Offering Help atau Menawarkan Bantuan dalam Bahasa Inggris

Offering Help atau Menawarkan Bantuan dalam Bahasa Inggris

Apakah Anda pernah berada dalam situasi di mana kamu ingin menawarkan bantuan atau offering help kepada orang lain dalam bahasa Inggris namun bingung bagaimana cara menyampaikannya? Dont’ worry, karena pada artikel kali ini, Anda akan belajar cara menawarkan bantuan dalam bahasa Inggris dengan berbagai cara.

Melalui beberapa contoh yang akan dilampirkan, kamu akan mempelajari bagaimana cara untuk menawarkan bantuan, baik secara formal maupun informal. Tentu saja itu tergantung dari lawan bicara Anda. Dengan begitu, tawaran bantuan Anda akan terkesan lebih baik dan sopan.

Anda mungkin sering mendengar contoh offering help dengan menggunakan kalimat ‘What can I do for you?’. Akan tetapi, masih ada banyak kalimat lain yang dapat Anda gunakan. Yuk, cari tahu di artikel ini!

Apa Itu Offering Help?

Sebelum masuk ke contoh kalimat dan dialog, mari pahami terlebih dahulu apa itu definisi dari offering help atau menawarkan bantuan. Dalam bahasa Inggris, offering mempunyai makna sebuah tindakan yang dilakukan oleh seseorang untuk menawarkan sesuatu. Maka dari itu, offering bersifat sukarela atau tidak ada unsur paksaan.

Bila digabung menjadi offering help, maka artinya adalah suatu tindakan yang dilakukan secara sukarela oleh seseorang dalam menawarkan bantuan atau pertolongan kepada orang lain. Adapun tujuannya adalah untuk membantu orang lain yang tengah mengalami kesulitan dan tidak mampu mengatasinya sendiri. 

Bukan cuma itu, menawarkan bantuan juga bertujuan untuk mengungkapkan rasa kepedulian terhadap sesama. Cara menuturkan offering help ini juga beragam, tergantung dari beberapa hal.

Misalnya, apakah lawan bicara Anda punya jabatan yang lebih tinggi dari Anda, lebih tua, lebih muda, atau sekedar karena Anda respect terhadapnya. Bahasa yang dipakai untuk menawarkan bantuan tentu berbeda, antara saat kepada nenek atau teman sebaya.

Contoh Kalimat Offering Help

Setelah memahami apa itu offering help, selanjutnya mari bahas mengenai contoh kalimatnya. Ada beberapa kalimat yang dapat Anda gunakan untuk menawarkan bantuan kepada orang lain dalam bahasa Inggris. Di antaranya sebagai berikut:

1. Bentuk Interrogatives 

Jika Anda sedang menawarkan bantuan dalam bentuk kalimat tanya, maka bentuk yang Anda gunakan termasuk interrogatives. Kalimat tanya yang dipakai berfungsi untuk menanyakan apakah ada suatu hal yang bisa Anda bantu atau tidak. Berikut ini contoh kalimat offering help dalam bentuk interogatif:

  • May I…?   

Salah satu contoh kalimat formal untuk menawarkan bantuan dalam bentuk interogatif adalah menggunakan kata may. Kata ini juga merupakan kata tanya paling umum untuk mengekspresikan tawaran bantuan.

Contoh: 

May I offer you my help? (Bolehkah saya menawarkan bantuan?)

May I help you to carry your suitcase? (Bolehkan saya membantu Anda untuk membawa koper Anda?)

  • Would you like me to…?

Contoh offering help selanjutnya adalah menggunakan kalimat would you like me to. Anda juga bisa memakai ini untuk memberi tawaran bantuan dengan bahasa yang formal.

Contoh:

Would you like me to fix it? (Apakah Anda ingin saya memperbaiki itu?)

Would you like me to get your shoes? (Apakah Anda ingin saya mengambilkan sepatu Anda?)

  • Shall I…?

Kalimat ungkapan menggunakan kata shall sangat cocok Anda pakai dalam situasi yang sangat formal, seperti di sebuah perusahaan atau lembaga. Oleh karena itulah, Anda mungkin jarang menjumpai orang yang menawarkan bantuan dengan menggunakan kata ini di kehidupan sehari-hari.

Contoh: 

Shall I help you with your presentation? (Haruskah saya membantu Anda dengan presentasi Anda?)

Shall I help you with your study? (Haruskah saya membantu belajar Anda?)

Shall I help you with your project? (Haruskah saya membantu Anda dengan proyek Anda?)

  • Can I…? 

Berbeda dengan contoh kalimat sebelumnya, contoh offering help ini bentuk bahasanya lebih santai. Biasanya, orang-orang menggunakan kalimat ini untuk menawarkan bantuan kepada teman sebaya maupun orang asing. 

Contoh:

Can I get you some cake? (Bisakah saya mengambilkanmu beberapa kue?)

Can I help you to fix it? (Bisakah saya membantu kamu untuk memperbaikinya?)

  • Do you want me to…?

Anda dapat menggunakan contoh kalimat ini ketika Anda ingin memastikan apakah orang lain akan menerima tawaran bantuan Anda atau tidak. 

Contoh:

Do you want me to turn it on? (Apakah kamu ingin saya menyalakannya?)

Do you want me to call your father? (Apakah kamu ingin saya menelepon ayahmu?)

  • How can I help you…?

Bentuk ini juga merupakan contoh kalimat offering help yang paling sering digunakan untuk mengekspresikan tawaran bantuan. Terutama bantuan yang cenderung lebih pasti diterima.

Contoh:

How can I help you with your homework? (Bagaimana saya bisa membantu kamu dengan PR kamu?)

 

2. Bentuk Afirmatif

Selain menggunakan bentuk kalimat tanya, menawarkan bantuan dalam bahasa Inggris juga bisa dalam bentuk afirmatif (persetujuan). Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh-contoh kalimatnya berikut ini:

  • Let me…

Ini merupakan salah satu bentuk informal untuk offering help kepada orang lain. dan lagi, Anda dapat menggunakan contoh ini untuk menawarkan diri Anda, baik dalam bentuk uang, tenaga, atau waktu, dalam memberi bantuan.

Contoh:

Let me help you to open the window. (Biarkan aku membantu kamu untuk membuka jendela)

Let me help you to find your phone. (Biarkan aku menolongmu untuk temukan ponselmu)

  • I will…

Anda juga bisa menggunakan contoh offering help ini dalam situasi informal kepada seseorang. Selain itu, bentuk simple future tense ini sangat cocok untuk Anda gunakan untuk menawarkan bantuan kepada orang-orang sekitar yang akrab dengan Anda.

Contoh:

I will help you to prepare the lunch. (Aku akan tolong kamu untuk menyiapkan makan siang)

  • I can…

Selanjutnya, cara paling simple untuk memberikan tawaran bantuan kepada sesama ialah dengan memakai kata I can

Contoh:

I can help you to sew the socks. (Aku bisa menolong kamu untuk menjahit kaus kaki itu)

  • I’d be glad / happy to

Jika ingin menuturkan bantuan dengan cara yang formal dan sopan, maka Anda dapat menggunakan bentuk ini.

Contoh: 

I would / I’d be glad to help with your assignment. (Saya akan senang hati bisa membantu tugas Anda)

 

Contoh Dialog Offering Help

Setelah Anda tahu beberapa contoh kalimat offering help, selanjutnya mari praktekkan ke bentuk dialog. Di bawah ini contoh dialog offering help lengkap dengan artinya:

Lidya : Wow, this chips is so spicy.

Kinan : Are you okay? Shall I get some drink for you

Lidya : Yes, please.

Kinan : Here it is. Let me get you another snack.

Lidya : That’s better. Thank you.

Kinan : By the way, have you ask permission to your parents to stay here tonight? If you don’t, do you want me to call them?

Lidya : Don’t worry. I’ve do that before coming here. 

Kinan : Alright, then.

Sudah Paham Cara Offering Help dalam Bahasa Inggris?

Nah, begitulah pembahasan mengenai beberapa cara offering help kepada orang lain dalam bahasa Inggris yang baik dan benar. Cukup mudah, bukan? Jangan lupa untuk mencatat, mempelajari, dan mempraktekkannya, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.