Mengenal Perbedaan Live, Life, Leave & Contoh Kalimatnya

Bahasa Inggris penuh dengan kata-kata yang terdengar sama tetapi memiliki arti yang berbeda atau dengan kata lain homophones. Tiga kata yang sering dibingungkan oleh pelajar bahasa Inggris dan bahkan penutur asli adalah “live”, “life”, dan “leave”. Nah, ini sebabnyam kamu perlu tahu perbedaan live, life, leave dan cara menggunakannya dengan benar. 

Perbedaan Live, Life, dan Leave

Belajar Memahami Perbedaan Live, Life, Leave

Bacaan Lainnya

Berikut ini perbedaan Live, Life, dan Leave yang wajib kamu ketahui:

1. Live

Live merupakan kata kerja – pengucapannya “liv” (berima dengan “give”). Arti Live adalah tinggal atau memiliki rumah di tempat tertentu. Misalnya, “I live in New York City.” (Saya tinggal di Kota New York).

Selain itu, live juga bisa merupakan kata sifat. Ini dapat kamu gunakan sebagai kata sifat untuk menggambarkan sesuatu yang sedang terjadi atau ada saat ini. Misalnya, “We are watching a live performance.” (Kami sedang menonton pertunjukan langsung.)

Penting untuk membedakan antara kata kerja dan bentuk kata sifat dari kata “live” untuk menghindari kebingungan. Bentuk kata kerja mengacu pada tempat tinggal, sedangkan bentuk kata sifat menggambarkan sesuatu yang terjadi secara real time.

2. Life

Life merupakan bentuk kata benda – pengucapannya “laif” (berima dengan “knife“). Kata ini berarti keberadaan seseorang, termasuk pengalaman, tindakan, dan hubungan mereka. Misalnya, “I love my life and all the adventures it brings.” (Saya mencintai hidup saya dan semua petualangan yang dibawanya.)

Selain itu, kata life juga dapat kamu gunakan sebagai kata sifat, seperti dalam “life insurance” atau “life savings.” Frasa ini mengacu pada rencana asuransi atau tabungan yang memberikan perlindungan atau dukungan finansial selama masa hidup seseorang.

3. Leave

Leave merupakan bentuk kata kerja – pengucapannya “leev” (berima dengan “sleeve“), di mana memiliki arti pergi dari suatu tempat atau seseorang. Misalnya, “I will leave the office at 5 pm.” (Saya akan meninggalkan kantor pukul 5 sore.)

Leave memiliki beberapa arti lain juga, misalnya mengabaikan seseorang atau sesuatu. Misalnya, “He left his wife and children.” (Dia meninggalkan istri dan anak-anaknya). 

Selain itu, “leave” juga bisa berarti mengizinkan atau memberikan izin. Misalnya, “My boss gave me leave to take the day off.” (Bos saya memberi saya izin untuk mengambil hari libur.)

Contoh Kalimat Live, Life, Leave

Apa Saja Perbedaan Live, Life, Leave

Berikut adalah beberapa contoh bagaimana menggunakan kata-kata ini dalam kalimat:

Contoh Kalimat Live

  • My grandparents live in a small town in the countryside. (Kakek nenek saya tinggal di kota kecil di pedesaan.)
  • Do you prefer to live in the city or the suburbs? (Apakah Anda lebih suka tinggal di kota atau pinggiran kota?)
  • She’s always wanted to live abroad and experience new cultures. (Dia selalu ingin tinggal di luar negeri dan mengalami budaya baru.)

Contoh Kalimat Life

  • The purpose of life is different for each person. (Tujuan hidup setiap orang berbeda-beda.)
  • He is studying biology to learn more about the processes of life. (Dia belajar biologi untuk mempelajari lebih lanjut tentang proses kehidupan.)
  • She loves the simple things in life, like reading a good book or taking a walk in nature. (Dia menyukai hal-hal sederhana dalam hidup, seperti membaca buku yang bagus atau berjalan-jalan di alam.)

Contoh Kalimat Leave

  • I have to leave for work in ten minutes, so I need to finish getting ready. (Saya harus berangkat kerja dalam sepuluh menit, jadi saya harus selesai bersiap-siap.)
  • He asked his boss for a leave of absence so he could take care of his sick mother. (Dia meminta cuti kepada bosnya agar dia bisa merawat ibunya yang sakit.)
  • Please don’t leave your bags unattended at the airport for security reasons. (Harap jangan meninggalkan tas Anda tanpa pengawasan di bandara untuk alasan keamanan.)

Penutup

Perbedaan “live”, “life”, “leave” memang bisa membingungkan, tetapi dengan latihan dan memahami arti dan pengucapannya, kamu dapat menggunakan kata-kata ini dengan benar. Sering-seringlah menggunakannya dalam percakapan bahasa Inggris sehari-hari atau dalam tulisan agar makin mahir, dan jangan lupa baca artikel May and Might, Perbedaan, Fungsi, dan Contoh Kalimatnya ya! semoga bermanfaat!