, and he got a huge goldfish. When he got his catch, the fish turned into a beautiful woman.

Toba, who was fascinated, finally married the woman, but with one condition, no one could find out if the woman’s true identity was a fish. Several years later, Toba and his wife were blessed with a child named Samosir. 

Once, Toba’s wife asked Samosir to help her send food to Toba. Unfortunately, Samosir, who was hungry, actually ate the food. Toba, who later found out about this, became angry and furious. 

Without realizing it, he called his son the son of a fish. Then Samosir told his mother about what had just happened. After that incident, Samosir and Toba’s wife disappeared. 

Then the land where Toba lived became a spring that released a lot of water. And now that place is called Lake Toba.

Terjemahan:

Dalam kesehariannya, Toba adalah petani. Namun, dia biasa pergi ke sungai dekat rumahnya untuk memancing.

Suatu ketika, Toba pergi memancing, dan dia mendapat ikan mas besar. Dalam sekejap, ikan itu berubah menjadi wanita cantik.

Toba yang terpesona akhirnya menikahi wanita dengan satu syarat, yakni tidak ada yang boleh mengetahui jika identitas asli wanita tersebut adalah seekor ikan. Beberapa tahun kemudian, Toba dan istrinya dikaruniai seorang anak bernama Samosir.

Suatu ketika, istri Toba meminta bantuan Samosir untuk mengirim makanan ke Toba. Sayangnya, Samosir yang lapar justru memakan makanan tersebut. Toba yang belakangan mengetahui hal itu menjadi marah dan geram.

Tanpa disadari, dia menyebut anaknya anak ikan. Kemudian Samosir memberitahu ibunya tentang kejadian itu. Setelahnya, Samosir dan juga istri Toba menghilang.

Kemudian tanah tempat tinggal Toba menjadi mata air yang mengeluarkan banyak air. Dan sekarang tempat itu bernama Danau Toba.

2.  Sangkuriang

Cerita rakyat lainnya yang juga cukup populer adalah Sangkuriang dari Jawa Barat. Kisah yang terkandung dalam cerita ini memiliki nilai moral yang mengajarkan anak untuk selalu jujur. Berikut cerita rakyat Sangkuriang singkat dalam bahasa Inggris dan artinya.

Once upon a time, there was a man named Sangkuriang. Together with his mother, Dayang Sumbi, and a dog named Tumang, Sangkuriang lived in the forest.

Sangkuriang was an agile hunter and was quite good at spotting his prey. Therefore, Dayang Sumbi always relies on him for hunting.

One day, Sangkuriang came home with a dog’s heart which turned out to be Tumang’s. Knowing this, Dayang Sumbi was angry and evicted Sangkuriang from the house.

Later, the grown-up Sangkuriang was reunited with his mother, Dayang Sumbi, without him noticing that she was his mother. Sangkuriang accidentally fell in love with his mother and then proposed to her.

Dayang Sumbi, who saw Sangkuriang’s scar, realized that Sangkuriang was her son. Dayang Sumbi politely refused Sangkuriang’s proposal by asking him to build a sailboat before sunrise.

Sangkuriang did his best but failed. Angry Sangkuriang then kicked the boat, which turned into a mountain called Tangkuban Perahu.

Terjemahan:

Dahulu, ada seorang laki-laki bernama Sangkuriang. Bersama ibunya, Dayang Sumbi, dan juga seekor anjing bernama Tumang, Sangkuriang tinggal di hutan.

Sangkuriang adalah pemburu yang lincah dan juga cukup pandai melihat mangsanya. Oleh karenanya, Dayang Sumbi selalu mengandalkannya untuk berburu.

Suatu hari, Sangkuriang pulang dengan membawa hati anjing yang ternyata adalah milik Tumang. Mengetahui hal tersebut, Dayang Sumbi marah kemudian mengusir Sangkuriang dari rumah.

Beberapa tahun kemudian, Sangkuriang dewasa dipertemukan kembali dengan ibunya, Dayang Sumbi, tanpa dia sadari bahwa dia adalah ibunya. Sangkuriang secara tidak sengaja jatuh cinta pada ibunya dan kemudian melamarnya.

Dayang Sumbi yang melihat bekas luka di tubuh Sangkuriang menyadari bahwa Sangkuriang adalah anaknya. Dayang Sumbi dengan sopan menolak lamaran Sangkuriang dengan memintanya membuat perahu layar sebelum matahari terbit.

Sangkuriang melakukan yang terbaik tetapi gagal. Sangkuriang yang marah kemudian menendang perahu tersebut, yang kemudian berubah menjadi sebuah gunung bernama Tangkuban Perahu.

Cerita Dongeng Bahasa Inggris Populer Amerika

Contoh Cerita Rakyat Bahasa Inggris Singkat dan Artinya

Jika sebelumnya adalah kumpulan cerita rakyat singkat dalam bahasa Inggris dan artinya dari Indonesia, berikut adalah dongeng bahasa inggris yang terkenal dari Amerika. Yuk, simak cerita rakyat bahasa inggris dan artinya singkat asal negeri paman Sam ini!

3. Jack dan Pohon Kacang (Jack and the Beanstalk)

Kisah Jack dan tanaman kacangnya adalah cerita yang dikenal secara mendunia. Kisah ini mengajarkan anak agar menjadi anak yang pemberani juga menghargai pesan orang tua. Berikut adalah cerpen singkat dalam bahasa Inggris dan artinya dari Jack dan Pohon Kacangnya.

Jack is a child who lives in poverty. One day, Jack’s mother instructs him to take the cow to the market to sell after it stops producing milk for them. On the way, Jack encounters an elderly guy who offers to sell him magic seeds for the cow, and Jack agrees to the deal.

When they lose their cow for a few beans, Jack’s mother is furious and throws it out the window. Jack climbed the beanstalk as the beans started growing into the sky, hoping to find something valuable at the summit.

Jack discovers a giant-owned gigantic castle at the peak. At first, Jack snatches a bag of gold coins, while the second time, he steals a goose that lays golden eggs.

The third time, Jack takes a magic harp. But this time, the monster awakens as Jack climbs down the beanstalk and chases him. The giant is killed as Jack slashes down the beanstalk after shouting for his mother to get the ax. After that, Jack and his mother lead fulfilling lives.

Terjemahan:

Jack adalah anak yang hidup miskin. Suatu hari, ibu Jack menginstruksikannya untuk menjual sapi ke pasar karena sapinya sudah tidak memproduksi susu lagi. Dalam perjalanan, Jack bertemu dengan lelaki tua yang menawarkan  benih ajaib dengan imbalan sapi dan Jack menyetujuinya.

Ketika kehilangan sapinya untuk beberapa bibit, ibu Jack marah dan kemudian membuangnya ke luar jendela. Saat kacang mulai tumbuh, Jack memanjat pohon itu dengan harapan bisa menemukan sesuatu yang berharga di puncak.

Jack menemukan kastil raksasa milik raksasa di puncaknya. Pertama, Jack merampas sekantong koin emas, sedangkan untuk kedua kalinya, dia mencuri seekor angsa yang bertelur emas.

Ketiga kalinya, Jack mengambil harpa ajaib. Kali ini, raksasa itu terbangun saat Jack turun dari pohon kacang dan mengejarnya. Raksasa itu terbunuh saat Jack menebas pohon kacang setelah berteriak agar ibunya mengambil kapak. Setelah itu, Jack dan juga ibunya menjalani kehidupan yang memuaskan.

4. Sup Batu (The Stone Soup)

Cerita rakyat dalam bahasa Inggris singkat ini memiliki pesan moral yang mengajarkan anak untuk berbagi kepada sesama. Berikut cerita rakyat dalam bahasa Inggris singkat dan artinya dari The  Stone Soup.

Once upon a time, there was a village full of people who were very stingy and did not like to share their food. One day, a wanderer accidentally passed by this village, and he knocked on people’s houses to ask for food, but no one gave it.

Desperate, the wanderer once again knocked on the door and asked permission to cook the stone he was carrying. One resident allowed him to cook at his house.

The wanderer put the stones into the pot, then asked the house owner to give him salt and water. A few moments later, the husband of the house’s owner came with carrots. Again the wanderer asked for a bit of carrot for his stone soup.

Unknowingly, many people are increasingly interested and add some ingredients they have at home. Unwitting, the stone soup turned into a soup containing many food ingredients. Since then, the residents have started sharing their ingredients and cooking together.

Terjemahan:

Ada sebuah desa yang penuh dengan orang-orang pelit dan tidak suka berbagi makanan. Suatu hari, pengembara tidak sengaja melewati desa ini dan dia mengetuk rumah orang untuk meminta makanan, tetapi tidak ada yang memberikannya.

Putus asa, pengembara itu sekali lagi mengetuk pintu dan meminta izin untuk memasak batu yang dibawanya. Seorang warga mengizinkannya untuk memasak di rumahnya.

Pengembara memasukkan batu itu ke periuk, lalu meminta pemilik rumah untuk memberinya garam juga air. Kemudian, suami pemilik rumah datang membawa wortel. Sekali lagi pengembara meminta sedikit wortel untuk sup batunya.

Tanpa disadari, banyak orang yang semakin tertarik dan menambahkan bahan yang mereka miliki di rumah. Selanjutnya, sup batu berubah menjadi sop yang mengandung banyak bahan makanan. Sejak itu, warga mulai berbagi bahan juga memasak bersama.

Itulah beberapa cerita rakyat yang singkat dalam bahasa Inggris dan artinya. biasanya diajar dalam materi folktales bahasa inggris ketika di sekolah, Semoga pembahasan cerita rakyat bahasa Inggris singkat dan artinya ini bisa berguna untuk mengajarkan anak beberapa pesan moral berharga sejak dini.

Bagikan: