Dialog Menawarkan Bantuan dalam Bahasa Inggris di 5 Situasi

Bukan rahasia lagi jika banyak berlatih berbicara merupakan salah satu kunci agar kamu makin fasih berbahasa Inggris. Misalnya dengan cara berlatih beragam dialog menawarkan bantuan dalam bahasa Inggris. Cara itu, pastinya akan membuatmu terbiasa saat harus bercakap-cakap.

Mengapa kamu harus berlatih berbagai topik dialog, termasuk menawarkan bantuan? Tawaran untuk membantu, atau offering help, merupakan satu di antara sekian jenis ekspresi yang kerap muncul dalam percakapan sehari-hari. 

Itu kenapa kamu harus familier dengan dialog offering help yang panjang dan yang pendek. Bila sudah terbiasa, kamu tidak akan kesulitan membuat dialog sendiri. Karena itu, inilah beragam  contoh percakapan menawarkan bantuan dalam bahasa Inggris dan artinya yang dapat kamu pelajari.

Dialog di Toko: Membantu Pelanggan

Dialog Menawarkan Bantuan dalam Bahasa Inggris

Satu di antara sekian lingkungan yang akan membuatmu sering mengungkapkan ekspresi ini adalah pada saat bekerja. Terlebih, jika kamu nantinya ingin bekerja di bidang jasa atau layanan. Pastinya kamu akan sering mengucapkan dialog offering help 2 orang panjang maupun yang pendek kepada pelanggan.

Contohnya seperti Mirna yang bekerja di sebuah toko sepatu. Inilah contoh menawarkan bantuan dalam bahasa Inggris yang diungkapkan Mirna ketika ada pelanggannya yang bernama Rita berbelanja di toko tempatnya bekerja.

Mirna : Good morning, madame. Welcome to the Sunflower Shoes Store. Can I help you? (Selamat pagi, Nyonya. Selamat datang di toko Toko Sepatu Sunflower. Apakah ada yang bisa saya bantu?)

Rita : Yes, actually. I’m searching for a high heel. So, do you have some products to recommend to me? (Iya, sebenarnya. Saya sedang mencari sepatu hak tinggi. Jadi, apakah Anda memiliki beragam  produk untuk direkomendasikan kepada saya?)

Mirna : Incidentally, we have the latest collection of new high heels today. (Kebetulan kami punya koleksi sepatu-sepatu hak tinggi terbaru hari ini.) 

Rita : Okay, tell me more about it. (Oke, beri tahu saya lebih banyak tentang hal itu.) 

Mirna : There are several models that you can choose from. Can I assist you to the collection rack? (Ada beragam  model berbeda yang bisa Anda pilih. Dapatkah saya membantu Anda ke rak koleksi?)

Rita : Sure, lead the way! (Baiklah, tunjukkan jalannya kepada saya!) 

Dialog di Kantor: Membantu Rekan Kerja

Dialog Menawarkan Bantuan dalam Bahasa Inggris

Selain kepada pelanggan, contoh dialog offering help singkat juga dapat kamu ke rekan kerja. Sebab, setiap anggota tim pastinya harus saling membantu agar pekerjaan bisa selesai dengan lebih cepat. Kerja sama tidak hanya akan kamu lakukan di sekolah saja, namun juga saat kamu bekerja. 

Karena itu, di bawah ini adalah contoh dialog bahasa Inggris 2 sehari-hari orang tentang menawarkan bantuan antara Phyta dan Ditto!

Ditto : That box looks heavy. Do you want me to help you? (Kotak itu terlihat berat, apakah kamu ingin saya membantumu?) 

Phyta : Thank you for the offer, Ditto. It’s actually lighter than its looks. (Terima kasih atas tawarannya Ditto, tapi sebenarnya ini lebih ringan dari kelihatannya.)

Ditto : Are you sure? (Apakah kamu yakin?) 

Phyta : Yes, I can manage it by myself. However, can you help me with something else? (Iya, saya bisa mengatasinya sendiri. Namun, bisakah kamu membantu saya dengan hal lain?)

Ditto : Sure, what can I help? (Tentu, apa yang bisa saya bantu?) 

Phyta : I need to bring the box to the 2nd floor. But, Mr. Brown also asked me to bring this document to him on the 11th floor. (Saya perlu membawa kotak ini ke lantai 2. Tapi Tuan Brown juga meminta saya untuk membawa dokumen ini kepadanya di lantai 11.)

Ditto : Oh, that’s not effective. (Oh, itu tidak efektif.)

Phyta : Exactly. So, can you do me a favor and send it to him? (Tepat sekali. Jadi, apakah kamu bisa membantuku untuk mengirimkan ini kepadanya?) 

Ditto : Sure, I’ll do it for you. (Tentu saja, saya akan melakukannya untuk kamu.) 

Phyta : Thank you, Ditto. I own you one. (Terima kasih, Ditto. Saya berhutang budi padamu.)

Di Sekolah: Membantu Teman di Kelas

Dialog Menawarkan Bantuan dalam Bahasa Inggris

Di sekolah, kamu juga perlu saling membantu antarteman, misalnya teman yang belajar di kelas yang sama dengan kamu. Lalu, selain dialog menawarkan bantuan, kamu juga perlu tahu apa saja contoh dialog menerima bantuan dalam bahasa Inggris dan artinya

Karena itu, inilah contoh dialog offering and accepting help yang pastinya dapat kamu terapkan di kehidupan sehari-hari.

Aris : Eva, Gadis, we are in the same group for a science project, right? (Eva, Gadis, kita di dalam kelompok yang sama untuk proyek sains, kan?) 

Eva : Yes, we are in the same team together. (Iya, kita ada di tim yang sama.) 

Aris : Do you have something that I can help with? (Apakah kamu punya sesuatu untuk aku bantu?) 

Gadis : Yes, there is. Eva and I will be working together on this project in my house right after school. I hope you can be there too. (Iya, ada. Aku dan Eva akan mengerjakan proyek ini bersama-sama di rumahku. Aku harap kamu bisa hadir juga.) 

Aris : Sure, I’ll come. See you later, then? (Tentu, aku akan datang. Sampai jumpa nanti?) 

Eva & Gadis : See you later! (Sampai jumpa nanti!) 

Di Rumah: Membantu saat Teman Main ke Rumah

Saat ada temanmu yang datang ke rumah, sudah sewajarnya kamu menawarkan sesuatu kepada mereka. Entah itu mengambilkan air minum, untuk menyalakan AC, dan bantuan lain sebagai tuan rumah yang baik. 

Misalnya seperti pada dialog bahasa Inggris 4 orang tentang menawarkan bantuan di bawah ini.

Bunga : Do you all want to drink something? Let me bring some beverages for you. (Apakah kamu ingin meminum sesuatu? Biarkan aku membawakan beragam  minuman untuk kalian.) 

Poppy : Oh, yes, please, I’m thirsty. (Oh, iya tolong aku haus.) 

Bunga : What do you want to drink? (Apa yang ingin kalian minum?) 

Rose : Just mineral water is enough for me. (Air mineral sudah cukup untukku.) 

Poppy : Same with me. (Aku juga sama.)

Jasmine : Me too, but with extra ice, please. (Aku juga, tapi dengan es ekstra.)

Di Rumah: Membantu Keluarga

Di lingkungan rumah, kamu juga perlu tahu jika sesama anggota keluarga mmebutuhkan membantu satu sama lain. Entah itu antarsaudara, dengan orang tua, atau anggota keluarga lainnya. Itu kenapa kamu perlu tahu dialog bahasa Inggris 2 orang tentang menawarkan bantuan berikut ini agar kamu memahaminya.

Supaya lebih jelas, kamu dapat melihat contoh dialog antara Eka dan mamanya di bawah ini.

Eka : Mom, do you want me to help you? (Mama, apakah kamu mau aku membantumu?). 

Mama : Then, can you stir the soup for me? I’m still busy chopping the vegetables here. (Lalu, apakah kamu bisa mengaduk sup untukku? Aku masih sibuk memotong sayuran di sini.) 

Eka : Should I chop the vegetables instead? You look tired. You can rest. I will finish it. (Haruskah aku yang memotong sayuran? Kamu terlihat lelah. Aku akan menyelesaikannya.) 

Mom : Thank you, honey. But I don’t want you near the knife. (Terima kasih, sayang. Tapi aku tidak ingin kamu dekat-dekat dengan pisau.) 

Eka : I’m a big girl now, mom. I surely can do it safely without hurting myself. (Aku sudah besar sekarang, ma. Aku pasti bisa melakukannya dengan selamat tanpa menyakiti diri sendiri.) 

Itulah beragam dialog menawarkan bantuan dalam bahasa Inggris dalam segala situasi, yang bisa kamu pelajari. Jadi, selamat belajar! 

Tinggalkan komentar