Belajar Lebih Efektif dengan Lagu Anak Bahasa Inggris Populer

Ingin tahu metode menyenangkan namun menyenangkan untuk mengajarkan bahasa Inggris untuk anak? Anda bisa mengenalkan lagu anak bahasa Inggris.

Anda bisa memperkenalkan beragam vocabulary baru dari lagu. Namun ternyata, ada banyak manfaat lain ketika Anda mengajarkan bahasa Inggris menggunakan lagu-lagu, lho. Setiap lagu bahasa Inggris untuk anak TK memiliki keunikan tersendiri. Terdapat tema berbeda-beda menceritakan suatu hal seperti hewan, seseorang, dan kehidupan.

Banyak juga di antaranya yang mengandung moral value. Jadi Anda tentu tidak sekadar mengajarkan kosakata, grammar atau pelafalan dalam bahasa Inggris, namun juga petuah hidup yang baik kepada anak-anak.

Manfaat Mengajarkan Lagu Bahasa Inggris pada Anak-Anak

Manfaat Mengajarkan Lagu Bahasa Inggris pada Anak-Anak

Mengajarkan lagu anak-anak Bahasa Inggris memiliki banyak manfaat, lho. Apa saja?

1. Menciptakan Suasana Belajar yang Menyenangkan

Agar pembelajaran berlangsung secara efektif, Anda perlu menciptakan suasana menyenangkan di kelas. Ingatlah kalau anak-anak TK maupun SD masih senang bermain. Mereka menyukai hal-hal menyenangkan seperti menonton film, bernyanyi, menari, berdiskusi, dll.

Nah, dengan memperdengarkan lagu anak berbahasa Inggris, Anda bisa membuat anak-anak belajar tanpa menyadarinya. Bahkan sebagai orang tua di rumah, Anda pun dapat mengajari anak-anak tanpa kerepotan.

Biasanya anak kecil malas dan sulit untuk diajak belajar. Terlebih lagi menguasai bahasa asing yang bukan bahasa sehari-hari. Maklum, usia anak-anak, terutama prasekolah memang lebih fokus pada bermain dan mengeksplorasi lingkungan.

Nah, mengapa lagu menjadi media paling jitu?

  • Pertama, lagu-lagu anak berbahasa Inggris umumnya mempunyai musik ringan dengan lirik sederhana. Jadi mereka mampu mengingat beberapa potong kalimat sampai hafal. Misalnya saja pada lagu Twinkle Twinkle Little Star, di mana anak-anak dapat mengucapkan aneka vocabulary sederhana seperti star, little, wonder, above, sky, twinkle, high, diamond, dsb.
  • Kedua, mengajak anak bernyanyi akan membangkitkan semangat belajar dan suasana yang riang gembira. Tidak ada tekanan dari guru akan membuat pemberian materi tertentu terasa lebih mudah. Misalnya ketika Anda menjelaskan tentang struktur kalimat, daftar kosakata, pronunciation, dll.
  • Ketiga, musik mempunyai irama yang mampu merangsang kinerja otak manusia. Banyak penelitian membuktikan kalau beberapa jenis musik dapat meningkatkan kemampuan mengingat. Ketika anak-anak mudah mengingat setiap kata, maka mereka dapat menerapkannya secara langsung.

Contohnya ketika hafal lirik lagu Twinkle Twinkle Little Star, seorang anak kecil akan cenderung terus bernyanyi sepanjang hari. Anak menjadi familiar dengan bunyi dalam bahasa Inggris dan mempercepat pembelajaran terhadap bahasa baru.

  • Keempat, lagu juga bersifat emosional sehingga memperkuat perasaan anak-anak maupun orang dewasa. Apalagi kalau sambil bernyanyi sampai memengaruhi suasana hati. Itulah sebabnya kenapa kebanyakan lagu anak-anak berirama ceria, lembut, dan lucu.

Tujuan utama lagu anak Bahasa Inggris yang bagus memang untuk menyenangkan mereka. Jika pertama kali mendengar alunan nadanya langsung suka, maka besar kemungkinan anak-anak tertarik untuk ikut bernyanyi, bahkan hingga menghafalnya.

2. Meningkatkan Kemampuan Praktikal atau Speaking

Lagu anak kecil bahasa Inggris kini semakin sering digunakan sebagai media mengajar di sekolah. Salah satu kemampuan yang meningkat adalah Speaking. Anda bisa mengukur kesuksesan seorang pembelajar bahasa dari skill praktiknya. Mereka harus menerapkan langsung dalam percakapan sehari-hari sesuai fungsinya masing-masing.

Dalam pembelajaran bahasa, tentu tidak cukup hanya sekadar menguasai teorinya saja. Terutama jika jarang menggunakannya, maka kemampuan tersebut bisa hilang dan terlupa secara perlahan. Padahal sudah bersusah payah ikut kursus-kursus mahal bahasa asing, kan?

Nah, bagaimana sebuah lagu bisa memengaruhi skill speaking anak? Anak mengetahui cara tepat mengucapkan sebuah kata melalui lagu. Penyanyi di dalam video tersebut seolah memberikan contoh pronunciation, intonasi, dan stressing dalam menyanyikannya.

Misalnya pada lirik lagu ‘Twinkle, twinkle, little star. How I wonder what you are’. Anda pun harus mengajarkan anak-anak cara mengucapkan beberapa kosa kata dengan benar. Supaya mereka paham, berikan juga arti dalam bahasa Indonesia.

  • Twinkle [ˈtwɪŋk(ə)l] berarti berkelap kelip.
  • Little [ˈlɪt(ə)l] berarti kecil.
  • Star [stɑː(r)] berarti bintang.

Dalam beberapa lagu anak Inggris, memang terdapat kosakata agak panjang. Mereka bisa kebingungan jika melihat untaian kalimat tersebut. Namun lewat nada-nada ceria pada lagu, meski dalam kosakata yang panjang, mereka pun bisa ikut menirukan cara pengucapannya berulang kali. Apalagi kalau sambil bernyanyi bersama-sama.

Lagu Five Little Monkeys Jumping on the Bed adalah contoh kalimat dalam bahasa Inggris yang cukup kompleks. Misalnya bagian lirik ‘Mama called the doctor and the doctor said’.

Beberapa kata yang mungkin akan membingungkan seperti called dan doctor. Tanpa kamu memberitahu, mereka melihat sendiri pronunciation-nya ketika mendengarkan lagu. Jika membaca called menjadi [kɔːl] dan doctor menjadi [ˈdɒktə(r)].

3. Memperkenalkan Grammar Sederhana Lewat Lagu Bahasa Inggris

Banyak lagu anak bahasa Inggris YouTube yang mengandung kalimat dengan grammar sederhana. Anda bisa memperkenalkan struktur sederhana ini sejak dini pada anak-anak. Tujuannya agar mereka tahu bahwa belajar bahasa asing juga sama seperti Bahasa Indonesia.

Nantinya mereka akan menggunakan beberapa kosakata menjadi bentuk kalimat utuh. Selain itu, anak-anak menjadi tahu perbedaan kejadian hari ini, lampau dan masa mendatang.

Sebuah lagu umumnya mengandung lirik-lirik yang menceritakan suatu kejadian. Ada beragam informasi dalam lagu mengenai waktu dan tempat tertentu. Simak contohnya di sini.

  1. Grammar pada kalimat Simple Present Tense pada lirik “Rain, rain, go away! Come again another day!” dan “London Bridge is falling down”.
  2. Simple Progressive pada lagu Que Sera Sera. Salah satu contoh liriknya seperti “Will I be pretty? Will I be rich?”
  3. Bentuk Simple Past Tense ada pada lagu Five Little Monkeys dengan lirik “One fell off and bumped his head” atau di bagian “Mama called the doctor.”  

Bentuk kepemilikan dengan penggunaan “have, has, had” juga penting. Jadi, anak bisa mengerti kapan menggunakan kalimat tersebut sehari-hari.

Misalnya saja pada lirik “Old MacDonald had a farm”. Melalui contoh tersebut maka kita dapat membuat pengembangan lain. Caranya dengan mengubah bentuk kalimat lalu memperkenalkan kepada anak-anak. Misalnya seperti “I have a pen, She has a good book, my mother has a beautiful dress atau we have a big house.”

Tips Memilih Materi Lagu Bahasa Inggris untuk Anak-Anak

Tips Memilih Materi Lagu Bahasa Inggris untuk Anak-Anak

Memilih lagu anak bahasa Inggris yang mudah dihafal merupakan kunci utama. Tapi strategi dan cara penyampaian materi tersebut juga harus tepat. Berikut tips yang dapat Anda persiapkan sebelum mengajar!

1. Pakai Video YouTube

Menonton video lagu anak berbahasa Inggris adalah kegiatan menyenangkan. Kalau Anda adalah seorang guru, maka cara ini bisa menjadi media terbaik. Kelas sekolah dasar, apalagi jenjang yang lebih rendah seperti TK, memang lebih baik jika sambil bermain atau berkegiatan yang menyenangkan.

Anda bisa memilih animasi gambar bergerak di mana terdapat musik-musik menarik. Hal tersebut membuat murid menikmatinya secara visual sambil bernyanyi. Anda dapat menambahkan gerakan-gerakan lucu untuk mengajari mereka berjoget.

Video tersebut juga bisa Anda tampilkan di kelas. Apalagi kalau terdapat fasilitas memadai seperti LCD Proyektor, layar, beserta speaker. Suasana belajar pun bisa menjadi ramai, namun anak-anak tetap mengingat materi dengan baik.

2. Satu Lagu Setiap Hari

Ada ratusan video lagu anak-anak dalam bahasa Inggris sebagai bahan pembelajaran. Tiap lagu punya tempo, irama, dan nada yang berbeda, sehingga mereka tidak akan bosan. Anda dapat memberikan satu judul lagu setiap hari secara rutin.

Rutinitas menyanyikan lagu bahasa asing bersama akan membuat mereka terbiasa. Dengan begitu, semua skill berbahasa akan terasah, termasuk listening, speaking, dan reading (teks kagu). Anak yang terbiasa mendengarkan kosakata dalam bahasa Inggris akan mampu membedakan meaning, pronunciation, dan spellingnya.

Kalau mereka belum hafal dan mampu menyanyikan satu lagu, maka ulangi hingga beberapa kali. Berikan jeda satu hingga dua hari libur demi menghindari kejenuhan.

3. Memberi Contoh Berulang Kali

Anak-anak memang mempunyai ingatan bagus dalam menyerap informasi baru. Sayangnya tidak semua anak punya level kemampuan belajar sama. Ada beberapa anak yang sedikit lebih lambat ketika memahami sesuatu hal.

Tidak jarang sebagian anak terlihat kebingungan karena belum bisa menyanyikan lagu tersebut. Mereka harus melihat contoh terlebih dahulu supaya bisa mengikuti secara lancar. Nah, tugas Anda adalah memberikan contoh sejelas-jelasnya.

Perhatikan kelengkapan lirik dan cara pelafalan tiap kata. Jangan sampai salah pronunciation karena anak-anak akan mengingatnya sampai dewasa. Kemudian minta mereka mengikuti pelafalan yang sudah Anda berikan.

Kalau ada kesalahan baca, maka Anda bisa segera mengoreksinya. Dengan begitu, mereka bisa langsung mengetahui letak kesalahan sekaligus cara menyanyikannya dengan tepat.

Rekomendasi Lagu Anak Bahasa Inggris Terpopuler

Lirik lagu anak bahasa Inggris yang populer cukup mudah Anda jumpai di internet. Informasi tersebut menjadi sumber materi mengajar paling bagus. Pilihannya sangat banyak dengan beragam topik cerita seperti contoh berikut.

1. “Alphabet Song” cocok untuk anak yang belum pernah belajar bahasa Inggris sama sekali. Di sini Anda bisa mengenalkan 26 huruf dan cara membacanya secara benar.

Alphabet Song

2. “Baa Baa Black Sheep” adalah lagu tentang domba-domba gembala yang lucu. Asal lagu ini adalah dari zaman Medieval di Inggris. Terlihat seperti lagu anak-anak, tetapi ternyata ada kisah dan sejarah yang serius di baliknya, yaitu pesan tentang komplain pajak dan perbudakan.

Baa Baa Black Sheep song

3. “Row Row Your Boat” sangat terkenal dengan iringan musik ceria. Liriknya menceritakan para pendayung perahu yang sedang mengarungi lautan. Ada moral value tentang sikap patuh terhadap orang tua seperti awak yang patuh kepada kapten kapal.

Row Row Your Boat

4. “Bingo” mempunyai lirik menarik karena menceritakan tentang seekor anjing setia. Anjing tersebut milik petani yang bernama Bingo. Lagunya agak sedikit panjang tetapi liriknya sederhana karena terus berulang.

5. “Head, Shoulders, Knees, and Toes” mengajarkan anak-anak mengenai anggota tubuh. Sambil menunjuk anggota badan masing-masing, mereka akan senang menyanyikan lagu ini bersama.

Head, Shoulders, Knees, and Toes

6. “Rain Rain Go Away” merupakan lagu anak bahasa Inggris yang mudah. Tujuan menyanyikan lagu ini sebenarnya untuk mengurangi rasa takut anak-anak terhadap hujan dan petir.

Rain Rain Go Away

7. “Five Little Duck” memiliki jenis improvisasi musik yang berbeda-beda. Tiap negara menyanyikan dan membuat aransemen versi mereka sendiri. Namun liriknya tetap sama, yaitu menceritakan tentang lima ekor anak bebek.

lagu anak bahasa inggris Five Little Duck

Guru tidak bisa sembarangan memberi materi lagu kepada anak didiknya. Anda harus mempertimbangkan banyak faktor, seperti level kemampuan anak. Selain itu tipe lagu beserta musik supaya mampu mendukung tujuan pembelajaran secara maksimal. Sementara itu lirik lagu anak bahasa Inggris yang baik harusnya yang memiliki nilai-nilai edukatif.

Tinggalkan komentar