Catat! Tips Meningkatkan Kemampuan Menulis Bahasa Inggris

Memiliki kemampuan writing yang mumpuni membawa banyak manfaat untukmu, seperti nilai yang bagus dan lapangan pekerjaan. Tertarik untuk bisa memiliki kemampuan menulis dalam bahasa Inggris yang baik? Ini tips meningkatkan kemampuan menulis bahasa Inggris yang wajib kamu ketahui!

Tips untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis dalam Bahasa Inggris

Cara Agar Kemampuan Menulis Bahasa Inggris Meningkat

Bagi kamu yang ingin meningkatkan kemampuan menulis dalam bahasa Inggris, kamu harus mengetahui beberapa petunjuk praktis yang bisa membantu kamu. Berikut adalah beberapa petunjuk praktis cara meningkatkan skill writing bahasa Inggris yang kamu wajib tahu dan terapkan.

1. Tingkatkan Perbendaharaan Leksikon dalam Bahasa Inggris

Agar bisa menciptakan hasil tulisan yang luar biasa, kamu harus memiliki perbendaharaan kosakata yang cukup banyak. Mengapa demikian? 

Dengan memiliki banyak perbendaharaan kosakata artinya kamu memiliki banyak pilihan kata yang bisa kamu pakai. Pada akhirnya, memiliki banyak pilihan kata atau  frasa, memungkinkan kamu untuk menyampaikan ide, kekhawatiran, atau keputusan dengan mudah.

Salah satu cara untuk bisa mendapatkan banyak leksikon baru dalam bahasa Inggris adalah dengan banyak membaca karya atau tulisan orang lain. Oleh karena itu, jangan lupa untuk menyisihkan waktu untuk membaca setiap harinya.

2. Cermati Tata Bahasa dan Ejaan

Sudah membuat tulisan bagus dengan menggunakan banyak pilihan kosakata tapi ternyata banyak kesalahan gramatika dan ejaaan juga akan percuma. Oleh karena itu, kamu harus memperhatikan dengan cermat gramatika dan juga pelafalan di setiap tulisanmu. 

Jika kamu sudah selesai menulis teks bahasa Inggris, pastikan kamu membaca ulang hasil tulisanmu tersebut dan lakukan proofreading. Jika kamu merasa ragu dengan kemampuan gramatikal yang kamu miliki, kamu bisa memanfaatkan layanan cek grammar online

Ya, saat ini sudah ada banyak media untuk meningkatkan writing skill dan beberapa di antaranya menawarkan layanan cek gramatika dan ejaan online. Beberapa contohnya adalah Grammarly, Ginger, dan Quill Bot.  

3. Banyak Membaca dari Berbagai Sumber

Tips yang selanjutnya adalah memperbanyak aktivitas membaca tulisan bahasa Inggris. Apa alasannya? Mengapa membaca bisa membantu kamu dalam meningkatkan kualitas tulisan?

Pada dasarnya, dengan membaca banyak bahan bacaan dan karya tulisan orang lain maka kamu akan menemui banyak ragam gaya tulisan yang berbeda-beda. Kamu juga bisa melihat banyak sudut pandang baru yang mungkin sebelumnya tidak pernah terpikirkan. 

Dari ragam gaya tulisan dan sudut pandang baru inilah, kamu bisa mendapatkan pandangan segar. Pandangan segar ini yang mungkin akan membantu kamu dalam menyegarkan kembali gaya menulismu. 

4. Latihan Menulis Setiap Hari dan Cari Masukan

Kamu tidak bisa mengharapkan hasil tulisan yang memukau jika kamu jarang berlatih. Sebab, dengan latihan secara teratur, kamu dapat mengevaluasi hasil tulisanmu dan kemudian memperbaikinya. Practice make it perfect, itulah pepatah yang harus kamu pegang teguh.

Kamu tidak perlu menghabiskan waktu panjang untuk menulis berlembar-lembar tulisan. Setiap hari,  kamu cukup berlatih menulis satu atau dua paragraf dengan topik yang berbeda-beda. 

Kemudian, setelah melakukan beberapa latihan, kamu bisa meminta feedback atau masukan dari orang yang memiliki kemampuan bahasa Inggris cukup baik. Dengan demikian, kamu bisa meningkatkan hasil tulisan kamu lebih baik lagi dari berbagai masukan yang orang telah berikan. 

5. Buat Kerangka Tulisan

Metode untuk meningkatkan writing skill yang selanjutnya yang harus kamu ketahui adalah menyiapkan kerangka tulisan. Nah, masih banyak orang yang menganggap remeh hal ini. Padahal fungsi dari pembuatan kerangka tulisan ini adalah menjaga agar tulisan yang kamu buat lebih rapi dan tidak melebar. 

6. Hindari Penggunaan Passive Voice

Tips meningkatkan kemampuan menulis bahasa Inggris lainnya adalah menghindari penggunaan passive voice atau kalimat pasif terlalu banyak. Kalau kamu sudah sering menggunakan aplikasi cek gramatika online, kamu pasti sadar bahwa penggunaan kalimat pasif tidak begitu direkomendasikan. 

Alasannya karena pada umumnya, penggunaan kalimat pasif membuat tulisan menjadi berbelit-belit dan tidak efektif. Oleh sebab itu, kamu harus menghindari penggunaan passive voice dalam menulis teks bahasa Inggris. 

Itulah beberapa petunjuk praktis bagaimana cara meningkatkan kemampuan menulis dalam bahasa Inggris. Pastikan kamu mengikuti beberapa saran di atas, agar hasil tulisan bahasa Inggrismu semakin baik.

Terapkan tips meningkatkan kemampuan menulis bahasa Inggris untuk meningkatkan kualitas tulisanmu. Pastikan kamu juga konsisten untuk berlatih dan meningkatkan skill-mu!

Tinggalkan komentar